Feb 122015
 
Sukhoi SU-35, Time to Rock and Roll (REUTERS/Pascal Rossigno)

Sukhoi SU-35, Time to Rock and Roll (REUTERS/Pascal Rossigno)

Jakarta – Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan Kementerian Pertahanan dan TNI mendapat tambahan dana Rp 4,725 triliun pada tahun ini. Hal Ini diputuskan dalam rapat Badan Anggaran DPR dengan Kementerian Keuangan yang membahas tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2015.

“Kami cukup senang dengan tambahan anggaran untuk pertahanan tersebut,” kata Mahfudz kepada Tempo, Rabu malam, 11 Februari 2015.

Meskipun tambahan anggaran itu lebih rendah dibanding permintaan Kementerian Pertahanan yang mencapai Rp 5,1 triliun.

Mahfudz mengaku belum tahu penggunaan tambahan anggaran itu. Menurut Mahfudz, Komisi I perlu menggelar rapat dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, semua asisten perencanaan Panglima TNI, dan ketiga kepala staf matra TNI.

“Nanti akan diputuskan tambahan anggaran itu akan digunakan untuk apa, apakah beli alutsista atau yang lain.”

Dalam APBNP 2014, Kementerian Pertahanan dan TNI mendapatkan dana 83,3 triliun. Sedangkan berdasarkan APBN 2105, Kementerian Pertahanan dan TNI dapat anggaran Rp 96,9 triliun.

Anggaran itu digunakan untuk belanja pegawai dan pembelian sejumlah alat utama sistem persenjataan baru sesuai dengan program modernisasi terhadap TNI. (Tempo.co).


Sebelumnya, tanggal 6 Februari 2015. Panglima TNI mengatakan sedang menunggu finalisasi anggaran pertahanan, terkait penggantian jet tempur F-5 Tiger. Menurut Panglima, kepastian anggaran itu, setelah tanggal 12 Februari 2015. Baca: Nasib SU-35 setelah 12 Februari 2015

Bagikan :

  113 Responses to “TNI Dapat Dana Tambahan Rp 4,725 Triliun”

  1.  

    bagus

  2.  

    Nyoba pertamakah…

  3.  

    beli su35

  4.  

    SU 35 irbis E 400 km . Jika jadi diakuisisi SU 35 maka kekuatan langit kita bisa mengimbangi kawasan barat dan selatan wilayah indonesia. Selatan f 35 barat f 35 dan F 15 SG.

  5.  

    yaa tuhan semoga,SU-35 bisa dibeli 1 skuadron beserta senjatanya. Sekalian juga hawk digantiin gripen????

    •  

      Biasanya nih kalo barang yang digembar gemborkan oleh TNI, yg bakalan dibeli akan lebih gahar dari barang yg digembar gemborkan itu.
      Secara semua tetangga sudah pada tahu klo kita mau beli SU-35, tentu mereka juga mencoba menyiapkan anti dot nya.
      Jadi semacam psy war agar negara tetangga mengantisipasi kehebatan SU-35. Nah barulah kita mendatangkan yg lebih unggul dari anti dot mereka.
      Just IMHO..

  6.  

    yaa tuhan semoga,SU-35 bisa dibeli 1 skuadron beserta senjatanya. Sekalian juga hawk digantiin gripen????

  7.  

    Trus jd di beli kgk su 35nya kok masih remang2…
    udh lewat tgl nii….
    Nunggu pastinyaa..

  8.  

    “Ooooo ya andai saja dana perang buat dirikuuuuuu,,, tentu kau mau singgah bukan cuma tersenyuuuummm..” :v

  9.  

    Cukup tdk buat menambah koleksi 16 SU 35 + 16 SU 34 + 16 Thypon

    •  

      bisa bung AB … cuman musti pade puasa neh …
      idealnya dlm 2 ato 3 thn APBN Baru bisa tuh,
      salam

    •  

      Iya gitu yg tak maksud bung@den bdg krn tak baca di Analisis alusista TNI pd 10feb2015 ada gambaran klo 2015-2019 AU akan ada penambahab 3 skauadron tempur & skuadron angkut, heli, intai strategis masing² 1 skuadron serta 2 skuadron UAV.

  10.  

    Pengganti F 5 adalah SU 35 penambahan 3 skadron baru adalah Pak Fa..jadi 20 thn kedepan, Indonesia cuma pny 2 jenis kelas, di isi kelad Medium 5 skadron IFX & 5 skadron Heavy Figther yg di isi Sukhoi Family..Amin YRA

  11.  

    welcome su-35

  12.  

    test

  13.  

    Wajib beli Su 35,biar negara tetangga mikir 10x kalu mau coba2 dgn indonesia..

  14.  

    Emang bapak” dpr ngerti mau gue haha

  15.  

    Lumayan 4 triliun bisa dapat hampir 5 buah

  16.  

    he he he @bung PS senyumnya mencurigakan, salam aja dr jauh

  17.  

    Poolingnya sudah selesai yaa.?
    Trus finalnya apa donk.? SU or Gripen or F-16 lg.?

  18.  

    Mantap cluenya. Ucapan syukur dihari ini sambil berharap hari besok yang lebih baik.

  19.  

    Syukur lah lumayan dpet tambahan anggaran nah tinggal komfirmasi dri pihak Kemnhan dan Mabes TNI jadi mo beli apa bt ganti F-5
    A. Su-35 (Tni AU demand)
    B. F-16 blok 52+ (LM offer to KFX)
    C. Gripen NG ( ToT)
    Gak usah pake lama kontraknya agar 2018 batch pertama bisa delivery

  20.  

    Rencana pembelian su 35 th anggaran 2015-2019

    th 2015 = 6 buah su 35
    th 2016= 6 buah su 35
    th 2017= 6 buah su 35
    th 2018= persenjataan lengkap untuk 1 skuadron su 35.

    hehehe…harap-harap cemas….

  21.  

    Semoga tidak habis utk operasional mesin tempur (tampaknya masih kurang banyak)

  22.  

    f 16 blok 60 1 skuadron,,
    Blackhawk 8 unit,,
    Chinook 4 unit,,

    •  

      kelupaan,
      tambah Pesawat CN 295 AEW&C.. 2 unit plus TOT

    •  

      Elang botak ,botak lagi..emang gak liat tuh UAE kecewa dgn yg katanya blok 60. gak sesuai dgn yg dia minta..mana udah mahal lg.

      •  

        coba anda tengok lndia bung, pengguna sukhoi terbanyak, lbh dr 193 unit,, apk mereka tertarik pd su 35? jawabanya tdk krn mereka sdh merasakan merawat sukhoi,, dr mesin hingga spare part yg lain..

        •  

          kita jg sdh merasakan,, 4 sukhoi pertama kita sdh tk bisa terbang lg,, jg krn masalah spare part dan jg maintenance,,

          •  

            Bung grip-n dr mana anda tau 4 su27 kita yg lm tidak terbang lg.? Jgn bilang katanya.? Itu bs jd fitnah.. Kecuali anda pilot nya dan tau sendiri…
            Memang tidak semua bs terbang karena perawatan rutin,, dan bgt terus karena sesuei jadwal berputar sll ada yg standbye sll ada yg patroli dan sll ada yg perawatan… Maaf kalau salah

        •  

          kita jg sdh merasakan,, 4 sukhoi pertama kita sdh tk bisa terbang lg,, jg krn masalah spare part dan jg maintenance,,pertanyaanya knp tdk beli spare part biar 4 sukhoi bs terbang lg? coba anda cr jawabanya

          •  

            Yg beli 4 sukhoi pertama siapa? Thn berapa? Bahkan buat genapin 1 skuad aja susahnya minta ampun.apalagi buat beli sparepart .mulai dari lsm .dpr. semua menentang. Coba bandingkan dgn pengadaan f16 ex usaf ? Mulus kayak jalan tol. . …
            emang pemerintah kita kayaknya setengah hati dgn pengadaan sukhoi.

          •  

            sukhoi pertama di beli krn adanya imbas embargo,, bukan karena diinginkan,, kosongan, tanpa senjata dan perencanaan,, itulah barang yg di beli krn kepepet,,nasibnya mjd tdk jelas.

        •  

          Menurut gue india bukan gak tertarik sama Su 35 bung. . Tapi india melihat jauh kedepan dgn proyek pakfanya.bahkan yg rafale jg takesan di paksain.

          •  

            Ngak perlu india susahx2 tambah su35. Tinggal upgrade su30mki nya mereka aja dgn radar Zhuk-AE (AESA). Ni malah lebih advanced lagi dari su35.

        •  

          India gk mau su 35 karena china mau beli su 35, secara kan china dan india musuh bebuyutan.

          •  

            Lol china itu mau beli su35 cuma buat copy. ada bahagian yg mau di copy nya iaitu enjin. smpi skrng ngak dealx2 sama rusia sbb masalah itu. lagipun buat apa india mau beli su35 kerana mereka juga kerjasama sama rusia buat T-50 FGFA yg akan guna radar AESA.

  23.  

    Kalo menurut gue sih ini tambahan dananya buat beli 2 ks yg udah mendesak. .soalnya si cakra katanya mau di overhoul lagi tuh( udah ketuaan). Sama nambahin kapal penyapu ranjau.

  24.  

    jangan pakai “nick name” orang bung, masih banyak stock kok.

  25.  

    Su35 dan Ks Kilo yg paling urgent… S300 bsa nyusul nanti

  26.  

    saya boleh usul tak???? bagaimana kalw Dephan buka rekening Bank buat suka relawan pecinta NKRI biar bs menyumbangkan sebagian harta benda buat beli ni pespur su 35. tp nnti d pesawatnya kasih nama Su35 JAKARTAGREATER saya siap jual sapi saya d rumah lumayan kan kalw dapet 15 jety d kalikan 400 ribu orang dah dapat tu pesawat su35 jakartagreater. maaf oot

  27.  

    Ane sih maunye, banyakin, s300,s400,…buat perisai seluruh nusantara, malah biayanye lebih dikit deh.dibandingin dg pesawat tempur..trs banyakin tuh dg roket buatan dlm negeri..ane yakin lebih mumpuni & ga boros biaya..tempatin diseluruh nusantara..maantab..!!! Tapi tetep su35 harus punya juga…

    …NKRI HARGA MATI…

  28.  

    Sekali lagi..,
    Duitnya untuk biaya bikin percetakan buku….
    Kita bikin buku doa yg dibagikan gratis pd semua rakyat dari sabang smpai merauke..

    Isi bukunya..doa-doa memohon agar setiap ancaman dari pespur musuh baik yg menyusup maupun akan menyerang Indonesia akan jatuh sendiri..juga ancaman rudal dsb berjatuhan tanpa ditembak..
    Juga, Setiap kapal juga lontong yg punya itikad tdk baik thd NKRI akan rusak mesin dan tenggelam dgn sendirinya..sehingga tdk ada alutsista musuh yg bs memasuki wilayah Indonesia..

    Pemerintah cukup mengedukasi rakyat agar setiap hari..setiap mlm..berdoa scr rutin.

    Doa dari 300 juta rakyat akan didengar dan lebih besar kemungkinan dikabulkan..

  29.  

    SU 35 oh SU 35 …. semoga g ada bantingan di tikungan akhir

    •  

      Bung Doni kan bisa minta Ruskie tolong bikinkan Su 35 dengan persyaratan yang seperti apa yang anda tulis.Pesawatnya kan belum di bikin. Dulu sewaktu masih jaman Pak Harto kita pernah pesan SU 30 ke Ruskie dengan persyaratan harus begini begitu tapi keburu kena krismon.Pesanan kita di ambil sama India,jadinya SU 30 yang superior di banding punya Ruskie sekalipun.Lagi mereka mau kok bikin pusat maintenance alutsista di Indonesia.

    •  

      Halah.. ngomong pa nglundur

    •  

      @. Doni. Kalo anda jokinya saya baru percaya omongan anda.

  30.  

    Terlalu banyak pihak yg bermain dan menitipkan kepentingannya di legislatif. di eksekutif jg begitu, cenderung memakai jurus bumi hangus. setiap kebijakan penguasa terdahulu, begitu gampang dirubah pengusa skrg, temasuk mutasi dan pemberhentian. hal hasil cetak biru indonesia kedepan itu gak jelas bagaimana. negara tanpa konsep ya seperti ini keadaanya. pemimpin yg sdg berkuasa lbh menjalankan konsep yg dia dan kroninya susun. besok2 pejabat pengganti jg kelakuannya 11-12 dgn yg lama. makanya Indonesia ini hanya berjalan ditempat trs2an.

    Salam..

  31.  

    Untuk pembelian chinook dan mgkn jg utk pembelian 4 unit SU35 yg diluar anggaran pengganti F5EF. Jd sdh hampir kelihatan pengganti F5EF itu dari blok barat. dan anggaran tambahan diatas utk 4 unit SU35 ataupun mgkn Chinook. jk utk pembelian chinook maka pengganti F5 kemungkinan besar F16 blok 60. knp blok 60, krn sekutu asu sdh memakai pespur yg lbh tinggi yakni F35. sekian dan terima kasih.

    Salam..

    •  

      Betul karena dia ada yg lebih tinggi f35 jadi kita dapat yg sisa sisanya saja F16.

    •  

      Bukan tidak mungkin embargo jilid 2 akan terjadi. Soalnya posisi kita non blok , babeh rusky udah tabuh genderang perang. Apa kita yakin pemerintah bisa tetap nonblok.. dibawah tekanan mama rika ? ingat loh alutsista kita kebanyakan dari ???????.

    •  

      Dan jika anggaran tambahan itu dibelikan SU35 4 unit. maka lengkap kembali 1 skuadron flanker yg mana SU35 menjadi pengganti 4 unit SU27/30 yg di scrap menjadi sparepart 14 SU2730. dan sisa dan dari pembelian SU35 tsb dibelikan sparepart cadangan dan tambahan persenjataan flanker. Dan nantinya pengganti F5EF akan di isi oleh pespur yg kemungkinan besar F16 blok60 komplit 1 Ska. Polemik pengganti F5 berakhir ending dgn terhapusnya dahaga fansboy sukro dgn datangnya 4 ekor SU35 dan petinggi kita selamat dari tekanan asu utk membeli elang botak, dan semuanya akhirnya kompak koor dgn menyanyikan lagu disana senang.. disini senang. semuanya senang. dan uncle sam tertawa terbahak-bahak. :mrgreen:

  32.  

    Saya setuju tuh sama usulan bung yusof indonesia. Buatkan saja rekening peduli NKRI buat beli alutsista saya rasa sluruh rakyat indonesia jika di minta sukarela tak akan susah untuk mengumpulkan dananya bungkus. Su35 su34 pak fa kilo amur borey s-300/400/500 pantsir bum-M topol destroyer bomber dan jika di ijinkan om rusky bungkus juga nuklir nya. Dan saya juga yakin om rusky tdk akan mempublis alutsista yg gahar jika di minta oleh indonesia lihat di tahun 60an nyatanya indonesia bukan cum punya 12 Kapal selam tpi 24 KS. Yg jelas kami siap menggalang dana untuk beli alutsista NKRI

  33.  

    TNI dapat Dana Tambahan..

    Gambar Depannya (Front Pic) kok Su 35 yak ? hahaha

  34.  

    Dan bintang utama pun bersiap memasuki panggung
    Penonton dan penggemar bersorak histeris

    Mimpi yang terwujud

  35.  

    Bissmillah

    Su35BM

    untuk INDONESIA

  36.  

    kok dikurangi dari 96.9t jadi 83.3t. bukan nya d tambahin..dana segitu bukan mutlak tuk beli alutsistakan..paling 50% nya kan..

  37.  

    kok dikurangi dari 96.9t jadi 83.3t. bukan nya d tambahin..dana segitu bukan mutlak tuk beli alutsistakan..paling 50% nya kan..uppppsss soryy..naek ya 2014 = 83.3t sedangkan 2015 jadi 96.9t + 4.725 oke dech lumayan…

    •  

      100T, 30-40% untuk alutsista. jadi 35T untuk alutsista. jadi ada kira kira $2.8b buat alutsista.

      1 skuadron su35 $1.5B sisa $1.3B bisa dapat Amur 2 buah dan s400 2 batere.

  38.  

    Kyknya su35 jadi dibungkus nih.

    •  

      Kalau di lihat kemungkinan besar SU 35 yg di pilih. F 16 blok 60 itu hanya basa basi saja. solanya untuk tender perlu 2 atau 3 pesaing kalau 1 tidak sah . jadi F 16 pemanis saja.

  39.  

    bungkus lontong sayur aje, gak kelihatan tp deterjennya jelas

  40.  

    bungkus lontong sayur buatan ruski aje, gak kelihatan tp deterjennya jelas

  41.  

    Dana buat beli alutsista kepakai buat dana kampanye………………….!!!

    coba kalau di indonesia PARPOL nya cuma 2 atau 3 PARPOL……………….!!!

    Tidak seperti sekarang ini banyak tikus tikus yang jadi politikus….!!!

  42.  

    MANTAP….

  43.  

    Setuju sy ikut nyumbang

  44.  

    BIN kami tunggu aksimu.. Smua tergantung padamu.. Dan doa kami sll bersamamu

  45.  

    penggemar grippen, penggemar F16, penggemar,thypon, penggemar rafale, penggemar sukhoi, penggemar mig, penggemar pesawat lainnya….jangan saling jelek jelekin dong…..!!!, kita cari tahu dari user saja pilih mana….klo menurut gue sich setiap orang pengen sesuatu yg berbeda, demikian juga soal selera pesawat. pernyataan dari Panglima dan Kasau beliau2 ini ada kecenderungan memilih flangker family untuk mengisi skuad kelas berat menjadi 2 skuadron. nah untuk ganti F5 Tiger kayaknya akan pakai jenis baru rasanya tdk akan ke F16 krn jumlahnya sdh banyak (2 skuadron klo tdk salah ). lagi jika pakai F16 block 60 pun rasanya pesawat ini kelasnya masih dibawah F35. jd bisa mubazir pengadaannya…

  46.  

    Pada menghayal semua, ………….. ingat kesejahteraan prajurit seperti apa…… ??? lihat pegawai kelurahan/kecamatan DKI …………. !!!

  47.  

    Kalo saya mikir alangkah baiknya tambahan dana 4,725 T itu kita manfaatkan untuk kerjasama riset bikin Rudal dengan negara lain. Kita beli ilmu tidak bakal kurang nantinya bahkan bisa beranak pinak kalau kita kreatif .Sementara di belikan alutsista duit sekian dibelikan alutsista Value nya makin lama makin kurang.Bayangkan kalau kita bisa bikin rudal sendiri ,nggak bakalan pusing ada embargo, kalau expired bisa upgrade sendiri.Biaya pemeliharaan rudal rendah, tak butuh bbm.Punya deteren tinggi buat mengawal nkri.Iran ,korut tak punya pesawat yang gahar tapi punya rudal yang banyak ,nggak ada yang berani nyelonong ke wilayah mereka.

  48.  

    Untuk smua rekan yg komen diatas sy punya sedikit gambaran (kebetulan sy pernah di bdn anggaran) dengan disetujuinya tambahan anggaran 4,7 oleh DPR maka dipastikan anggaran untuk pengadaan pesawat pengganti F5 sudah ada (semoga SU 35 yg dipilih) dan itu diperkirakan 1 skuadron penuh. Krn anggaran tambahan itu sejatinya hanya untuk tambahan anggaran yg nomenklatur dan by name nya sdh muncul dlm restra dephan yg jg sdh di ajukan saat RAPBN. Jd 4,7 T itu sifatnya hanya menambah anggaran yg sdh ada. Belum lg krn pengadaan barang trsb yg memakan waktu betahun2 tentu sj anggarannya bs multi years. Jadi saya optimis tdk lama lg impian kita mempunyai fighter SU 35 akan segera terwujud. ( smoga menhan setuju dng keinginan user yaitu panglima tni)

    •  

      Bung alden kalau anggaran pertahanan 100T, 40 % untuk alutsista berarti 40T / thn x 5 jadi kita ada 200T untuk belanja alutsista 5 thn kedepan?

      kalau seandainya begitu bukanya kita bisa beli 1 skd Su35, 3 amur, 2 skd gripen ng / typhoon, S400, destoyer dll dalam 5 thn ini??

      •  

        Sy rasa kalau belanja langsung ( belanja barang dan jasa dan belanja modal) tidak sampai 40% dari anggaran trsbt. Di departemen manapun belanja tidak langsung ( belanja pegawai) pasti jauh lebih tinggi daripada belanja langsung. Jadi asumsinya di buat 30% ya berarti tinggal dibagi ke 3 matra untuk belanja alutsista sesuai rentra mrka masing2.

  49.  

    sudah menjadi topik hangat pembicaraan Dunia, plus dgn adanya dana tambahan, semangkin besar harapan akan SU-35, ………. eeeh gak taunya yg dibeli F-16 ………. sakiiit nya tuh di …….. !!!

  50.  

    mudah2an ga dikorupsi dan impian bangsa ini untuk memiliki pesawat yang memiliki efek deterent yg besar (SU35) bisa terkabul,,,,amiiin

  51.  

    bung Danu kok gak pernah komen ya?

  52.  

    buat apa beli pesawat tempur kalo cuma 16 biji. negara lain beli 100 biji lebih optimal beli arhanud aja yg buaayaak biar nembakin pesawat yg masuk udara RI kayak S300, BUK atau NASAM lebih evektif evisien bisa bikin wilayah larangan terbang..

  53.  

    Trus kalo SU-35 ntuh bodong, ngapain dibeli TNI ..tong.? Nape loe kagak ke mabes TNI aje ngasi tau tuh sukhoi tak bagus.
    Secara ilmu entekan lebih paham nih ketimbang usernya, mumpung tuh barang blom kebeli. Tapi apa iya usernya mau dengar omongan ente.
    Karepmu lah..DON..DON…

  54.  

    Bung doni cepret.. analisimu kren banget..
    Wau mancapp…
    hahaha
    Terjun ke lcs ja sana..

  55.  

    saya sangat memfavoritkan su-35 dari rusia; tapi kok perasaan ini ”mengatakan” bahwa yang akan dibeli adalah f-16 blok 52+/60. Semoga mendapatkan pilihan yang terbaik dan pembentukan 2 skuadron tempur untuk wilayah timur tetap dilanjutkan (32 unit f-16 blok 52id/up grade dari blok 30+ pun tidak masalah kok)

    •  

      pilihan yg terbaik bung dr segi keseragaman dg 34 pesawat yg sdh ada,, umur pesawat yg bs diperpanjang,, kemampuan utk bs di upgrade,,tingkat kesiapan,, ongkos maintenance dan kesesuaian dg sistem radar kita,,

  56.  

    Saatnya membuka bidang studi baru, Reverse Engineering biar bisa membuat perisai udara sendiri. Saya ingin menekankan kepada penelitian secara terus-menerus (berkesinambungan). Produk dalam negeri walau masih tertinggal patut untuk dihargai dan terus dikembangkan. Agak mustahil jika kita langsung bisa membuat sekelas buatan US atau Rusia. Namun, kita perlu menciptakan “bayi-bayi” teknologi baru khususnya dalam dunia militer karena banyak dari kita yang mengaku cinta kepada militer. Saya mau bertanya, secara de facto dan de jure, India dan China merdeka lebih cepat mana daripada Indonesia? India telah mampu membuat Tejas. China bahkan telah “menggila” di Asia, bahkan melampaui Jepang dan Korea dalam militer. Negara perlu melakukan terobosan baru terkait riset dan teknologi terutama untuk militer dan ruang angkasa. Berikan beasiswa kepada mahasiswa ber-IQ tinggi untuk membuat sebuah sistem baru dalam teknologi. Banyak anak bangsa yang pandai. Jangan sampai mereka semua hanya bekerja untuk perusahaan asing dan hanya menjadi karyawan. Kita sebagai warga negara yang baik tentunya harus mengapresiasi semua produk lokal, bahkan kalau boleh dikatakan “seremeh apapun itu”. Misalnya saja, kursi bambu di negeri kita kurang banyak dihargai, tetapi di China sangat banyak peminatnya. Amerika sebenarnya mengajarkan kepada kita ideologi kebebasan untuk selalu bebas dalam berkarya dan berinovasi. Melakukan di luar apa yang biasa orang-orang biasa pikirkan. Tentunya kebebasan yang berada di dalam aturan. Dulu Malaysia mengimpor guru dari kita, tetapi sekarang mereka telah mampu memiliki tower yang pernah menjadi yang tertinggi di dunia. Kita memiliki GBK yang sangat megah puluhan tahun silam. Lantas sekarang, bisakah kita membuat apapun itu, dari bidang apapun itu yang puluhan kali lebih megah daripada GBK? Pertanyaan ini untuk saya sendiri dan kita semua. Tunjukkan kita bisa membuat mesin sendiri, khususnya untuk militer tanpa mengimpor. Tunjukan di abad 21 ini Indonesia telah memasuki masa teknologi modern di mana kita sendiri yang menemukan, merancang, dan memproduksinya. Terima kasih.

  57.  

    tu duuit tambahan …klu gk si sam mrika yng dpt..psti bro bruang…dengan adanya perang …maka banyak rakyt suatu negara bsa mkn… Ok lh klu bro bruang mskipun sbg empu pembuat senjata tpi untk mdptkn pmbli..dia msh mngedpnkn sopn sntun berdunia.
    Nah yg si sam amrik …Empu.yg satu ini kerjanya slalu mncri kwsan org bduit..nh dsna dia mulai nebar bibit ..supaya org2 pnas satu sma lain..klu sdh mndptkn suhu.yg ckup..mka amrik mulai nawarin perlngkpn buat kelahi..klu gk gni snjta buatanya gk lku…dlu timur tengah bos2 minyk di adu dmba..sampai tmr tngh gosong kyk skrng.. timteng udh gk kuat. bli snjta..skrng org2 kya ada di kwsn pasifik sni..dn sdh mulai kmakn umpn amrik dan cina. ..
    Hanya dengan banyaknya orng perang Empu pmbuat snjta bisa mkn .
    Tapi gk Pa2lh Su35 tu hrs ada buat nyucuk pntat tetangga.

 Leave a Reply