Mar 212018
 

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, Jakarta, 20-3-2018. (photo : TNI AU).

Jakarta – TNI AU dan Republik Ceko sepakat meningkatkan hubungan dan kerjasama meliputi bidang: pendidikan dan latihan militer, industri penerbangan, avionic, elektronika, senjata ringan, amonisi dan truk serbaguna.

Kesepakatan ini disampaikan kedua pejabat, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, pada Selasa 20 Maret 2018 di Mabesau Cilangkap Jakarta, yang dirilis situs TNI AU.

Kedua pejabat juga mendiskusikan status hubungan bilateral Indonesia dan Republik Ceko terkini. Keduanya sepakat merealisasikan secara konkrit bentuk kerja sama tersebut dalam joint production, termasuk alih teknologi.

Pada pertemuan ini Kasau didampingi Aspam Kasau Marsda TNI Dwi Fajariyanto dan Sesdispenau Kolonel Adm Bejo Suprapto, S.T. Sementara Duta Besar Republik Ceko didampingi Deputi Dubes Ceko Jakub Cerny.

Duta Besar Republik Ceko Ivan Hotek menyatakan baru pertama kali berkunjung ke Mabesau dan merasa terhormat atas sambutan Kasau dan pasukan jajar kehormatan.