TNI Siapkan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco

3
11


Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah melaksanakan Pembukaan Latihan Pratugas Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-N/Monusco (Mission de L’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) di Markas Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Sentul Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/12).

Upacara militer Pembukaan Latihan Pratugas pasukan pemeliharaan perdamaian Misi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) di wilayah Republik Demokratik Kongo tersebut dipimpin oleh inspektur upacara Komandan PMPP TNI, Brigjen TNI Achmad Marzuki.

Brigjen Achmad Marzuki mengatakan bahwa para prajurit Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco yang mengikuti PDT (Pre Deployment Training) di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI merupakan prajurit-prajurit yang terpilih melalui seleksi yang ketat, yang akan tergabung menjadi seorang Peacekeepers.

“Personel Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco harus memahami karakterisitik wilayah Republik Demokratik Kongo yang tentu saja berbeda dengan negara kita, baik dari sudut geografis, demografis maupun kondisi sosial budayanya,” ujar Brigjen Achmad Marzuki.

Materi latihan yang akan didapatkan personel Konga XX-N/Monusco meliputi, Materi Umum berupa CPTM (Core Pre Deployment Training Material), CPDT (Core Pre Deployment Training), Materi Teknis, Materi Pendukung dan beberapa Materi Aplikasi yang dirancang khusus guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Semua materi yang diberikan kepada peserta PDT merupakan bekal persiapan yang dirancang sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan SOP (Standar Operasi Prosedur) dan ROE (Rule Of Engagment) di daerah misi serta sejalan dengan tuntutan operasi penugasan.

Jumlah personel TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco sebanyak 175 orang, terdiri dari 151 personel TNI Angkatan Darat, 19 personel TNI Angkatan Laut dan 5 personel TNI Angkatan Udara. Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco berada dibawah pimpinan Mayor Czi Nur Alam Sucipto.

Sumber: TNI AD

3 KOMENTAR