Agu 242016
 

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan salah satu fungsi yang dijalankan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Oleh karena itu, ketiga matra TNI bertekad untuk saling bekerjasama. Misalnya seperti yang dilakukan oleh TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut dalam menjaga wilayah perairan Kalimantan Tengah.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Iskandar Pangkalan Bun, Letkol Pnb Ucok Hutadjulu mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi kerjasama dengan Komandan KRI Sidat-851, Mayor laut (P) Widi Susanto. Menurutnya, kerjasama itu sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo, untuk mengamankan wilayah maritim di Indonesia dari berbagai aktivitas yang bisa merugikan bangsa.

“Salah satunya seperti kegitatan kegiatan illegal loging,” ujar Letkol Pnb Ucok Hutadjulu seperti dikutip dari kalteng.prokal.co pada Rabu (24/8).

Danlanud Iskandar Pangkalan Bun, Letkol Pnb Ucok Hutadjulu menyerahkan plakat kepada Komandan KRI Sidat 851, Mayor laut (P) Widi Susanto, Selasa (23/8/2016). (Kalteng Pos/VIN)

Danlanud Iskandar Pangkalan Bun, Letkol Pnb Ucok Hutadjulu menyerahkan plakat kepada Komandan KRI Sidat 851, Mayor laut (P) Widi Susanto, Selasa (23/8/2016). (Kalteng Pos/VIN)


Sementara itu, Danlanal Banjarmasin, Letkol Laut (P) Oky I Z Dipura, melalui Komandan KRI Sidat 851, Mayor Laut (P) Widi Susanto mengatakan bahwa perairan Kalimantan Tengah relatif aman. Namun menurutnya, perairan Kalimantan Tengah tetap butuh pengawasan.

“Nanti untuk armada, kapal apa yang digunakan, akan kita sesuaikan dulu, jenis kapal apa yang bisa dimasuki di Perairan Kalimantan Tengah. Tentu saja setiap operasi yang dilaksanakan, tetap akan berkoordinasi dengan Danlanud,” ujar Mayor Laut (P) Widi Susanto.

TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut akan melakukan sinkronisasi pengamanan laut dan udara secara rutin dan berkelanjutan. Salah satu langkahnya adalah TNI Angkatan Udara memberikan dukungan kegiatan TNI Angkatan Laut menggunakan pesawat.

Sumber: kalteng.prokal.co

 Posted by on Agustus 24, 2016

  11 Responses to “TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut Bekerjasama Amankan Perairan Kalimantan Tengah”

  1.  

    Mantap

  2.  

    ?

  3.  

    oke, lanjutkan

  4.  

    Mantap

  5.  

    Kerjasama.

    Kerja sama-sama..
    Sama-sama kerja..

  6.  

    Aku gak coment sebelum carin comment..wakaka..

  7.  

    yg dikomeni apa ya?..kira2 data link apa udah connect antara pesawat au dgn kapal al ?

  8.  

    boleh jadi. pelabuhan kumai kan lumayan rame… perlu tuh diawasi tp tampaknya jangan hanya di pangkalanbun aja kabupaten lain juga diawasi karen seperti di kabupaten katingan kan masih ada tuh perusahaan kayu yang besar saya yakin pasti mereka merambah hutan yang bukan haknya krena saya pernah ketemu dengan truk yang bawa kayu besar diameter lebih dari 1 meter.. dan tampaknya hasil babatan mereka tidak dilakukan penanaman yang kembali malah miris meliatnya.

  9.  

    Ya tp pastikan jgn sampe ada wni yg di sandra abu sayyaf dan teroris2 lainnya lg, jfn cuman kerjasamanya yg di buktikan, tp kerja nyatanya yb kita butuhkan, agar kedepan rakyat indonesia merasa aman dan nyaman jika mau melaut atau mengirim barang atau batu bara ke pinoy,..

  10.  

    Emang kalteng punya perairan ya?

  11.  

    perkembangan di matra TNI terintegrasi dan solid,lanjutkan…