Jun 262016
 

Jakarta – TNI Angkatan Udara membenarkan adanya pesawat AU Malaysia yang masuk ke wilayah Indonesia, tepatnya di Natuna, Kepulauan Riau. Pesawat itu belum terlalu jauh memasuki wilayah NKRI.

“Informasinya peristiwa itu bukan sampai dicegat di Natuna. Pesawat itu memang memasuki wilayah kita, kita hanya memperingatkan pesawat tersebut bahwa pesawat Anda telah masuki wilayah NKRI,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma Wieko Syofyan saat dihubungi detikcom, Minggu (26/6/2016).

“Jadi sebatas itu, setelah itu mereka keluar kembali,” sambungnya.

Dijelaskannya, pesawat Malaysia yang melintasi wilayah Indonesia itu adalah pesawat jenis Hercules C-130. Pesawat Indonesia tidak sampai mengudara untuk memperingatkan pesawat Malaysia tersebut.

natuna island

“Jadi kita melalui komunikasi yang stand by di Natuna, kita hanya memperingatkan. Iya, betul (komunikasi radio ke pilot),” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Hishamuddin Hussein, mengatakan bahwa pesawat jenis Charlie C-130 itu tengah terbang menuju ke Labuan, Sabah, dari pangkalan udara Subang, ketika dicegat.

“Ya, kami telah menerima informasi bahwa pesawat tersebut dicegat oleh 2 jet Indonesia. Namun, kami belum memiliki detail lengkap terkait hal tersebut,” kata Hussein seperti dilansir media Malaysia, The Star, Minggu (26/6/2016).

“Saat ini kami dalam proses meminta laporan lengkap,” imbuhnya setelah mendistribusikan 1.000 bubur lambuk kepada pengunjung di bazaar Setiawangsa Ramadan hari ini. Namun dia tidak menyebut secara jelas waktu terjadinya pencegatan tersebut.

Sumber : Detik.com

  45 Responses to “TNI AU: Pesawat Malaysia Hanya Diperingatkan via Radio”

  1. nah lho malaysia…nakal…

  2. Sinyal neh buat cina…

  3. pertamax yg di sengaja…akhirnya.

  4. pasti keluar keringat dingin tu pilot maloy…haha.
    pengen nyoba kesangaran tentara kami.
    dilibas kau baru tau rasa…haha ketawa jahat.

  5. emg ada ya orang malaysia yg namanya bobot….haha lucu amat lu…nama lu gk sesuai ama omongannya… gk brbobot….
    ngetes apanya.
    klo emg berani tu china mo ngambil laut lu…coba di test,sma nelayan china aj gk berani pke mo ngetest Indonesia,mau hancur lu.

  6. Napa cmn radar yg dites…. rudalnya jg sekalian…. Kali aja dpt kesempatan emas disalvo….
    Kloakakakakaka……

  7. Berita jos…

  8. nah lo!!!!! infonya saling tabrak.yang atu bilang di peringatkan melalui radio dan jet tempur nggak sampai mengudara.yg satunya lagi ngomong sempat dicegat dua flight pespur.yg mana yg benar??? ataukah kita yg terlalu merendah???

  9. @bobot

    Emange radarnya RMAF yang gak bisa deteksi MH-370….ngaca dong?!!

  10. Yg benar dicegat krn pesawat malaysia melanggar lampu merah…trs ditanya sim stnk ndak punya krn pesawat minjem dr amrik…

  11. wkwkkkk…..Jamaah anti MALON pd keluar.

  12. kampret ERROR…melulu

  13. Malay detected bung kambing sruduk

  14. Maklumin aj klo herky malaysia bablas. Kan di layar monitorny semut smua kyk siaran tv udh abis. jd gk kliatan deh segala mcm petunjuk navigasi yg ad d monitor.

  15. Beruntung hanya diperingati lewat radio harusnya dibikin buntung dulu baru di peringatin lewat radio!!!! Jaga… pertahankan NKRI

  16. kasihan malon harus muter2 dulu , nggak bisa langsung lurus kwkwkkw

  17. dari subang ngapain?kawin kontrak…?

  18. Gue ngarep banget TLDM ngetes rudal yakhont indonesia, plus juga tuh tes rudal c705

  19. langsung rudal…..
    hajarrrrrrrr…….

  20. Sebenarnya itu berita tidak begitu seru, lain cerita jika Hercules Malaysia terbang diatas gugusan pulau Spratley yg dimodif jadi pangkalan militer china, ane acungi jempol pd pilot dan jajaran militer Malaysia yg dg gagah berani mengirim truk terbang untuk menakuti penjaga pangkalan militer china di Spratley sekaligus untuk menegaskan klaim Malaysia atas gugusan pulau di Spratley serta penegasan wilayah perairan dan udara bebas di atas LCS.

    Seharusnya Malaysia tdk boleh kalah dg USAF yg berani mengirim B52 Stratosfortess serta P-8 Poseidon, untuk mengintip kegiatan china disekitar LCS sambil menegaskan hak wilayah kebebasan navigasi internasional. Pesawat cargo C130 Hercules milik Malaysia pun cukup untuk menegaskan hak Malaysia atas wilayah klaim Malaysia, cukup membawa pisang beberapa tandan sbg senjata pamungkas, Herky Malaysia bisa menjatuhkan mental personel china bila dilakukan dg taktik jitu…

  21. Cukup via radio saja… lhaaa klo intercept.. setiap saat psawat asing… bisa kendor budget bbm pespur…iritttt…hehehee

  22. Dad Daddy@ emang knapa? itukan makanan orang melayu termasuk di kepri…kan lebih baik dari pada nasi aking…

  23. ssstt udah jangan ribut ada yg lg sakit.

  24. kwaaakk…kwaaakk…kwaaakk…

  25. Benar2 bakal …???
    Singapore yg asik2x mnguasai udara di natuna… Bakal rame nih…

  26. mam pos kau, harus banana fly dulu kah kah kah

    Banana fly(melengkung keluar pulau natuna) hahahahha dulu kan mereka lempeng lurus..sekarang natuna ada yg jaga…bengkak deh penggunaan bahan bakar pesawatnya kah kah kah

  27. halahhh…lon malon.negara kok nggak jelas arahnya.teknologinya….terbelakang lgi.

  28. Lain kali ngomong ya kl mau lewat lagi kl nggak ngomong ntar bs kena timpuk lho hehehe…

  29. malon takut mau lewat LCS..takut dirudal cina..
    katanya wilayah malon ada juga di LCS…tapi kenapa takut lewat diwilayahnya sendiri?
    mmg pengecut malon ini

  30. tes

 Leave a Reply