Feb 182015
 
(Foto: jakartagreater)

(Foto: jakartagreater)

Jakarta – Rencana pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) sebagai bagian dari penataan organisasi TNI mulai ada perkembangan. Untuk rencana awal, TNI terlebih dahulu memprioritaskan pembangunan Kogabwilhan di wilayah Indonesia bagian barat sebagai upaya pengamanan kawasan Laut Cina Selatan.

Pembentukan Kogabwilhan ini mulai dihembuskan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di bawah Kementerian Pertahanan. Namun Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku telah melaporkan mengenai rencana pembangunan Kogabwilhan ini kepada Presiden Joko Widodo dan sedang menunggu persetujuannya.

“Kami sudah laporkan kepada presiden dan sudah diterima oleh sekretaris negara, sekarang sedang dipelajari dan dipertimbangkan kapan akan dirilis. Kita tinggal menunggu dari pemerintah,” ujar Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jaktim, Rabu (18/2/2015).

Panglima TNI pun sedikit membeberkan rencana mengenai pembangunan Kogabwilhan yang mengintegrasikan 3 kekuatan Matra TNI itu. Untuk lokasi pembangunan pertama, Kogabwilhan akan difokuskan di wilayah Indonesia sebelah barat.

“Untuk pertama sementara di kawasan Sumatera dan Kalimantan. Kenapa demikian? Karena kita memiliki yang ke depan bisa kita proyeksikan sebagai force poin di kawasan Laut Cina Selatan sehingga task force atau dalam bentuk Kogabwilhan itu sangat diperlukan untuk mengantisipasi itu,” kata Jenderal Moeldoko.

Unsur komando gabungan merupakan hal yang disiapkan dalam pembangunan Kogabwilhan. Mulai dari panglima, jajaran stafnya, kemudian menyusul unsur-unsur satuan pelaksananya yakni Kodam, Komando Operasi (Koops) AU, dan di Armada yang merupakan bentuk penjabaran dari konsep Kogabwilhan itu sendiri. Rencananya penggabungan 3 angkatan TNI tersebut berada dalam 3 komando wilayah gabungan yaitu barat, tengah, dan timur.

“Kogabwilhan itu unsur komandonya yang disiapkan, unsur komando gabungannya. Panglima beserta seluruh jajaran stafnnya. Kalau unsur-unsur satuan pelaksanaannya ada di Kodam, Koops AU dan ada di Armada. Perkembangan ke depan akan menambah dan Koops AU dan juga penambahan satu divisi Kostrad. Jadi nanti akan selaras ke depannya,” jelas mantan Pangdam Siliwangi itu.(Detik.com).

Bagikan :

  24 Responses to “TNI Prioritaskan Kogabwilhan Wilayah Barat”

  1.  

    Oh

    •  

      Tu kan PERTAMAX deh

    •  

      Awas Garuda! Waspadai Lompatan Besar Kanguru

      Australia terus membangun kekuatan udaranya baik dalam spectrum tempur maupun intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) atau intelijen, pengawasan. Sejumlah rencana dibangun dan tengah berjalan. Diyakini kekuatan Australia di sisi udara akan tumbuh sangat signifikan dalam dekade ke depan. Jadi Indonesia sebagai tetangga terdekat dan kerap memiliki hubungan tidak nyaman harus waspada.

      Bagaimana kira-kira postur kekuatan Australia dan elemen apa saja yang akan menjadi kekuatan negeri Kanguru tersebut?

      1. Hornet dan Super Hornet

      Kekuatan udara Australia saat ini masih bertumpu pada F/A-18 Hornet dan Super Hornet. Angkatan Udara Australia (RAAF) saat ini memiliki 71 F / A-18A / B Hornet yang beroperasi di tiga skuadron tempur dan satu unit konversi operasional berbasis di Williamtown dekat Newcastle dan Tindal di Northern Territory. Selain itu juga memiliki 24 F / A-18F Super Hornet dalam satu skuadron berbasis di Amberley dekat Brisbane.Ada banyak keinginan RAAF memberi tambahan perangkat ke Super Hornet mereka khususnya meningkatkan mesin GE F414 dan tangki bahan bakar konformal.

      2.EA-18G Growler

      Akan bergabung dengan Super Hornet di Amberley nanti adalah 12 EA-18G Growler yang direncanakan mulai tiba 2017. Sejumlah kru RAAF sudah berbasis di Angkatan Laut AS NAS Whidbey Island di negara bagian Washington untuk bermigrasi ke jet ini.

      3.F-35 Lighting II

      Setelah diluncurkan dan membuat penerbangan pertama pada 2014, dua F-35A pertama Australia telah dikirim ke sekolah pelatihan F-35 USAF di Luke AFB di Arizona pada bulan Desember 2014. RAAF telah memiliki teknisi yang telah ditempatkan sejak Juni untuk melantik pesawat dan membangun detasemen Australia.

      Sejauh ini Australia hanya memiliki kontrak dua F-35A. Pada bulan April 2014 pemerintah Australia menyetujui pendanaan untuk tambahan 58 F-35A dalam jangka waktu 2019-2023.

      4.Boeing E-7A Wedgetail AEW & C

      Di sisi kemampuan dan spektrum ISR Boeing E-7A Wedgetail AEW & C yang dioperasikan oleh Skuadron 2 di Williamtown telah membulai debut operasionalnya atas Irak pada bulan Oktober, dan menyediakan komando dan kontrol di medan pertempuran riil. Salah satu misi E-7A Irak baru-baru ini berlangsung lebih dari 17 jam, sebuah rekor dunia untuk setiap badan pesawat berbasis 737.

      5. P-8A Poseidon (anti kapal selam)

      Angkatan Udara Australia secara bertahap mulai menarik Lockheed AP-3C Orion pesawat pengintai maritim dari layanan dan dalam persiapan untuk pengenalan Boeing P-8A Poseidon. Australia telah lama ingin menggunakan P-8A Poseidon yang berbasis 737-800 untuk menggantikan Orion merekas setelah bergabunig dengan program pengembangan P-8 Angkatan Laut AS pada tahun 2007. Kekuatan intai maritim Australia kemungkinan juga akan diperuat dengan sekitar tujuh pesawat tanpa awak atau drone Northrop Grumman MQ-4C Triton yang diharapkan akan diperoleh mulai tahun 2020.

  2.  

    ehemm

  3.  

    Mantap lanjutkan

  4.  

    Siap….lanjutkan komandan!!!!

  5.  

    Sepertinya lampung, bakal kebagian bnyak pekerjaan jika jadi armabar kolinlamil pindah ke lampung.

    Salam dari lampung.

  6.  

    Konswekuensi kogabwilhan, pasukan, alutsista, sarana prasana, anggaran akan bertambah

  7.  

    Lanjutkan jenderal. Rakyat Indonesia dibelakangmu

  8.  

    Lha kl pecah perang LCS terus musuh merembes masuk indonesia lewat Akli sulawesi gimana panglima ? Perang pertama LCS kan kemungkinan Tiongkok vs Philipina (selain Tiongkok vs Vietnam) yg tentu sj dekat dengan sulawesi.

    •  

      Kan udah di bilang Bro,prioritas bagian barat dulu,ntar tentu nyusul sesuai anggaran.Kita udah mulai pasang kuda kuda buat nanganin konflik LCS.Soalnya Amerika udah mau ngirim beberapa kapal littoral nya untuk patroli di selat malaka sampai LCS.Harus dibayangi agar tidak keluyuran kemana mana.Masalahnya Amerika tidak ikut tanda tangan Unclos 82.Amerika menganut kebebasan berlayar jadi mereka tidak kenal ALKI ….Tapi kita tetap butuh Amerika untuk penyeimbang China. .

      •  

        Yang aneh kl 4 lcs us itu untuk jaga2 konflik Laut china selatan kenapa di singapura? knapa tidak ditempatkan sj di philipina yg jelas2 saat ini sedang jadi bulan2an tiongkok ya?

    •  

      China gak kesampain perang dgn pinoy, krn pinoy sdh lempar handuk putih duluan dlm mempertahankan spratly di lcs. militer pinoy tdk berpengalaman perang dilaut, dan keluar daerah pinoy, wlwpn saya yakin pinoy jago berperang dan militernya sdh kenyang bertempur dgn sparatis, tp pinoy hanya jago diperang darat dan berlarut alias grilya. tp kalau utk angkatan laut dan udaranya pinoy sangat lemah dibandingkan negara2 sekitar. jarang dan tdk pernah kalau pinoy dgn angkatan laut dan udaranya punya prestasi yg lbh menonjol dibandingkan dari angkatan daratnya. atas dasar itu saya asumsikan pinoy tdk akan dpt berbuat apa2 melawan dominasi china di lcs, kecuali amerika membantu secara langsung disamping pinoy. sdg Indonesia dgn rencana kogabwilham barat di proyeksikan utk menyekat alki satu dan dua dan bersama vietnam serta singapura plus malon akan mengurung china. sedang alki tiga yg termasuk laut sulawesi mmg direncanakan sdkt longgar utk armada 7 dan LHD aussie hilir mudik menyekat china menerobos kearah samudera pasifik yg pinoy menjadi benteng pertama paling depan dan mnjd pangkalan militer armada 7 dan angkatan laut aussie. jika china berhasil menerobos pinoy mengarah ke pasifik pun, china kembali mendapatkan penghalang kedua yaitu guam yg menjadi pangkalan militer dan basis armada 7 sebelum menjumpai kepulauan hawaii yg lagi2 menjadi pangkalan militer amerika di samudera pasifik sebelum menjumpai daratan benua Amerika.
      jadi alki tiga termasuk kogabwilham timur mmg di skenariokan tdk menjadi prioritas krn toh kita diproyeksikan bekerjasama membantu amerika dan konco2nya membendung dan melawan dominasi China di LCS dan samudera pasifik serta samudera hindia, kecuali china bisa menjalin hubungan dgn timor leste dan mendapatkan batu pijakan mendekati aussie dan terus ke samudera hindia yg pastinya hrs melewati alki dua dan yg tiga yg langsung ke timor leste. atau china hrs memutar lbh jauh melewati png dan kepulauan solomon sebelum menggarap benua australia ataupun menebarkan jala ke samudera hindia.

      Salam..

      •  

        Bung Pedro Bareta ,tolong bagi infonya.Dulu China sudah minta Timle untuk jadi tempat isi ulang logitiknya armadanya,terus Timle mintu restu Jakarta dulu.Nah apa Indonesia merestuinya ? Indonesia kalau terang terangan menolak juga bisa mengganggu hub ekonomi yang lagi baik sama China .Kalau nggak di tolak Indonesia akan di nilai berpihak sama China ,apalagi Indonesia sendiri juga terancam bila rencana China itu jadi dilaksanakan. Indonesia harus bermain cantik tentunya tanpa merusak hubungan dengan kedua belah pihak.

  9.  

    lanjutkan,aku mendukung.

  10.  

    Nunggu pencerahan sesepuh. Ayo bakar menyan yang banyak.

  11.  

    Sorry oot, berita indonesia diam2 sudah dan sedang negosiasi dengan rosoboronexport kaitannya dengan jadwal ketersediaan SU 35 ramai di beritakan media2 australia dan media2 Vietnam. Australia takut sementara kalau vietnam rupanya rakyat mrka jg memimpikan SU 35 tapi pemerintah belum ada anggaran.

  12.  

    Tambah juga anggota personel TNI, semakin banyak pasukan semakin kuat TNI, tak perlu mencotoh asu yg merampingkan jumlah personel tentaranya, sebab mereka sudah banyak alutsistanya,

  13.  

    mengingat wilayah darat,laut dan udara nkri yang sangat luas,idealnya indonesia di bagi dengan 4 kogabwilhan,kogabwilhan (1) adalah wilayah sumatra dengan seluruh laut dan kepulauan di sekitarnya serta wilayah udara di atasnya dengan wilayah patroli dan tanggung jawab perbatasan samudra hindia,selat malaka riau kepulauan dan alki 1,kogabwilhan (2) adalah kepulauan kalimantan dan sulawesi dan seluruh kepulauan,laut dan udara di atasnya dengan wilayah patroli dan tanggung jawab wlayah ambalat,natuna,laut sulawesi perbatasan phikipina,kogabwilhan (3) adalah kepulauan papua maluku dan seluruh wilayah darat laut kepulauan dan udara di atasnya dengan wilayah patroli dan tanggung jawab untuk laut banda,laut aru,perbatasan samudra pasific dan australia,kogabwilhan (4) atau berdiri sendiri adalah pulau jawa,bali dan nusa tenggara dan seluruh laut,kepulauan dan udara di atasnya,dengan wilayah patroli laut jawa,selat bali,alki 2,3 dan perbatasan australia,setiap kogabwilhan diperkuat dengan 80 kri gabungan pregat,korvet,kcr40,kcr60,klewang,lst,lpd,penyapu ranjau,tanker bcm,6 kapal selam gabungan changbogo class dan kilo class,100 tank ampibi bmp3f dan 6 heli anti kapal selam,200 tank leopard,200 tank medium,400 panser anoa,2 batalyon mlrs asrtros,2 batalyon meriam caesar,2 batalyon kh 179 ,3 batalyon batrai S400,3 skuadron fighter kelas berat gabungan SU27,SU30,SU35,2 skuadron gabungan hawk 100/200,f16 dan gripen untuk keperluan patroli,1 skuadron gabungan apache dan mi35p,3 skuadron heli angkut gabungan black hawk,MI17V,super puma dan chinock,12 batayon gabungan kostrad,rider,kopassus,arhanud,marinir dan pashas,setiap kogabwilhan di kepalai oleh perwira tinggi bintang tiga dan kepala staf bintang dua,,,apabila ini dapat diwujudksn dalam kurun waktu 5,10,15 atau 20 tahun ke depan maka indonesia tercinta layak untuk di sebut “SINGA ASIA”,,,,Ammiiiin…..ya allah….

  14.  

    setelah 30 tahun lalu beny moerdany menamatkan riwayat kowilhan dan membuat puluhan jenderal,admiral dan marsekal “ngangur”.akhirnya pada hari ini jenderal moeldoko mengajukan pembentukan kogabwilhan pada presiden.kogabwilhan jelas bukan bukan kowilhan.struktur dan penekanan karakter beda. nama miriplah yang tak pelak membuat kita teringat komando kewilayahan dimasa lalu.
    Bagaimanapun pembentukan kogabwihan diwilyah barat mencerminkan betapa cekaknya kocek TNI sementara disisi lain kita dipacu beradaptasi dengan panasnya wilayah barat.kebijakan diplomasi militer india yang look east policy dan cina yang semakin berambisi menjadikan armadanya big blue water navy of the east.adalah secarik petunjuk dari peta kekuatan regional yang semakin berkembang dan dinamis.belum lagi penempatan LCS amerika disingapura,apa maksud loe?sementara kitalah pemilik check point dari ujung selat malaka sampai lepas natuna.
    Semoga,Kebiasaan bangsa kita yang gemar dan lihai dalam membuat rencana namun malas dan aneh dalam aplikasi tidak terjadi kali ini.kogabwilhan harus digarap serius tidak boleh hanya menjadi sekedar organisasi besar tampa isi yang memadai,berarti Minimum dalam MEF harus diganti maksimum.karena MEF yang sifatnya minimum; menganti alusisita usang.maksimum berarti mengembangkan divisi,armada,komando operasi yang ada lebih besar dengan sarana pendukung yang mandiri dan jalur komando efektif.bila tidak kogabwilhan hanya akan jadi garuda kertas .untuk itulah dibutuhkan doa segenap warjagers agar presiden tidak hanya menyetujuinya tapi juga menambah angaranya-dari mana sumbernya,terserah- beliau kan cerdas.
    TNI yang terpadu dan maksimal dengan kesiapan tiga mandala operasi adalah harapan kita semua.
    Kogabwilhan yang kuat berarti TNI yang prima untuk diplomasi yang disegani#

  15.  

    Ayo Ambil Destroyer kek Horizon biar komplit tu hehe :mrgreen: tp mahal 1 biji $1,5 bn

  16.  

    He he he :mrgreen:

 Leave a Reply