Dec 092014
 

Jakarta — Pesawat intai milik TNI Angkatan Udara Boeing 737 AI-7302 berhasil mendeteksi ratusan kapal pelaku penangkapan ikan secara ilegal yang beraktivitas di Laut Aru, Senin (8/12/2014).

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto di Jakarta, Selasa, mengatakan, pesawat yang dilengkapi dengan kemampuan foto udara tersebut diterbangkan atas permintaan Kemenko Kemaritiman yang menduga banyaknya penangkapan ikan secara ilegal di perairan tersebut.

Menurut dia, Boeing 737 tersebut diterbangkan ke sasaran dengan rute Merauke-Laut Arafuru-Merauke dengan nama operasi “Sayap Maleo 2014”, dan berhasil merekam kegiatan kapal-kapal itu di perairan Laut Aru.

Pesawat intai yang dipiloti oleh Kapten Pnb Hendro Sukadani tersebut, kata dia, menangkap obyek ratusan kapal ukuran besar tengah melakukan aktivitas mencurigakan. Setelah mengidentifikasi secara visual, terlihat bahwa kapal-kapal tersebut menggunakan bendera Merah Putih untuk menyamarkan identitasnya.

“Identifikasi dan hasil foto target kapal tersebut segera dilaporkan ke Kemenko Kemaritiman untuk tindakan selanjutnya,” ucap Hadi.

Di tempat terpisah, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pun mengaku tak gentar menghadapi kapal-kapal pencuri ikan walau bentuknya besar, dan yakin bahwa TNI mampu menenggelamkannya.

“Mau sebesar apa pun (kapalnya) kalau maling ya diselesaikan. Kalau mencuri terus, tidak ada surat-surat, kemudian berulang kali diingatkan, dilepaskan mencuri lagi, ya ditenggelamkan saja,” tekan Ryamizard seusai acara pengangkatannya sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir di Bumi Marinir, Cilandak, Jaksel, Selasa.

Kendati demikian, ia mengingatkan bahwa sebelum kapal asing pencuri ikan ditenggelamkan, awak-awak kapal tersebut terlebih dahulu dievakuasi.

“Jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang salah kaprah dengan menilai kapal pencuri ikan ditenggelamkan bersama awak kapalnya,” tuturnya.

Ia yakin kekuatan kemaritiman Indonesia melebihi negara-negara tetangga sehingga bisa menanggulangi pencurian ikan.

“Kapal kita cukup dibanding negara tetangga. Kita kan nomor 19 di seluruh dunia, nomor 9 di Asia Pasifik. Berarti kan di negara tetangga, kita yang baik saat ini. Tentara dibuat untuk menjaga kedaulatan. Diberdayakan, harus. Ingat ya, di dunia ini ada 3 negara besar yang punya marinir kuat, salah satunya Indonesia,” sambung Ryamizard.

Menhan mengatakan akan terus meningkatkan keamanan kemaritiman Indonesia, mengingat perairan Indonesia yang sangat luas sehingga banyak sekali terjadi pencurian ikan oleh nelayan-nelayan negara tetangga.

“(Keamanan kemaritiman Indonesia) ke depan juga pasti, setiap tahun pasti ditingkatkan, pasti dimodernisasi, pasti itu, karena itu tugas kita. Hampir seluruhnya (perairan Indonesia rawan pencurian ikan), terutama di bagian Timur. Indonesia Timur itu lautnya mampu menghidupi separuh penduduk dunia. Bayangkan, begitu banyak ikannya,” tutur Ryamizard.

Terkait kapal-kapal milik nelayan Vietnam yang diledakkan oleh TNI AL beberapa waktu lalu, Ryamizard memastikan hubungan diplomasi antara Indonesia dan Vietnam masih tetap baik.

Peledakan kapal dilakukan sebagai tindakan hukum atas pelanggaran oknum nelayan di wilayah Indonesia, bukan terhadap pemerintahnya.

“Kita tetap bersahabat dengan Vietnam, dengan siapa saja negara-negara ASEAN. Ikatan ASEAN tetap harus kuat. Akan tetapi, namanya maling, jangankan Vietnam, orang kita sendiri kalau maling ya ditangkap,” ujarnya. (Kompas.com).

  54 Responses to “TNI AU: Ratusan Kapal Penangkap Ikan Ilegal di Laut Aru”

  1.  

    Pertamak…oi..

  2.  

    Lanjutken

  3.  

    hajar bung

  4.  

    Mengapa kita tidak menangkap ikan di laut negara tetangga???

  5.  

    Marinir kita 3 Besar Dunia..???
    Gak kalah nih dgn sodaranya….Kopassus

  6.  

    Wah…nelayanku besok2 dah bisa tersenyum neh…

  7.  

    Kalau nelayan kita sendiri, dengan kapal kecil milik sendiri, menangkap ikan dengan cara tradisional di laut kita sendiri, apakah harus ada izin juga? Oknum pemberi izin yang perlu ditinjau karena panjang dan sulitnya birokrasi yang harus dihadapi nelayan kecil.
    Jangan sampe nelayan kecil seperti ini yang ditangkapi lalu kapal mereka ditenggelamkan. Kan kekayaan laut kita memang untuk rakyat yang mau berusaha. Kalau mau berusaha saja sudah dipersulit, bagaimana rakyat akan makan. Saya berani ngomong seperti ini karena pengalaman beberapa tahun berinteraksi dengan nelayan tradisional di tepi pantai. Sangat miris melihat kehidupan mereka.

    •  

      setubuh bung @Aldizy….ada birokrasi ada cost….klau mau mengendalikan yg besar2 aja milik para cukong yg hrs izin….BU SUSI PERLU REVOLUSI BIROKRASI TDK CUMA REVOLUSI MENTAL nich…..

    •  

      Sudah diberesi bu Susi bung. Perijinan bahkan akan dikurangi kalo tidak dihilangkan. Yang jelas 10 hari dilantik mentri, bu susi sudah memutuskan Pemda TK 1 dan TK 2 dilarang menarik retribusi dari kapal nelayan ukuran < 20 atau 30 ton (cmiiw).

      Sebagai gantinya, Kementerian maritim dan kelautan akan memberikan subsidi pada pemda sebagai ganti retribusi yang hilang…

  8.  

    sepuluh tahun negri ini d pimpin presiden dgn doktrin zero enemy,pemaaf & pemurah.pimpinan tni sperti khilangan ke tegasannya,,ketika skarang mreka mndapatkan pemimpin yg tegas, tni sperti kelabakan,seolah olah presiden jokowi perintahnya serius atau gurau

  9.  

    Betul Bapak menteri, kapal pencuri dibakar dan dimusnahkan saja . Kalo dilelang, paling kembali kepemiliknya. Juga kalo dikasih ke nelayan, paling juga dibeli /dirampas oleh pemiliknya (di tengah laut) .. Jadi repot kalo dipikir-pikir….

  10.  

    Sikap tegas yg didasari oleh keinginan utk memajukan dan memakmurkan bangsa, itulah sikap yg sdh seharusnya keluar dari pemimpin2 negeri ini. Rakyat pasti akan merasa bangga punya pemimpin sprt itu, dan juga merasa bangga menjadi warga negara Indonesia.
    Klu rakyat bangga, mk mereka akan rela berbuat apapun utk bangsa ini dgn tanpa pamrih.
    Lanjutkan pak!
    Percayalah, rakyat akan menyayangimu!

  11.  

    Lha tuh boeng 737 kan udah lama di mari, kok baru sekarang digunain patroli nelayan asing
    Lha dr dulu kamane aje??

    •  

      dari dulu ada mas , malah sejak era pak suharto sampai saat ini , kedepannya ditambah pesawat untuk surveilance , dan jg radar maritim ….

      cuman , dari dulu meski mereka nagkap basah … dan dilaporkan ….

      yang didarat mungkin bilang begini >>. hallah biarken aja , indonesia itu kaya kok , lha wong dicuri sampai saat ini ya tetap ada ikannya

      trs yang lain bilang juga , Iya …> you wish been …. kono (inggris – jawa ) / ( ya biarkan aja )

  12.  

    BUKTIKAAAAANNNNN
    BUKTIKAAAAAANNNN
    BUKTIKAAAAANNNNN
    BUKTIKAAAAAANNNN
    BUKTIKAAAANNNNNN

  13.  

    Pagi warjagers….

    Blow up pemberitaan Ilegal fishing ini datang bertubi2…
    ada apa sebenernya..??
    gue qo merasa ada yg ganjil ya.

    •  

      Utk melihat reaksi &tanggapan rakyat kita,nelayan kita,pejabat kita,negara tetangga,pengusaha perikan (dlm maupun luar) dan yg lebih besarnya ingin tahu seberapa besar pengaruh sumbangsih perikanan laut kita pada komsusi dunia (coba2 embargo, dlm tanda kutip terselubung) bung Donnie. ma’af kalo salah

      •  

        E,eh ada yg ketingalan,ada pengaruh gak harga ikan dunia pada naik tdk(mungkin)?

      •  

        Dalam tataran positifnya bisa jadi seperti itu tujuannya, mudah2an.

        makasih ya responnya.

        Hanya saja seperti yg kita pahami, terkadang pemberitaan itu menjadi ALAT penggiringan opini, propaganda..dll, selain tentunya adalah fungsi edukasi juga.
        adalah hal yg biasa dlm ranah policy, menutupi suatu isue dgn isue lain untuk meredam reaksi negatif pada isue pertama.

        Lebih jauh lagi kita berharap kebijakan pemerintahan sekarang, melengkapi kebijakan pemerintahan sebelumnya yg belum tercapai, dan tidak merubah secara fundamental terhadap kebijakan yg sudah baik dlm pemerintahan sebelumnya, jangan seperti TRADISI dimasa lalu, ganti pemimpin nasional = merubah total. 😀

        salam.

    •  

      Kemaren beberapa hari banyak marinir amerika menginap di jw mariot, ada kaitannya kah?

  14.  

    yg di bakar cuma perahu getek tuh….hmm

  15.  

    Buat warjager Ini bukti jaman sby kapal2 pencuri ikan sudah dibakar hanya tidak pernah diliput media lokal, Illegal Fishing in Indonesia (Trailer) – National Geographic Channel – YouTube – http://m.youtube.com/watch?v=JfJ0fiAH1pw

  16.  

    Kapalnya jangan diberikan kpd nelayan indonesia..takutnya kapalnya terjangkit virus ebola, flu burung

  17.  

    yang jelek ya di bakar,yang ok kan boleh di ubahsuai barulah di lelong baru mantap.

  18.  

    jangan dek .. lebih baik kita damai .. kasihan rakyat miskin beras mahal minyak mahal .. belum tau diinjak sama tentara PLA yg tingginya 190cm kekar dan bersenjatakan gada .. wakakakaka

    #####Jangan pakai nickname orang ####admin###

  19.  

    @ mbah bowo tubuhnya kerasukan brapa jin ya? Komen nya Mencla menle.kyak bunglon.angin ke barat dia k timur gtu sbaliknya.. Makanya klo malam jumat sesajen nya yg lengkap,gtu tu akibatnya.

  20.  

    tu aparat yang dilapangan diberesin dulu, percuma pakai radar or indra lainnnya tapi praktek KKN masih ada

  21.  

    sdh puluhan thn penjarahañ ikan terjadi di laut Aru, Arafuru, Bañda, Maluku Utara dll, bàru skrg ada operasi besar utk nangkep nelayan asing … walau terlambat tapi tetap kita apresiasi.
    btw hrg ikan dunia sdh mulai naek … semoga nelàyan kita bisa ikut nikmatinya, bu Susi ahlinya jual ikan … baiknya buka jalur buat tampung hasil nelayan spy hrg jual ekspor makin tinggi tapi utk hrg domestik tetep musti stabil biar rakyat msh bisa mkn ikan laut

  22.  

    Aparat dan PNS kita sudah punya budaya lama yang berakar kuat. Bagi mereka, jika atasan kasih masukan lisan apalagi di depan Media, maka mereka tidak akan langsung bergerak karena menganggap sebagai pencitraan.

    Makanya, begitu punya pemimpin model Jokowi yang tanpa tedeng aling langsung maen perintah bakar tanpa maksud pencitraan, mereka semua kaget…get….get….. 🙂

    Contoh paling jelas waktu penanaman 2000 pohon di wonogiri, Jokowi menyindir panitya yang cuma sediakan puluhan bibit pohon, karena biasanya acara itu cuma seremonial saja…Panitya pun tunggang-langgang disemprot presiden….

  23.  

    OOT, tapi kalo berita panas soal malaysia teteup menarik sih 🙂

 Leave a Reply