Nov 102016
 

Menara suar di ujung selatan Pulau Selaru.

Menara suar di ujung selatan Pulau Selaru.


Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Marsekal Muda (Marsda) TNI Umar Sugeng Hariyono, berencana membangun Landasan Udara terbesar di Pulau Selaru, Maluku.

“Kita akan bangun bagian Selatan Maluku atau Pulau Selaru. Kita akan jadikan bis pangkalan angkatan udara terbesar seperti Morotai dan Natuna,” ujar Marsda Umar, seperti dilansir Kabar Kendari pada Kamis (10/11).

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Marsekal Muda TNI Umar Sugeng Hariyono, melakukan foto bersama saat di Kendari, Rabu (9/11/2016). (Kabar Kendari/Pandi)

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Marsekal Muda TNI Umar Sugeng Hariyono, melakukan foto bersama saat di Kendari, Rabu (9/11/2016). (Kabar Kendari/Pandi)


Marsda Umar mengatakan bahwa pembangunan landasan udara itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan udara Indonesia. Menurutnya, TNI akan melakukan upaya pencegahan guna mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman pihak luar.

Marsda Umar mengakui bahwa beberapa wilayah pengawasan Koopsau II Makassar belum terjangkau radar TNI Angkatan Udara. “Sehingga, kalau ada penerbangan tanpa izin bisa dideteksi sedini mungkin. Memang, ada beberapa penerbangan kecil seperti di Merauke, tapi itu untuk lokal. Kalau pesawat yang mengganggu kedaulatan negara, sejauh ini tidak ada,” katanya.

Sumber: kabarkendari.com

Bagikan :

  17 Responses to “TNI Angkatan Udara Berencana Bangun Landasan Udara di Pulau Selaru”

  1.  

    Merauke lebih bagus diperbesar pangkalannya.. soalnya berbatasan langsung sama tetangga usil..

  2.  

    Wajib dibangun landasan dan dibangun pangkalan militer di sana, krn jarak selaru dgn darwin sangat dekat, apalagi di selaru dekat dgn pulau masela dan blok masela milik indonesia…jika tdk dijaga ketat, mungkin pasukan as dan aussie akan mengobok2 daerah yg kaya sumber daya alam itu…

  3.  

    okeh

  4.  

    bung diego F/A-18,hornet nx si asu tabrakan (sindonwes)

  5.  

    Natuna X China
    Morotai X Guam (AS)
    Selaru X Australia

  6.  

    pesawat asing yang mengganggu kedaulatan negara bukan tidak ada pak, belum atau lebih tepat tidak terpantau mungkin pak, jangan meremehkan atau menyederhanakan situasi kan sudah jelas tadi radar di Makasar gak mampu pantau sampai Selaru

    •  

      @kabeerje

      Maaak….di saumlaki (deket/timurnya selaru) kan sudah ada radarnya master-T.

      Yang bener2 kosong tu daerah perbatasan darat png-papua dan wilayah selatan papua…trus wilayah antara biak-morotai yang sudah tdk terjangkau dr radar di biak

  7.  

    Tempatkan 100 Sukhoi disitu

  8.  

    mantabh….
    langsung lanud type B minimal.
    kalo perlu sekalian pangkalan AL.

  9.  

    pos keamanan wilayah selatan kita. semoga dengan ini negara tetangga bisa tau diri.

  10.  

    Keputusan yg brilian penempatan lapangan terbang di pulau selaru. .
    Terlihat di satelit banyak cekungan minyak yg ada di sekitar pulau selaru. .
    Diatas pulau tersebut ada atol kecil yg mengandung mineral emas Dan tembaga. . ayo TNI sgr dijaga lpulau tsb. .

  11.  

    LANUD AU bertambah saya yakin maskapai swasta bakal pd nebeng landing disana 😀 semoga TNIAU punya koperasi pesawat perintis dan taxi

 Leave a Reply