TNI-TD Malaysia Bertukar Taktik dan Teknik Militer

32
17
ilustrasi : Latihan Pasukan TNI

Tarakan – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Tentera Diraja Malaysia menggelar latihan gabungan di Kota Tarakan, Kalimantan Utara selama 13 hari.

Komandan Brigade Infanteri 24/Bulungan Cakti (Danbrigif 24/BC), Letkol Inf Jones Sasmita Muliawan pada Selasa 26-9-2017 di Tarakan, menjelaskan, latihan gabungan ini antara TNI dari Batalyon Infantri 613 Raja Alam dan Batalion ke-11 Rejimen Askar Melayu Diraja Malaysia.

Pasukan dari Malaysia telah tiba pada Senin 25-9-2017 pukul 11.26 Wita di Kota Tarakan dengan menggunakan pesawat Royal Malaysian Air Force.

Adapun pelaksanaan latihan gabungan ini mulai 25 September sampai dengan 7 Oktober 2017 dengan melibatkan 260 personel masing-masing 130 personel dari TDRM dan 130 dari TNI AD Yonif Raider 613/RA.

Menurut Letkol Inf Jones Sasmita Muliawan, Latgab ini akan dilaksanakan  pertukaran teknik dan taktik militer antarkedua negara dengan latihan simulasi serangan ke wilayah permukiman penduduk.

Kemudian lokasi latihan dipusatkan di markas Kompi C Yonif Raider 613/RA dan Kelurahan Juata laut Kota Tarakan. Latgab ini adalah agenda tahunan kedua negara dimana sebelumnya pernah dilakukan latihan yang sama di Kota Kuching Negeri Sarawak, Malaysia. (Antara).

32 KOMENTAR

  1. Ada kemungkinan (NKRI dan MALAYSIA/BRUNAI) bersamaan menurunkan pasukan di daerah konflik di myanmar. maka TLDM dan TNI harus saling kordinasi dan kompak jangan sampai salah tembak sesama peace kepeer untuk bantuan kemanusiaan ROGHIYA akhirnya tambah runyam nanti 😀