5 OPM Tewas dalam Kontak Tembak

86
140

wpapua

Jayapura – Lima anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) tewas dalam baku tembak dengan TNI di Distrik Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, Jumat pagi 1/08/2014.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua membenarkan informasi itu, ketika dikonfirmasi wartawan via telepon seluler. “Memang benar ada penembakan di Lanny Jaya. Lima OPM tewas ditembak dan dua anggota kami terserempet peluru,” katanya.

Pangdam Cenderawasih mengatakan bahwa dengan tewasnya lima anggota kelompok bersenjata itu diharapkan anggota yang lain segera sadar dan tidak bergabung kembali dengan kelompok tersebut.

Kontak tembak tersebut melukai dua anggota TNI yang terkena serempetan peluru. Salah satu anggota TNI yang tertembak adalah prajurit Satu Rois. Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua mengatakan sudah menjenguk Pratu Rois yang dievakuasi menggunakan helikopter langsung dari Tiom, Ibu Kota Kabupaten Lanny Jaya.

Pratu Rois yang merupakan anggota Batalyon Infanteri 756 Wamena yang mengalami luka tembak di bagian pinggang dan kini sudah dalam penanganan tim dokter di RS Marthen Indey sehingga diharapkan dapat segera pulih. Tim dokter saat ini sedang menstabilkan kondisi korban sebelum melakukan operasi untuk mengeluarkan proyektil atau serpihan peluru.

Sebelumnya pada hari Senin 28/7/2014, anggota OPM menyerang Polisi di Indawa dan menyebabkan dua anggota Polri gugur, yakni Bripda Zulkifli dan Bripda Yoga. Indawa dan Pirime merupakan daerah di sepanjang jalan Wamena menuju Tiom, Kabupaten Lanny Jaya. (Antara).

86 KOMENTAR

  1. Kirim kopassus,sikat abis az..terutama dedengkotnye, biar hasil latihanye bisa dipraktekin, jgn didiemin duri dlm daging tuh..paling” campur tangan asu & kawan”nye yg nyokong dana. lagu-laguanye mo bikin negara sendiri,ngurus tingkat RT az ga becus loe OPM pe’a..!!

    …NKRI HARGA MATI…

  2. Jangan biarkan otk besar, sumbat segala saluran bantuan dan informasi. Awasi juga kegiatan lsm di papua, byk kegiatan terstruktur merongrong nkri bisa lewat sosial dan keagamaan.
    Tingkatkan intelegent dg negara tetangga PNG krn neg ini tempat pelarian otk.
    Pendukung utama otk etnis wamena yg terkenal keras kepala susah diatur, namun pendekatan sosial dan antropolog dapat membantu memecahkan kunci pendekatan kpd mrk.

  3. Lengkapi pasukan TNI yang bertugas di papua dng peralatan perlindungan yang terbaik yang dipunyai dan juga dilengkapi dng senjata2 baru anti teroris papua, maksudnya kalau beli peralatan2 baru jangan malah ditumpuk di jawa dan dijadikan alat pameran, tetapi supaya benar2 digunakan utk melindungi prajurit2 TNI dan utk menjaga keutuhan NKRI.

  4. IMHO..persuasif aja deh..kita tunjukkin ke PANCASILA an kita, mereka kan pendidikannya kurang bahkan nol. Saudara2 d Papua sama wataknya dengan saudara2 d Aceh..sama2 keras..DOM/ operasi militer di Aceh n Papua udh dr jaman mbah Harto smpe jaman reformasi gk beres2. GAM beres kan lewat perundingan Helsinki bkn DOM..saya yakin Papua jg bisa koq. generasi mudanya kan udh banyak yg berpendidikan skrg.tambah lg klo yg d ajak tokoh2 adat. Kalau ops.militer malah banyak kepentingan yg bonceng[.baik dr dalam atw luar negri.] yg bonceng ini yg bikin masalah gk selesai2..Maaf klo pendapat saya salah..

  5. Selamat pgi indonesia…

    Ngmong2..prajurit Tni /polri yg tugas di papua yg dah jlas2 taruhan nyawa KENAPA ga difasilitasi rompi anti peluru n helm baja yaa.. Emang brapa seh harga rompi n helm baja..mahal mana dgn khilangan nyawa putra2 ibu prtiwi (TNI/POLRI)..?? Jujur ane sngat setuju misalnya ada saweran (kumpulkan dana ) tuk belikan rompi n helm baja Wat mereka…!! coba klo yg tewas adlah sodara/kluarga kita sndri…ane sngat sedih/prihatin klo dger ada lagi prajurit yg twas.. Colek para sesepuh ah… Smoga mreka dbri kkuatan tuk mnjalnkan tugas wlpun dgn sgla kkrangan/ktrbatasan sarana pndukungnya..amin

  6. Kalau pemerintah serius mau menumpas OPM, Kodam Trikora harus punya batalyon drone. Beberapa drone mampu beroperasi malam hari dilengkapi sensor pendeteksi panas tubuh manusia.

    Duitnya minta rembesan duit hasil jualan emasnya Freeport..

    he he he.., maaf ngelantur..

  7. hallah….tidak usah banyak bicara ataupun teori, di sapu saja itu TERORIS sampai ke akar2nya….panglima TNI, Kerahkan tu pasukan khusus anda ke papua! Babat habis tu teroris papua! Dari dulu bikin rusuh aja…percayalah di belakang teroris papua adalah ASU and the gank…

  8. Pemerintah ga bisa mempelajari safety apa ya?maaf keluar dari pembicaraan seandainya tanah di fripot di bongkar muatannya di depan istana negara indonesia mungkin istana negara indo terbuat dari emas sendoknya juga monaspun sudah dilapisi emas sampe ke bawah.komentar awam

  9. akar masalah hanya pada pemerataan,
    jakarta begitu maju dan modern dalam segala hal. namun ironis bagi papua,yang begitu primer aja seperti listrik dan jalan beraspalpun masih banyak yang belum tersentuh,, lapangan pekerjaan sulit, masyarakat miskin ditambah harga sembako selangit tak terbeli,,
    SIAPA YANG SALAH………………………………………………………………………….