Oct 032014
 
su-35-amur

Indonesia memesan 16 Sukhoi Su35 dan 6 Kapal Selam Kilo (photo: Harian Kompas 03/10/2014)

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko sempat mengatakan kepada publik, bahwa kandidat pengganti F-5 Tiger yang paling kuat adalah Sukhoi SU 35. Pernyataan ini terlontar dari Jenderal Moeldoko di beberapa kesempatan saat ditanya wartawan.

TNI AU sebagai user, juga konon menginginkan SU35 sebagai pengganti F-5 Tiger.

Dan kini pembelian SU-35 oleh TNI akan semakin mendekati kenyataan. Dalam infografik Harian Kompas, Jumat 03/10/2014, dituliskan Indonesia dalam proses pengadaan 16 Jet Tempur SU-35. Wow….pilihan yang sangat brilian dan membuat Indonesia semakin disegani. Alutsista dengan kemampuan yang sangat mematikan.

su35-indonesia-4

Indonesia memesan 16 Sukhoi SU35 dan 6 kapal selam Kilo (photo: Harian Kompas 03/10/2014)

Dengan adanya SU-35 ini, bisa dikatakan Indonesia sedang menuju “Macan Asia”, jargon yang sempat diutaarakan oleh Presiden SBY.

Tidak hanya itu, Indonesia juga sedang memesan 6 kapal selam kilo. Tidak disebutkan jenisnya tapi patut diduga jenis yang modern dan memiliki persenjataan yang maut. Persenjataan kapal selam Indonesia yang bisa menembak rudal jarak jauh, sudah beberapa kali disampaikan oleh Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro.

Presiden SBY, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro dan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, anda orang-orang hebat.

Ya…Anda orang-orang hebat, karena menjadi faktor pembeda. Jayalah negeriku Indonesia. Nama anda akan selalu kami kenang.  (JKGR).

  309 Responses to “TNI Pesan Sukhoi SU35”

  1.  

    semoga bisa terealisasi :

    1- tahun 2015 = 4 pesawat tempur sukhoi 35 ( bath 1 )
    2- tahun 2016 = 4 pesawat tempur sukhoi 35 ( bath 2 )
    4 pesawat tempur typhoon ( bath 1 )
    3- tahun 2017 = 4 pesawat tempur sukhoi 35 ( bath 3 )
    4 pesawat tempur typhoon ( bath 2 )
    4- tahun 2018 = 4 pesawat tempur sukhoi 35 ( bath 4 )
    4 pesawat tempur typhoon ( bath 3 )
    5- tahun 2019 = 4 pesawat tempur typhoon ( bath 4 )

    ============= hingga tanggal 5 oktober 2019 akan ada lagi perayaan HUT TNI ke 74 dengan kekuatan ;

    F-5 Eagle ( pensiun ) …….
    (( 16 s.tuchano + 32 hawk 109/209 + 16 T-50i G Eagle + 34 F-16 + 16 typhoon + 16 sukhoi 27/30
    …. + 16 sukhoi 35 ))

    ============= keren …. akan ada 136 pesawat tempur ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, mak nyusssssss

    rahayu ……. 3x

  2.  

    semoga bisa terealisasi :

    1- tahun 2020 = 4 pesawat tempur F- 35 ( bath 1 )
    ………………….. 4 pesawat tempur typhoon ( bath 1 )
    2- tahun 2021 = 4 pesawat tempur F – 35 ( bath 2 )
    ……………………4 pesawat tempur typhoon ( bath 2 )
    3- tahun 2022 = 4 pesawat tempur F – 35 ( bath 3 )
    ……………………4 pesawat tempur typhoon ( bath 3 )
    4- tahun 2023 = 4 pesawat tempur F – 35 ( bath 4 )
    ……………………4 pesawat tempur typhoon ( bath 4 )
    5- tahun 2024 = 2 pesawat tempur IFX proto type

    ============= hingga tanggal 5 oktober 2024 akan ada lagi perayaan HUT TNI ke 79 dengan kekuatan ;

    32 hawk 109 / 209 ( pensiun ) …….
    (( 16 s.tuchano + 16 T-50i G Eagle + 34 F-16 + 32 typhoon + 16 sukhoi 27/30 + 16 F-35 ……..
    …. + 16 sukhoi 35 ))

    ============= keren …. akan ada 136 pesawat tempur relatif baru ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, mak nyusssssss

    rahayu ……. 3x

  3.  

    Di Paris Air Show atau Le Bourget Air Show (kalo kaga salah tahun 1996, sy prnah baca di Combat Aircraft Monthly) pilot USA bilang: “Cobra manuver itu adalah gerakan yg kaga ada gunanya.” Eh, pilot komunis Rusia marah2, terus pilot USA nantangin pilot Rusia buat dogfight, apaan tu pilot Rusia cm cengar-cengir kaga berani, berarti bener tu cobra pugacev it’s just bullshit.

    •  

      tidak juga bung Yonhap …….. pada latihan bersama TNI dengan Ausi mereka sangat khawatir manufer ini….. katanya bisa mengecoh rudal ketika mesin dimatikan ……….

    •  

      Info bung yonhap terbalik,,justru pilot rusia yg nantng dog fight pilot amrik,,namun pilot amrik gak mau meladeni,,tantnangan itu muncul krn manuver sukhoi dilremehkan kegunaannya,,

    •  

      Baca dr sumber yg bener yehuda…tunjukin linknya…gak usah media luar lah,situ baca aja majalah angkasa edisi the most famous jet fighter cari soal sukhoi…justru pilot barat yg ngoceh ngoceh bela diri pesawat buluk mereka dan pilot rusia diam saja…

    •  

      udah yon hap, suruh pilot amrik ma pesawatnya bikin manuver cobra bisa kagak……..paling pada copot sayapnya……

    •  

      Yang ada juga pilot rusia yg nantangin utk dogfigth…krn faham mamarika itu stealth, super cruiser, first shoot first kill dg modern sensor….ndak taunya mahzad 5th ge eration figther yg sangat mahal itu dikalahkan oleh teknologi senzor yg lebih murah….masih beranikah nantangin rusky…..

    •  

      Kalah kalau ditekuk lutut MILF IDF dalam manuver WOT 😀

      Jayalah MILF IDF !!!

    •  

      Awas hati2 banyak ular sudah masuk.. Jgn terpecah belah wahai bangsaku

    •  

      rupanya bung Yonhap ini pencinta barat, ngga pa2 lah..itu selera orang, tetapi sejarah mengatakan AS & barat banyak menusuk kita sejak perang kemerdekaan, kebetulan saya punya Pak’de yg pertama veteran 45 yg ke-2 veteran perang kemerdekaan II & ikut menumpas pemberontakan PRI premesta, Kartosuwiryo dll, beliau2 mengatakan para pemberontak itu menggunakan senjata yg modern dr barat, berbeda dgn senjata yg dimiliki TNI saat itu yg berasal dr Uni Sovyet, terbukti memang kita punya jet tempur dll termasuk kapal penjelajah & perusak raksasa Svedlov class hibah dr Uni Sovyet masuk TNI AL menjadi KRI IRIAN, militer Indonesia kuat & ditakuti, tetapi era Soeharto dgn alutsista produk AS & sekutu, Indonesia habis dikadali, senjata2 itu ngga boleh digunakan utk sembarangan contoh tank Scorpion (Inggris), ngga boleh dipakai utk penumpasan gerakan Aceh merdeka, isu HAM, embargo suku cadang dll, jadi saat ini mulai era Megawati, SBY & semoga dilanjutkan Jokowi Indonesia kelihatan kembali kpd Rusia, sahabat lama yg NGGA MENUSUK DARI BELAKAKNG….

    •  

      jiakakakaka…dasar masih bocah, trus ketambahan benci banget ama rusia…

      tuh…ada artile kearin yang bilang cobra style dari sukoi ternyata sangat ampuh untuk menipu radar doppler. terutama untuk menhabisi pesawat2 ASu macam F15.
      terbukti dari dari copa 2004 antara pilot ASU dg pilot India hasilnya kill ratio adalah : 9:1 untuk pilot India yang memakai SU27.

      secara simulasi komputer juga membuktikan bahwa gerakan cobra style yang berhenti sejenak ternyata sangat ampuh membutakan radar doppler nya F15 yang mengakibatkan misile nya pada jeblok. pada saat yang sama semua missil Sukoi berhasil merontokkan F15 ASU. Karena radar doppler hanya mampu bekerja pada objek yang bergerak.

  4.  

    yakin..?
    Saya tidak yakin..tp hati saya senang jk itu bnr!

    •  

      Harus yakin bung frans

      Karena mereka (Pers) mempunyai kode etik jurnalistik, dalam asas profesionalisme bahwa pers harus membuat, menyiarkan, menghasilkan berita yang akurat dan faktual… saya tidak yakin kompas berani mempertaruhkan kredibelitasnya hanya sekedar sebuah kata boombastis.

      Hidup Sharapova 😀

  5.  

    Beli semua yang bagus dan kuat boleh saja dan wajar tapi perlu diingat komentar menteri keuangan terbaru’ Utang Indonesia saat ini sudah seperti tahun 1998′ nah ini dia. Klo dia yang komentar terus rupiah jadi Rp 12105 ni beneran tidk? klo krisis lg apa tidak mungkin kejadian 1998 waktu mau beli su juga dibatalkan dan sejumlah pembelian ahirnya dibatalkan.
    Semoga kejadian 1998 ini tidak terjadi disaat ini

  6.  

    aku rapopo #edisi kaget

  7.  

    yonhap loe bangga banget jd corong zionis.

  8.  

    Selama ini kompas adalah media yg paling bs dipercaya,,jika ada kesalahan pasti akan cepat diralatnya,,adapun seputar infografik alutsista tni 2014, itu adalah semacam iklannya tni, kalinat n gbr adalah tni yg buatt,,adapun kompas tinggal masukkan dlm edit pencetakkan,,infografik yg dimuat itu bukan berita hsl wawancara kompas-tni , namun memang disiapkan oleh tni sendiri,,jika ada kesalahan edit atau tulis bukanlah tanggung jawab kompass,,krn sebekum masuk cetsk pasti akan dikonfirmasi dl,,jd seharusnya datanya adalah benar versi tni,,,hayoo,,siapa yg pernash iklankan macam infografik?,,

  9.  

    Kalau benar, suatu keputusan yg amat bijak. Dari dulu udah gue bilangin…… he he

  10.  

    Ajib

  11.  

    mbah bowo mana mbah bowo, bakar2 cepeto muncul

  12.  

    By the ways, tipe apa sukhoi 35 versi s 35 s atau us 35 bm versi eks poor yg di beli, saya Harap Indonesia Ada tot Russia

  13.  

    Saya suka dan setuju kalimat ini: Presiden SBY, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro dan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, anda orang-orang hebat.

  14.  

    sy sih sebenarnya berharap berita ini benar,karena akan jadi lompatan kekuatan yg luar biasa besar jika kita sampe mempunyai SU 35. semoga rilis dari kompas ini diwaktu yg tepat atau paling tidak kontrak pembelian telah ditanda tangani,tapi kalau masih dalam tahap finalisasi sy masih takut SU 35 bisa disalip di tikungan terakhir oleh pespur dr barat. apalagi ada isu AS bersedia menjual varian terbaru F 15 ke indonesia plus hibah 1 sku f 15 bekas yg akan diupgrade ke seri F 15 E.

  15.  

    belok dikit.. awesome su30 production and picture.. please enjoy
    http://englishrussia.com/2014/09/30/awesome-production-of-su-30/

  16.  

    Presiden SBY, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro dan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin —> terima kasih atas segala sumbangsih beliau2 untuk bangsa 🙂

  17.  

    Kenapa dulu diindosiar ada acara tv tentang militer kita kalo g salah namaya target n strategi kok gak tayang lgi..mungkinkah kenak semprot ama petinggi langit?

  18.  

    trima kasih postingannya bung diego.lega sudah pikiran saya

  19.  

    Selamat deh..selamat nyaksikan atraksi ala UFO nya…http://youtu.be/pHRmrZ9DV-A

  20.  

    ahh pk Mul bisa aja..masa sie cm 16? …ternyata rilis resmi TNI AU bhw Sukhoi kita ada 26 terdiri 15 SU 27 dan 11 SU 30. dan yang akan ditunggu kedatangannya ada 23 pesawat Sukhoi…bukan 16..hehe..itu yg resmi lho, gk tau yg gk resmi. Atau mungkin mksud pk Mul 16 itu SU 35 sisanya 7 utk SU 34 ya pak?…http://id.m.wikipedia.org/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Udara

  21.  

    nitip su 35 di yefman sorong, di sorong punya bandara 2. yang satu dipulau yefman dari sorong sekitar 2 jam dijamin g banyak orang yang tau, neh bandara dulu sebelum thn 90 buat penerbangan sipil tapi begitu bandara sorong kota dah jd neh bandara yang dipulau g kepakai dari pada terbengkalai sia2. Kenapa tidak dimanfaatkan, lokasi di pulau yg tau cuma penduduk lokal aja. Bandara yang tersembunyi karena untuk mendarat aja harus extra hati2. Sebelum mendarat harus melompati bukit klo ketutup kabut dijamin nabrak bukit seperti kejadian tahun 94 pesawat merpati nabrak bukit jam 6 pagi karena kabut, lumayan tersembunyi dari orang luar jadi klo ada orang luar main kesana dijaminn ketahuan siapa mereka.
    Marinir berdiri di sorong masa yg terbang terbang g ada yg mewakili di sorong?
    Bandara.buat ke selatan dekat ke utara juga dekat, klo ke guam ni su bs masuk area jelajah, Apalagi di parkir di merauke weleh canbera ama darwin bs dihampiri g perlu isi tangki tambahan.
    mode pengharapan

  22.  

    halaah.. diskusi membara, dari atas enak, kebawahnya………..ko jadi saling hujat. ckckckckck

  23.  

    jd pnasaran pngen dengr suara su 35 klo lwat atap rumah ane..
    pztie ngeri bingit dah..
    mantap dah buat tni
    indonesia smkin didpan..(kalah komeng)..,,

  24.  

    Semoga terealisasi segera.. kapan lagi pagar halaman di patok pakai senjata maut.. NKRI Harga mati

  25.  

    adalah suatu kebanggan jika kita bisa memiliki lebih dahulu daripada RRC..

  26.  

    Kresek… kresek… Mana kresek… ambil kreseknya woi…

    Mbah Bowo mana, Mbah Bowo… Bowo… Munculo Wo…

    Negeri idola bakal kema sembelih sama TNI…hahahaaa…

  27.  

    Emm sebenarnya saya tidak menyangka kalau Su 35 diumbar secepat ini auratnya..
    Kenapa?..
    karena saya berpikir bahwa thyphon yang akan di buka beritanya secara resmi..

    ma’af bung @satrio bisa jelaskan arah clue strateginya yang akan diterapkan

    pitch back tahun besok kemungkinan:

    Su 35 VS F 35 atau F 16 VS F35 (tidak tau kenapa saya suka opsi yang kedua)

    Salam NKRI

  28.  

    Nah itu baru namanya jendral Moeldoko tanpa basa-basi ngomong di berbagai media pengganti si tiger adalah Sukhoi 35…tinggal minta dari rusky tameng domenya yg pas buat NKRI agar pesawat* siluman ataupun yg tidak, bila perlu juga rudal* jelajah tidak bisa masuk sejengkal wilayah NKRI..baru namanya beli alutsista tidak bermerk setengah…uang trilyunan pas buat beli dan TOT alutsista jangan hanya di korupsi lalu setiap alutsista datang atau sudah jadi lalu banyak peresmianya hanya membuang-buang uang keperluan alutsista saja…sungguh sangat tidak diharapkan…

  29.  

    katanya bulan septermber 2014 FIXED dateng si SU 35 malah ditambah sekalian SU 34… la kok ini baru PROSES PENGADAAN yang g tau nyampe mana ni proses baru ingin, tertarik, akan, penawaran, MOU, atau udah tanda tangan kontrak juga g je;as…….

    MANA… MANA.. MANA buktinya??? Kalo gak mau dibilang HOAX-er!!!!!!!!

  30.  

    tapi gambar yang muncul su34 hahaha. tv one emang gak pernah berubah

  31.  

    iya tuh..hoax-nye hoax.
    (tapi sy juga inget analogy – kali – = +)

    artinya ya pikir sendiri !

  32.  

    @tita loe tanya aja lgsg sama panglima tni kali aja di kasih bocoran…peace.

  33.  

    Sekarang bukan musim perang, yang penting jaga NKRI dengan mesin perang No. 1. supaya tidak ada lagi wilayah diakui tetangga, SDA yang dicuri demi kemakmuran rakyat

  34.  

    Australia emang cr gara2 mulu, cb skali2 dpr qt ngasi mosi kpd ostrali agar lbh mmperhatikn HAM dlm mengurus suku asli sana n imigran gelap.. Itung2 dpr qt biar bersatu n g ribut sndiri.. N TNI AU cb ky pas jman dwikora dl, tes jatuhn perlengkapn k alice springs buat psywar.

  35.  

    Setelah sekian lama SR akhirnya beraniin diri buat ikutan nimbrung
    di luar semua berita itu Benar atau Hoax saya sebagai generasi muda Indonesia semakin bangga dengan negri ini.. kita sebagai rakyat Indonesia pasti berharap yg terbaik untuk negri ini semoga saya harapan kita semua itu saat terwujud dengan semakin kuatnya TNI..
    Salam buat para senior senior JKGR anda semua telah membuat saya makin mencintai negri in

  36.  

    http://indonesiandefense.blogspot.com/2014/07/alutsista-bertambah-kekuatan-pertahanan.html?m=1. Di link ini tidak dijelaskan dgn detil oleh wamenhan kita, 16 sukoi itu type yg mana. Dan ada statement beliau bahwa semua pengadaan hrs selesai 1 hari sebelum hut TNI. Apa artinya 16 pswt SU35, kasel kilo klas sebanyak 6 sdh deal? Tinggal nunggu pengiriman? Monggo bung Nara, bung Satrio, bung PS dibabar…. Salam hormat.

  37.  

    Interfet (australian troops agenda detected), akankah sejarah Timtim terulang? Percepatan penggelaran divisi marinir di papua tidak bisa di tunda lagi. Penambahan & penguatan skadron tempur, penguatan matra laut. Langkah diplomasi ke luar untuk mengcounter hidden agenda ini
    NKRI semoga Allah melindungi kita
    Aamiin ya rabbal alaamiin…

  38.  

    PAK KABARANAHAN KOK GK DIMASUKKAN ORANG2 HEBAT 😀

  39.  

    Makin kereen aja nih pertahanan indonesia…

  40.  

    BUNG ANTONOV IS THE BEST, SEMUA ULASANNYA DI BACA OLEH KEMENHAN,
    SALES GRIPEN NGACIIIIIIIIRRR,,,,,,

  41.  

    lha……..kita stop impor sapi……….mereka dah kelimpungan……………

  42.  

    Semoga bukan HOAK hehehe

  43.  

    lebih keren lagi kalo TNI AU bisa pesan jet tempur siluman terbaru milik rusia Sukhoi PAK FA,yg nantinya bisa menandingi kecanggihan F22 raptor milik USA.

 Leave a Reply