JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 132014
 
Helikopter serang Apache longbow buatan Amerika, melintas bersama KRI Ahmad Yani 351 dalam peringatan HUT TNI ke 69 di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Mako Armatim) Ujung, Surabaya, Selasa (7/10). (by Jiwa Bening)

Helikopter serang Apache longbow buatan Amerika, melintas bersama KRI Ahmad Yani 351 dalam peringatan HUT TNI ke 69 di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Mako Armatim) Ujung, Surabaya, Selasa (7/10). (by Jiwa Bening)

Jakarta – Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu memiliki obsesi menjadikan militer Indonesia masuk urutan 10 besar ranking militer dunia. Target itu disampaikan Ryamizard saat memberikan pengarahan kepada 113 perwira tinggi se-DKI Jakarta di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis 13 November 2014.

“Target 10 besar (kekuatan militer dunia), itu minimal 15-lah,” kata Ryamizard di Mabes TNI.

Ryamizard mengatakan, militer Indonesia harus mampu berkembang menjadi salah satu kekuatan militer terbaik dunia. Itu sebabnya, ketika RI membeli alat utama sistem persenjataan dari negara lain, industri pertahanan RI dan TNI diharapkan mampu mentransfer teknologi untuk dapat dikembangkan industri pertahanan dalam negeri.

“Seperti kapal selam kita harus bisa membuat, pesawat jet juga demikian,” ujarnya.

Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko menyambut baik target yang disampaikan pemerintah baru kepada TNI. Moeldoko optimistis militer RI dapat bersaing dan masuk urutan 10 besar rangking kekuatan militer dunia.

“Kita optimistis bisa. Selama perkembangan ekonomi berjalan baik maka pasti bisa itu obsesi Menhan baru,” ujar Moeldoko saat mendampingi Menhan Ryamizard.

Menurut Moeldoko, kekuatan angkatan bersenjata itu bisa diukur secara kualitas dan kuantitasnya. Oleh sebab itu, pengembangan personel dan alutsista TNI menjadi sesuatu yang mutlak harus dilakukan. “Sekarang secara kualitas dan kuantitas ktita pada rencana strategis pertama sudah 38 persen,” terang dia.

Moeldoko menambahkan, saat ini, TNI berada di ranking 19 militer dunia, dan rangking ke 9 se-Asia Pasifik. Adapun target masuk 10 besar dunia diproyeksikan bisa tercapai pada tahun 2019. (VivaNews.com).

Bagikan :

  64 Responses to “TNI to be Number 10”

  1.  

    met siang….

  2.  

    Mantaff pak,,

    •  

      Setuju pak RR,menhan yg baru kita mesti bisa menjadi ranking 10 dunia,kami mendukung sekali itu pak, semoga dengan kerjasama yg baik diantara semua elemen anak bangsa samb7l memperbaiki ekonomi kita, tentu tiu semua dapat kita wujudkan demi tegaknya kedaulatan dan kebanggaan bangsa Indonesia tercinta.NKRI HARGA MATI.

    •  

      yaa,,berdoa saja smg pak RR mau bertindak tegas kpd tetangga sebelah..tp itu smua prlu dukungan dr smua pihak..

  3.  

    Mantabbb…

  4.  

    mantap pak semoga TNI jadi 10 besar militer terbaik dunia

  5.  

    semoga TNI jadi 10 besar militer terbaik dunia

  6.  

    ndak perlu 10 besar kalo gak tegas n selalu diremehkan negara tetangga

  7.  

    wah bapak RR mania global fire power toh.

  8.  

    Semoga tercapai..
    Salam nkri…

  9.  

    amien

  10.  

    GFP memang kurang akurat,tapi bisa jadi acuan buat nambah semangat :mrgreen:

    seandainya GFP menghitung jumlah nuklir dan yg ghoib2 pasti hasilnya beda 😆

  11.  

    Untuk percepatan ranking 19 ke 10 dengan target rampung 2019 harus beli alutsista apa aja ya….
    dan berapa banyak….. Ukuran ranking militer dunia itu kriterianya apa aja sih ? ada yg bisa memberikan pencerahan ?

    •  

      Klo secara umum nya sih,,
      Dari mulai
      Kekuatan ekonomi ( jumlah dana utk pertahanan, cadangan devisa, cadangan minyak dll)
      Kekuatan alutsista ( darat, laut, udara)
      Jumlah tentara aktif ( pasukan elit, infantri, kaveleri dll)
      Jumlah penduduk produktif yg bs dijadikan tentara, (tentara cadangan)
      Dan lain sebagai nya dan lain sebagai nya,,,,,,,,,

  12.  

    untuk Renstra III (2019-2024) harus bisa jadi 5 besar,Pak

  13.  

    Mantap…..semoga terwujud, Insya Allah.

  14.  

    Makanya TOT pak…jangan beli aja. trs jalanin TOT di kedua blok…. pasti manteb… bikin blok sendiri. Kan untuk kawasan Asia tenggara dan australia, Garuda dlm 10 thn akan menjadi penopang. dan sd 15 thn abis itu bg dunia. Garuda akan menjadi asa terakhir.

  15.  

    Siip Kita akan dukung semangat bapak Menhan…Btw NO.10 besar dunia itu ukuran nya apa ya, kualitas dan kuantitas Alutsista kah? ato besarnya jumlah prajurit yg kita miliki?

  16.  

    Saya dukung 1000% pak.!

  17.  

    PAK RR…..

    Jangan Trelalu banhyak beli alutsista dari USA

    Perbanyak Beli dari Rusia,semua juga tahu barang dari rusia lebih hebat dari USA.
    Faktor Propaganda USA aja yg seolah olah produk barat lebih hebat dari rusia.
    .soal helicopter apache,saya agak kurang Sreg,karena ga bebas pakai.
    mending beli TIGER Yg mirip apache itu.
    kan dari segi kualitas ga jauh berbeda.apalagi nagara kita sdh ada kerjasama.

    •  

      Nah itu dia bung beti saya juga harap banyak beli tiger aja sekalian tot buat gandiwanya. Atau mungkin apache dibeli untuk dilihat kelengkapan apa.saja yg dibutuhkan.untuk heli serang murni?

  18.  

    suatu ambisi yang wajar supaya kita tidak diremehkan bangsa lain..ayo kita dukung cita-cita ini kalau perlu di 5 besar. Hidup NKRI

  19.  

    Artinya,

    Jumlah pesawat tempur tercanggih 10 besar dunia
    Jumlah tank tercanggih 10 besar dunia
    Jumlah kapal perang canggih 10 besar dunia
    Jumlah kpl selam tercanggih 10 besar dunia
    Jumlah rudal tercanggih 10 besar dunia
    Jumlah drone tercanggih 10 besar dunia
    Jumlah pabrik senjata modern 10 besar dunia
    Jumlah bbm untuk militer 10 besar dunia

    •  

      Rasanya global fire power , ga ngitung kecanggihan suatu alutsista, tp ngitung jumlah nya doank,
      Klo punya heli canggih juga tp cuma punya 8 tetep kalah nilai nya sama heli serang biasa tp jumlah nya puluhan atau ratusan,, itu yg di hitung global fire power

  20.  

    jangan lupa penguasaan teknologi pembuatan roket dan peluru kendali, teknologi radar, dan teknologi material kuat, tahan panas dan kasat radar

    menuju kekuatan penyeimbang di kawasan

  21.  

    Kalo pengen jadi yang terkuat nomor 10 dunia. Tuh lengkapin dulu kapal destroyer dan lhd, pesawat tempur gen 5 itu baru jadi terkuat

  22.  

    Ucapan setiap katapemimpin itu penting.. jangan ditambahkan “lah” karena itu menunjukkan ketidakpastian

  23.  

    Syarat dan ketentuan berlaku?????

  24.  

    Jangan lupa utk ngurusi perbatasan Kalimantan Pak RR. Wujudkan rencana utk membangun jalan perbatasan1100km, tempatkan batalion Infanteri Mekanis, Tank dan Kavaleri di tiap2 kabupaten perbatasan Kalimantan. Bandingkan dng di Jawa saja, hampir tiap kabupaten pasti ada Batalion TNI.
    Semoga terwujud dalam MEF2. Amin.

  25.  

    Malingsialan mencaplok 3 desa diperbatasan kalimantan, itu yang harus segera di tindak lanjuti, percuma mau rangking 1 juga, kalo wilayah sendiri dicaplok maling, tidak bisa berbuat apa apa !!!

  26.  

    “Kita optimistis bisa. Selama perkembangan ekonomi berjalan baik maka pasti bisa itu obsesi Menhan baru,” ujar Moeldoko saat mendampingi Menhan Ryamizard.

    cukup sering komen mempertanyakan kenapa jkgr juga membahas ekonomi, gak murni alutsista aja.

    nah, pernyataan panglima ini bisa cukup bisa menjelaskan…

  27.  

    Pencitraan..FIR natuna aja rebut dulu…10 besar .. tap mendarat di batam mesti izin changi, pespur terbang kulo nuwun changi tapi upil bebas latihan di angkasa kita…

  28.  

    Anggaran Pertahanan kita dinaikan & direalisasikan pak..dari 0.8% tahun 1 jadi naik 1.5% Tahun ke 2 naik jadi 2% tahun ke 3 naik jadi 2.5% tahun ke 4 naik jadi 3% dan tahun ke 5 naik lagi jadi 3% kenaikan dari GDP dan pertumbuhan ekonomi kita stabil di > 5% serta semua TOT di semua matra sesuai jadwal saya yakin Inshaa Allah tahun 2019 militer kita bisa masuk 10..Aminn..

  29.  

    Ada apa dengan angka 10 ??

    Kemarin lihat iklan bang Luhut BP di sini “Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa 10% pada 10 tahun yg akan datang”. Hari ini Menhan mengatakan target kekuatan pertahan 10 besar dunia.

    Bagaimana pun juga tujuan baik harus kita dukung dan amini..

  30.  

    setubuh. bung..
    hal sekecil apapun teote yang kita yang kita dapat dari kontrak pembelian , kita harus sukuri.
    seperti masalah layangan..
    walo masih jadi tukang jahit.kita harus terima daripa cuma net importir.
    motor bebek 70 pun di tangan orng indonesia bisa berkapasitas 150cc..

  31.  

    Target 10 besar MiLiter boLeh2 saja , tapi usahakan kembaLikan 3 desa yang direbut Sonora , dan harus dimuLai dari sekarang !!!

    •  

      Setuju, ambil kembali 3 desa tersebut, kan intruksi panglima sudah jelas, pertahankan garis batas negara kita, lah kalau sampai 3 desa, itu garis batas sudah berubah posisinya. tarik garisnya lagi kembalikan seperti semula, kalau di protes, BACOK!!!!

  32.  

    Statemen Panglima : “Sekarang indonesia masuk 19 besar rangking militer dunia dan no 9 rangking militer asia pasifik”

    Di pelajari dari Statemenya ternyata panglima dan menhan berpatokan pada website

    http://www.globalfirepower.com

    Web yg update status setahun sekasli ini banyak kritik dari kalangan pengamat militer karena banyak data yang tidak falid

    Semoga indonesia bisa 10 besar dunia bahkan saya berharap menjadi 5 kekuatan militer dunia, amien.

  33.  

    Sepertinya belum bisa terealisasi dalam waktu dekat http://www.globalfirepower.com/countries-listing.asp
    mungkin baru bisa terlaksana bila Indonesia membeli alutsista secara besar2an dan pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur yang cukup bagus. Semua itu butuh waktu, 2019 mungkin baru akan terlaksana.

  34.  

    jangan ambesius pak nanti jatuh lo….

  35.  

    …Gantungkan targetmu setinggi langit.
    …. Rakyat setuju aja, dan mendukung sesuai kemampuan. Tapi kualitas peran TNI ya harus nyata dong…. Seperti misal urusan rempeyek soal penegakan batas wilayah dengan negara sekitar yang mengaku tetangga ya harus dan wajib nyata tegas dan pasti. Itu yang jelas ada di pikiran rakyat.. Mohon maaf para sesepuh, bila salah mohon koreksinya, hanya pikiran dari tukang cuci gelas warung kopi di bawah pohon beringin yang baru tumbang….

  36.  

    Su35nya cepet dipesen pak… biar gempar thu aussie, malon n singaporn

  37.  

    weleh” koq yg dikejar ranking dunia … sama aja dg babar kuantitas & kualitas semua sista, mending ada di urutan 20 resmi, tapi kemampuan nyata ada diurutan 8 dunia …
    inget ndan kemampuan alutsista tdk utk ngejar publisita, beda kalo kita jadi juara Asian Games yg pasti dipublish segede mungkin, walau entah kapan terjadinya … mimpi kalee yee

  38.  

    ya semoga bisa segera tercapai 10 besar kekuatan militer Indonesia ……

    paling tidak :

    matra laut harus nambah 11 frigat / light frigat dari 13 yang sudah ada saat ini , hingga total punya 24 frigat…..syukur syukur bisa nambah 3 destroyer class …..

    maaf …. hanya harapan tukang cangkul..

  39.  

    Ketika era Habibie…mndatangkan kapal perang bekas…Kapal selam bekas…apakah sudah dapat ilmunya untuk bisa membuat sendiri…?
    Lalu penjajakan pembuatan pesawat tempur sendiri bekerjasama korsel…spanyol

    Untuk mencapai 10 besar …cara satu-satunya adalah KEMANDIRIAN
    tidak bergantung beli dari negara lain.

    Semoga tercapai.

  40.  

    Semua berawal dari mimpi, secepatnya Indonesia WAJIB memiliki ICBM yang bisa diluncurkan dari kapal selam, karena tidak ada jaminan bahwa negara kita akan selamannya aman, apa lagi kita sudah pernah merasakan pahitnya dijajah, jangan sampai sejarah kelam terulang lagi.

  41.  

    secara per capita (perbandingan total populasi) … mustinya indonesia di NOMOR EMPAT, bung !

  42.  

    Gak perlu ngejar peringkat2, tapi kuat disetiap matra.. mantapp..

  43.  

    Setelah hadir 10 su35 dan 5 kapal selam kira2 bakal dpt ranking berapa yah?

 Leave a Reply