Jun 072018
 

Pesawat Su-30 TNI AU (photo: TNI AU)

Jakarta, Jakartagreater.com – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) akan memiliki 8 skadron udara pesawat tempur pada tahun 2024, ujar Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

“Sesuai dengan perencanaan kekuatan materiil, kita berharap memiliki delapan Skadron Udara Tempur dengan kekuatan 16 pesawat dengan kesiapan masing-masing skadron udara rata-rata 80 persen,” ujar mantan Panglima Komando Operasi TNI-AU I (Pangkoopsau I) ini, dalam ceramah Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Kesatuan Komando TNI AU (Sekkau) Angkatan 103 TP 2018, Halim Perdanakusuma, Jakarta, dirilis ANTARA, Kamis, 7-6-2018.

Di Kampus Sekkau Lapangan Udara Halim Perdanakusuma itu, Kasau mengemukakan, dalam menghadapi tuntuan tugas ke depan yang makin kompleks, maka TNI AU akan terus melakukan pembangunan dan pengembangan kekuatan. Kebijakan pembangunan kekuatan Postur TNI AU tahun 2005 hingga 2024, menurut Kasau, antara lain perencanaan delapan Skadron Udara tempur.

Marsekal Yuyu mengemukakan, selain Skadon tempur, TNI AU juga akan memiliki 6 Skadron Udara angkut berat, sedang dan ringan, yang memiliki kekuatan per skadron udara sebanyak 16 pesawat. Keberadaan skadron ini untuk mendukung mobilitas pasukan dan logistik pada dual trouble spot.

“Untuk skadron angkut, TNI AU akan mengganti pesawat C-130B dengan pesawat angkut sekelas IL-76/A-400/C-17, dan sudah mengganti pesawat F-27 Fokker/CN-235 dengan pesawat sekelas atau diatas CN-295/C-27 Spartan, yang masing-masing skadron mempunyai tingkat kesiapan rata-rata 80 persen,” ujarnya.

Kasau juga menjelaskan wacana TNI untuk melaksanakan penggelaran Pangkalan TNI terpadu yang akan tersebar pada beberapa daerah, antara lain Natuna, Selaru, Morotai, Biak dan Merauke.

“Penggelaran benteng-benteng pertahanan terpadu tri matra tersebut, diwujudkan dalam upaya untuk memperkuat sistem pertahanan negara dalam mengantisipasi perkembangan ancaman yang terus meningkat,” ujar Marsekal Yuyu Sutisna.

Sekkau A-103 ini diikuti 57 perwira siswa (Pasis), yakni 50 Pasis TNI AU, 2 Pasis TNI AL, 1 pasis TNI AD, dan 4 Pasis mancanegara masing-masing seorang dari Filipina, Thailand, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Bagikan :

  71 Responses to “TNI AU Proyeksikan Miliki 8 Skadron Pesawat Tempur di 2024”

  1.  

    sepi

  2.  

    Amin YRA

  3.  

    Semoga ekonomi semakin maju agar rencana tsb bs tercapai!

  4.  

    Biasanya kalau Indonesia tambah maju bocah cipeng mulai ngepot2 disini

    😎

    •  

      Ya syukur lah kl indo bisa maju..
      Semua negara didunia kl dlm kondisi stabil jg smua dg sdrinya tambah maju..

      Jgn lupa majunya indo dah terukur akan bgtu bgtu aja krn yg dilakukan ya itu itu aja..
      Pencapain indo tertinggi msh tidak jauh dr bikin kerangka..

      Ha ha ha

      •  

        Walau anda meremehkan RI tp jgn lupa byk SDM2nya bekerja sebagai tenaga ahli di negara2 maju terutama Industrinya bgt jg diaspora2nya, jgn dinafikkan bgt!

        •  

          Jng salah menterjahkannya ya..
          Saya bicara jujur berfakta..
          Kl 0 ya saya bilang nol..

          Oh para diaspora itu ya..
          Dah lama sekali pemikirian akan ajak mereka pulang..
          Justru pihak pemerintah bingung kl mereka mereka tanya stelh pulang mo ngapain..

          Faktanya sampai detik ini gmn dong..

          Ha ha ha

          •  

            Ya ya ya… Fakta memang sampai detik ini beruk2 jaguh paling ahli buat alutsista buatan tempatan wkkkkkk….

          •  

            Bkn bgtu malay lg senang menikmati kemakmuran..

            Selama msh enakkan pliara centeng ngapain susah susah…

            Ha ha ha

          •  

            Wkkkkkk… Bener kata bung nuncaku nih… Bangsa tukang nyusu sampai kapan pun maunya di susu in terus ga ma mau susah berusaha sendiri, percuma lo punya otak kalau maunya cuman nyusu terus yee lon xixixi…

          •  

            Kongkow di cafe nikmat banget drpd pelototi patok perbatasan..

            Ha ha ha

          •  

            Owh iya silakan duduk di cafe sambil mikir negara lo yg bangkrap dan kismin karena najib wkkkkk… Tapi Lebih nikmat lagi kalau duduk di cafe sambil liat berita dalam negri sudah bisa jual alutsista buatan sendiri seperti ssv, Senapan SS, dan pesawat pt DI ke berbagai negara…

          •  

            Ya ya ya..
            Banguslah..
            Smga hasil penjualan uangnya cukup wat kongkow di kafe sambil liat berita habis jualan pd ditangkepin ya..

            Ha ha ha

          •  

            Owh tentu lebih dari cukup… Bahkan cukup untuk di sumbangkan ke Tabung Harapan malaysia buat membantu negara kismin wkkkkkk…. Sementara itu di Seberang Rumah sakit pun akan di untungkan juga karena banyak para beruk terkena stroke stelah membaca berita itu di karenakan iri hati dan dengki wkkkk… Yah begitulah bangsa tukang nyusu xixixi…

          •  

            @Depazito, faktanya militer Indonesia lebih kuat dibanding malay….hahaha…

          •  

            depazito…. bagus berperan watak, …. sama sama WNI ,,,,Seperti halya mbah bowo dulu ,,,,, hanya bedanya depozito ala malaysia ,,,,, mbah bowo ala pro Pla ,,,,,, dialog warjager jadi seruuu ,,,,,,, sukses mas jalo, pemilik blog ini ,,,,,,,,,, met berpuasa sobat semua ,,,,

      •  

        Penghasilan Nasional Indonesia sampai 3000 triliun pada tahun 2016, sedangkan Malo*n chipeng cuma 800 triliun, jauh amat ! Itupun belum yg termasuk dikorupsi Najib

        😎 kwokwokwok

        •  

          3000 T dibagi luas dan penduduk..

          3000/250 =12 m
          800/20=40 m

          Jadi 12 sama 40 gedhe mana

          Coba singapur taiwan hokg brp..

          Ha ha ha

          •  

            12 m.? 40 m.?
            Tp kok yg 40 m gak bisa beli alutsista baru ya.? Alutsistanya sdh tua loyo kaya chipeng bongkok tua yg lg narik riksaw ya.?
            Sekali lg logika chipeng yg kusut spt mie tiaw basinya…wekwekweekkkk

          •  

            Dpaz, KBH dan Agato….rada2 mirip kelakuannya….biarlah mereka itu koplak sejati forever, memang orang-orang koplak itu di sayang bully dan yang koplak paling bergembira kalau di bully…lancrutkan !

          •  

            Kalau 40 ngerasa gede…terus kenapa loe sekarang bangkruttttt….?

            hahaha….

          •  

            @depazito, kamu sudah kasih donation belum ? untuk bantu bayar hutang malay….hikhikhik….

          •  

            Kwokwokwok… Ngitung nya masih dibohongi world bank, itu untuk ngitung garis perekonomian masyarakat, fakta asli adalah Indonesia punya 3500 triliun pertahun lah, belajar lagi ya dek biar tidak jadi Malo*n chipeng

            😎

      •  

        ha, ha, ha, Depazito adalah LoL

      •  

        watak yg khas dr seberang, suka meremehkan… padahal gak pandai membaca situasi dan meraba masa depan hihihi

  5.  

    Lagi pula f35 mampu melumat 8 skuadron saat mereka masih bobok di hanggar…

    Ini saya omong logika..
    Sakit memang kl dg logika ya..
    Maafin ya..

    Ha ha ha

  6.  

    2 Squadron Sukhoi (SU 27 SKM, SU 30 MKK, SU 35BMI), Makasar & Madiun
    3 Squadron Light attack (Hawk & TA Golden Eagle), Ponti, Pekanbaru, Madiun
    3 Squadron F16 A,B,C,D series , Vampire maybe), Pekanbaru, Madiun, Kupang
    Squadron 5th Gen kapan…….?

  7.  

    Jgn lupa jg sapa asal mayoritas asli melayu Malaysia bukankah dr Nusantara yg sekarang bernama Indonesia bgt asal kesultanan2 dsn, bahkan pasca dpt hadiah kemerdekaan dr mama Eli byk merekrut guru2 dan ahli2 dr RI! Menghamba ke Inggris membuat rasa seakan lbh hebat dr yg lain! Jasmerah!

  8.  

    Guru di sana dulu kerja dibayar..
    Dulu memang malay banyak mendatang tki bersertifikat guru..
    Lalu salahnya dimn..
    Maluinya dimn…
    Jelknya dimn..

    Sampai skrgpun malay masih mendatangan dosen dosen dr negara lain..

    Coba chek indek pendidikan indo dg malay..
    Jauh sekalee bu dhe..

    Indek pendidikan indo bisa bisa msh klh dg philipin dan vietnam lo..

    Gak penting proses yg penting hasil..
    Yg di nikmati tu hasilnya..

    Harusnya indo berterimakasih pd usa dan jg jepang..
    Just luck…

    Ha ha ha

    •  

      Sakarebmu! Klu penyakit angkuh akut mendera sulit diobati bs sampai dibawa mati!he3. Maleslah nanggepi sampeyan making diladeni semakin kumat!

    •  

      Ooo…indek pendidikan yg itu ya. Yg katanya jiran beruk ada diatas Indonesia.? Tp klo olimpiade science, fisika dan matematika yg selalu dpt juara dan minimal 3 besar itu Indonesia yaa.? Di jiran sono kagak ada murid yg pintar apa yaa.?
      Ahhh….lupa ane entekan cuma chipeng imigran gelap adiknya ubed xpired yg nyasar dimari, pastinya kagak paham alias sotoy doank……wekwekwekkkkkk

      •  

        Ya ya ya..
        Memang kl olimpiade bidang pendidikan indo sering sekali mendapat medali dan juara umum mampu mengalahkan negara negara jepang korea usa ue dll..
        Apakah kalian mengetahui AASAM olimpik menembak militer..
        Spt jg olimpiade pendidikan indo selalu bisa mengalahkan negara negara mapan di bid militer..

        Logika kalain jalan gak sih dg kenyataan ini…

        Cape dech…

        •  

          Logika chipeng ente yg buntu kebanyakan isi bakpao….wekwekwekk

          Ente tau legenda David dan Goliath.? Itu bukan cuma legenda tapi fakta sejarah yg jg tercatat dlm agama. Ente kagak punya agama makanya ente kagak ngerti cerita yg begonoan tentang Nabi Daud.
          Ente jg baca sejarah perang vietnam, somalia, Afganistan.? Itu semua yg pernah mengalahkan negara mapan di bidang militer…..wekwekkkwekkk

          Nih bocah bakpao kebanyakan makan mie tiaw makanya otak kusut spt kwe tiaw….chipeng…cipheng kebanyakan ngompol loe, kaya kokoh loe si X-pired….wekwekwekkkk

        •  

          Ahh…nih chipeng kebanyak makan bakpao, jd muka spt kwe tiaw dan pikiran kusut spt mie thiaw.

          Baca sejarah David dan Goliath, jg sejarah perang vietnam, somalia, Afganistan.? Negara mapan bidang militer koit semua disono…..wekwekweekkk

        •  

          Logika chipeng mata sipit ente kah yg jd sudut pandang.?
          Klo iya mingkem aja dipojokan sambil ngadon bakpao.

        •  

          logika chipeng kagak pake otak…tapi pake dengkul….hahaha..

        •  

          ha, ha, ha, Depazito adalah LoL

  9.  

    Semoga ekonomi kuat jadi bisa beli yg bnyk

  10.  

    Dpaz, KBH dan Agato….rada2 mirip kelakuannya….biarlah mereka itu koplak sejati forever, memang orang-orang koplak itu di sayang bully dan yang koplak paling bergembira kalau di bully…lancrutkan !

  11.  

    tambahan 3 skuadron viper ngk dihitung kali ya..??? 2 skuadron sukhoi, 2 skuadron F-16 C/D, 3 skuadton F-16 E/F, 2 skuadron pengganti hawk, 1 skuadron baru di Natuna. Mumpung AS sedang baik dengan kita.. sekalian borong tambahan ATGM Javellin 300 unit 50 peluncur, Hellfire 250 unit, AMRAAM 200 unit.

    •  

      Apa yg harus di takuti sama china? ora onok, justru yang perlu di khawatirkan itu, pekerja non keahlian/buruh china yg sebrek masuk bebas ke Indonesia, yang seneng ya si cukong2 china itu, lha mosok buruh kasar, ndak isok bahasa, tapi punya ktp lokal….dagelan tenan

      •  

        Mereka dibawa investor dan jumlahnya ga sebanyak politisi anti pemerintah om jika jumlahnya jutaan itu hoax coba tunjukan dimana yg bnyk tsb?

  12.  

    8 skuadron tempur ?

    Kita sekarang punya :
    1 skuadron Sukhoi
    2 skuadron F16
    2 skuadron hawk yang mau diganti
    1 skuadron golden eagle
    1 skuadron super tucano
    1 skuadron F5 yang mau diganti

    1+2+2+1+1+1 = 8

    Sudah 8 skuadron tuh ?

    Bukankah dulu direncanakan 11 skuadron tempur dan bukankah sekarang sudah ada rencana untuk tambah 3 skuadron lagi sehingga jadi 11 skuadron ?

    Ataukah fungsi skuadron akan mengalami perubahan ?

    Kemungkinan skuadron super tucano bakal diubah jadi skuadron taktis ?

    Kemungkinan 2 skuadron hawk atau penggantinya dan 1 skuadron golden eagle bakal diubah menjadi skuadron buru sergap ?

  13.  

    Lihat itu pengganti C130B direncanakan salah satu dari IL76/A400m/C17

    IL76 payload 42 ton / 48 ton / 60 ton (tergantung varian)

    A400m payload 37 ton

    C17 payload 77,5 ton

    Kapasitas paling besar adalah C17 globe master !

    Gue jagoin C17 globemaster kalo gitu.

    •  

      Kl indo baiknya beli A400..
      Malay tlah lama gunakan..

      Cocok utk indo
      Dia landasan pendek ok
      Landasan ridak bgtu bagus jg oke
      Hargapun cocok buat kantong indo yg pas pasan..

  14.  

    Mantaab, para perancang strategi militer nampaknya sdh pada turun gunung semua ini.

    Di sisi barat samudera hindia ada yg bantu melindungi, di timur pasifik jg sdh terbantu, maka penguatan ada di wilayah utara sisi LCS dan wilayah selatan utk ausie, kalo bisa satuan rudal jangkauan 450 km utk sisi utara, dan satuan rudal jangkauan 750 km utk sisi selatan.

  15.  

    ha, ha, ha, Depazito adalah LoL

  16.  

    Strategi mengurung tiongkok.bagaikan belitan seekor anaconda.loe bergerak dikit atopun tidak.tetap sama saja…loe bakal smakin dijepit disgala sisi.salam proxy war.

    •  

      Perumpamasn yg bgs sekali..

      Saya terusin ya biar coplit ceritanya

      Setelah anaconda melilit umpan yg tlah disiapkan datanglah tukang kulit utk menguliti anaconda tsb..

      Trala la..

      Ha ha ha

      •  

        Terus saya lancrutkan, tukang kulitnya ceroboh, datanglah bapaknya anaconda…

        •  

          Karena tlah disiapkan plan cadangan..
          Lalu terperanglah bapak anaconda tsbt dan berbagialah tukang kulitnya..

          Trala la…

          Ha ha ha

          •  

            Yo wis sak karebmu

          •  

            bapak anaconda terperangah karena tidak menyangka tukang kulit sebegitu bodohnya….masa jebakan ular palsu plastik di kuliti juga….

            sementara anak anaconda tersenyum-senyum sambil geleng2 kepala dan berkata sama bapaknya “Papah ini tukang kulit chipeng bodoh sekalee ya?” bapak anaconda jawab ” maklum nak, nenek moyang nya juga bodoh!…tertawalah mereka berdua menyaksikan kebodohan tukang kulit chipeng….hahahaha.

  17.  

    Wajar seharusnya lebih dari itu karena daerah sangat luas

  18.  

    Lah kok malah jadi anaconda wkwkwk

  19.  

    Depazito@ Malu dong sma kucing… Meoooonnnggg

 Leave a Reply