Mar 212018
 

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, Jakarta, 20-3-2018. (photo : TNI AU).

Jakarta – TNI AU dan Republik Ceko sepakat meningkatkan hubungan dan kerjasama meliputi bidang: pendidikan dan latihan militer, industri penerbangan, avionic, elektronika, senjata ringan, amonisi dan truk serbaguna.

Kesepakatan ini disampaikan kedua pejabat, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, pada Selasa 20 Maret 2018 di Mabesau Cilangkap Jakarta, yang dirilis situs TNI AU.

Kedua pejabat juga mendiskusikan status hubungan bilateral Indonesia dan Republik Ceko terkini. Keduanya sepakat merealisasikan secara konkrit bentuk kerja sama tersebut dalam joint production, termasuk alih teknologi.

Pada pertemuan ini Kasau didampingi Aspam Kasau Marsda TNI Dwi Fajariyanto dan Sesdispenau Kolonel Adm Bejo Suprapto, S.T. Sementara Duta Besar Republik Ceko didampingi Deputi Dubes Ceko Jakub Cerny.

Duta Besar Republik Ceko Ivan Hotek menyatakan baru pertama kali berkunjung ke Mabesau dan merasa terhormat atas sambutan Kasau dan pasukan jajar kehormatan.

Bagikan:

  9 Responses to “TNI AU – Republik Ceko Sepakat Joint Production”

  1.  

    Ceko? Joint pembuatan Pandur apa RM Grad kah?
    Apa Joint Develompent baru sepeti MMWT Black Tiger?

  2.  

    avionic dari ceko ? apa yaaaah ? menarik ini

    •  

      Avionik buatan ceko itu banyak.

      Pesawat2 L-39NG light combat jet trainer itu adalah produk terbaru.

      Selain itu Aero Vodovochy (industri pesawat terbang punya Ceko) juga terlibat dalam pembuatan helikopter Sikorsky S-76, cockpit UH-60 blackhawk, perakitan dan suku cadang keluarga Airbus A-320, fixed leading edge kit untuk Boeing 767, juga L-159 jet tempur ringan.

      Dari sekian produk ini yang mana yang kira-kira mau diakuisisi tni au ?

      Yang pasti MRTT, pesawat penumpang A-320 punya Garuda mungkin akan direnovasi jadi MRTT dan dirakit di Ceko.

      Blackhawk ? L-39NG ?

      Tunggu saja ya kabarnya 3 tahun lagi.

    •  

      Ini lho mereknya mas seno…DAAC UNIS

  3.  

    Maaf OOT …
    lebih baik buka biography alm. Nurtanio di wiki, walaupun tdk rinci, tapi cukup memberikan pemahaman ttg sejarah kemandirian pswt.

  4.  

    lisensi mesin turbo
    tapi macam apa ya produknya

 Leave a Reply