Jan 082016
 
Pemandangan Pulau Saumlaki dari tepi pantai

Pemandangan Pulau Saumlaki dari tepi pantai

Jakarta – Militer Indonesia (TNI) akan memperkuat kehadirannya di pulau-pulau terpencil, terutama di bagian timur yang masih kekurangan personil dan senjata, ujar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Kita perlu mengubah paradigma. Ketika Timor Timur masih bagian dari Indonesia, pulau terpencil dan terdepan Indonesia adalah Timor Timur. Sekarang Timor Timur telah berubah menjadi Timor Leste (sebagai negara merdeka), pulau-pulau terpencil kita adalah Liran, Wetar, Kisar, Leti (semua di Provinsi Maluku) dan Alor (di provinsi Nusatengga Timur), “katanya setelah menghadiri perayaan Natal di Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta, 7/12/2016.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Pulau Saumlaki

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Pulau Saumlaki

Panglima TNI mengatakan hanya dua personel angkatan laut dan dua tentara tentara yang kini ditempatkan di masing-masing pulau. Oleh karena itu, jumlah personel militer akan meningkat di masa depan.

Pulau Saumlaki yang berbatasan Australia memiliki radar untuk mendeteksi pesawat menyusup ke wilayah udara Indonesia. Tapi personil radar tidak dapat mengajukan permintaan kepada komandan pertahanan udara nasional untuk mengirim jet tempur Sukhoi dari skuadron di Makassar, Sulawesi Selatan, jika ada pesawat asing menyusup wilayah Indonesia, katanya.

panglima tni

Panglima TNI dalam Perayaan Natal bersama tahun 2015, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

“Jika ada pesawat asing menyusup (ke dalam wilayah Indonesia) apa yang bisa mereka lakukan adalah berdoa kepada Tuhan. Semoga pesawat keluar dari Indonesia,” katanya.

Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan TNI telah mengevaluasi kekuatan di perbatasan dengan dengan negara-negara lain. Untuk memperkuat kehadiran TNI di pulau-pulau terluar, bandara akan dibangun antara lain di pulau Selaru di provinsi Maluku, dengan demikian, pesawat militer dapat mendarat di sana.

  19 Responses to “TNI Memperkuat Kehadirannya di Pulau Terluar”

  1. perkuat terus jangan sampe ada yg bolong pertahanan nya nanti malah diambil atau ngga di claim sama negara lain.

  2. lindungi rakyat pulau terluar agar tidak dipengaruhi oleh dark side of the force

  3. cerita di grup sebelah sangat bertolak belakang dengan kalimat langsung dari panglima. well percaya yg mana? itu jendral kita lo yg berbicara keadaan…

    • Perkataan grup sebelah yg mana bung yg bertolak belakang??
      Dan grup sebelah yg mana ya??
      Bisa tolong dikasih tahu link nya biar rasa penasaran saya terjawab
      Trimakasih

  4. Vote gatot 2019

  5. Busyet… kalimatnya kok gak enak banget.

    “Jika ada pesawat asing menyusup (ke dalam wilayah Indonesia) apa yang bisa mereka lakukan adalah berdoa kepada Tuhan. Semoga pesawat keluar dari Indonesia,” katanya.

  6. Tinggal beli rudal BUK / S 400 apa susahnya. Udah tahu pertahan bolong atau tidak bisa di cover malah cuma berdoa aja supaya cepet keluar dari wilayah kita. Paling tidak kita punya 1 pesawat intercept di setiap lanud buat identifikasi. Klo macem2 kerahin SU family kita, jgn sampai keluar dari wilayah kita. Itu baru yg dinamakan menjaga kedaulatan negara NKRI harga mati.

  7. alhamdulillah akhirnya cita2 aye terwujud..doktrin tni berubah….sudah seharusnya tni itu di perbatasan bukan di dalam kota….selama saya di eropa jarang sekali saya menemui tentara di kota2nya…tetapi begitu saya melakukan perjalanan antar negar di eropa di tiap perbatasan saya melihat banyak tentara, begitu jg di amrik..sangat berbeda jika saya berada di indonesia….hampir tiap pagi ketemu tentara berangkat kerja….funny lol…

    • Hehehehehhehe… Apakh anda sdh berjalan2 ke pebatasan negara sendiri bung Unooo…?hehehehehhehe….pergerakan milter paling aktif di dunia salah satunya TNI kita bung.. Dan pengmanan perbatsan(pamtas) selalu di buat bergiliran utk seluruh batalyon tempur TNI sbg bagian dari tour of duty dgn penugasan 12 bulan utk 1x masa penugasan..Apakah metode penyebaran pasukan militer kita harus sama dgn eropa bung..? Yg luasnya masing2 negaranya tdk lebih dari 1 provinsi kita..? Yg perbtasannya hanya berupa perbatasan darat..? Hehehehehehe Para jenderal dan ahli strategi kita lebih mengerti kebutuhan dan metode pertahnan yg cocok utk pertahnan dgn karkteristik geografis indonesia yg perbatsan lautnya lebih luas dibanding daratnya… Hehehehhe salam sehat selalu bung Unoo..

  8. Masih berani mengaku negara serumpun ?
    Apakah negara serumpum saling mengklaim wilayah dan kebudayaan negara lain ?
    Apakah anda lupa akan kejaguhan dan kepongahan anda ?
    Apakah anda lupa akan penghinaan, pelecehan, penyiksaan TKI kami ?
    ANDA SEHAT ?

  9. terima kasih.
    Semoga kelak ada harapan agar malaysia bisa merdeka sesungguhnya.

  10. Spertix intelijen mencium ad indikasi ancaman dr pihak luar

  11. Alhamdulillah, slalu ada sahaja warga malaysia seperti anda yang menghormati kami negara indonesia…!!!

    Salam.

  12. yg jualan utamanya cerita komik yg dihubungkan dengan kejadian nyata… yg selalu mendoktrin pembacanya begitu lengkapnya persenjataan tni betapa mengerikannya alutsista kita yg goib dan hanya para admin situs itu yg tau… silahkan di cari sendiri bung… sudah saya kasih clue…

    • Klo menurut ane, alutsista tni pasti ada yg dirahasiakan… Dan mungkin itu adl senjata yg sebisa mungkin bisa di andalkan… Tp…. Klo menurut Hoax yg berkembang.. . Katanya tni pelan, senyap dan merata untuk pengadaan alutsista nya dg list yang luar biasa hebatnya… kadang berbanding terbalik dg berita² “ngenes” nya TNI kita.
      Kesimpulan , itu adl salah satu strategi pemerintah (tni) untuk memberikan semangat kpd prajurit dan rakyat betapa nkri ini adl pusaka yg harus dipupuk ketajamannya agar rakyat, TNI dan pemerintah tetap waspada walaupun dg alutsista yg terbatas… Imho

  13. okelah kalo begitu bung badrun….

    semoga anda mengajak lebih banyak teman malaysia anda untuk merdeka dengan bergabung dengan indonesia, anda akan semakin benar-benar mengerti arti kebebasan sesungguh nya bersama negri kepingan surga ini. Tidak perlu menambah dosa dan penyakit irihati untuk capek-capek klaim sana-sini, setelah bergabung tentu semua yang kami punya bisa juga dianggap milikmu dan teman temanmu. Tinggal menikmati saja. Bilapun anda ingin ikut bertempur, bertempurlah disamping para kesatria paling berani, agar anda dan teman-teman malaysia anda lebih memahami artinya berkorban dan makna tetesan darah, nikmati adrenalinmu. Kami menyambutmu dengan tangan terbuka.

 Leave a Reply