TNI Angkatan Udara Akan Menyiagakan Pesawat Tempur di Lanud Tarakan

Pesawat tempur jenis Sukhoi disiagakan di Lanud Tarakan, Kaltara. (prokal.co)

TNI Angkatan Udara Akan Menyiagakan Pesawat Tempur di Lanud Tarakan 1


Markas Besar TNI akan menjadikan pembangunan sejumlah fasilitas di Lanud Tarakan sebagai prioritas karena merupakan salah satu pangkalan udara yang ada di daerah perbatasan.

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II), Marsekal Muda (Marsda) TNI Umar Sugeng Hariyono, mengatakan bahwa nantinya Lanud Tarakan akan dilengkapi dengan shelter pesawat tempur.

“Untuk kesiapsiagaan kita di perbatasan ini, sehingga negara ini memang aman dari ancaman luar. Kalau misalnya sudah jadi (pembangunan shelter, Red), kita akan tempatkan pesawat tempur tapi sifatnya masih standby,” ujar Marsda Umar Sugeng Hariyono, seperti dilansir prokal.co pada Kamis (15/12).

Pembangunan shelter pesawat tempur di Lanud Tarakan saat ini sedang berjalan. (Kaltara Pos/Eliazar)

TNI Angkatan Udara Akan Menyiagakan Pesawat Tempur di Lanud Tarakan 2


Lebih lanjut, Marsda Umar menjelaskan bahwa pihaknya akan menempatkan satu flight, yang terdiri dari 8 sampai 10 pesawat tempur. “Jadi nanti pesawat tempur yang akan stand by itu ganti-ganti. Seperti kemarin ada pesawat T50, Sukhoi, F16 dan yang lain juga akan giliran stand by disini,” jelasnya.

TNI Angkatan Udara juga akan menempatkan sejumlah pasukan khusus di Lanud Tarakan. “Personel akan mengikuti seperti dari lanud Tipe C menjadi Tipe B dan sarana prasarananya akan ada penambahan. Jadi pasukan khas juga akan ada nanti, diantaranya Paskhas, dan Satuan Radar juga akan ada,” kata Pangkoopsau II.

Sumber: prokal.co

Leave a Reply