Nov 202013
 
Latihan Elang Ausindo 2011, F-16 TNI AU dengan F/A-18 RAAF di Bandara Ngurah Rai Bali

Latihan Elang Ausindo 2011, F-16 TNI AU dengan F/A-18 RAAF di Bandara Ngurah Rai Bali

TNI menghentikan latihan bersama TNI AU dengan Angkatan Udara Australia di Darwin, Australia, dengan menarik personel serta 6 pesawat F 16 hari Rabu 20/11/2013, sebagai efek dari instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menghentikan dulu kerjasama militer. TNI juga menghentikan latihan Kopassus dengan militer Australia di Lembang- Jawa Barat.

“Sekarang ini kita sedang menghentikan latihan yang sedang berjalan di Australia ya. Ada ‘Elang Ausindo’ sekarang yang seharusnya sampai tanggal 24 (November 2013), saya hentikan sekarang dan besok harus kembali. Ada 6 pesawat F-16 di sana, mereka kembali,” kata Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Hal itu disampaikan Panglima TNI usai mendampingi Presiden SBY saat menerima PM Belanda Mark Rutte di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2013).

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo:Kompas.com)

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (photo: Kompas.com)

Di waktu yang sama, juga ada latihan gabungan (latgab) militer AD, AU dan AL Australia dengan Kopassus di Lembang, Jawa Barat. Latihan di Lembang ini adalah balasan dari latihan Kopassus di Sydney beberapa waktu lalu, saat Moeldoko menjadi KSAD.”Pelatihan Komodo. Ya, dihentikan sementara,” Jenderal tutur Moeldoko.

Moeldoko mengakui dengan kasus penyadapan Australia berbuntut penghentian sementara kerjasama militer ini membuat hubungan dengan militer Australia terganggu. Namun sebagai Panglima TNI, pihaknya tetap harus menjaga keseimbangan untuk menghadapi situasi ini.

“Hanya secara pribadi saya masih berkomunikasi dengan Panglima mereka, tapi sikap politik harus jelas, tegas,” ujar Panglima TNI.

TNI hanya menghentikan latihan bersama dengan militer Australia, namun tidak menarik personel yang sedang menjalani pendidikan di negara Kangguru itu. Moeldoko mengungkapkan alasan mengapa latihan bersama militer dengan Australia ini harus dihentikan.

“Karena latihan bersama bagian dari mutual trust. Jadi kalau nggak percaya, buat apa kita lakukan latihan bersama begitu?” gugat Moeldoko.

Lantas apa tanggapan militer Australia? “Sementara belum ada tanggapan ya karena baru saja saya lakukan,” jawab dia.

Latihan TNI AU - RAAF Elang Ausindo 2013 di Darwin Australia (photo: abc.net.au)

Latihan TNI AU – RAAF Elang Ausindo 2013 di Darwin Australia (photo: abc.net.au)

Rencananya latihan Elang Ausindo tahun ini melibatkan 6 pesawat tempur F-16 dari Skuadron Udara 3 TNI-AU dan beberapa F/A-18A Hornet dari Skuadron Udara 75 RAAF. Latihan yang akan digelar selama empat hari, akan melakukan sejumlah latihan termasuk terbang familiarisasi dengan daerah latihan, Basic Flying Manoeuvres (BFM), Dissimilar Air Combat Manoeuvres (DACM) dan Dissimilar Air Combat Training (DACT).

Latihan Elang Ausindo 2013 diharapkan memberikan kesempatan bagi para penerbang dan pasukan dukungan dari TNI-AU dan RAAF untuk dapat terus melanjutkan kerjasama antar kedua Angkatan Udara, untuk bekerjasama di bidang Pertempuran Udara (Air Combat). Selanjutnya, diharapkan latihan ini dapat dipergunakan sebagai kesempatan kedua pihak dalam merencanakan dan mempersiapkan Latihan Pitch Black yang akan diselenggarakan pada tahun 2014. (detik.com).

Bagikan Artikel:

  57 Responses to “TNI Tarik Latihan F-16 dari Australia”

  1. Harga diri adalah nomer satu !!!
    Bagaimana kita bisa berdiri, tanpa harga diri…….

    Yang perlu dicatat adalah, Edward Snowden hanya menyatakan adanya “tindakan penyadapan”, bukan menyatakan berhasil menyadap (mendengar secara penuh pembicaraan), saya yakin Aussie tidak berhasil, itulah mengapa mereka mencoba menyadap Keluarga atau kerabat Sby (Telikung), termasuk bu Anie

    kalau perlu tutup dubes RI di Aussie, hanya layani Visa saja
    Batasi Wilayah kerja dubes Aussie, tutup konjen-konjennya

    Berarti hibah plus peremajaan C-130 masih jalan ngak ?

    • harga diri bangsa is weird!? wow .. i’am lost for words

      that’s a poor substitute for arguing a point, but came from you is totally understandable, confirm all the stereotypes held about most Malaysians since her freedom was “handed to them on a platter” :D
      you asked for it

      • Your comment is a joke … How can you talk about your “Harga Diri” … but, actually you showed your “inferiority” to your master .. Australia … who already cheated and treated you … hehehehe

        Wake up …. Grow up …. Be Mature …

      • “The Malayans .. though the curiously un-enthusiastic calm with which they received their independence was attributed by British residents to the fact that it was ‘handed to them on a platter.’”

        -Time Magazine-

        world known fact, negara hibah from her master he he he..

    • No wonder it’s beyond comprehension and sounds weird to you. Only people whose predecessors died fighting for independence has the privilege to use such majestic words…

    • banyak cakap.bagaimana dengan negara anda..?
      just silence like a slave only

  2. *boleh berkhayal asalkan tidak terlalu lama*
    -Terdeteksi konsentrasi pasukan di kota2 pelabuhan di bagian selatan pulau Jawa
    -Terdeteksi pergerakan yang tidak biasa dari kapal2 perang Indonesia
    -Radar ABM Australia mendeteksi dua objek melintas dari pulau Jawa bagian barat menuju samudera pasifik. Lintasan balistik
    -Terjadi gempa 5 SR di Kalimantan. Pusat gempa 30 kilometer sebelah tlmur Pontianak pada kedalaman 1 kiliometer
    -Pidato Presiden RI: Rakyat Indonesia memerlukan ruang hidup yg lebih luas

    • southern extrateritorial invasion begin LOL

      tapi percaya apa gak, kemarin terlihat ada objek berwarna putih meluncur di udara dgn lintasan balistik di atas langit depok, kira2 apa ya ? lol

    • Tambahang bro Loai:
      – 2000 marinir AS melakukan invasi terbatas dengan mengamankan Freeport di Papua.
      – 3000 marinir AS dari pulau Cocos sedang dalam perjalanan menjadi “Back Up Support”
      – Kapal Induk AS yang sedang parkir di Filipina mengepung dari Utara.. dengan menerbangkan F-22 Raptornya yang sedang parkir.
      – Singapura sebagai skutu AS mengirimkan F-22 nya dengan terbang rendah di langit Jakarta
      – Jaguh tertawa senang.

      • @des….waktu 10 november di sby…sekutu lebih dasyat…karena pejuang kita cuma pake golok..bambu….senjata rampasan….bisa menang yaa..

        • Iya bro., waktu itu para orangtua kita yang ikut berjuang saat itu udah menginfakkan jiwa dan raga, serta keluarganya untuk membebaskan diri dari penjajahan, dan “they got nothing to loose”.
          beda ama sekarang, kalo mo berjuang, pasti mikirin gimana nasib rumah mewahnya nanti, mobil milyarannya pasti sayang kena bom, anak dan istri yang cantik2. belum investasi di pulau kalimantan yang milyaran rupiah…

          waduh…..
          yang paling penting, ntar ilang satu2 komentator warjag ini dunkz.. hehehe,

      • Kalau itu terjadi, sebaiknya gunakan strategi Kuribayashi di Iwojima: Jual nyawa kalian selama dan semahal mungkin, cabut nyawa musuh sebanyak-banyaknya

      • Repot klo F-22 harus mendarat di kapall induk, gak punya tailhook…

      • info saja masbro… marinir amriki yg duarebumaratus itu belum ditempatin.. malah saat ini nggak ada satu biji pun marinir amriki di darwin…

        “At this point in time, however, there is not a single U.S. Marine in the tropical northern city of Darwin, according to the Australian defense ministry. Two hundred Marines just finished their six-month tour and will not be replaced until next year, when 1,150 Marines are due to arrive.

        The original goal of stationing 2,500 Marines there by 2017 remains in place, but the lack of a U.S. presence there two years after the policy was announced underlines questions about Washington’s commitment to the strategic “pivot” to Asia.”

        Link: http://www.reuters.com/article/2013/10/06/us-asia-usa-china-idUSBRE99501O20131006

        berita bulan oktober

        • ajib, gan
          bayangin kalo RI bisa join sama RRC buat buka pangkalan di TimTim, kebayang ngerinya ossie soal ini

          tapi tolong diingat cina bukanlah tipe sekutu yg bisa dipercaya…
          sama aja ular ketemu ular itu.. :)

    • point terakhir saya jadi inget film Australia tentang pendudukan Australia oleh “negara asing” yang butuh ruang hidup lebih luas. Yang menarik gambar menunjukan tentara penyerbu berkarakter mongolid utara alias China, buka Austronesia macam Melayu :D

      Australia mempunyai ketakutan pada China dan milyaran rakyatnya yang lapar sumber daya alam dan ruang hidup. Indonesia berada di antara Aus dan China. Indonesia yang pro China adalah mimpi buruk bagi Australia yang paranoid

  3. nice, baru saja dimulai sudah selesai (?.. koq mirip line dlm iklan :D )

    Dihentikan di tengah2 latihan agar lebih ngefek

  4. Only force rules. Force is the first
    law

  5. Kalo kepala negara sudah bertitah ” hentikan latihan, pulang “, dan perintah harus di laksanakan, sip dah pak.

    Harga diri bangsa harus diutamakan, sebuah peringatan untuk Australi, jangan remehkan kami.

  6. gara2 snowden akhirnya dunia melihat kemarahan bangsa indonesia..krg keras pak sby,cb jgn beri akses kedutaan australia ke daerah2 dinusantara,isolasi aktifitas kedutaan mereka cm dijkt..bner tutup aja konjen2nya,lmyn kan!

  7. Dubes sudah ditarik dan kerjasama militer-pun dihentikan tapi PM mereka tidak mau meminta maaf, wibawa kita sepertinya hanya sebuah kata kiasan bagi mereka…..tindakan lebih ekstrem sudah sepatutnya dilakukan oleh panglima tertinggi kita…menarik untuk kita simak apa langkah selanjutnya yang akan diambil….

  8. lebih baik pererat lagi hubungan tidak usah mengedepankan sebagai bangsa yg mempunyai ego tinggi…apakah hasil dan dampaknya memperputus hubungan akan lebih baik dari sebelumnya…?mengingat banyak rakyat dari keduabelah pihak mempunyai hubungan batin yg sangat kuat…lagipula snowden tidak menyebut hasil percakapanya yg disadap agen*ausi….?

    • mungkin sebaik nya kita mendengarkan kembali ini agar cerah kembali pikiran kita dan bathin kita berbicara … terima kasih,maaf jika menyinggung

      http://www.youtube.com/watch?v=6QvyLkdl1_s

    • Gak mungkinlah brow, secara, tidak ada hasil konvensi partai yang punya elektibilitas tinggi. Jadi ini kesempatan mumpung ada musuh bersama dari luar, biar punya peninggalan yang bisa menjadi ikonik menghadapi senjakala. syukur-syukur menaikkan kebanggaan bangsa yang berimbas naiknya elektibilitas partai juga he…he…..

    • harga diri letaknya dimana?
      Dan seumpama harga diri anda di injak” org bgaimana,,suatu hr anda sedang bertangkar dg istri anda,selanjutnya saya mengintip dan endengarkan anda,bahkan saya manertawai anda, dlm keadaan esmmosi apa anda tidak marah bosss…

    • mempererat lagi..?terus dimaki2 lagi,dicemooh lg gtu,,,?kerjasama atau ngerjain?klw ada hubungan batin untuk apa mereka mata-matai kita ngaco,hubungan batin yg mana ya?ada2 situ bung.klwpun ada efek kepada wni di aussie soal penarikan atw penutupan dubes kita,klw memang mereka cinta tanah kelahirannya harusnya mereka mendukung

  9. wah kaca kokpitnya kuning :D

    • tadinya sih mau warna gelap atau silver kaya v-cool itu gan yah minimal 60-80% biar gak kena operasi dishub/gabungan, cuman waktu mau cari pedagangnya di pasar mobil dan aksesoris kemayoran, udah gak ada tempat lagi buat mendarat he..he…..

  10. pemmutusan hubungan,pemberhentian latihan, supaya abboot meminta maaf,atas kjadian spionase,tp abbot trlalu naif untuk mnt maaf,karena malu dg dunia luar,bila hrs mmnt mmaaf dgn indonesia,,
    ketegasan sby shrusnya di ikuti dgn langkah membuang / mmengusir dubes australia yg di indonesia,,berkali” indonesia di kecewakan jiran”ya,
    ketegasan ini hrus di iringi penguatan alutsista untuk mmiliki efeck deterjen.

    • Hati boleh panas, tapi kepala tetap dingin. Reaksi berlebihan hanya akan membenarkan pandangan bahwa kita bangsa yang mudah diprovokasi. Bagaimanapun juga : Merusak jauh lebih mudah dibanding membangun. Rakyat butuh makan dan berusaha dengan tenang, bukan cerita melankolis.

      • Setuju buanget
        Jengkel, sewot boleh, tapi yang paling PENTING adalah mengambil hikmah / pelajaran agar penyadapan tidak terulang…

        Maaf / klarifikasi orang lain gak penting !
        Justru bangsa yang PD akan menolak jika negara pelaku ingin menjelaskan
        (klarifikasi ?, maaf ? -makan tuh klarifikasi !..)

        Kasus ini banyak dosis opera sabunnya. Biasaaa, cari panggung, 5 bulan lagi pemilu…

      • Komen yang bijak bung :)

        Urusan ekonomi dan pendidikan dgn Australia katanya akan tetap dijaga, namun kabar terakhir masalah dagang sudah mulai disebut-sebut akan mengalami ‘penyesuaian’ juga.

        Hikmahnya mudah2an urusan daging sapi yang mahal gara2 regulasi akan bisa teratasi di masa depan dan mengurangi ketergantungan terhadap satu-dua pemasok hingga harga akan bisa lebih stabil.

      • tp cari makan gak harus makan daging kangguru kan.?bisa aja kita cari makan ditempat lain yang memuaskan dan mamakannya dengan tenang tanpa harus memberi imbalan yang menguras kantong dalam-dalam

  11. kalo kerjasama antara POLRI dgn aussie gmana ya? di “cut” juga?..kalau gak salah ada kerjasama anti terorisme

  12. anehnya sampai sekarang tak ada pejabat intelijen kita yg dicopot, sebelum keras keluar, bukankah lebih baik introspeksi dulu kedalam, ketidakmampuan melindungi kerahasihaan negara adalah tanggung jawab dinas intelijen,termasuk ketidakmampuannya meningkatkan kesadaran pejabat akan pentingnya rahasia negara.

    • Saya setuju, mestinya pejabat yang bertanggung jawab dalam keamanan intelegen harus dipecat dan diganti. tapi mungkin saja badan intelegen terkait memegang rahasia gelap para pejabat yang bisa menghancurkan karir jika terungkap. Kasus pembunuhan Munir saja sampai sekarang masih remang2

  13. Jgn menimbulkan asumsi yg lain dulu,kita harus tenang dan liat apa reaksi dan respon dlm parlemen aust beserta kabinet Tony Abbot atas reaksi keras Pak SBY,serta kita tunggu saja apa balasan sikap dan tanggapan Tony Abbot ats kiriman surat dri Pak SBy ke Tony Abbot.
    Jgn berpikir kepada arah ekstrem berupa invansi militer,hal itu sgt jauh dari konteks skrg ini.Namun opsi penghusiran dan penutupan kedubes itu tdk menutup kemungkinan,belum lagi naik tingkat dri penghentian smentara kerja sama menjadi penghentian total semua kerja sama yg dibangun.
    Langkah kita harus tegas benar dan terukur,kita ber2 sama2 saling menguntungkan dlm hal kerja sama ekonomi dan perdangangan.maka itu kita bkan sahabat saja tapi mitra strategis.
    Penghentian kerja sama dlm latihan militer ini sgt bgus dan tepat,liat betapa sgt2 berharapnya Aus berlatih dgn para TNI untuk meningkatkan personel yg tangguh kuat mandiri dan profesional.Kita yg tdk hanya urutan 15 di dunia jajaran 3pasukan elit terbaik.Tapi liat kita mampu menjadi terbaik dri yg terbaik dlm beberapa ajang kompetisi Internasional,termasuk dlm misi pasukan perdamaian,pujian terhadap profesionalitas pasukan kontingen Garuda sgt mengharumkan nama besar Bangsa dan Negara ini.
    Jadi kita tunggu saja apakah reaksi sikap dan balasan Tony Abbot atas tindakan itu.Semoga bisa meniru lgkah Obama yg sesegera meminta maaf pada sekutunya German.Walaupun kita bukan sekutu Aus,kita sahabat dan mitra strategis Aus. Wait and See !!!

    • Mantappp,,,,

    • Maaf nih agan2 sy mau nanya… Alasan apa yg menghambat Australia khususnya Tony Abbot berat untuk meminta maaf ke Indonesia?? tidak seperti USA yg lansung meminta maaf pd Jerman… Foktor “GENGSI” kah..

      Apa karena nama perdana mentrinya Tony Abbot… “Abot” dlm bhasa sunda artinya berat.. jd berat utk meminta maaf.. maaf gan intermezo ja…

      • Sunda-Jawa mempunyai arti sama untuk kata ‘abot’ gan :D solusinya juga sama: prosesi bubur merah bubur putih untuk ganti ganti nama.

      • @Bung Nzr, saya sejauh ini juga belum tau pegangan teguh apa yg jadikan Tony enggan meminta maaf.Namun dri pemaparan dan penjelasan Tony di dpn parlemen hal itu dilakukan demi keamanan negara Aust baik masa lalu dan sekarang.Dan hal yg sgt mendasar adlh ini merupakan dukungan dan pengaruh besar dri negara AS.Jadi Tony dgn gaya bhasa nya tdk ingin meminta maaf hanya memberikan pnyesalan yg mendalam dri Tony sndiri.
        Nah koreksi besar nya jika penyadapan memang berlgsg sudah lama,kenapa BIN dan Lemsaneng tdk menghandle mslh ini.Jadi ketika isu ini mencuat ke publik BIN dan Lemsaneng bisa dgn PD dan Sigap menjelaskan,menenangkan ke publik bhwa semua teratasi dgn baik.
        Nah ini sma sekali tdk ada,pernyataan yg keluar dri Kepala BIN adlh “mereka melakukan komunikasi dgn intelijen Aust,dan menangkap pengertian dri Intelijen Aust (sekarang dan kedepan kami tdk akan melakukan penyadapan2 kepada para pejabat Indonesia atw negara Indonesia) itu yg dpt ditangkap dri BIN kita atas penjelasan Intelijen Aus”.
        Berarti kita kecolongan untk mengatasi hal sadap menyadap,kita lemah dlm menutup kebocoran informasi penting di negara kita.
        Yah ini sih pemaparan saya sejauh ini,masih ada salah dan keliru,mungkin BUNG DIEGO YTH ingin menambahkan :).
        Sekian

  14. jepang pernah diminta amerika utk memfasilitasi rencana penyadapan mereka kepada pemerintah china,namun jepang dgn tegas menolaknya..hal yg sama terjadi pd australia,bedanya australia(mungkin dgn berat hati)memfasilitasi penyadapan terhadap pemerintah indonesia..mungkin atas dasar inilah pemerintah australia enggan utk meminta maaf krn mereka tdk memiliki kepentingan da keuntungan dlm aksi penyadapan ini..mereka menyatakan “menyesalkan kejadian tsb”..klo kita simak kata perkata tsb menunjukkan kekecewaan australia kpd amerika yg telah merusak hubungan baik australia-indonesia yg selama ini tdk ada masalah..di lain pihak,pemerintah kita seperti “pukul anak sindir menantu”meluapkan amarah kpd australia utk sekedar menyindir amerika.
    Namun saya yakin australia jg berharap keberanian pemerintah indonesia menjewer kuping obama(ga yakin sih,tp kita lihat saja)

  15. Di kolom Kompas bagian artikel, terbih hari ini tanggal 21 Nov 2013 terdapat tulisan Hamid Awaluddin mantan Menteri Hukum Kabinet Sby periode 1 dan mantan dubes RI untuk Rusia, Intinya : penyadapan yg terjadi di tahun 2009 tersebut ditengarai karena Australia “galau” dengan beredar nya kabar hadirnya KS Rusky yg menggentarkan, makanya yg di tapping adalah para pejabat pemutus transaksi pembelian, mulai dari org kunci keamanan, menteri keuangan, sekretaris Kabinet juga Gub BI, kecuali Ibu 1st Lady (meski tampaknya ikutan di tapping, krn siapa tau via jalan belakang/istri spt kebiasaan masyarakat Asia hal ini juga bocor). Itulah maka bersamaan muncul paket hibah pespur dari Amrik dan angkutan langit dari Australi untuk membatalkan niatan tersebut.

    Jika betul wah….segitunya detterence effect nya memang bikin gentar/takut tetangga

  16. Ngebaca comment agan2 smua, aq jd bingung, skligus ngeri..hehe .. PEMIMPIN bangsa ini sbenernya GOBLOK apa BODOH sih ?. Kebo aja klo dah pernah di cambuki dia jd ngerti SAKITnya…nah ni Indonesia men …!. Bayangin aja ..!.
    Gua jg heran, denger berita bahwa penyadapan ini bukan baru di era 2000an…tapi jauh sebelumnya. Bila di jmn BUNG KARNO amrik berusaha utk nyadap tu lumrah krn kwalitas politik SOEKARNO mmg menggegerkan dunia, demikian pula masa Soeharto (konon CIA jd fmiliar dgn Indonesia). Tapi masa belakgn ini …?. Woowwhh sangat luar biasa,….!. Gua cuma mau nanya aja nih ma agan2 smua, … kerjanya BIN and LEMSANEG tu apaan sih ?. Tidur? petantang petenteng krn kedudukn di lembaga khusus?. Bisnis ?. Shopping ?. Atau malah sibuk acara masak memasak dan jadi bintang iklan …?. Hahahaha …mestinya President Indonesia bukan CUMA marah ma Ausit…..tapi NYALIB mereka2 yg gk becus dgn TANGGUNG JAWAB nya .

    Maaf ya smua,…!!!. LANJUTKEN ….!

  17. Australia itu adalah eropa yang nyasar di Asia

    jadi watak & kelakuan mereka sama seperti penjajah ,kolonial,angkuh,malu kalau mereka kalah dan harus minta maaf sama orang asia

 Leave a Reply