TNI Butuh 12 Kapal Selam

70
Turki kembangkan Kapal Selam U214-AIP
Kapal Selam U214-AIP Turki

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Marsetio menginginkan adanya penambahan armada untuk menjaga wilayah maritim Indonesia. Adapun armada yang saat ini dimiliki TNI AL masih terkendala dengan kecanggihan teknologi, dana Alutsista yang baru.

Marsetio mencontohkan, TNI AL hanya memiliki 2 unit kapal selam buatan Jerman tahun 80-an. Dia menambahkan, untuk menjaga luas wilayah maritim di Indonesia setidaknya TNI AL membutuhkan 12 kapal selam.

“Jumlah kapal selam kita ada dua, itu buatan Jerman tahun 80, berapa minimal jumlah kapal salam di Indonesia? Dengan luas laut dan pulau yang ada di Indonesia, kita minimal mengamankan keutuhan NKRI itu 12 kapal selam,” kata Marsetio di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/14).

Lebih lanjut Marsetio menerangkan, saat ini Indonesia telah memesan 2 unit kapal selam dari Korea Selatan. Menurutnya, untuk membuat satu kapal selama dibutuhkan waktu yang cukup lama, untuk pesanan dua kapal tersebut akan dikirimkan tahun 2018 mendatang.

“Kita sudah kontrak dengan Korea, saat ini sudah tahap desain di sana. Nanti kalau di sana sudah jadi, satu unit kapal selam akan dibuat di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menambahkan, penguatan sisi maritim Indonesia tidak hanya bisa dinilai dengan armada kapal yang ada. Menurutnya, pembangunan sarana dan prasana di laut juga bisa menjadi kekuatan baru TNI AL.

“Jadi gini, kita jangan terjebak dengan melihat kemampuan TNI AL secara komprehensif maritim, kita ini banyak dimensinya. Kita harus lakukan penguatan budaya kita yaitu nenek moyangku seorang pelaut. Jadi harus dibentuk koneksivitas, ada wacana tol laut, laut kita bisa sebagai media transportasi dan distribusi. Eksplorasi laut sebagai penunjang kesejahteraan baru kekuatan AL,” tandasnya. (Merdeka.com).

60 KOMENTAR

  1. Astute class? Inggris aja cuma punya 7 unit. Ga bakalan dikasih.

    Kalau mau berita resmi, percaya saja dengan yg ini. Waktu singgah di sorong, komandan KS 402 pernah bilang ada 5 KS dalam keadaan baik dalam artian siap tempur (srkg komandan 402 bukan beliau lagi). 402 yg dimaksud saat itu adalah KS yg mampu mengangkut 66 anggota yang dilengkapi dengan peralatan khusus dan mampu menyelam hingga kedalaman 300 meter. Untuk cross check..coba cari data berapa kedalaman laut di dermaga Sorong. Bakalan ketemu deh. Silahkan ditafsir sendiri jenis KS apakah gerangan. Ini jelas KS second 🙂 Yang pasti ga ada yang aneh-aneh alias kita ga punya yg nuklir. Ohya. 401 sedang ada masalah dengan kebocoran batre

  2. pada waktu tank leopard singgah di alun2 utara jogja

    saya ngombrol dengan prajurit tni yang pada waktu itu beliau ikut hut tni di surabaya kemaren.
    ngobrol tentang KS beliau nyebutin bahwa Ks yang hadir di perayaan kemaren jumlahnya lebih dari dua

  3. @emang berita seperti cenderung berulang ulang ,

    saya rangkum saja ya klisenya

    — emang para senior warmil ( warugn militer ) ada yang nyempil ikut parade
    –kedua kapal permukaan jg destroyer yang baru order ada disitu ( cluenya kl g salah Ndan PS / PW )
    sandarnya ada di belokan dermaga ,
    emang kalau kurang cermat umu tidak bisa membedakan ,
    ane pantengin pas waktu pagelaran alutista dari kodam ke armatim ,juga ada cekungan mengarah di PT PAL , kemungkinan yg dimaskud parkir disitu . emang susah dilihat

    sekali lagi , alam bawah laut biarlah tetap menjadi misteri AL RI , hanya merekalaha yang tahu berapa jumlah , dan typenya

    sekali lagi , sudah jelas bangsa ini mampu membeli apapun , wong anak bangsanya saja bisa membeli peswat sekelas boeing jumlahnya 200-an cash pula , dan menyelamatkan boeing yg hampir sepi order / dirumahkan karyawannya

    apalagi negeri induknya yang punya segala SDA melimpah ( meski dikorupsi sana – sini )

  4. ada kemungkinan indonesia memang mengakuisisi kilo class636 sesuai kontrak yg pernah ada antara indonesia dan rusia thn 2007, tp tidak lebih dari itu. kalau ada yg bilang indonesia pny astute dan lain2 itu omong kosong. Ayo indonesia bangkitlah dari tidurmu, perkuat otot2mu demi NKRI.

  5. coba di raba lagi clue dari berita yang sering tampil
    1 sampai 2024 NKRI harus punya 12 KS
    2 KS lawas 2 buah 401 dan 402
    3.MEF 1 membeli 3 KS changbogo
    4 Mef 2 ada rencana penambahan 2 KS hulubalang TNI berkata sampai 2020 kita akan punya 8 KS. (clue)
    dan pada mef 3 rencana penambahan 2 KS

    jika di kaji berarti ada 3 kekurangan ? yang sebenarnya sudah berenang di perairan NKRI, 2 kilo class dan satu dari mama markel. wartawan jawa pos di sorong pernah menyatakan melihat kapal selam yang jika di lihat dari bentuknya bukan tipe 209 sandar di papua.
    salam warjagers. tabah sampai akhir.

  6. APA INI ?

    KOK MASIH NGURUSI BEGINIAN ?
    MAU BELI KILO TERNYATA DISANA CUMA LIAT LIAT SAJA
    MAU BELI CUMA 3 MINTANYA DIAJARIN BUAT, YA MANA MAU ?
    KEBANYAKAN PERMINTAAN ANEH ANEH TAPI BELINYA CUMA 3 BIJI

    SUKANYA LIHAT-LIHAT SAJA
    NGAK NIAT BELI KE RUSSIA.

    BISA DI RUKAR BERAS NGAK KAPAL SELAM INI ?

    RAKYAT BUTUH BERAS PAK, BESI NGAK BISA DIMAKAN.

  7. Sy malah prihatin dgn fenomena pernyataan yg diulang2 ini. Bukannya menutupi rahasia atau mengelabui jumlah kekuatan bawah laut kt, justeru menjadi blunder yg ujung2nya pernyataan yg berulang2 tersebut malah mengkerdilkan kekuatan tni kt dan membikin minder dan meruntuhkan mental anak2 bangsa di mata dunia. Permohonal sy sebagai rakyat kecil cuma satu terhadap bpk kasal dan petinggi2 tni yg lain: berhentilah mengulang2 dan terus mengulang2 pernyataan yg kontraproduktif dan bikin blunder.

  8. Nyimak dipojokan sambil minum susu biar sehat dan setrong kaya awak hiu kencana yg tabah sampe akhir beritanya 2 saja 401, 402 KS nya,, sing sabar yoo Ndan PS beritanya diulang2 terus cuma 2 lagi,, padahal sodaranya udah banyak ada yg bongsor pula.. Sssstt yg ghoib TOP SECRET.. TNI Setrooong.. NKRI JAYA.. :mrgreen:

  9. Pengulangan berita menandakan akan dipublishnya lontong kita yg jumlahnya 12, Ingat ya cuma 12 yg dipublish di tahun 2015. Jangan harap lebih nanti mabok. Boleh percaya boleh juga tidak, perjanjian rahasia akan diungkap di tahun 2015 dan itu tdk akan seluruhnya. Tunggu waktunya.