Nov 302018
 

Ilustrasi : Network Centric Warfare. (credit: openpr.com)

Jakarta, Jakartagreater.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI mengembangkan sistem “Network Centric Warfare” dalam latihan operasi gabungan tiga matra, di Pos Tinjau T-12 Pusat Latihan dan Tempur (Puslatpur) Marinir-5 Baluran, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Rabu, 28-11-2018, dirilis Antara.

“Dalam latihan tersebut, sistem ‘interoperability’ yang utama karena merupakan bagian dari platform yang sedang dibangun oleh TNI yaitu ‘Network Centric Warfare’. Saat ini sedang dikembangkan dengan menggunakan bantuan satelit sehingga seluruh komunikasi kita tidak menggunakan BTS,” kata Panglima TNI usai meninjau langsung Latihan Bantuan Tembakan Terpadu TNI Tahun 2018.

Operasi darat gabungan dalam skenario yang dijalankan disebutkan bahwa dalam rangka merebut “Center of Gravity” dan memberikan peluang gerak maju pasukan darat Infanteri maka diperlukanlah satu bantuan tembakan terpadu baik dari bantuan tembakan darat, laut maupun udara.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, tujuan latihan ini adalah menguji bagaimana sistem interoperability yang diawaki oleh Komunikasi dan Elektronik (Komlek) berjalan dengan baik.”Interoperability adalah keputusan dari komando atas sampai komando bawah dan samping, agar semuanya bisa menerima dengan satu komando yang sama,” kata mantan KSAU ini.

Hal itu, lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, tidak mudah untuk menyatukan tiga kekuatan yang karakteristiknya berbeda dalam hal bantuan tembakan baik kekuatan darat, laut dan udara.

Tiga Matra TNI Latihan Perang di Asembagus. (@ Puspen TNI)

“Saya lihat tadi semuanya dapat berjalan dengan baik,” ucapnya. Panglima TNI bahwa latihan ini diselenggarakan sekaligus untuk menguji pengadaan persenjataan pada Renstra ke-II tahun 2015-2019, apakah sesuai dengan peruntukannya dan ternyata hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan termasuk di dalamnya adalah presisi ketepatan untuk menembak.

“Untuk itu apa yang kita inginkan dalam pengadaan persenjataan di Renstra ke-II tahun 2015-2019 semuanya sudah sesuai,” ucapnya. Panglima TNI menyampaikan rasa bangga kepada seluruh prajurit TNI yang berlatih, bahwa Latihan Operasi Gabungan telah dilaksanakan pada akhir tahun 2018 bisa berjalan dengan baik serta mencapai tujuan yang ditetapkan.

“Saya bangga dengan seluruh prajurit, baik TNI AD, AL dan AU telah menunjukkan profesionalismenya. Profesionalisme TNI semuanya adalah untuk rakyat dan inilah bukti nyatanya,” tuturnya.

Turut mendampingi Panglima TNI, di antaranya KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, dan Pangkostrad Jenderal TNI Andika Perkasa.

Bagikan:

  76 Responses to “TNI Kembangkan Sistem “Network Centric Warfare””

  1.  

    Sayangnya belum punya satelit sendiri termasuk satelit recon sendiri.

  2.  

    Eropa punya standar NATO, klo Asean punya standar tersendiri juga kah?

    •  

      Dari dulu sudah ada rencana sih, tapi belum terlaksana. Sampai sampai mhttr pun berkata di KTT ASEAN “sepanjang KTT ASEAN selalu saja yang dibicarakan kerjasama ekonomi dan pertahanan, tetapi tetap saja tidak pernah terlaksana”.

      •  

        KTT hanya menjadi ajang basa-basi dong klo gitu

      •  

        tiap anggota masih sibuk dgn politik domestiknya

        bikin sendiri waelah seperti Eu dgn Nato darpada kena veto cecunguk vassal statesnya yg di utara

        paling tidak utk wilayah maritim asia tenggara

        •  

          tidak bisa karena 2 negara maling dan radjasinga itu masuk fpda. mereka satu tujuan sama asutralala adalah musuh potensial.

          •  

            itu kan menurut kamu

            lgi pula fpda pakta keamanan bukan pakta aliansi militer
            nyatanya fpda kurang komitmen cuma formalitas omong doang ketika menghadapi isu China yg mulai merangsek memcah belah Asean

        •  

          Fpda itu dibentuk untuk menghancurkan indonesia dan memecah belah kita…tapi alasan mereka untuk menjaga keamanan dan membatasi pengaruh indonesia diasia pasific…kalau untuk pengaruh kominis seato telah terbentuk om…contoh setelah tahun 1997an mereka secara masif menyerang kita baik politik ekonomi dan wilayah termasuk hilang nya timor leste dan banyak kasus lain nya….

          •  

            Termasuk pelangaran kecil maupun berat yang secara profokatif mereka lakukan disegala bidang….lepas nya sipadan dan ligitan termasuk didalam nya…padahal telah disepakati oleh kedua negara agar tidak membangun inprastruktur diwilayah sengketa tapi malaon melakukan nya karna strategi yang telah dirancang negara negara fpda tersebut…belum lagi serangan masif dibidang penyelundupan dan pembalakan hutan yang merugikan…tapi mereka gagal karna cina dan rusia mengintervensi nya…walau itu harus dibayar juga dengan sumberdaya yang dijual murah kecina…dan langkah mega wati tersebut mendapat kecaman pihak lawan politik nya…itu sesuai data data dan empiris looh…

          •  

            Jadi omong kosong bila mereka bukan ancaman…walaou mereka terkesan seperti tikus yang menunggu kita lemah dan tidak waspada…jadi waspalah waspadalah…..karna kejahatan bukan hanya ada dari niat pelaku tapi juga dari peluang yang ada…waspada waspada…

          •  

            qiaowu oh qiaowu

            taktik astroturfing pake proyeksi narasi yg kental terasa

            baca ini
            https://www.rsis.edu.sg/wp-content/uploads/rsis-pubs/WP195.pdf
            https://www.regionalsecurity.org.au/Resources/Files/vol3no1Thayer.pdf

            tak bisa membedakan konsep bangsa dan negara, aparatur negara(state apparatus) maupun non aparatur negara (non state apparatus).
            negara2 demokrasi jgn kamu smakan dengan provinsi totaliternya punyanya Taiwan yg saat ini dikuasai pemberontak maois

          •  

            Saya meyodorkan argumen dengan fakta berdasarkan empiris…malah dibalas omong kosong macam entu…cik…cik…ci…terrrlalalalululu…
            Yang saya ngomongin itu perlakuan dan untuk apa fpda dibentuk…terhadap kita….bukan yang lain…nya…
            Adapun peran cina dan rusia itu sebagai jalan lain…contoh jepang tidak berkutik untuk membantu indonesia ketika kita dihadapi tekanan politik…walau sempat bersitegang dengan australia cs akhirnya hanya pemanis saja…beda dengan cina dan rusia…mampu membuat negara negara fpda mundur teratur…dan itu fakta…nya…jadu krisis multidimensional yang dihadapi indonesia karna ada peran dan campurtangan kedua negara tersebut…sebagai manuper diplomasi dan kecerdasan indonesia…dan perkembangan baik pengaruh politik dan ekonomi kedua negara adidaya juga ada peran dari kejadian tersebut…coba liat lagi literatur tahun dan pristiwa yang ada didalamnya…kalo dak baca buku nya dengan judul rintihan tengah malam…

          •  

            FPDA…menurutku memang ancaman yang nyata. makanya malon selalu mbangga banggain organisasi ini. tetapi selama mereka tidak berani secara militer terhadap indonesia maka kita tidak lah terlalu ambil pusing. yang cukup di soroti ya kekuatan aussie aja dari FPDA ini…selain itu secara militer bukan apa apa.

          •  

            “Saya meyodorkan argumen dengan fakta berdasarkan empiris…malah dibalas omong kosong macam entu…cik…cik…ci…terrrlalalalululu” jadi mundurnya FPDA dalam krisis multidimensi kita karena kemampuan taktik dan strategi pemimpin kita ya?

            mantab juga sih…. aku kira hanya masalah pergerakan militer aja.

          •  

            Pergerakan militer sekala kecil mendukung diplomasi politik….tapi skema dan rencana dalam strategi harus sinkron….seperti lepas timor leste dari pangkuan kita…diawali dari gejolak politik dan kekerasan dalam negri lalu akan di sorot dunia internasional…dan kita mendapat tekanan. ..dan semua skema tersebut bersangkutan dengan fpda…termasuk ancaman australia menghapus indonesia dan meluluh lantak kan jakarta…dan itu tidak hanya australia semata karna dua negara serumpun turut serta menekan dan melakukan seauatu yang melemahkan dan merugikan kita…baik politik maupun ekonomi…sumatra dan kalimatan jadi prioritas kedua negara tersebut…dan kita sulit menangani semua permasalahan dan ancaman yang datang bertubi tubi dan silih berganti apa lagi melalui skema matang dari fpda…dan hanya pada cina dan rusia yang mampu memberi tekanan pada fpda…walau bonyok tapi kita mampu bertahan dari badai tersebut…dan mega punya bobot karna nama dari sukarno dikedua negara tersebut…coba kalaou tomi.s apa tutut.s…apa kedua negara mau mengulurkan tangan nya…

          •  

            Dan fpda terbentuk memang khusus untuk indonesia…dan itu yang perlu digaris bawahi…jadi omongkosong bila ada menyebut kan alasan lainnya…karna tidak sesuai fakta empiris……

          •  

            zaman bu mega ya? memang itu zaman lagi kritis sekali.
            tapi ketelibatan rusia dalam ikut membantu mengatasi krisis terutama menghadapai FPDA setahu aku mulai aktif ketika zaman SBY.
            ada beberapa kejadian secara militer yang cukup mengkawatirkan yang dilakukan oleh negara2 anggota FPDA. tetapi semuanya bisa di atasi dengan baik. puncaknya ketika FPDA mau melakukan latihan militer gabungan secara besar2an di tahun 2007 di laut natuna, hal ini di tentang keras oleh TNI dan dipaksa untuk bubar alias di usir dengan ancaman perang. dan ternayata berhasil.

          •  

            Kebanyakan kita hanya tau apa yang ada dilayar…tapi tidak yang ada dibaliknya…hanya para diplomat dan para analisator saja yang mampu merangkum peristiwa pada waktu dan alasan dibaliknya…

            Mega dan diplomasinya yang mengawali hubungan tersebut…dengan pulihan dan normalisasi kedekatan antar negara negara tersebut…coba lihat lagi berita berita berkenaan dengan mega dan dunia internasional…pada saat dia memerintah dan apa saja yang ditanda tangani…dan peristiwa apa saja yang terjadi pada saat itu…dan negara negara fpda…sesuai urutan waktunya…nanti bisa terlhat dan anda bisa merangkumnya…kecuali anda tidak punya intuisi dan imajinasi yang cukup…maka akan sulit melihat garis besar dan benang merahnya….

          •  

            fpda memang dibentuk atas kejadian konfrontasi era Pak karno, mengawasi indonesia agar tidak menjadi menjadi wildcard karena situasi politik domestik namun poinnya bukan itu sja ada ada poin2 lain termasuk pisahnya singapura dan brunei dari malaysia, fpda adlah komunikasi multilateral utk mncegah miskomunikasi soal keamanan kawasan bukan pakta militer.
            baca sendiri link tak kasih tadi

            sya setuju sja fpda dibubarkan atau indonesia dilibatkan geopolitik jaman 60an sangat berbeda situasinya dgn skarang

            sejak kapan rusia dan china membantu kita atas tekanan politik fpda,
            proyeksi narasi disinformasi superhoax dari mainland kah?

            intusi imajinasi nyari tambahan sekutukah?

          •  

            sejak kapan rusia dan cina menekan fpda atas tekanan politik ke indonesia? sumber akademismu mana?

            fpda memang dibentuk karena konfrontasi pak karno menentang mentalitas inggris yg akan membuat garis2 geopolitik seperti Korut vs korsel, vietnam utara vs vietnam selatan , mencegah dan mengawasi Indonesia menjadi wildcard karena politik domestik namun poin pembentuknynya bukn itu sja, lepasnya singapura dan brunei dari malaysia juga masuk karena lepasnya tersebut akibat kebijakan rasial.

            fpda bukan pakta kerjasama militer melainkan pakta komunikasi multilateral utk masalah keamanan mencegah miskomunikasi yg mengakibatkan ketidak stabilan kawasan, kmu mau bukti tuh malay bisa membeli sukhoi tanpa tekanan dan dulu ada persetujuan tak tertulis antara tiga negara maritim asean utk tidak mengakuisisi mbt, mencegah perlombaan senjata, baca sendiri selengkapnya di pdf yg sya kasih.

            krisis multidimensial itu krisis2 pertentangan sosial ekonomi politik dlm negeri suatu negara gak ada hubungannya dgn geopolitik

            hoax disinformasi sja yg ditebar…sekali2 cewek kek apa kek klo bisa undian berhadiah jalan2 ke Xian atau hadiah kaos2 berslogan Tiananmen 89. Dalai lama..Uyghur never forget

          •  

            Xaxaxax….kalou begitu jadinya maka kita harus sama sama teriakan …..haiiiidup cina…..cina sebagai kakak sulung dan pelindung asia raya….sekali lagi haiiidup cina….xaxaxax…
            Rupa rupanya keterbatasan informasi masih jadi kendala utama diera keterbukaan informasi…apa lagi jenis informasi berlebel black file dan red file….jadi so what gitu loo…

    •  

      “Eropa punya standar NATO, klo Asean punya standar tersendiri juga kah?” … kayaknya tak perlu.

      Asean hanya kumpulan negara negara formalitas aja. apalagi setelah sepeningglnya suharto…mereka gak peduli lagi dengan nasib teman besarnya indonesia… yang menghadapi keroyokan FPDA… apalagi negara semacam malaysia dan singapore.

      Pada saat ini indonesia sudah mulai jalan duluan meningglakan mereka dalam hal NCW dan data lynk system. Mungkin juga nggak peduli thdp mereka jika pun mereka udah mammpu membuat hal yang sama. Ibaratnya urus urusanmuu sendiri biar kurus urusanku sendiri juga.

      •  

        Maka dari itu langkah suharto cari muka dengan barat dan mengabaikan ancaman dari sekitarnya berbuah malapetaka…seandainya krisis ekonomi dan gejolak politik dalam negri saja mungkin tidak separah kejadian 98…dan besar kemungkinan kerusuhan dan tauran antar umat agama yang terjadi waktu itu mengarah pada sponsor luar atau dimotori pihak asing…walau tidak dipublikasi temuan temuan yang mengarah pada pihak tersebut tapi tetap tidak bisa diabaikan…yang rugi bukan hanya masarakat jang jadi korban tapi juga negara dan bangsa…

        •  

          cari muka…? cari muka kok selama 32 tahun…. mana munghkin.
          menurutku suharto hanyalah korban permainan politik internasional bule2 barat yang kolonialis dan imperialis. macam belanda, british, dan USA dll. Komunism, kapitalism, wahabism, facism…semuanya lahir dari negara negara barat. Jadi kita kalau ndak ikut ke kiri ya ikut ke barat… tetapi semua itu pada dasarnya satu… yaitu kehancuran, ketergantungan, dan kemiskinan.
          suharto hanyalah bidak yang dimainkan dalam suatu proses imperialism dan kolonialism gaya baru.

          Dan kita memang tidak mungkin lepas begitu saja dari proses alamiah ini karena pada saat itu juga kita sedang dalam proses kemenangnan dan kemandirian (kemerdekaan) murni.

          •  

            Hahaha

            coba dianalisis kenapa Orde Baru tidak memutus hubungan diplomatik dgn Uni soviet maupun Korea Utara namun hanya kepda pemerintahan Maois China bahkan dgn Yugoslavia yg negara sosialis malh bro

            sya bukan fansboy nostalgia piye kabare
            namun pemerintahan pak harto mampu mengubah ekonomi Indonesia jadi yg dulu lebih miskin dari negara2 afrika kebanyakan menjadi slah satu keajaiban ekonomi semua berubah di akhir 80an ketika praktik KKN makin merajalela dan keterlambatan analisa situasi geoplitik setelah perang dingin berakhir

          •  

            Yg mengatur sistem politik luar negri indonesia, amerika apa inisiatif soeharto?

            😆 😆

            Tapi menurut mu mengapa nu, soharto tdk memutuskn hubungan diplomatik dgn sovyet

          •  

            karena Uni soviet tidak terlibat dlm pergerakan politik Pki terhitung sejak agustus 1964 dn mengalihkan dukungan ke partai sosialis indonesia alasnnya karena renggangnya hubungan politik antara uni soviet dan china.

            alasan uni sovet mengembargo suku cadang karena orde baru membabat habis…pukul sama rata…semua adlah PKI terhadap kaum2 kiri, kaum2 kiri di indo bukan hanya PKI loh ya

          •  

            Tapi bisa juga soeharto atut jk kekusaannya digoyang uni sovyet melalui front yg direkrut sovyet dr warga indonesia, jk itu terjadi? Maka apapun yg dihasilkan dari indonesia seperti tambang, tdk akn mungkin berjalan lancar krna trjadi konflik diindonesia,
            oleh karna itu amerika berusaha akur ke sovyet walau perang dingin lg berjalan, karna amerika tdk mau sperti perang vietnam & korea utara terjadi diindonesia, tapi mengenai sebagian alutsista sovyet & sovyet diera leonid breznev sudah tau siapa yg merencanakan g 30 s yg dituduhkn pki dibawah kendali mau zedong yg disebut krushchev sepatu tua 😆 , oleh karna itu soeharto tdk memutuskan hubungan ke sovyet, jk itu trjadi? Maka front yg kontra dgn soeharto akan direkrut sovyet, seperti dari angkatan laut & udara, tapi itu tdk sampai terjadi karna amerika berusaha akur dgn sovyet diera leonid breznev
            😆 😆

          •  

            Tapi beruntung indonesia & amerika tdk memutus hubungan diplomatik ke sovyet, jk itu terjadi? Berarti amerika & indonesia sudah menuduh sovyet dibalik rencana g 30 s pki & pasti sovyet akan mmbuat front diindonesia yg diambil dari angkatan laut & angkatan udara, tapi itu tdk terjadi krna amerika berusaha akur ke sovyet diera leonid breznev, karna leonid breznev juga trlibat diperang vietanam menggempur amerika dgn taktiknya yg dilaksanakan vietnam sehingga amerika menyerah divietnam
            😆 😆

          •  

            soal tambang sepertinya kita sudah terjebak pada situasi tak punya pilihan selain meloloskan perusahaan2 As karena ekonomi yg terpuruk 400 persen inflasi sementara pembangkit2 listrik yg kemudian dtang dari As sngat dibutuhkan utk penggiat ekonomi karena pembangkit listrik peninggalan hindia belanda sudah uzur ini belum lagi hutang2 ke uni soviet
            yg bikin asu,anjing kampret adlah perpanjangan kontrak yg sngat mudah lolos di akhir 80an

            yg paling akur malah masa Khruschev kemudian gorbachev ini juga sebabnya China ngamuk mengkafirkan pemerintahan Khruschev

            di Brezhnev mlah makin anti sma barat

          •  

            Masuk akal komen tante huha…kalou kita memutus hubungan dan bersitegang dengan rusia mungkin itu tidak rasional…karna kekuatan rusia siapa yang mau memicu perang nuklir apa lagi negara baru non nuklir seperti kita…jadi cina lebih mudah untuk dijadikan kambing abu abu…sedang untuk korea utara itu lebih tidak masuk akal lagi…kenapa tidak kuba sekalian kita jadi kan kambing hitam nya sekalian…

          •  

            Klu mengenai alut sista trsebut yg diasing soharto dari indonesia seperti dihibahkan & dibawa amerika alasannya karna soeharto takut jk alutsista trsebut digunakan angkatan udara yg msh pro soekarno di gunakan utk mmnggempur soharto sekalian juga soeharto cari muka ke warga indonesia, tapi kri irian barat tdk diasingkn soeharto karna kri irian barat tdk seperti pespur mig daya gempurnya
            😆 😆

          •  

            xaxaxa

            ada yg ngeles pke victimhood complex soal hubungan Pki dan China
            mungkin kamu bisa jelaskan kenapa menteri luar negeri China menyarankan PKI utk melobi pemerintahan pak karno utk mempersenjatai petani2. atau kunjungan aidit ke beijing beberapa bulan sebelum g30s

            namun sya tidak mau terjebak mentalitas perang dingin karena situasi geoplitik sudah berubah

          •  

            hahaha tambah ngawur china sudah negara nuklir di pertengahann 60an

            alih teknologi nuklir jga jadi alasan konflik uni soviet dan china, yg satu cuma mau ngasih jaminan keamanan lewat penempatan bom dan rudal nuklir dan yg satu ingin teknologi penuh utk pengembangan sendiri.

          •  

            Hhhhh…komentar kamu yang viktif dan berbau penyimpangan…denga buku buku sejarah era orba yang kental manipulasi dijadikan acuan…suharto dan lawan politiknya…dan pemenang adalah raja seperti yang saya kemukakan diera lampau…
            Dan sejarah ditulis oleh pemenang…jadi tidak fair kalou jadi acuan bukan…

          •  

            Tapi itukn tdk sampai terjadi, tapi sisi positifnya pki mau berjuang mndukung soekarno disaat trjadi konflik dgn malaysia, tapi skrg ini klu bicara mengenai pki langsung orang berpikiran negatif, oleh karna itu pemerintahan sekarang prlu mnjlskan dalang dibalik g 30 s yg dituduhkn pki
            😆 😆

          •  

            Tahun 60an cina memang mulai mengembangkan nuklir…tapi akhir 70an lah cina bisa membuat bom atom sendiri…so what gitu loo…xaxazax…hampir bisa diangap mengerikan pengetahuan anda bung…..

          •  

            Sekarang kita kembali kelaptop…siapa yang bisa menyangkal kalou fpda itu memang terbentuk berlandaskan kita sebagai fokus ancaman…

          •  

            tanggal 16 oktober 1964 China meledakan bom nuklir pertamanya nih videonya

            https://www.youtube.com/watch?v=bZbBCqSgLOE

            sya tidak menyangkal fpda dibentuk atas antisipasi terjadinya kembali konfrontasi atau indonesia menjadi wild card namun bukn hanya itu sja alsannya. baca komen sya diatas

            yg sya fokuskan dlm perdebatan dan sya lawan adalah proyeksi persepsi bahwa fpda adalh kerjasama pakta militer macam nato

          •  

            bukan cuma pki yg mendukung pak karno soal konfrontasi dgn malaysia lagipula bagi pki konfrontasi dgn malaysia juga memberi baynk dampak positif termasuk menggiring kebijakan luar negeri indonesia sendiri

          •  

            Kan dah saya bilang cina memang mulai mengembangkan nuklir era 60an…dan semua itu diawali uji coba…bukan berarti menguasai tehnologinya…asal ada uranium yang diperkaya(uranium 235) kita juga bisa meledakanya .
            ..kalou saya melihatnya uji coba pada tahun tersebut lebih pada propaganda pakta warsawa ketimbang murni uji coba nuklir cina…karna pada tahun tersebut sekutu berencana menyerang dua negara tersebut(cina rusia)….

            Mengenai kasus 65 sekutu dan suharto yang menang dan di untungkan sedang sukarno dan fakta warsawa yang kalah dan menangung kerugian bukan hanya kekuasaan dan pengaruh hilang tapi juga modal yang besar termasuk alutsista sumbangan dua negara tersebut…yang pada akhirnya harus jadi hutang indonesia…

          •  

            klo sudah tes bom nuklir sudah nuclear power country songong

            pengayaan uranium china sudah terjadi di tahun 50an yg dibantu ilmuwan soviet namun awalnya utk pembangkit listrik tenaga nuklir

            enak banget ngomongnya asal ada uranium yang diperkaya(uranium 235) kita juga bisa meledakanya.
            teknisnya gimana nih?

            apa hubungannya pakta warsawa dan internal politik negeri ini di tahun 60an, republik cekoslowakia pun masih berhubungan baik dgn orla maupun orba

          •  

            Aduh kata gue juga pake dikit intuisi boy…
            Berkenaan dengan ketegangan dua kubu yang memicu rencana serangan nuklir pada dua negara cina melakukan uji coba nuklir…bukan berarti mereka telah mandiri dan menguasai tehnologi nuklir tersebut…bisa jadi sofyet membantu mendatangkan bahan baku dari luar cina atau mungkin bom atom sofyet yang diledakan…namanya juga perang boy tipu muslihat itu biasa…

          •  

            Gampang boy kalo dah ada uranium 235 loe tingal sumet dah kayak loe nyumet mercon gitu….laa loe pikir gue ahli nuklir apa nanya sama gue cara buat bom atom…xaxaxa….lucu dah loe

        •  

          Maksud dari cari muka diatas adalah mengabaikan ancaman dan melihatnya sebagai hal lumrah…bukan hanya normalisasi dengan negara negara fpda tersebut tapi juga menggap mereka seperti sekutu kita sendiri bahkan saudara…dan lihat apa yang kita alami dari pengabaian tersebut…

          •  

            oooo ….begitu ya…..mmmmm
            Seharusnya memang seorang pemimpin harus berani tegas dan kejam terhadap lawan yang jelas2 memerangi kita.
            padahl suharto jago perang dan berani nate komunis ketika muda. walau hanyadari perintah saja.

            apa karena udah agak tua jadi luntur dan agak pikun serta mabuk tahta dan takut mati kali ya…..?

          •  

            eee… maksudku berani bante komunis PKI walu hanya sekedar perintah saja

          •  

            carimuka?
            Hahaha

            coba dianalisis kenapa Orde Baru tidak memutus hubungan diplomatik dgn Uni soviet maupun Korea Utara namun hanya kepda pemerintahan Maois China bahkan dgn Yugoslavia yg negara sosialis malh bro

            sya bukan fansboy nostalgia piye kabare
            namun pemerintahan pak harto mampu mengubah ekonomi Indonesia jadi yg dulu lebih miskin dari negara2 afrika kebanyakan menjadi slah satu keajaiban ekonomi semua berubah di akhir 80an ketika praktik KKN makin merajalela dan keterlambatan analisa situasi geoplitik setelah perang dingin berakhir

          •  

            apa hubungannya krismon 1998 dgn negara fpda?

            yg ada mlah perilaku dan psikologi pasar https://www.investopedia.com/terms/m/marketpsychology.asp

            lgipula negara2 tetangga nyari selamat sendiri2 utk ekonominya
            ada pula yg nyari kesempatan ngajuin klaim pulau2 ke mahkamah internasional di tahun 98 yg sebelumnya tak berani

          •  

            Yaa hampir sama kaya prinsip hukum kita juga kan…tajam kebawah tumpul keatas…kejam kedalam lembut keluar…

          •  

            Om anu…semua itu ada kaitan nya walau tidak muncul dipermukaan…skema hitam itu bisa dipelajari dari urutan kejadian dalam suatu peristiwa besar…

            Berkenaan dengan hubungan bilateral atau multirateral dengan fakta warsawa itu era lampao…dan cerita lain nya…mungkin saya isi mata pelajaran tersebut dilain waktu…yang sekarang kita bahas berkenaan dengan terbentuk dan untuk apa fpda dibentuk…oke…or yes…

          •  

            yg lari ke pakta warsawa itu siapa?

            sya sudah jelaskan terbentuknya dan utk apa fpda diatas namun hanya kesimpulan dari link pdf Csis yg sya kasih

          •  

            Kan dah saya bilang diatas…kalou untuk menghalou kominis dah ada seato…dan itu sudah mencakup negara fpda…sedang fpda terbentuk khusus untuk kepentingan negara negara fpda itu sendiri…dan indonesia diangap sebagai fokus targetnya karna diangap sebagai ancaman…

        •  

          Bagai mana tdk terjadi krisis diera soharto, klu seluruh pertambangan indonesia yg menguasai asing & persen ke indonesia yg dibayarkan asing trsebut tdk menguntungkan indonesia, sedangkan kebutuhan inport indonesia banyak, tapi hasil proyek asing didalam negri tdk menguntungkan indonesia, yaa terjadi krisis ekonomi yg mengakibatkn hrs brhutang, tapi jk soharto meminta persen yg menguntungkan dr proyek tambang asing trsebut, yaa bisa jd soeharto didepak dr tampuk kekuasaannya, karna asing tau later belakang soeharto, oleh karna itu soharto tdk bisa macam² & yg bisa diupayakn soeharto yaa cuma peningkatan pangan, pdhl tdkpun ada soharto? Para petani tetap menanam karna sudah mnjd tradisi
          😆 😆

  3.  

    Kayak link 16 amerika nih
    Tinggal dikembangkan lagi proteksinya dan bikin satelit militer sendiri

  4.  

    Agato Sugimura ternyata adalah LoL

  5.  

    Kan sdh pake satelite itu uji coba integrasi komunikasi blok barat dan timur kan pake satelite bri

  6.  

    Nama nya NCW “Network Centric Warfare” keren Euy…………………
    Terus setelah sukses ke sistem yg lebih rumit NCHW ” Network Centric Hard Ware”

  7.  

    Klu berbasis satelit mantap, bila satelit dihancurkan jd buta bila tanpa opsi cadangan lainnya dong?

  8.  

    Sekarang TNI sudah hampir mempunyai NCW buatan sendiri…. plus di gabungkan dengan SOYUS (sandi olah yuda untuk seskau) buatan PT infoglobal tambah ngeri jadinya

 Leave a Reply