Aug 132014
 
F 16 TNI AU (photo: Wahyu Widodo / Indoflyer.net)

F 16 TNI AU (photo: Wahyu Widodo / Indoflyer.net)

Seperti hari kemarin, pagi ini sejumlah jet tempur TNI AU terbang rendah di Jakarta. Raungan mesin jet pesawat menggambarkan kekuatan alutsista ini dalam bermanuver. Suaranya kencang, bertenaga namun kering. Harmonik, seperti mobil F-1 yang digeber di sirkuit atau Ferari yang pada hari sabtu atau minggu mencoba tenaga mesinnya di jalan tol Jagorawi.

Namun suara jet tempur kita itu, volumenya bisa dikatakan 100 kali lebih kencang dari suara mesin F-1 atau Ferari yang melintas.

Saat ini dia kembali terbang rendah di kawasan Sudirman Jakarta. Untuk sesaat semua terdiam, mendengarkan suara jet tempur itu. Lagian suara kita ditelan oleh auman jet tempur TNI AU. Kita yang mendengarnya merasa kagum karena ada pelindung handal untuk tanah air kita.

TNI AU mengerahkan 35 pesawat tempur untuk terbang formasi (fly pass) memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi ke-69 tanggal 17 Agustus 2014 di Istana Negara. Untuk itu, sejak Minggu (10/8) ke-32 pesawat tersebut, masing-masing 7 Pesawat Sukhoi dari Makassar, 8 Pesawat F-16 dan 12 Pesawat T 50i dari Madiun dan 8 Hawk 100/200 dari Pekanbaru diparkir di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma untuk berlatih terbang formasi di udara Jakarta.

Sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), sebanyak 32 pesawat tempur TNI AU akan membentuk dua formasi arrow melaksanakan fly pass di atas peserta upacara peringatan HUT RI ke-69 di Istana Negara. Kedua formasi besar terdiri dari flight pertama terdiri dari 10 pesawat T-50 Golden Eagle dan 6 pesawat Hawk 100/200 serta flight kedua terdiri dari 8 pesawat F-16 termasuk pesawat F-16 C/D 52ID yang baru dan 8 pesawat Sukhoi SU-27/30,.

Selama enam hari seluruh penerbang pesawat tempur akan mengadakan latihan dua kali sehari untuk mencapai penampilan terbaiknya dan pada tanggal 15 Agustus 2014 akan latihan di atas Istana Negara sebagai gladi bersih. Fly Pass pesawat tempur TNI AU ini diharapkan menumbuhkan kebanggaan para generasi muda untuk meningkatkan semangat juang dan lebih mencintai dirgantara. (tni-au.mil.id).

  97 Responses to “TNI AU : Let’s Rock and Roll”

  1.  

    Tolong temen temen yang deket acara “fly pass” nanti bisa sharing/di upload di JKTGRT photo photonya, agar kami yang jauh bisa ikut menikmatinya….kalau boleh ngiri padahal kami juga bayar pajak yg sama dengan saudara saudara yang dijawa… namun giliran mau melihat fly pass tidak bisa…jauh dan jauh….sekali…nasib-nasib…..orang pinggiran!

  2.  

    Jadi ingat waktu saya SMA di Maospati, kalo pas F 5E terbang cepat / rendah diatas atap sekolah, seluruh siswa suka teriak bareng di dalam kelas sekenceng kencangnya, tapi tetep aja suaranya terkubur n kalah bising dengan suara Jet F-5E. Maklum jaraknya cuma sekitar 500 meter dari landasan IWJ.

  3.  

    baca berita di atas “dengan datangnya skuadron 35” ini maksudnya apa ya? hehehe…
    coba dicari ga dapet tuh skuadron 35

    http://id.wikipedia.org/wiki/Komando_Operasi_Angkatan_Udara_I

    http://id.wikipedia.org/wiki/Komando_Operasi_Angkatan_Udara_II

  4.  

    ditungguin siang2 flypass di sudirman gk nongol juga.. yg tadi pagi sy hanya dneger suaranya saja. sayang sekali

  5.  

    Bung reog pripun kbr? Lek ngilen monggo mampir kulo sakniki sampun teng siman jl.terate alamate

  6.  

    Pak Gatot BOCOR HALUS, kira kira klo yg ngomong mantan pangkostrad yg naik jadi Kasad HOAX gk ya ??? Ha..ha..ha..TNI SIAP TNI BISA, masih penasaran dgn kaprang nomer lambung 548 he..he..he..kira2 si giant ketinggalan atau sengaja di tinggalin ya ?? Bung NR cerita dong dikiiiit aja…..salam
    Bung yayan mana ya, next artikel resep apa nih bung chef ?

  7.  

    Let’s Dang Dut … Tarik mang …
    Belah langit Jakarta … Jangan lupa lewat diatas gedung DPR, meraung lah sekerasnya biar pecah kaca gedung DPR.
    Kirim sinyal … Jangan korupsi alutsista hulubalang negeri, niscaya hulubalang negeri akan melindungi IBU PERTIWI dengan gagah …
    Terbanglah sukhoi ku …

  8.  

    si pecel, greyhound, grumble, sickle roadpass jg g yh…brhubung pesawaty pd d mari, yg gantiin ronda su 35, rest of f-16 c/d 52ID n rafale..xixixiii..ngarepbangetdotcom
    btw, TNI tob markotobb dahh…

  9.  

    Salam kenal bung kuprit iki reoni wae pengujung,e warjag kusus,e wong ponorogo kiro2wong piro seng aneh koyo awak,e dw ki

  10.  

    Bung Gue saya tgl di sambit, jd kalau pespur TNI AU lagi latihan hampir pasti lewat atas kampung kami , manuvernya dahsyat sampai deru mesinnya selalu membuat kaca jendela terus bergetar. Untuk bung Paijo , kabar kulo sehat lan sae mawon . Sekarang lg nntn F5E latihan.

  11.  

    Mohon maaf kepada yang terhormat para warjag saya sangat prihatin melihat perkembangan warung ini sekarang dipenuhi banyak ular yang komennya asal jauh dari intelektualisme, etika, dan semangat kebhinekaan yang dijunjung nilai nilai luhur bangsa Indonesia apakah ini karena sudah ketularan sama elit politik karbitan yang dengan sangat mudah menhujat, menghina, dan bertutur kata kasar tanpa merasa bersalah sedikitpun atau ini yang dinamakan demokratis yang sudah maju? Atau mungkin saya yang sudah ketinggalan jaman………sedih dan prihatin.

 Leave a Reply