Dec 292017
 

dok. Pesawat F-16 TNI AU (@_TNIAU)

Ambon, Jakartagreater.com – Mabes TNI-AU memprogramkan membangun skadron Udara F-16 di Ambon, Provinsi Maluku, pada tahun anggaran 2018.

Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Antariksa Anondo saat dikonfirmasi, Jumat, 29/12/2017 mengatakan keberadaan skadron strategis dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas operasi udara yang dilaksanakan TNI-AU.

Apalagi, kata Kolonel Pnb Antariksa, Maluku terdiri dari 11 kabupaten/kota dengan 1.340 buah pulau.

Begitu pula dengan 92,4 persen dari wilayah Maluku seluas 712.479,69 Km2 adalah laut.

Strategisnya karena pembangunan skadron Udara F-16 di Lanud Pattimura sebagai salah satu upaya untuk pengamanan mengingat batas wilayah berdekatan dengan wilayah selatan dekat yang secara geografis dekat Australia.

“Kami saat ini melakukan tahapan survei maupun kesiapan lainnya untuk membangun skadron sebagai unsur operasional yang diprogramkan berkapasitas 12 pesawat tempur F-16,” ujar Antariksa.

Disinggung pemeliharaan pesawat tempur F-16, dia menjelaskan di Makassar, Sulawesi Selatan yang memiliki fasilitas tersebut.

“Pemeliharaan tingkat ringan bisa ditangani di Ambon bila telah dioperasikan,” tandas Antariksa.

TNI- AU saat ini memiliki dua skadron udara yang mengawaki pesawat F-16, yakni skadron udara di Lanud Iswahjudi, Madiun, dan Skadron Udara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. (Antara).

  42 Responses to “TNI AU Programkan Bangun Skadron F-16 di Ambon”

  1.  

    perlahan tp pasti…

    #pasti ra teko2

  2.  

    Kenapa F-16?

  3.  

    F-16V melawan F-35 & EA-18 Growler Ausie Di Darwin

  4.  

    Awalnya mau bangun lanud d saumlaki, trus kemarin bangun kapal induk di selaru, skrng ngomongya buat skadron baru d ambon..yg benar yg mana sih..

  5.  

    Good job,

    50 unit Viper bisa dibagi jadi 3 skuadron atau 4 skuadron kecil.

    Tadinya rencana Manado, Biak, Kupang

    Tetapi jarak antara Manado ke Kupang, Manado ke Biak dan Biak ke Kupang terlalu jauh, agak susah dijangkau oleh Viper.

    Maka di tengah-tengahnya mesti ada 1 skuadron lagi yaitu di Ambon.

    Sehingga jarak antara Manado ke Ambon, Biak ke Ambon dan Kupang ke Ambon tidak terlalu jauh sehingga bisa dijangkau oleh Viper dalam mode combat.

    Yang masih kosong nantinya tinggal Merauke, entah mau diisi skuadron dari jenis pespur yang mana.

    •  

      Bikin 4 skadron kecil lbh baik, toh nti nya jg bakal disebar di tiap2 pulau terluar.,.

      •  

        Lebih baik Kupang diisi sama Sukhoi 30 SM : 16 unit untuk menghalau dari Australia, Biak diisi Sukhoi 35 : 18 unit untuk menghalau dari Guam dan Filipina, Ambon diisi F-16 Viper : 12 unit, Manado diisi F-16 Viper : 16 unit buat menghalau Malaysia dan Filipina.. semoga didengar TNI AU dan Kemhan..?

    •  

      Berarti saumlaki dan selaru batal ya bung tn

      •  

        Tidak batal.

        Pembangunan lanud dan pangkalan militer mirip kapal induk jadi kok.

        Selaru dan Saumlaki itu letaknya dekat sekali.

        Hanya saja Selaru / Saumlaki itu seperti Natuna dan Miangas tidak diisi skuadron, hanya akan diisi flight antara 3 – 7 pespur.

  6.  

    Tuh pesawat gilaaakkk… body.y keren banget cihh

  7.  

    Tuh pesawat asli keren banget cihhh… suka sma body.y

    Amerika emng pda hebat2 dalam segi design

  8.  

    Oh iyah.. dan dalam segi teknologi juga sangat unggul di dunia ini

  9.  

    daripada beli pespur … lebih baik anggaran belanja dephan satu tahun kita konsen beli sista rudal/missiles jarak jauh utk menangkis rudal jelajah + pespur dari negeri musang.
    kita musti belajar dari perang Suriah & Irak, agresor pasti mengandalkan serbuan rudal jelajah utk membungkam kekuatan pertahanan lawan, ingat Amrik & sekutu nya termasuk Aussie, Cina, Russia, India … sdh mampu menyerang dg rudal jelajah !!!
    punya kuantitas pespur memang penting & sangat diperlukan tapi perang modern selalu dibuka dg rudal jelajah … apakah kita sdh mampu menangkal nya ?

  10.  

    http://defense-studies.blogspot.co.id/search?updated-max=2017-10-11T07:07:00%2B07:00&max-results=7&start=161&by-date=false nah ini peta penempatan jet tempur semua..perkara merk “nanti”..yang pasti fighter…tinggal dijumlah berapa kebutuhan jet fighter kita(heavy,medium,light,yg pasti full ammo)yg ada berapa dan kurang berapa….berita diatas menunjukan bahwa TNI AD-TNI AL didaerah tersebut telah kuat..untuk menjaga asset didarat..

  11.  

    hmm, bayangin kalau kaya Qatar. ganti pesawat berapa ya? 12 dengan ±50 an

  12.  

  13.  

    ada yang bisa perkirakan dampaknya jika Trump benar2 jadi embargo suku cadang F-16 dan alutsista RI yg lain yang asalnya dari negara NATO?, apakah yang bahas soal kemungkinan itu? aku sih lebih baik utk sementara pemerintah hindari beli alutsista dari negara NATO, dengan menimbang karakter Trump yng semau dewe

 Leave a Reply