Mei 082018
 

Brigif PR 3 Kostrad mengirimkan personil yang akan mengikuti upacara pembukaan satuan TNI kekuatan 2 SSK yang di terbangkan dari Lanud Hassanudin menuju Sorong di pimpin oleh Danbrigif PR 3 Kostrad Kolonel Inf Josep Tanada Sidabutar.

Kariango, Sulsel, Jakartagreater.com – TNI tengah membangun kekuatan di Indonesia Timur. Salah satunya melalui rencana pembangunan Markas Komando pelaksana. Pembangunan Markas Komando pelaksana ini dilakukan di 3 Matra. Yakni, TNI AD akan didirikan Divisi Infanteri (Divif) 3 Kostrad ,AU akan dibentuk Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) 3 dan AL membentuk Pasukan Marinir (Pasmar) 3.

Dengan adanya pembentukan satuan inti tersebut rencana akan di laksanakan upacara pembukaan yang akan di pimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada Jum’at 11 Mei 2018 tepatnya di Lantamal Sorong, Papua Barat.

Dari rencana pelaksanaan upacara tersebut Brigif Para Raider 3 / TBS mengirimkan personil yang akan mengikuti upacara pembukaan satuan TNI dengan kekuatan 2 SSK yang di terbangkan langsung dari Lanud Hassanudin menuju Sorong di pimpin langsung oleh Danbrigif Para Raider 3 Kostrad Kolonel Inf Josep Tanada Sidabutar pada Sabtu 5 Mei 2018. (Penkostrad)

Bagikan:

  245 Responses to “TNI Bangun Kekuatan Wilayah Indonesia Timur”

  1.  

    Bner khan bung # putra sanjaya# bukan di natuna saja di sorong juga dibangun kekuatan tni

    •  

      Sorong udah lama direncanakan. Untuk menjaga Papua-Maluku khususnya dari jalur Utara ALKI 3 arah Pasifik. Jadi beda kasusnya Ama Natuna yg mau dicaplok China Rakus. Hhhhhhhhhh

      •  

        Sama kasusnya bro, bedanya kalo di natuna nyata bentuk musuhnya yaitu si singkek, tp kalo di bumi cendrawasih, kekuatan luar yg berselimut OPM. Salah melangkah berakibat vonis HAM, makanya dng adanya Kodam disana diharapkan memutus jalur kordinasi kekuatan dr luar kpd GPK lokal.

        •  

          Buat ngadepin anggota Kombatan OPM yg jumlahnya ratusan aja Ampe dibuatkan 1 Divisi Kostrad, 1 Koopsau, dan 1 Armada??? Ampuh bener tuh OPM?? Emangnya PPRC gak cukup apa??? Waktu ngadepin Kombatan GAM yg jumlahnya 5k aja, TNI bawa 50k pasukan. Nah ini yg jumlahnya aja ratusan kok TNI mau naroh pasukan banyak banget. Logikanya dimana coba. Hhhhhhhhhh

        •  

          Nah bener lebih berbahaya musuh dalam selimut ketimbang musuh jantan yang berhadap hadapan

      •  

        Ya buat hadapi marinir 5000 tentara asu di darwin ,.. Bukan gpk nya pura2 bego apa c gato itu lupa fretilin juga cuma ratusan akhirnya yg dtg pasukan ausie ke timtim ,dilibas tni opm nanti dengandalih ham psti dtg dari darwin apalagi jika freeport diambil alih indonesia disana ada uranium ,buat apa amerika di darwin ada pangkalan amriki mang indonesia mw nyerang ausie ??? Persenjataan pasukan ausie lebih kuat dan canggih dari tni masih kurang percaya diri punya f 35 100 pesawat? ? Blm cukup di hawai,guam,jpng,korsel,singapura pangkalan usa???

    •  

      Fokusnya memang di dua tempat itu, Natuna dan papua. Makanya dibangun kodam disana. Dibangun secara bersamaan, krn potensi ancaman datang dr dua tempat itu.
      Khusus di papua, jg sebagai menetralisir atau mengerdilkan, mengisolasi kanker yg namanya OPM atau kata bossnya si Ntung Phd diistilahkan GPK.
      Keamanan yg lebih prioritas diutamakan kalo ingin membangun papua.

  2.  

    Ada atau tidak ancaman, OPM dsb, pembentukan divisi 3 kostrad, koopsau 3 dan pasmar 3 tetap dibangun.

    Setiap 5 tahun bakal ada penambahan 1 divisi kostrad, 1 koopsau, 1 pasmar.

    Jadi :

    2019 – 2024 divisi 4, koopsau 4, pasmar 4
    2025 – 2029 divisi 5, koopsau 5, pasmar 5
    2030 – 2034 divisi 6, koopsau 6, pasmar 6
    2035 – 2039 divisi 7, koopsau 7, pasmar 7
    2040 – 2044 divisi 8, koopsau 8, pasmar 8

    2045 mentok di 8 divisi kostrad, 8 koopsau, 8 pasmar

    (kalau belum kiamat)

    •  

      Oooooo….gitu toh mbah Ntung…..xicixixi

    •  

      Om TN, saya pernah baca artikel disini di thn 2013 atw 2014 pas zaman SBY, panglima TNI ingin mengurangi jumlah personil TNI dr 400 rb an jd 300 rb an saja hingga thn 2029an utk mengimbangi antar belanja pegawai yg porsi nya sangat besar jika di bandingkan dgn belanja alutsista dan diklat TNI. Klu kekuatan di TNI di besarkan menjadi 8 bagian hingga tahun 2040 an, apakah kebijakan ini di koreksi atw cuma fokus pemerataan saja yg dl nya terpusat di jawa di geser ke wilayah lain. Mohon pencerahan nya.

  3.  

    Bukan meremehka ratusan opmnya itu faktor politisnya yg sangat berbahaya di pasifik,eropa dll sekrg sdang gencar diplomasi supaya dipapua diadakan jejak pendapat untuk merdeka artau pilih indonesia ,jika opm saja cukup dengan cendrawasih trus seperti yg dikatakan mantan panglima tni jend gatot nurmantyo didarwin apa urgensinya pangkalan 5000 marinir usa? Apa ga cukup ausie persenataannya sangat modern f 35 saja puluhan pespur? Ga cukup di hawai,guam,jepang,korsel,singapura pangkalan asu??? Di timtim juga fretilin hampir dilibas habis tapi politisnya ramos horta hebat akhirnya jejak pendapat RI kalah ,jika opm saja gampang dilibas tni tpi masalahnya ham apalagi freeport ga diperpanjang ada uraniumnya disono

  4.  

    Seato jaman apa?? Di taiwan,vietnam ada pasuka usa? Jdi menurut ente wajar hhhhh

  5.  

    Hal yg wajar dan menjadi keharusan karena RI dikelilingi pangkalan militer asing beserta perkoncoannya!he3

  6.  

    Armada 3 yang penting sudah terbentuk, ndak usah pada ribut, Pangkalan AL dan marinir di wilayah timur sudah ada dan di tambah satuan para raider, sedangkan untuk wilayah perbatasan dan dekat aussie, masih di rahasiakan lokasinya.

  7.  

    Ngapain bentuk pasukan sebanyak itu, justru akan menimbulkan persaingan dikawasan dan memucu peperangan. Sudahlah,, damai itu indah selesaikan msalah dgn damai jgn ada peperangan ..

    •  

      SI VIS PACEM PARA BELLUM!!!.

      •  

        artinya sedia anggaran sebelum tot

      •  

        bung jimmy KA-52 jatuh di suriah bener gak tuh

        •  

          Bener.

          •  

            Thks om jimy ahli antonovnya dibantu ilmuwan china sukses buat y 20 lebih besar dari ilyushin dan dah diuji coba

          •  

            Dah Tau. Tapi Itu Masih Nyolong Blueprint Il-76 Yg Dihilangin Glass Nosenya. Dan kapasitasnya masih sama ama Ilyushin Krena Pake Basic Il-76

          •  

            Kapasitas daya angkut lebih besar om khan pake org ukraina yg mengepalai antonov,yg aku baca hipersonic rudal dan pesawat membayarr ilmuwan top rusia entah bner apa hoax

          •  

            Ilmuan Dari Mana Nih Yg Dari Rusia Soalnya Setau saya Ilmuwan Paling Top Untuk Urusan Rudal itu dari Vympel,Raduga ama Mashinostroyeniya Dan KTRV (Induknya) sebisa mungkin Tk melepaskan Ilmuwnnya.

          •  

            Ya pake fulus gde pasti ijo matanye om katanya sdang berusaha ditarik kembali sama putin sebab china bisa membuat pesawat hipersonic lho sdang dikerjakan nanti juga di perlihatkan

          •  

            Paling jg Ilmuwan Dari Bubaran Soviet.

          •  

            Sayangnya nama ilmuwan tsb ga disebut

          •  

            Bilang aja HOAX. Hhhhhhhhhh

          •  

            Gak semudah itu ilmuan asing apalagi dari Rusia mau bantuin negara lain termasuk China hanya dengan uang. Dia ngasih ilmu tanpa ijin negara udah bisa dianggap sebagai penghianat negara. Bisa kena Novichok atau Polonium tuh. Atau bisa saja Keluarganya dibunuh. Gak mungkin Rusia berani melepaskan ilmuannya untuk bantu pengembangan ToT China. Hhhhhhhhhh

        •  

          Kemarin Su-30 SM, sekarang Ka-52 yg terkenal canggih kebanggaan Huha dan Yuli. Ada apakah gerangan??? Kena burung lagi kah tuh rotor??? Hhhhhhhhhh

          •  

            Untuk operasi militer selama 2 tahun kehilangan 1 ka-52 jelas bukanlah hal yang buruk… terlebih jatuhnya karena faktor operasi rutin, bukan karena serangan… bahkan diawal2 ketika masih sengit2nya berperang melawan militan justru malah aman2 saja…
            Untuk Heli tempur Rusia sudah kehilangan Mi-24/Mi-28/Ka-24 dan kebanyakan adalah faktor teknik bukan karena serangan…

            Justru lebih mengkawatirkan kasus AH-64… strap pack nut

            https://www.defensenews.com/land/2018/04/19/army-stops-taking-ah-64es-from-boeing-due-to-lack-of-confidence-in-part-critical-to-safety/

          •  

            Oh, heli Rusia gak ada yg kena tembak ya. Kok yg pesawat malah yg kena tembak??? Hhhhhhhhhh

          •  

            Hlah Lagipula Yg Di Tembak Cuma Pesawat Tua Jaman Soviet… Lha itu malahan F-16 Wahyudi Kena Shotdown SAM jadul

          •  

            Iya, kalo udah dibantu upgrade Ama Rusia sih bisa saja. Coba kalo gak diupgrade, Emangnya bisa nembak jatuh F-16??? Orang tahun 2007 aja reaktor nuklir Suriah yg lagi dibangun bisa dihancurkan Ama Israel Raya gitu. Hhhhhhhhhh

          •  

            Sebenarnya Bisa Saja SAM itu Di gunakan Untuk Shot Down Pesawat IAF tapi saya tk Tau Alasan kenapa Suriah tk Melakukannya entah Krena Radarnya Gk detect atau Yg Lainnya. Lha Wong dulu Aja F-16 USAF jg Pernah Di Shot Down Ama S-125 Di Yugoslovia.

          •  

            Atau bandingkan saja dengan Apache yang di perang Irak berantakan melawan AK-47…

            Su-24 ditembak F-16 Turki…
            Su-25 ditembak manpad…

            Untuk ukuran operasi militer selama 2 tahun jelas itu capaian yang luar biasa…

          •  

            Jangan samakan orang Serbia dg orang Suriah. Dari dulu Serbia bisa buat pespur Galep hingga Alutsista lainnya. Wajar jika mereka bisa memodifikasi kemampuan hanud mereka termasuk kemampuan menembak jatuh F-117.

          •  

            Ya Sudah Klau Gk Boleh Itu Contohnya Tk Ganti Ama Contoh ama Rudal Yg Lebih Modern. Dulu Di Perang Bosnia F-16 Kena Shot Down Ama Sistem Rudal KUB yg Notabennya SAM Era 70An Dan Sekarang Itu Tragedi Jadi Film Terkenal Hollywood Gegara pilotnya Selamat. Mrkonjic Grad incident

          •  

            Telat Ente Jim, nih udah ane bales diatas. @ Yuli, tak ada yg bisa mengatasi kalo ada pertempuran asimetris seperti saat 32 Apache berhadapan dgn Ribuan AK47. Bila dalam kondisi yg sama, ane yakin bahkan Ka-52 atau Mi-35 gak ada akan bisa bertahan menghadapi hujan tembakan segala arah dari AK. Walopun kokpit selamat, siapa yg bisa menjamin rotor, Fuselage atau Tanki bahan bakarnya akan bertahan dari tembakan??? Ane yakin mungkin dari 32 yg selamat 2/3nya aja.

          •  

            Terserah anda yg penting bulan2 lalu aku kasih kabar kepala antonov sdang kerja di china dah terbukti y 20 diuji coba dan lebih besar dari ilyushin,nanti pesawat hipersonic ditunjukan ke umum ,rahasia negara apa wong ga memakai tekno rusia itu semua tekno china dengan dibantu ilmuwan rusia bersama sama sevara rahasia, liat saja rudal hipersonic,asat,laser dll bersamaan dgn rusia khan

          •  

            Salah lapak oii… Hhhhhhhhhh

      •  

        Di jejak tpak jatuh ka 52

    •  

      penambahan pasukan sesuai kebutuhan Har.

  8.  

    Dimanapun berada dari sabang sampai merauke dimanapun titiknya wilayah Indonesia keamanan dan kedaulatan adalah mutlak untuk menjamin kehidupan sejahtera dalam berbangsa dan bernegara.

  9.  

    Kalo terjadi perang besar yg nelibatkan barat dan timur jika di nilai indobesia bisa membahayakan australia dan barat maka hal yg paling mudah adlh menggoyang papua dan memblokade jawa..
    Autralia melakukan sdrian akan mampu jika indonesia sdrian jg..

    Jindale bisa liat pesawat parkir di seluruh jawa..
    Trala trala

    •  

      faktor utamanya adalah jika Indonesia menanggalkan ke non blokannya dan kowtow ke timur ke kiminis china lagi.

      ngotot bener taktik alarmisnya

      •  

        itu kata siapa nuu…dan maunya siapa itu….????

      •  

        Kl ekononi ingin dan teknologi ingin cept kita harus dkt dg china dan timur..
        Terlalu berbahaya mesra dg barat di banding dg timur situasi skrg bgtu.
        Data itung itungannya sampai10 th kedpn mgkn spti itu…

        •  

          kamu pasti simpanan koh kwan…xaxaxa…..
          timur barat utara selatan….kebaikan dan kebenaran itu milik tuhan…tidak ada sangkutan dengan sistem apa lagi negara ,,,makanya kalo mau baik suatu negara harus memperbaiki ahlak individu dan warga negaranya…bagai mana mau bagus negara kalo manusianya kotor…apa lagi yang penting para pembuat kebijakan harus punya ilmu,ahlaq dan empati berkeadilan,…bukan sebaliknya….!!!!

          •  

            @lee

            Apa itu sistem..
            Perang ideologi kuno..
            Perang kepentingan yg ada skrg…
            Nunggu ahlak moral baik keburu PD 3 meletus lum tentu baik..
            Indo minta di ajari bikin apa saja cina mau berbagi seluas luasnya kecuali teknologi yg sangat strategis tentu tdk semdh itu.. china tlah memberi isyarat itu.
            Tp sebab situasi politik indo yg tdk bagus membuat mereka menunggu..
            Anda bisa bayangkan dlm setahun ada mobnas motonas paculnas dll
            Cina tak takut pasarnya akan terebut karena tau btl kelemahan dan kekurangan indo..

            Penghasut komunis tka pki timur china adlh bkn saja utk pemilu tp lbh dr itu..

            Jadi waspadai disini kl dikit dikit bilang china komunis bla bla…

            Nonblok sudah sdh tak tealitis hanya akan membuat indo lemah dan terlena…

          •  

            sory bos kalo china menanggalkan otoriternya termasuk monopoli informasi dan perdagangan merkantilis ala jaman imperialisme mungkin sya bisa tolerir
            situ bilang penghasut sementara situ sendiri nyeret GBHN negeri ini.

            tidak ada jaminan ngikut china indonesia maju,
            lihat afrika yg ada malah junjungan situ niru taktik Amrik dgn pergantian rezim.
            yg junjungan situ cari hanyalah buffer state dan hegemoni regional.
            tidak bisa menganalisis konsep negara dan bangsa.

          •  

            saya memahami apa yang anda fiqir…tapi setiap negara punya kepentingan dan tujuan masing masing,,,selama masih dalam batas kesepahaman dan saling meng untungkan mungkin bisa saling mengisi dalam banyak lahan kerja sama…itu tidak terbatas pada satu dua negara…..!!!

          •  

            “saling mengisi dalam banyak lahan kerja sama…itu tidak terbatas pada satu dua negara…..!!!”

            garis bawahi dan pake huruf kapital bung aming

          •  

            memang kalou melihat perkembangan negara kita saat ini cukup membuat cemas dan memprihatinkan….tapi jalan kedepan siapa yang tau…!?!?!
            karna manusia hanya berusaha tuhan pula yang punya ketentuan….walau malangnya iman berganti pada materi…jadi hamba shahwat mengejar bayang semu…karna tuntutan nafsu memadamkan akal dan rasionalitas…seolah berbuat kerusakan adalah hal yang lumrah dan biasa…banyak bangsa besar dalam sejarah lihat akhir dari mereka…karna tujuan pada hidup bukan sekedar nama dalam sejarah semata….!!!
            jawaban sedikit filosofi…agar melihat hakekat dari yang fana….

      •  

        Indek ketidakpastian org org politik di jakarta sangat tinggi..

        Politik indo terlalu kotor dan tak beretika..
        Darah bisa tumpah andai militer terpapar unsur luar..

        •  

          politik indo baru bersih kalo mendekat ke china

          congore

          otoriter kiminis lebih kotor lantaran kontrol monopoli informasi
          situ bisa ditangkap, dieksekusi, tuduhan belakangan di masukkan media massa dgn tuduhan suap padahal ya beda pandangan politik/oposisi/lawan politik.

          bukankah taktik tersebut slah satu kunci kesuksesan program anti korupsi si xi jinping?
          lihat saja bagaimana rival politiknya berakhir

          http://www.businessinsider.com/xi-jinping-successor-sun-zhengcai-sentenced-to-life-in-prison-2018-5

          sori boss negara ini tidak akan berakhir seperti polandianya soviet jadi buffer state
          otoriterisme tidak mengenal kedudukan sejajar seperti dlm sistem demokrasi yg ada sistem kawula-gusti alias vassal state
          bukan kah itu yg diimpikan singkek dgn Tianxianya?

          •  

            pandangan politik yang cukup gila….tidak memberi solusi tapi memberhangus dan mati bersama…itu mungkin yang dimaksud anu…nya….xaxaxaxa….

          •  

            xaxaxa…jawaban mu nuu…selalu cino….entah apa saja…yang penting cino….emang kamu pernah diperkaos sama koh kwan apa….?!?!?!

          •  

            sorry bung aming kemampuan mengendus/sensifitas analisis geopolitik tiap orang berbeda2.

            jadi step aside biarkan pesawat bersayap delta terbang menyleding mereka.

          •  

            xaxaxa…mungkin yaa dia sama dengan yang anda sangkakan…tapi jangan malah buat keruh….karna nanti dengan counter comment kamu malah swmakin mendistorsikan fakta dari akar masalah sesumguhnya….!!!

          •  

            komen atas saya malah yg mendistorsikan fakta tanpa akar masalah lah akarnya main langsung tanem sahaje kalo dibiarkan kan bisa merambat makan pagar fakta.

            ngasapin hama kadang membuat ketagihan orang bung aming.

            xoxoxo (copyrighted by Anu)

          •  

            …entes…1..2…3…

            kalo masalah itu (depazito) sudah tak jawab diatas …!!!?

        •  

          Kerjasama cukup dibidang ekonomi saja ga ush tentang ideologi cukup kerjasama ekonomi ,mw diakui mw tdk kerjasama eko sama china sangat penting ,siapa yg terima sawit kita 2,5 jt ton? Batu bara 600 rb ton dll ingat barat menghambat sawit kita dan sawit adalah komoditas utama indonesia sebagai penghasil devisa utama

          •  

            Halah, USA dagang Ama China, USA defisit.
            Indonesia dagang Ama China, Indonesia yg defisit.

          •  

            Yang membuat China untung) surplus dalam perdagangan adalah pelanggaran Copyright dan kualitas yg buruk. Istilahnya, China buat barang sekali pake dengan sengaja menjiplak apalagi mencuri ide/karya orang lain. Coba sebutkan satu aja produk China yg berkualitas dan awet, kendaraan aja gak ada apalagi yg lainnya. Banyak negara yg tergiur dg jumlah penduduk China yg besar termasuk kelas menengahnya. Masalahnya China juga ketat terhadap barang impor. Mana ada pasar bebas disana, yg ada China mengharapkan pasar bebas pada negara tujuan ekspornya. Kayaknya China perlu dibuat kayak Uni Soviet nih. Pancing dg pernyataan kemerdekaan Taiwan atau dikucilkannya China di LCS. Hhhhhhhhhh

          •  

            hubungan luar negri baik politik ekonomi harus belandasan kepentingan nasional….janganalah sibuk cakar cakaran didalam negri,,,apalagi demi kepentingan asieng….!!!!

          •  

            agato san yang kamu omongin itu menurut cara pandang konsumen….dan negara pesaing….
            tapi menurut cina yang penting jadi yuan dan laku dipasaran….
            yang jadi pertanyaanya mengapa kita harus pusing dengan prilaku cina …????
            mengapa kita tidak meniru atau bahkan tidak membuat cara lebih efectif dari mereka,,,untuk kepentingan nasional kita….???
            apa kita terlalu jujur dan bermoral atau kita terlalu bodoh…hingga kita saling cakar dan ribut didalam rumah sendiri…?!?!?
            individualisme dan matrealisme salah penempatan akan menciptakan gejolak didalam rumah sendiri….maju keluar berebut serta mengimplikasikan strategi…jangan hanya ngutak atik hal sepele didalam negri sendiri….!!!?

          •  

            agato@ kalau amoy cantik semlohai di kucilkan jg kah?….xixixixi……

          •  

            Dah terlalu besar amriki pun ga bisa menghalangi yg buat defisit ya produk tekno tinggi dari korea,jpn,taiwan,barat danamrika diproduksi di china trus diexport keluar,ga bakal ada perang dagang,ga bisa disamakan dn uni soviet,telkom pake tekno huawei ,kereta cepat di rusia,iran,turki,thai,malay,singapura,indonesia dll produk china ,investor terbesar ke 3 diindonesia,creditor terbesar ke indonesia,ga bisa disamakan dgn rusia,dah terlalu besar ekonominya dan dengan 100 negara saling berkaitan ,mw bukti? Jerman dan eropa ga mw ikuti trump malah ikut bank infrastruktur

          •  

            No link HOAX

    •  

      depazito@ bukan sombong sm2 sendiri ausi lawan indo?
      ausi itu mah kacang.

      •  

        Kl tanpa data dan analisis yg benar itu lawan usa aja indo akan menang..
        Hahahahs

      •  

        Analisisnya gimana kok bisa Aussie kalah?? Ranking Global Firepower??? Jumlah penduduk yg banyak?? Apa Pengalaman perang kemerdekaan???? Hhhhhhhhhh, anak baru kemarin sore kok sok-sokan ngomong gak jelas gitu. Banyak2 baca dulu sana.

        •  

          Kucing kertas! Diajak perang kapal ausie ga mw di lcs nfomongnya sopan tapi tegas !

          •  

            Ya, kadang Ane jadi bingung juga Ama Aussie. Tapi lebih lucu lagi Ama China. China nantang Aussie berani, begitu kapal nelayannya di tembak KRI malah cuman bisa protes. Gak berani ya ngadepin Indonesia??? Hhhhhhhhhh.

            Kalo USA sih Ane gak perlu sebutin, keliling pantai China pake 2 kapal induk biasa aja tuh, gak ngaruh. Cuman maenan Jamming gak berguna. Ane lagi nunggu kabar China berani nyerang Taiwan d gak??? Hhhhhhhhhh

        •  

          australi hanya bisa koar2 sama cina, wong mitra dagang utamanya itu cina dan itupun didominasi sama cina.

          australi sendiri curiga sama cina kalo perpolitikan di negaranya juga ada campurtangan orang cina

  10.  

    Alhamdulillah…sudah jadi kandang2nya..kurang isiannya..

  11.  

    Analisisnya gimana kok bisa Aussie kalah?? Ranking Global Firepower??? Jumlah penduduk yg banyak?? Apa Pengalaman perang kemerdekaan???? Hhhhhhhhhh, anak baru kemarin sore kok sok-sokan ngomong gak jelas gitu. Banyak2 baca dulu sana.

  12.  

    mana artikel Proyek KFX sedang compang camping, pasti asik ini bung agato sudah menarik sarung pedangnya
    xixixixixix

    “Terus terang, delegasi Indonesia dibatasi untuk mengakses banyak bagian dari teknologi dan studi KF-X, terutama dari yang berkaitan dengan AS,” kata insinyur KAI itu kepada Defense News, yang berbicara dengan syarat anonim karena isu ini sensitif.

    kalau teknologi yang dari AS Indonesia tidak diperbolehkan untuk mengakses lalu Indonesia dapat apa donk?
    rakus sekali ya si super power ini
    xixixixixixi

  13.  

    Tes kok balasan ga masuk2

  14.  

    Hhhffffttt……. Makanya tinggalin blok netral. Terus gabung ke blok barat. Di jamin ekonomi manjur, teknologi maju, tingkat keamanan yg tinggi dari agresi negara lain. China bakal pikir 10001x buat caplok natuna klo bersekutu sama USA. secara,, USA gitu loh.

    Jangan kayak si itu… Bilang2 gini bilang itu lahh,, ehh tau2 pas sekutunya di serang malah ga berani bls. malu dong sama kucing,,, meooonngg. pantes aja sekutu dia dulu ninggalin dia. PHP siihhh. wkwkkwkw

    Nah klo USA?? coba lu serang sekutu dia klo ga datang tuh si USA dan KAWAN2nya. Gitu baru bisa dibilang sekutu yg dpt di andalkan.

  15.  

    @lee

    Apa itu sistem..
    Perang ideologi kuno..
    Perang kepentingan yg ada skrg…
    Nunggu ahlak moral baik keburu PD 3 meletus lum tentu baik..
    Indo minta di ajari bikin apa saja cina mau berbagi seluas luasnya kecuali teknologi yg sangat strategis tentu tdk semdh itu.. china tlah memberi isyarat itu.
    Tp sebab situasi politik indo yg tdk bagus membuat mereka menunggu..
    Anda bisa bayangkan dlm setahun ada mobnas motonas paculnas dll
    Cina tak takut pasarnya akan terebut karena tau btl kelemahan dan kekurangan indo..
    Blm lg suport dr rusia lo..

    Penghasut komunis tka pki timur china adlh bkn saja utk pemilu tp lbh dr itu..

    Jadi waspadai disini kl dikit dikit bilang china komunis tka..

    Nonblok sudah tak realitis lg dg situasi skrg dan akan datang..
    Hanya akan membuat lambat dan terlena…

    •  

      ya elah penghasut tuding penghasut

      udah kerjasama ekonomi..ekonomi sja gak perlu pake mempengaruhi kebijakan dalam dan luar negeri orang.

      •  

        @panu

        Anak buah gak mau diatur atur di pecat si kagak tp malah di peras halus… ha ha ha
        Tmptkan harga diri pd tmptnya, jgn taruh di ember ya… ha ha ha

        •  

          “Anak buah gak mau diatur atur di pecat si kagak tp malah di peras halus…Tmptkan harga diri pd tmptnya, jgn taruh di ember ya”

          oh gimana si mugabe dari zimbabwe tuh malah dipecat anak buahnya atas perasan politburo junjungan ente buat latihan dulu yah? ngincer negara yg lemah institusi dan otoritasnya

          sok-sokan ngomong harga diri giman harga diri negara2 yg ZEEnya kena caplok tuh? apa harus ditaruh di ember made in C***?
          mau berkilah harga diri century of humiliation?

          kerjasama ekonomi silahkan namun jgn coba2 mendominasi.
          jadi investor terbesar ketiga bukan dalil de facto sekutu masih ada 9 investor besar lain.

  16.  

    Makanya tinggalin aja Nonblok… tinggal pilih, mau gabung ke RUSIA or CHINA/USA.

    Yg jelas klo pilih gabung ke RUSIA or CHINA, bakal ada sentimen negative dari USA. Klo ga dapat SANKSI, EMBARGO, Masalah dalam negeri bakal menjadi2. Klo di serang negara lain lum tentu si RUSIA or CHINA turun langsung di lapangan..

    Tapi klo pilih USA. Ekonomi manjur, Teknologi maju, tingkat keamanan yg tinggi dan yg paling penting klo sekutunya di serang USA udh pasti bakal turun langsung di lapangan. Dgn catatan apabila anda diserang lebih dulu.

    Klo si itu kann,, masih mikir2 bantu ga yaa…. wkwkkwkw cian de lo

    •  

      dik vikha@ kita harus pilih kawan yg paling jujur dan sementara ini rusia msh yg terbaik pun begitu jika suatu saat jika usa berjanji melindungi wilayah indo seutuhnya bahkan menggabungkan ausi ke indo ya kita sokong usa jg…hhhh…..

      •  

        Rusia baek dalam hal apa’an? Ngasih utang, tehnologi ngasih duit kalo ada bencana alam, bikin yayasan di indonesia untuk cagar budaya alam dll dsb?

        •  

          marpuah@ seketul batu bisa jd rebutan seterusnya perang,
          tanpah hubungan baik dgn rusia lalu menyediakan alutsista yg hebat ke pd kita apakah bisa kita merebut irian jaya yg sebesar itu,irian jaya itu harga diri bangsa indonesia ,tak bisa di nilai dgn harta benda. apakah kita lupa?

          •  

            Plus diplomasi bung karno dan menlu subandrio ,karel doorman belanda ga berani melaut kapal selam dipersenjatai torpedo,pesawat mig dan pembom tu 16 terbaru dn diasia yg punya cuma auri blm kapal destroyer alri ya kombinasi operasi militer dan diplomasi ,2 tentara yg dpt bintang sakti dari bung karno karena keberaniannya terjun ke papua letkol untung dan mayor beni moerdani

          •  

            Mang rusia putin jika bersahabat lebih sejati liat aj di suriah

          •  

            bung hermanto@ sy menghormati rusia tdk dgn cara membabi buta, ringkasnya negara manapun kita hormati selagi tdk ada niat mengganggu keutuhan wilayah kita.

          •  

            setujuh bung.

          •  

            Selain alutsista jika bung karno ga bisa loby presiden kenedy sampe lebaran kuda juga irja ga bisa balik kepangkuan nkri,itulah kehebatan diplomasi bung karno padahal nederland anggota nato lho tpi usa ga ikut campur

          •  

            Ada Kok Bung Intervensi AS dlm Trikora.

      •  

        Tak ada sahabat yg sejati dalam berpolitik dan bernegara. Sekarang jadi sekutu, bisa jadi besok jadi musuh. Begitu pula sebaliknya. Ente bisa bilang sekarang Rusia jadi sekutu Indonesia, sapa tau kedepan bisa jadi musuh buat Indonesia. Hhhhhhhhhh

        •  

          Bukan sekutu kann disini bebas aktif itu di suriah putin biar dibujuk raja salman tetap bantu assad itu sahabat sejati ,jika indonesia ya lebih dekat ke amrik persenjataannya kebanyakan dari barat

          •  

            Saat ini gak ada negara bebas aktif, salah sedikit fatal akibatnya. Indonesia condong ke Moskow dan Beijing akhirnya terjadi G30S PKI. Indonesia nerapin politik bebas aktif juga akhirnya jatuh juga. Kalo Indonesia seutuhnya masuk Blok Barat akan terjamin keamanannya. Gara2 iming2 Su-30KI malah akhirnya jadi peristiwa 98. Gabung Ama China gak ada faedahnya. Indonesia dagang dengan USA dan Eropa, Indonesianya yg surplus. Indonesia dagang Ama China malah Indonesia yg dapet defisit parah. Orang barat takkan memproduksi apa yg bukan menjadi keahlian mereka. Makanya perdagangan menjadi fair, bahkan ketika ada pesaing muncul maka mutu dan ketepatan waktu yg diprioritaskan oleh mereka. Lah China?? Udah nyikat komoditas lawan ekspor, dijiplak, eh kalo jualan curang lagi. Banyak penipuannya. Power bank isi baut lah, HP isinya batubata lah. Banyak barang reject lah. Gak ada untungnya dagang Ama China. Mereka sih licik banget, ngasih utangan gede bunga murah. Katanya buat bantu kita. Begitu kita kalah defisit, gak bisa bayar utang dan bunganya baru deh diperas dg cara nyuruh jual aset dengan harga rendah. Ya gak di Yunani, ya gak Aussie. Belum di Afrika dan Pakistan. Nah gitu cara main licik Kuminis China yg pura2 kapitalis. Barat mana ada taktik dagang kayak gitu. Gak ada etikanya tuh China. Hhhhhhhhhh

          •  

            Lol Sejak kapan pula Soeharto lengser gegara mau beli Sukhoi?.

          •  

            Oh, bukan ya. Berarti dulu apa yg diomongin si Yuli salah dong, dia dulu juga pernah bilang gegara mau beli Sukhoi jadi kejadian 98.

          •  

            agato @ g30s terjadi ada campur tangan usa atas permintaan inggris, inggris di malaysia waktu itu sdh sangat kuatir atas semakin perkasanya militer indonesia.

          •  

            Perasaan Bung Yuli Gk pernah Bilang Gitu Deh. Dan Dan Kejadian 98 Itu Tk ada sangkut pautnya sama sekali dgn Rusia dan jikapun di saat Itu kita Beli senjata Rusia ya Sah-2 saja Krena Kita jg sedang Kena EMBARGO

          •  

            USA hanya bantu secukupnya pada TNI AD, gak lebih. Lah buat apa USA bantuin PKI??? Orang yg ngadain kudeta tuh PKI Kuminis. Hhhhhhhhhh

          •  

            Oh, berarti Krisis 98 gak ada sangkut pautnya Ama USA ya. Berarti emang karena utang jadinya krismon ya. Oke deh kalo begitu. Hhhhhhhhhh

          •  

            Lol busyet Ini Kok bisa Dpt Kesimpulan Begitu ya?. Padahal Sudah Jelas Krisis Itu Malah Tambah Parah Gegara Iming-iming IMF Dari Clington Ke Soeharto

        •  

          U bru keluar rsj grogol agatoh? Sdang bahas rusia keenapa lari ke china??? Gebleg sia teh ,loe liat sendiri di china jalankan ideologi komunis sama rata sama rasa apa liberal ? Yg kaya2 yg miskin2,komunis lawannya liberalis ,gga ada bursa saham,penaaman modal,pasar bebas,berbisnis sangat bebas,jika utang ya hrs dibyr jika ga dibyr khan ada perjanjiannya ?? Mang utang ke imf ga ush bayar? Liat argentina,yunani disebut bangkrut tetap hrs byr dan diperpanjang tenggang waktu serta ikut campur semua urusan dlm negri debitor,u liat dan main tanya keorg afrika siapa yg ikut campur urusan negri org? Mang selama ini ada gga negara yg jdi komunis gara2 berhub dgnchina? Ada ga export ideologis komunis? Di china sekrg cuma lambang legitimasi kekuasaan ji xinping buat persatukan negrinya

          •  

            Dah dipindah ke Matsuzawa . Dek

          •  

            Ada dan masih dilakukan sampai sekarang. Jangan salah, penyebaran ideologi komunis masih ada walopun tak semasif perang dingin, buktinya film G30S PKI ditayangkan ulang dan banyak instansi TNI yg ngajakin nobar film tersebut. Bahkan Pak Presiden dan Pak Gatot nonton di Mako KOREM Suryakencana Bogor. Kalo memang Kominis udah mati, buat apa ada nobar buat pengingat kekejaman PKi dan komunis??? Pak Gatot sendiri loh yg bilang, masak iya sekelas Panglima TNI asal omong aja kalo Komunis lagi bangkit lagi di Indonesia sejak Indonesia dekat lagi dengan China????

          •  

            Amerika lg menaikkan suku bunganya utk menahan dolarnya tdk trbang lg keluar sekaligus menarik kmbali dolarnya yg keluar & sekaligus menarik minat para investor utk brinves ke Amerika & sistem ekonomi sprti ini sudah hampir mirip sistem ekonomi komunis uni sovyet dulu, klu tdk sprti ini yg diakukan amerika? Utang makin brtambah banyak

            Hahhaahaaaa

          •  

            Emangnya Komunis nerapin suku bunga ya Mbah, baru tau Ane. Atau ente yg ngawur ngiwir komennya ya Hhhhhhhhhh

          •  

            Soviet Menerapkan Interest Rate Walapun Pertahun Hanya 2%

          •  

            Bukan idiot, sudah gue katakan kemarin lalu tentang ekonomi sovyet yg sudah terencana, tdk sampai punya utang banyak & itu sekrg digunakan amerika menaikkan suku bunganya idiot

            Hahhaahaaaa

          •  

            Sovyet dulu tdk sampai menaikkan suku bunganya, krna dulu sovyet mengatakan pd publiknya silahkan kaya tapi kaya didalam negeri

            Hahhaahaaaa

          •  

            AYO RIN SAMBET PAKE DASTER NTAR PASTI BUNG AMING BANGGA

            #Kaboooeerr

          •  

            Loe cari tau jimsul apa maksud kedatangan prdana mentri israel di hari kemenangan besar russia pd 2

            Hahhaahaaaa

          •  

            Hahaha Itu si Nethanyahu Pengen Adopsi Loe Dari Gulag Rin. 😆

          •  

            Loe perintahkan ajja itu netanyahu jd gulag supaya cepat itu selesai su 57 yg full stealth

            Hahhaahaaaa

        •  

          baca komentar disini emang kalau jadi fansoy itu harus selalu pasang badan tiap saat ya. sukhoi aja jadi penyebab jatuhnya pak harto wakakaka….

          china saat ini melakukan ekspansi ekonomi makanya as khawatir hegemoninya terancam jadi lakukan trade war.

        •  

          Yg dukung pemberontakan separatis rms,permesta dll itu negara apa? Dah terbukti itu allan pope bukan rekayasa pengadilannya nyata ! Netanyahu ke rusia buat loby putin agar iran jgn mendekat dan buat basis militer diperbatasan israel di suriah,neh agatot aneh junjungannya sendiri netanyahu dan org israelberterima kasih sama rakyat china selama pd 2 dinegara lain dibunuhi di china aman tentram jadi sekrg israel balas budi ada lebih 1000 perusahaan teknologi tinggi dari pertanian,farmasi,ti,dll inves di china gak aneh lavi ada di j 10 to hhhhhh

          •  

            Aneh jika soal marinir usa di darwin kekhawatiran jend gatot nurmantyo di tolak c agato jika soal lain dipuji hahaha pagi tahu siang tempe eh malamnya tahu

  17.  

    Intix Gini Aja Deh Barat & Timur Nggak Ada Yg Baik Maux SDA ( Laut Natuna & Freeport ) , Kalo Begitu Tuntutlah Ilmu Ke Negeri Korea Selatan & Jepang 🙂
    Atau Nungguin Thanos Muncul Dialah dewa pembunuh manusia
    Membangkitkan ketakutan kepada
    manusia
    Tidak terbayangkan sebelumnya
    kengerian ini
    Kemudian mendatangi Barat melalui
    Iraq.
    Pemimpin tersebut memerangi,
    mengalahkan dan memasuki Eropa
    dengan warna Biru

  18.  

    ora bakal perang antar negara, peluangnya kecil sakali, yg ad ya proxy war sm gagah2an saja, lha wong jaman saiki tuh jamannya leha2
    , jamane nyari kambing hitam gak ada nyali cma koar2 sja, enak d rmh sambil ngopi sma dipijit istri…tuh contoh nya US vs Korut ra sido perang tho….

  19.  

    yang kuat ya yg paling “kelihatan gagah”…

  20.  

    politburo adalah dewan perwakilan anggota partai komunis
    dan institusi politik pemerintahan china adalah partai tunggal ala leninis-marxisme jadi saya realistis menyebut china kiminis meski ekonominya kapitalisme negara
    jadi yg cuap2 anu hasut kiminis pemilu pilpres wiwi wewe wowo termasuk yg cuap2 di formil lain mangga telan ludah sendiri.

    beberapa hari sebelum dikudeta jenderal2 bawahan mugabe berdatangan ke politburo china

    https://www.google.com/url?q=https://qz.com/1150395/chinas-role-in-zimbabwes-regime-change-says-more-about-china-than-zimbabwe/&sa=U&ved=0ahUKEwjk6-TRjvnaAhWMto8KHTpEBocQFggOMAE&usg=AOvVaw2fRPEB1WErisrj5cYBwlF1

  21.  

    Pakistan ,bangladesh,iranmarab saudi dll itu negara dengan syariat islam ketat kenapa berhub erat sama china dan tak takut ideologgi china? Ya karena mereka tw ga ada ity export ideologi coba aj main dan liat mahasiswa ,anak mudanya yg diluar negri apa mereka adakan rapat2 partai? Boro2 mereka naik mobil mewah,nongkring di starbuck malah anak xi jinping sekolah di amerika!!! Di usa 350 rb mahasiswa belajar di usa. Dan diterima berati mereka bukan bahaya dong?? Yg ada datangkan devisa puluhan milyar dollar bagi usa hihihi ,investasi china di sini ga ada apa2nya agato dibanding pakistan 60 m$,malaysia 65 m$ ,thai,filipina dll ,ok aku mw liat amerika sanggup ga kasih pinjaman 50 th milyaran dollar bunga 2%? Bangun infrastruktur mw dan mampu gak

  22.  

    Intinya Dunia butuh kehadiran China dan Rusia untuk menjaga keseimbangan dari hegemoni AS dan sekutunya. Ini menjadi penting untuk menghindari monopoli dari sisi pengadaan Alutsista.

    Faktanya tidak semua negara memiliki keuangan yang baik sehingga mereka membutuhkan Cina untuk memasok Alutsista negaranya, seperti yang terjadi pada Malaysia dan Thailand saat ini. tentu saja harga akan berpengaruh kepada kualitas.

    Dan tidak semua negara mau masuk kedalam barisan sekutu AS, karena tidak ada makan siang yang gratis kalau mau jadi sekutu pasti ada harga yang harus di bayar buat AS, dengan tidak mengambil AS sebagai sekutu saja ada banyak kerugian yang di timbulkan oleh kebijakan mereka (contoh Indonesia dan pakistan dengan pengalaman embargonya) apa lagi kalau menjadi sekutu AS tentu mereka akan sesuka mereka mengatur kebijakan negeri tersebut, ini sangat merugikan karena tidak ada kebebasan dalam bernegara (contoh Turki dan S400nya), padahal negara tersebut merdeka bebas untuk menentukan nasibnya sendiri mau ke arah mana. disinilah peran Rusia dan Cina di butuhkan, karena saat ini yang berseberangan dengan AS dan sekutunya hanya merekalah yang paling mampu di bidang Alutsista, mau yang berkualitas ada di Rusia, kalau mau salinannya ada di Cina.

    Ada orang yang mengatakan jika RI bergabung ke barisan sekutu AS akan lebih menguntungkan bagi RI, tidak juga contohnya antara Yunani dan Turki, bahkan dengan sesama anggota NATO mereka bisa saling berbenturan. Namun jika bergabung ke kubu Rusia dan Cina maka negara akan di obok-obok dari dalam seperti yang dilakukan pada masa Bung Karno, mereka tidak mampu membendung RI di Kalimantan saat konfrontansi dengan Malaysia sehingga di rancanglah Kudeta. karena masih banyak petinggi rakus di RI waktu membuktikan apa yang telah di lakukan oleh Presiden Yth Soeharto. Sehingga saya menyimpulkan POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF adalah pilihan yang sangat tepat untuk RI saat ini

    Dan poin yang terakhir Islam tidak membatasi umatnya dalam berhubungan dengan orang nonmuslim dalam hal yang berkaitan dengan dunia (pinjam-meminjam, berdagang dll), siapa nonmuslim? orang yang selain Islam bearti disini termasuk yahudi atheis kristen budha hindu dll

    Bukankah Islam menyebar di Nusantara melalui para pedagang yang datang dari Jazirah Arab? mereka berdagang, menetap dan menikah dengan pribumi sehingga Islam menyebar di Nusantara.
    Hanya Opini dari orang yang baru belajar nulis