Jun 272014
 

TNI Perkenalkan 'Macan' dalam HUT ke-69

Paris. Upacara kebesaran HUT ke-69 TNI akan menjadi ajang pertama bagi ‘macan’ baru TNI memperkenalkan diri kepada warga Indonesia. Macan itu sedang dalam tahap akhir persiapkan fisik di benua Eropa.

Macan itu adalah helikopter serang Eurocopter Tiger H61. Mereka akan melengkapi helikopter serbu MI 35 dan Apache memperkuat TNI AD. Selain itu ada tiga kapal fregat multifungsi untuk TNI AL yang sedang dibangun di  Manchester, Inggris.

“Seluruh alutsista yang baru ini akan ikut dalam peringatan Hari TNI 5 Oktober,” kata Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin di Paris, Jumat (26/6/2014).

Wamenhan berkunjung ke Paris bersama rombongan Komite Kebijakan Industri Pertahanan. Selain itu mereka ke Belanda juga untuk memastikan perkembangan seluruh alutsista yang dipesan Indonesia untuk jajaran TNI.

“Saat ini seluruh pesanan itu sudah dalam tahap akhir dan akan segera dikirim secara bertahap ke Indonesia,” sambung matan Pangdam Jaya ini.

Sjafrie merasa puas karena selain pembelian alutsista ada banyak tawaran bagi pengembangan kerja sama industri pertahanan. Terutama untuk Pindad yang terbuka peluang bagi pengembangan panser Anoa serta kendaraan tempur dan amunisi lainnya.

Bersama Dirut Pindad Sudirman Said, Wamenhan bertemu juga Presiden Volvo Group, Stefano Chmielewski untuk membicarakan pasokan mesin Renault sebagai sumber tenaga Panser Anoa. “Pindad sudah memproduksi 250 unit panser kebutuhan TNI AD. Sekarang Pindad mempunyai kesempatan untuk memasok 250 unit lainnya dan Renault bersepakat untuk memasok kebutuhan mesinnya,” kata Sjafrie (Suryo Pratomo/m.metrotvnews.com)

  145 Responses to “TNI Perkenalkan ‘Macan’ dalam HUT ke-69”

  1. amin…….

    • Wah lumayan gahar tuh bung,ada item2 istimewa gak neh buat Indonesia

    • Ijin bergabung warjagers….
      Saya udah bertahun-tahun jd silent rider, klo dulu artikel masih jarang banget muncul sekarang sehari bisa 3 artikel baru muncul, sesuatu bangetttt:D

      Saya kuatir yang dimaksud heli tiger itu benarnya heli panther ASW karena sama2 turunan macan, kan udah sering media kita salah tafsir atau ketik..

    • mantap nich , untuk matra darat aja TNI akan diperkuat 3 jenis helikopter serang:
      1. MI-35
      2. AH-64 Apache
      3. Eurocopter Tiger H61

  2. pertamax

  3. Pertamak

  4. Tumben sepi …

  5. JAYALAH NEGERIKU

  6. Selain itu ada tiga kapal fregat multifungsi untuk TNI AL yang sedang dibangun di Manchester, Inggris.

    Apakah ini yang Usman Harun Class Bung Gue?

  7. Ikut pertama juga nah..semoga semuanya datang sesuai jadwal yg sudah d tentukan,..amin..

  8. Sarapan nya aphace

  9. hmmm, semakin kuat TNI semakin bagus, cuma konsepnya semakin ruwet aja?

    kalau konsepnya heli serang akan diisi buatan timur dan barat, kedua slot ini telah diambil Mi-35 dan AH-64, apakah masing2 blok akan dipecah lagi, dari barat dan timur masing2 (misalnya) 3 tipe?

    • Betul bung danu konsep “madzab gado2”, tadinya sy pikir heli panther eh beritanya si tiger……. Ya kita amini aja…… Mungkin ada hubungannya dgn te o te

    • Kayaknya pembelian ini satu paket dengan pembelian pesawat typhoon yaaa bung gue. Salah satu syarat untuk mendapat tot nya typhoon.
      Selain itu, buat pt di semakin banyak juga referensi untuk membuat helikopter berdasarkan beberapa helikopter andalan block timur dan barat. Bisa dibayangkan gimana nantinya kemampuannya helikopter gandiwa nantinya jika memang serius dan bener2 mau mengembangkannya…tinggal pemerintah kita mau mendukung apa gak..

  10. Maaf ikut nimbrung, yg bikin tidak sreg, mulai dr kapal, heli/pesawat sampai panser mesinnya impor semua, apa nggak ada niat bikin sendiri atau beli lisensi mesin utk dikembangkan sendiri

    • Setuju bung @Nugraha.
      Apa tidak ada pengembangan mesin di Indonesia ini?

    • Ada bung nugraha yg berminat investasi di bidang mesin pesawat. Yaitu roolls Royce untuk fokus pada produksi mesin pesawat terbang/pabrik pengolahan.
      Namun perusahaan tersebut mengajukan dua syarat agar dapat merealisasikan niatnya tersebut. Pertama, Indonesia harus mempunyai kejelasan mengenai peraturan dan birokrasi sehingga dapat mendukung iklim usaha.
      Syarat kedua, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal supaya mampu mendorong peningkatan industri pengolahan.

      • Apa ngga ada asli dalam negri bung gue. Yang bekasnya powerV setyawan djodi waktu beli lamborghini. Orang jerman yang membeli sesudahnya aja sampe kagum2 padahal kalo kerja paling santai orang kita. Mesin yang di pake menangin le mans sampe gallardo yang bisa nyamain ferarri dasarnya buatan powerV lho.

      • Oke bung freaxout, mohon maaf nanti dilanjut diskusinya sy mau brkt nguli dulu.
        Salam hangat buat anda dan teman2 warjag.
        Kami ucapkan, Marhaban Yaa Ramadhan. Kami segenap admin mengucapkan selamat berpuasa bagi yang muslim. Mohon maaf apabila ada yg salah selama kami mjd admin warjag.

      • Wah, iya bung makasih atas infonya…mohon maaf lahir batin jg buat semuannya

  11. alhandulillaah,,,,, semoga indonesiaku semakin jaya. I LOVE YOU

  12. Maaf OOT.

    Marhaban Yaa Ramadhan. Saya mau ngucapin selamat berpuasa bagi yang muslim. Mohon maaf apabila ada kata yang menyinggung saudara se nusantara. Nanti malam jangan lupa tarawih dan sahur karena sabtu 28 juni sudah 1 ramadhan menurut Muhammadiyah.

    • Selamat berpuasa juga Bung Kobu.. Marhaban Yaa Ramadhan.. Mohon maaf juga bila ada kesalahan, semoga amal ibadah di bulan suci ini diterima “Amin”

  13. Mantaaap Dech….Ternyata TNI Membeli Helikopter serang Eurocopter Tiger H61. Mereka akan melengkapi helikopter serbu MI 35 dan Apache memperkuat TNI AD. Selain itu ada tiga kapal fregat multifungsi untuk TNI AL yang sedang dibangun di Manchester, Inggris….Jayalah TNI…..

  14. Berapa biji tu tiger dipesan

  15. wah..langsung nungul aja beritanya sebelumnya perasaan belum pernah terdengar adanya rencana pembelian si tiger ini.

  16. Sejak para sesepuh pada tiarap, karena ada yang kena tonyor, dan barangkali sambil menunggu munculnya presiden baru, rasanya JKGR koq sama dng warung2 sebelah, deferensiasinya lenyap entah kemana.yg muncul aliran resmiyiah, datang duduk mbadog eh makan, tidak punya kesempatan utk ngobrol tentang menu2 yang disukai, tdk ada diskusi bumbu2 yang bisa dipilih dan efeknya thd cita rasa masakan, tdk ada mimpi2 menu yang bisa bikin mabok,yg bisa bikin muntah,yg bisa bikin mencret,yg bisa bikin mimpi indah. Sementara (sambil colek Bung Diego dan para sesepuh) ini barangkali tdk lama, krn kalau lama jadi sementahun, saya harus menelan makanan yang juga banyak dijual di warung2 sebelah. Semoga ciri khas warung hoaxiyah segera muncul lagi, krn ciri itulah yang bikin warung ini meriah dng obrolan2 yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan kebangsaan. Maaf ini hanya pendapat rakyat kecil penjual ayam dipasar wonokromo. Salam sejahtera bagi semua warga yang suka cangkrukan di sini.

    • se7- jadi kurang bumbu, krn para kokinya pada ngambek di jewer bosnya krn mbocorin bumbu rahasia dapur. jadi sepi deh ni warung

      • iy neh…pdhl ni warung kaki 5 rasa bintang 5,,koq skrg rda gimanaaa gt….mlah da yg bkin rsuh sgala dsni…
        ayo dong koki2 nya msak lg di mari….
        slama RAMADHAN smua warteg kudu tu2p siang hari..tp jgn warung ini dong..ni wrung kn mlah jd tmpat nongkrong yg o.k smbil nggu buka puasa..& kgak bkin batal.
        oiy..mu ngucapin SELAMAT MNJALANKAN IBADAH PUASA bgi warga JKGR yg mnjlankan..ane mu mnta maap kalo da slh kata atw prbuatn.
        smga ALLOH SWT mmbrikan kkuatan,rzki,pahala & rahmatnya dlm mnjlankan ibadah di bulan suci ini..amiiin

    • Untuk urursan kuliner, colek bung Yayan aja..

    • Kalau ada artikel beraroma hoax dari bung Nara biasanya comments nya tembus 500-an, sekarang ini jarang yang sampai 300 bahkan ada yang nggak sampai 100..

      dari 10 artikel di JKGR yang terpopuler 6 diantaranya punyanya bung Nara, sisanya Bung PS, Bung Yayan dll..

      Kayaknya memang bayak yang suka yang beraroma hoax, abu-abu, samar – samar dan misterius..

      he he he..

      • Bener Bro, kayaknya mereka mahasiswa UnHan di Sentul yang gak lulus lulus makanya nge HOAX
        wakakakakakakakak

        • halo mas kopral

          salam sejahtera…ane saran untuk tidak menyampaikan opini negatif tentang karakter seseorang disini…kita berada di forum pertahanan yang tidak semuanya terang benderang…lebih bijak jika anda menyampaikan pendapat melalui artikel dan bahasa yang santun.

          kamipun tidak mengenal anda, tapi tidak menyerang karakter anda bukan ?

        • Halo Kopral Jono, lagian ngapain kita kita debat potantang potenteng kalau itu berita rilis resmi dari pemerintah, toh semua sudah jelas. Nah yang menarik dan seru didebatkan adalah berita-berita yang tidak ada rilis resminya, ntu mangkanye rame. Jadi ente kalo gak suka ya tinggal pindah lapak..

          • Setuja bung…ndak suka ya sana gabung komunitas yang suka ngetrol kan ada,…ato kalo brani tulis to artikel, biar keliatan sebatas mana kemampuane.Brani?????tak tunggu artikelnya terbit di warjag ini!

          • like Bangeeeet.

          • setuju Bung, warung yang jualan menu resmi banyak sekali. tapi ya rasanya biasa2 saja, krn dimana2 menunya sama. Jadi sifatnya hanya informasi, ulasan,pendapat,saran dan harapan sdh tidak ada celahnya. itulah yang membedakan warung JKGR dng warung2 lainnya. Salam hangat utk semua warga.

  17. gan saya copas dr artikel diatas:
    Seluruh alutsista yang baru ini akan ikut dalam peringatan Hari TNI 5 Oktober,” kata Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin di Paris, Jumat (26/6/2014).

    Wamenhan berkunjung ke Paris bersama rombongan Komite Kebijakan Industri Pertahanan. Selain itu mereka ke Belanda juga untuk memastikan perkembangan seluruh alutsista yang dipesan Indonesia untuk jajaran TNI.

    kalo boleh tau alutsista mana yg dipesan dr belanda?

  18. kaget bangga bingung, refurbish atau fresh from the open ya, any way hidup TNI

  19. Hal yg kaya gini nih yg bikin negara tetangga kalang kabut…
    Ga ada kabar berita rencana pembelian, tau2nya udah pada mau daang aja tu barang….
    Salut deh sama Pak Poer dan Pak syafrie..

  20. ADA tiger; apache; mil mi 35!? Herannya marinir / AL ngga mau punya! Kenapa marinir ngga beli juga!?

    • lha pan udah pesen panther :mrgreen:

    • Bung blackhawk…

      Marinir gak akan beli karena payung udaranya sdh di cover oleh TNI AU…biar tupoksinya gak tumpang tindih karena tugas marinir kita adalah merebut dan mempertahankan beach head bkn menyerang hingga jantung pertahanan musuh sendirian seperti rambo…

      kecuali marinir kita berdiri sendiri seperti US Marine terlepas dari TNI AL maka jangankan attack helikopter,LHD nya sekalian kita beliin biar bs beroperasi mandiri lepas dari ketergantungan pd 2 matra lainnya…

  21. <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!
    Macan dan kawan kawanya akan jadi salam perpisahan Presiden SBY sebelum beliau mengakhiri masa jabatan 2 minggu kemudian.
    TETAP SEMANGAT!

    • Makin dekat akhir masa jabatan pak SBY saya makin sedih, we’ll miss him T-T
      Dengan segala kekurangannya beliau berhasil membuat nama indonesia diperhitungkan oleh negara lain terutama martabat bangsa dibidang militerbmulai bangkit..
      Apalagi klo dibandingkan 2 capres sekarang rasanya jauh lebih bagus diplomasi beliau..

  22. i love TNI

  23. Saatnya Indonesia buat heli serang. eurocopter tiger bs jadi reverensi. yang penting buat dulu br tau kelemahannya br diperbaiki. klo gak sekarang kapan lagi.

  24. muke lu hoax !!

  25. stop press :

    DVD 2014: Indonesian SAMs break cover, promising enhanced anti-UAV capability

    Nick Brown, Editor, IDR, Millbrook Proving Ground – IHS Jane’s Defence Weekly

    The new Land Rover-based surface-to-air missile (SAM) systems destined for Indonesia went on public display for the first time at the Defence Vehicle Dynamics (DV) exhibition at Millbrook Proving Ground on 25 June.

    Indonesia ordered the Thales Starstreak SAMs as part of a wider ForceShield air defence package in January 2014 and is understood to have subsequently signed up to acquire Thales’ Lightweight Multirole Missile (LMM) in mid-June. Both missiles share a similar physical footprint and are virtually identical from the warhead back, with exactly the same physical connector on their canisters to link into the pedestal mount, enabling the weapons to be carried in mixed loads.

    LMM is primarily an anti-surface weapon – it has been selected for the UK’s new Future Anti-Surface Guided Weapon (Light) requirement, for example – but it also offers a limited air-defence capability. Warrant Officer Graham Chastell, a member of the UK Defence And Security Organisation’s Export Support Group, told IHS Jane’s that the weapon’s shaped charge/blast fragmentation warhead offers a better capability against small unmanned aerial vehicles and slow helicopters than the triple-hittile Starstreak.

    Three ready-to-fire weapons are carried on a pedestal mounted on Land Rover 110 twin-cab vehicles, outfitted for the role by Hobson Industries. Modifications include building a flat loadbed with fold-out sides to increase the operator area, mechanical stabilisers to steady the platform and limited shielding on the rear of the cab. The Land Rover’s traditional cargo area is retained beneath the firing platform, offering storage for six missile reloads and other spares.

    Thales refused to specify any delivery dates or discuss build numbers, citing customer confidentiality. However, an Indonesian defence source told IHS Jane’s earlier in the year that “the British system consists of five batteries costing USD170 million. Funds have been allocated for both, but the systems have yet to be delivered.”

    http://www.janes.com/article/40043/dvd-2014-indonesian-sams-break-cover-promising-enhanced-anti-uav-capability

    • TNI memang slalu penuh misteri,, sampai2 pengiriman pun di rahasiakan,,

    • owalah tk kirain stoppres-nya tni boyong S-300 ato S-400…. sory bung alugoro. bukanya startreak ini udah lama dipesan tni ??

      • yang harus diperhatikan adalah nilai akuisisinya bung. sam type shorad, dengan radar coverage sampai 200km, apa tidak aneh tuh. lagi pula seeker dan guidance vshorad, shorad, medium dan long range kemungkinan sama saja. selama radar penjejak dan propelan bias mencapai target semua menjadi mungkin. kira2 mungkin begini prosesnya : begitu radar penjejak mengendus target tak dikenal dan dilocked, sesuai jangkauan sam maka akan dihitung kapan misil itu harus meluncur secara otomatis. perihal pemesanan kalau tidak salah 2 tahun lalu. cmiiw

      • tambahan sedikit, tni ad sifatnya pertahanan titik dan mobile. kemungkinan yang sesuai adalah starstreak dan nasams ii.

    • Lho..gak jadi make uro vamtac ya..land rover ternyata..padahal kerenan tuh kopian hummer..

  26. tiger..apache..mi 35 menu yg complit,yg membuat negara lain yg bermaksud macam2 berpikir ulang.

  27. sy kira pilihan alutsista kita bkn prinsip gado2 … pemikiran sy simple … kalo ada musang dateng pake alutsista Amrik maka kita hadapi pake buatan Ruskie, demikian pula sebaliknya, pilihan produk Eropa utk memperkuat sistem alutsista buatan Amrik & Ruskie
    cmiiw

  28. perasaan, dulu skenarionya milih milih antara apache ama tiger, tau tau di tuku kabeh… kejutan yg mantabz…

  29. ada tot?

  30. ini berita HOAX atau salah kutip pernyataan wamenhan oleh wartawan ,
    Mungkin yang dimaksut kalau heli serang adalah AS550 Fennec heli serang ringan untuk TNI AD.
    mendampingi Hind dan Apache,,

    Kalau si kucing yg dimaksut adalah si Panther untuk Penerbal,.
    Tiger H 61 tidak masuk dalam daftar pembelian alutsista MEF 1
    Imho

  31. pespurnya juga dong

  32. Tiger H61 oentoek gandiwa , rafaele oentoek IFX ,,,, dll ,,saya liat banyak kerjasama yg kita jalin dengan prancis ,mantap

  33. @bung jalo,alutsista apa yg dibeli TNI dr belanda ?

  34. Mantap… klw boleh tau berapa unit yg dibeli?

  35. Sebenarnya …Kalau Menurut saya Indonesia mending beli Lebih Banyak Helicopter Tiger Tersebut dari pada Beli Apache…..Saya Yakin Apche tidak Bisa bebas di pakai oleh si Pembeli…Pasti ada Deal Deal yang kita tidak Tahu….Kenapa Mesti di Taruh di Laut China Selatan…Kenapa engga di Taruh di Pantai Selatan aja he he he ( Buat Nemenin Ratu Pantai Selatan…!!! )

  36. inilah si MACAN pilihan tepat buat rakyat indonesia eurocopter H6 1 pilihan pas buat kita,TNI tdk akan pernah salah pilih ,si MACAN yg siap menerkam mangsanya….

  37. Ini baru yang namanya gahar. Heli bisa hancurin Tank. Tank ga bisa hancuri Heli. Dan yang penting bisa dipakai buat mudik dan penanggulangan bencana. 😀

  38. keluar topik dikiiit..apa bener bendera opm dilarang berkibar di belanda,klo bener ini berita menggembirakan,dgn bgtu artinya opm tidak di akui pemerintah/lsm di belanda..berikutnya tinggal menunggu aksi amerika,inggris,australia..jk ketiga negara ini mengambil langkah yg sama dgn belanda maka ruang gerak opm semakin sempit!

  39. MANTABBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBBB TNI tanpa publikasi langsung josss

  40. ibu/bapak yth, pertanyaan anda sangat tidak relevan dan sangat diluar topik artikel. sesuai nickname anda harusnya andalah yang bisa menjawab pertanyaan anda sendiri. dan tolong sedikit hargai orang dengan sebutan/panggilan namanya dengan benar dan lebih santun.

    • sudah di delete sama admin toh komentar #Siti Hardiati Rukmana ? Thanks bung Gue atas kebijaksanaan nya.

      • Iya itu orang memakai nama nama putra putri mantan presiden soeharto.dan cenderung menjelek jelekan persoanal
        Melihat lokasi IP negaranya sepertinya sama dengan nick kopral jono yg juga suka ngetroll disini,,

        Admin mungkin bisa mempertimbangkan baned sementara,,
        karena komennya troll melulu

        • Hi, bung Satrio apa kabar? Semoga anda selalu dalam keadaan sehat disana.
          Btw, pantes rada nyeleneh komentar2nya. Hmm sekedar saran sebaiknya diberi 1x peringatan, baru di banned permanen bila melanggar lagi.
          Selamat santap siang..

          • he he he terima kasih ibu/bpk @Siti Hardiati Rukmana atas pengertian dan kerjasamanya.. tetap semangat dan tetap berdiskusi dengan sehat. salam hangat untuk anda,

          • Lho malah jadian disini bung papa. Get a room please. Hahahaha
            Becanda. Terakhir nih komen. Ketemu lagi udah hari raya semoga semuanya sehat wal afiat diberi panjang umur selamat menunaikan ibadah puasa untuk muslim. Selamat hari raya mohon maaf lahir dan batin.

          • @bung Freaxout ( lmao 😛 )
            lhoh, mau kemana bung, umroh ke tanah suci kah? Amin terima kasih dan Do’a nya juga kembali untuk anda beserta keluarga ya bung. mohon maaf lahir batin dan selamat menunaikan ibadah puasa kedepan.. salam hangat untuk anda beserta keluarga dan kerabat..

  41. Wah klo emank betul “Tiger” diakuisisi TNI-AD wah mantap banget krn TNI-AD akan punya 3 type heli serang yg masuk sebagai heli2 serang terbaik dunia…pengen liat formasi terbang Apache, Hind, dan Tiger di HUT TNI 5 oktober nanti

    • Sayangnya tipenya banyak. untuk masing-masing tipe hanya sedikit ntu MI-35 kalao g salah cuma 5 biji ya. jangan-jangan nyang tiger 5 biji juga.. Jangan-jangan TNI beli hnya untuk sekedar ada aja tuh Mi ma tigernya secara Apache sendiri kata Ndan Nara nyampe 40 an biji…

      • Salam bung IB..Wah soal jumlah kok TNI-AD hanya ngambil sdikit2..saya gak brani komen bung krn yg tau kan TNI-AD sbg primary usernya..klo apache kita tau bahwa kita oleh kongres AS dibatasi jumlah dan macem alutsista yg mereka jual ke kita..tau sendiri kita negara non blok yg tidak mengutamakan 1 negara sbg supplier alutsista..klo soal Mi-35 dan Fennec/Tiger wah saya sbg warga biasa manut saja kpd TNI yg lebih tau apa yg dibutuhkan oleh mereka..klo pun ada deal2 tertentu dibelakang pembelian beragam alutsista TNI semoga deal2 itu berguna bagi peningkatan industri pertahanan Indonesia dan kekuatan TNI itu sendiri amin

  42. SABAR..SABAR bung@satrio anda salah satu senior di JKGR sini,gk usah terpancing sama provokasi,kt harus menghargai pendapat siapapun…baik buruknya sy rasa para warjager dan admin bisa menilai …slm damai bung@satrio..maaf klo ada kt2 sy ada yg menyinggung prsaan anda.

  43. ijin nyimak…:)

  44. Salam, warga JKGR ….belum pernah dengar klu TNI AD akan membeli Eurocopter Tiger H61, berita yg gencar adalah Apache and Fennec selain sdh ada Mi-35, Ya…ya kita turut senang and bangga aja ,…apa akan ditaruh dan digunakan di daerah perbatasan spy Malingsial enggak …macam”2 …atau lainnya…?

  45. Ada yang tau gak proyek rahasia TNI yang lg jalan sekarang…di antaranya yang akan di bangun di monas..akan lebih mirip dengan sistim pertahanan udara jarak jauh bawah tanah SILO yang ada di kremlin.agar tidak menarik perhatian banget,di samarkan dengan pembangunan garasi Tank leopard…ada juga satu senjata rahasia yang sedang di garap di Litbang dan Univ Surya…Mau tau?….

  46. nampaknya salah tanggap nih wartawan ,soalnya kebutuhan heli serang kita sdh cukup variannya,kemungkinan yg dimaksud heli panther yg akan juga tampil di hut tni.

  47. ..”Marhaban ya ramadhan”..

  48. elok elok badiskusi disiko kawan…

  49. Slamat menjalakn ibadah puasa..buat teman2 smua..salam ramadan..Salam satu NKRI..

  50. Produsen mobil sport asal jerman sdh lebih dulu memperkenalkan SUV teranyarnya PORSCHE “MACAN”

  51. cb disini jgn gunakan bahasa daerah..gunakan bahasa indonesia agar lebih menunjukkan persatuan dan menghargai perbedaan,krn tdk semua org mengerti bahasa yg anda tulis/ucapkan

  52. Assalamualaikum semua , selamat menunaikan ibadah puasa & mohon maaf lahir & batin.

  53. Secara desain heli, si Macan mirip dgn si Gandiwa jadi mana yg asli nich, si Macan meniru Gandiwa ataw malah sebaliknya? Mungkin ada rekan Warjager yg bs menjelaskan …
    Kedepannya PTDI diharapkan dlm membuat heli serang Gandiwa desainnya jgn meniru si Macan ini, dgunakanlah biro desain mutakhir dan futuristik dari kalangan umum ato dmahasiswa sy yakin banyak anak bangsa yg jago dlm mendesain pesawat dgn model yg futuristik yg dpt membanggakan Indonesia.
    (sbg contoh dlm pembuatan KCR Stealth Trimaran buatan John Lundin yg sangat Futuristik dan membanggakan).
    Maju terus Indonesia …

  54. Gak usah ribut….kita tunggu saja saat 17 agustus nanti….yg muncul alutsista apa saja. Semoga kami rakyat indonesia tetap mencintai tni yg semakin gagah, canggih dan profesional.

  55. CKCKCKCK miris skali yaaa… saya justru lebh suka hely tiger drpd apche.. selain harganya yang mhal kemmpuanya ga sesuai sm harganya..

    kita beli tiger aja beli tuh yang banyak ,, moso kita beli eceran.. :/ seharusnya kita beli puluhan.. yang beli ini NEGARA LHOO bukan teroriiss,, mlu mluin indonesia aja nih :((

    angkatan darat indonesia nih plg cocok

    300 MBT
    600 MEDIUM TANK
    1000 PNSER ANOA
    30 tor m1/ tungguska
    3000 canon caesar atau yang sejens

    cucoknya setiap kodam punya 30 bmt 60 medium tank 100 pnser sm 3 tungguska atau tor m

    nah untuk TNI AL

    12 DESTROYER buatan sendiri (phinisi class destroyer) 😛
    22 frigate sekelas PKR SIGMA (bukan korvette sigma)
    30 kcr 60
    60 kcr 40 (buat bakamla)

    ga usah kita beli korvette lagi kalo perlu semua korvette yang ada di buat lathan tembak saja 😛 😛

    untuk AU

    s300 9 bateray

    32 su 27/30
    16 su 35
    32 f16/ 32 kfx/ifx
    32 super fulcano

  56. CKCKCKCK miris skali yaaa… saya justru lebh suka hely tiger drpd apche.. selain harganya yang mhal kemmpuanya ga sesuai sm harganya..

    kita beli tiger aja beli tuh yang banyak ,, moso kita beli eceran.. :/ seharusnya kita beli puluhan.. yang beli ini NEGARA LHOO bukan teroriiss,, mlu mluin indonesia aja nih :((

    angkatan darat indonesia nih plg cocok

    300 MBT
    600 MEDIUM TANK
    1000 PNSER ANOA
    30 tor m1/ tungguska
    3000 canon caesar atau yang sejens

    cucoknya setiap kodam punya 30 bmt 60 medium tank 100 pnser sm 3 tungguska atau tor m

    nah untuk TNI AL

    12 DESTROYER buatan sendiri (phinisi class destroyer) 😛
    22 frigate sekelas PKR SIGMA (bukan korvette sigma)
    30 kcr 60
    60 kcr 40 (buat bakamla)

    ga usah kita beli korvette lagi kalo perlu semua korvette yang ada di buat lathan tembak saja 😛 😛

    untuk AU

    s300 9 bateray

    32 su 27/30
    16 su 35
    32 f16/ 32 kfx/ifx
    32 super fulcano

    sorry tambahan kalau semua itu kemhalan ya beli seproh2 lah
    yang peting2 dulu yang pentng kebutuhanya terpenuhi

  57. macan = eurocoper tiger? Pasti tuh? G salah? Ditunggu..

  58. Fennec bukan tiger..

  59. masih penasaran sama pengganti rudal SA-2 yang menjaga indonesia raya, kalo dinegri asalnya udah diganti sama SA-10/SA-12 atau disebut juga S-300, kalo disini diganti apa y?

  60. Bang kenapa indonesia gak beli ka-52 aligator? Cukup hebat juga sih

 Leave a Reply