Sep 192014
 
Skyshield 35 MK-2 Senjata pertahanan udara Skyshieldyang akan dioperasikan oleh Detasemen Pertahanan Udara Paskhas saat diangkut dengan pesawat Hercules A-1319 (photo : TNI AU)

Skyshield 35 MK-2 Senjata pertahanan udara Skyshieldyang akan dioperasikan oleh Detasemen Pertahanan Udara Paskhas saat diangkut dengan pesawat Hercules A-1319 (photo : TNI AU)

Suatu kebanggaan bagi TNI Angkatan Udara dan TNI sebagai pengguna pertama senjata pertahanan udara Skyshield 35 mm MK-2 selain negara pembuatnya Swizeland. Senjata ini dibuat tahun 2014 oleh pabrikan senjata Swiss Oerlikon Contraves Rheinmetall.

Skyshield 35 MK-2 (Skyshield Gun Missile) untuk memenuhi kebutuhan Paskhasau melengkapi satuan jajaran sebagai senjata pertahanan udara yang akan dioperasikan oleh Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) Paskhas.

Skyshield Gun Missile merupakan sistem pertahanan udara titik (Short Range Air Defence/ SHORAD) mempunyai jangkauan peluru sejauh 4000m dengan kecepatan 1000 peluru/menit, dan jarak kecepatan amunisi rata-rata 1050 meter/detik, sedangkan maksimal magazen sebanyak 252 butir.

Sky Gun Misille memiliki amunisi AHEAD (Advanced Hit Efficiency and Destruction) kaliber 35 mm yang dapat menyembur menjadi 202 butir dan membentuk semacam perisai (Metal Spin-stabilised Projectiles)setelah 4 detik ditembakan, sehingga kemungkinan target lolos dari sasaran peluru hanya 10%.

Satu Firing Unit (FU) Skyshield Gun Misille terdiri dari dua unit meriam revolver kaliber 35 mm (1,38 inci), satu sistem sensor pengendali/radar dan pos komando secara terpisah, juga dilengkapi dengan dua rudal darat ke udara jenis Chiron buatan Korea Selatan yang sudah terintegrasi dengan Skyshield Gun Sistem sehingga membuat jangkauan radar lebih luas dan efektif, sehingga sekaligus mengembangkan pertahanan titik menjadi pertahanan wilayah/area.

image

Dislokasi Skyshield

Skyshield Gun Missile dapat ditempatkan di mana saja sesuai kebutuhan dengan sistem mobail dengan menggunakan empat truk yang sudah dilengkapi dengan derek, masing-masing truk memuat satu pos command, dua meriam revolver 35 mm dan satu sistem sensor kendali/radar, sedangkan Chiron dapat ditempatkan hingga sejauh 5 km dari Command Post.

Saat ini Skyshield Gun Missile ditempatkan di Denhanud 471 Paskhas Halim Perdanakusuma, Denhanud Paskhas Lanud Supadio Pontianak, dan Denhanud Paskhas Lanud Sultan Hasanuddin masing-masin satu Baterai yaitu dua Firing Unit.

Sedangkan personel yang mengawakinya sudah mendapat pelatihan sebanyak 20 personel terdirin darai 12 personel Paskhas, empat personel Depo 60 Senamo Lanud Iswahjudi dan Depohar 50 Lanud Adi Sumarmo, Solo.

Skyshield Gun Missile akan ditampil pada pada defile peringatan HUT TNI ke-69 pada 7 Oktober mendatang di Dermaga Ujung Surabaya. (TNI AU)

Bagikan:

  63 Responses to “TNI AU Pengguna Pertama Skyshield 35 MK-2”

  1.  

    Salvo….!!

  2.  

    ping

  3.  

    mantap

  4.  

    mantab

  5.  

    Iwj dan rusmin nuryadin gak dijagain ya….

  6.  

    maju terus bangsaku…

  7.  

    Kapan yang medium range nya datang?

  8.  

    Oteotenya apa ya?

  9.  

    Mungkin nggak yaa ni brng digotong ame tank atau panser…? mohon pencerahan para sesepuh
    NKRI harga mati………..salam

  10.  

    PagI

  11.  

    SEB .ELASS

  12.  

    Tinggal diperbanyak

  13.  

    Ass.Heran sy,sedemikian amankah sumatera hingga nyaris tdk terdengar ada penambahan selain batam? Gimana dg antisipasi yg dri andaman & cocos? Mohon pencerahannya abangda2 sekalian.maklum keresahan hati orang sumatera..

  14.  

    pengguna pertama ??????

    mudah-mudahan negara kita bukan sebagai kelinci percobaan buat mereka…

  15.  

    semoga diperbanyak di sepanjang front yard…..amin

  16.  

    semoga TNI AL jga beli skyshield milenium utk dpasangkan ke KCR 40 dan 60.. ngarep πŸ™‚

  17.  

    Bangga sbg pemakai 1 ? Kenapa tidak membeli senjata yg pernah merontokkan F 16, F111 (Balkan) dan Panavia Tornado (gulf war 1) ?

  18.  

    Makin berotot nih TNI

  19.  

    wow… salute tni

  20.  

    Numpang tanya dong kepada seluruh warga JKGR…
    Usia maksimal pendaftaran untuk sekolah TNI AU itu berapa ya??

    tq πŸ™‚

  21.  

    Yah walaupun cuma shorad tapi lumayan dari pada ngak
    kapan ya indonesia punya sam medium lagi kayak sa-2 dulu?
    Semoga di mef 2 terdengar kabar indonesia membeli aster ato patriot ato malah mungkin s400

  22.  

    Bener bener penjaga gawang…tp masalahnya mana pertahanan lapis dua dan tiganya? Masak penjaga gawang lawan 11 pemain musuh sendirian?

  23.  

    Nderek Ngangsu kawruh..

    Moga moga pilihan ini sdh tepat

    Monggo dilanjut dibabar ingkang jembar

  24.  

    Di tambah lagi minimal 500 unit

  25.  

    cukup beli 1, dipelajari, terus dikembangkan sendiri.

  26.  

    kalo dibaratkan pemain bola maka Skyshield 35 mk2 adl penjaga gawangnya nah yg kurang adalah centerback nya bisa(buk,Pantsir-S1) nah lengkap lagi klo ada gelandang bertahan nya (S-300/S-400)

  27.  

    kalo dibaratkan pemain bola maka Skyshield 35 mk2 adl penjaga gawangnya nah yg kurang adalah centerback nya bisa (buk,Pantsir-S1) nah lengkap lagi klo ada gelandang bertahan nya (S-300/S-400)

  28.  

    Wahhh telat nyimak…

  29.  

    Alutsista pesanan sudah banyak yang datang.

  30.  

    Absen

  31.  

    test

  32.  

    Saya jadi mikir gimana ya kalau ada rudal yg di tembakkan dari jarak jauh, seperti tomhawk, apa bisa kita intersepya pakai rudal penangkis seperti, skyshield mk 2, ini ya,dan bagaimana kalau serangan rudal yg di tembakkan oleh musuh itu secara acak targetnya dan jaraknya berjauhan, satu target jakarta,2 bandung,3 solo,4 oalembang gimana ya, apa mungkinkah kita kebingungan yg mana dulu ya yg di intersep, gimana ya kalau kita punya s 400 om ruski rasanya aman banget deh.

  33.  

    CIWS sangar, tapi aa missile kok chiron ? mbok mistral

  34.  

    Hadir

  35.  

    Jouooooozzzzzzz

 Leave a Reply