Jun 292014
 
Kepulauan Natuna, Indonesia
Kepulauan Natuna, Indonesia

JAKARTA – Munculnya peta terbaru Republik Rakyat Tiongkok dengan garis putus-putus melintasi wilayah Natuna membuat TNI waspada meski tidak bereaksi keras. Mabes TNI menyatakan telah meminta klarifikasi kepada kedutaan Tiongkok karena hal tersebut berkaitan dengan persoalan perbatasan dan sengketa laut Tiongkok Selatan.

Kapuspen TNI Mayjen Mochamad Fuad Basya menjelaskan, Panglima TNI telah bertemu dengan Kuasa Usaha Kedubes Tiongkok untuk membicarakan persoalan garis putus-putus kesepuluh di peta negara tersebut.

Hasilnya, Tiongkok memang mengakui jika mereka memperbaharui peta. Pembaruan itu tampak dari makin luasnya cakupan garis putus-putus yang direncanakan se bagai wilayah baru Tiongkok. Garis tersebut melintasi wilayah ke pulauan Natuna.

”Namun, Kuasa Usaha Tiongkok menyatakan jika mereka tidak punya klaim terhadap wilayah Indonesia,” terang Fuad kemarin.

Pihak Tiongkok menjelaskan jika peta tersebut merupakan peta sementara dan bukan sebagai klaim wilayah. Kalaupun nanti ada permasalahan di kemudian hari, maka yang akan bertindak kali pertama adalah Kementerian Luar Negeri.

Sampai saat ini, lanjutnya, tidak ada permasalahan perbatasan antara Tiongkok dengan Indonesia meski peta terbaru menunjukkan jika Tiongkok ingin mendominasi Laut Tiongkok Selatan. ”Sampai saat ini tidak ada kapal-kapal Tiongkok yang mendekat ke Natuna,” lanjutnya.

Batas antara Tiongkok dengan Indonesia juga masih cukup jauh. Meski begitu, Mabes TNI sudah menyiapkan segala kemung kinan jika Tiongkok memperluas cakupan wilayahnya di Laut Tiongkok Selatan.

Seluruh lanal di sekitar kawasan Natuna dalam kondisi aktif. Namun, TNI hanya akan bereaksi jika ada keputusan pemerintah. Selebihnya, TNI tetap mengawasi perbatasan Indonesia di Natuna dengan patroli-patroli laut. Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan jika pihaknya sedang memperkuat armada di kawasan Natuna.

”Kalau persoalan Laut Tiong kok Selatan meluas, yang paling potensial terkena imbas itu kepulauan Natuna,” ujarnya saat menjelaskan perkem bangan rencana pembangunan Lanal Tanjung Datu baru-baru ini. (www.indopos.co.id)

  144 Responses to “TNI Waspada , Tiongkok Ancam Caplok Natuna”

  1.  

    tenang kawan..china ga bakalan brani mcm2,krn bentar lg akan ada byk drone dan anoa yg menjaga wilayah nkri..bakalan rame

    •  

      waaaaawww banyak drone yach? berati ndak usah pespur, kalo ada black flight ckup di cegat pake drone, kalo ada maling ikan gk perlu kirim kapal untuk menangkap cukup kirim drone, kalo ada kebakaran hutan kira2 bisa gk yach drone ini digunakan untuk sarana membuat hujan buatan ato paling enggak bisa digunakan untuk bom air… kalo bisa, berarti drone emang settttrrrrroooong wkwkwkwk

      •  

        skrg jaman drone,ngapain pake sukhoi,f16,f35 dll..cukup drone dan anoa semua mslh pertahanan akan beres..yg sdh terlanjur dibeli,ntar kita jual lg,klo ntar ada yg protes kita blg aja bs di buyback..rapopo,ok!

        •  

          drone itu apa? kenapa kita pakai drone?

          •  

            wong kuno@untuk tahu jwbnnya,silahkan tanya no 2,beliau pakar segala bidang termasuk pertahanan cyber dan hybrid,tni saja bs keliru dibuatnya..

          •  

            maap @wong kuno hehe sebenarnya ane juga wong kuno jadi maap klo penjelasannya juga kuno
            1. drone untuk apa ?
            jawab drone adalah alat untuk menangkap maling ikan
            2. kenapa pakai drone ?
            jawab karena negara ini sebagian besar laut dan banyak pencurian ikan di laut kita nah drone inilah yang nanti akan menagkap para maling ikan itu
            klo salah ya maap

          •  

            nanti yg pd maling tinggal dipentung sama satpam yg namanya drone kawan2 ha3, pokoe drone lah

          •  

            Oo ya maap merepotkan bung bangjo, tadinya kupikir bung frans tahu apa itu drone.

          •  

            Hahahaha…. lumayan seyum2 sendiri sambil nunggu beduk

          •  

            Permisi lewat… Setau saya, sepintar” sistem itu masih kalah jauh dibandingkan dengan Insting Manusia (sebut saja pilot)
            Hanya celotehan rakyat jelata hehehe…

  2.  

    ketika negara-negara ASEAN mulai “pongah” terhadap INDONESIA, saat mereka mulai menggerogoti tubuh NKRI dengan tamak, NKRI tetap sayang kepada mereka. Sayang mereka terlupa bahwa NKRI adalah salah satu negara-negara besar di dunia ini. Dan saat RI bergandeng tangan dengan “sesama negara besar”, mereka baru akan terhenyak, tersadar, dan termenung. Upil, sonora, philip n viet adalah negara yang lupa diri terhadap NKRI, dan mereka merasakan betapa NKRI adalah pengayom mereka tapi mereka terlalu pongah akan kelakuan mereka padahal mereka hanya negara kecil yang butuh teman. Peta negara JIN juga menunjukan kalau SARAWAK , SABAH dan SULU tidak termasuk, JIN tahu itu milik NUSANTARA. Biarkan aja LCS memanas, biarkan mereka saling mengklaim,……. tunggu waktu yang tepat untuk memainkan kartu truf nya.
    Ini INDONESIA bung, salah satu negara BESAR di BUMI ini

  3.  

    untuk mengatasi klaim peta tiongkok,sebaiknya intensifkan pengawasan di ZEE sekitar natuna yang tercantum dlm garis peta tiongkok.tempatkan jg pengawasan pd kilang minyak yang mempunyai ijin konsesi ke Indonesia.terahir perkuat arsenal pertahanan RI di sepanjang pantai LCS. mulai dr tj Datu Sampai ke Natuna

  4.  

    Saya rasa kita bilang tidak ada masalah dengan Tiongkok di Natuna adalah juga dalam rangka menegaskan posisi kita yang nggak mau jadi proxy ne ASU.

  5.  

    Kita gak pny masalah dgn tiongkok di laut tiongkok. Nyantai saja. Salam 2 jari

  6.  

    maaf off dulu dari warjager, sampai pilpres selesai 🙂
    Bisa dilihat biasnya pade kan? he he he

  7.  

    kan syaa sudah pernh blg,, tiongkok bukan nya ngga brani bung,, gampng saja bagi tiongkok untuk menaklukan asean seluruh asean,,

    tetapi yang mereka khawatirkan jikalau mereka sudah menang, as akan memnfaatkan kesemptan tu untuk menyerang mereka saat mereka lelah berperang engan asean.. kemenangan yang mereka usahakn akan sia2,,

    ckckck bgtulah kra2 menurut penerawangan aneh bn ajaeb saat lapr puasa 😛

  8.  

    Kalo Tiongkok bener invasi … paling yg dtg duluan si Jacky Chen ama Ti Lung … trus kite hadepin mrk ama pendekar & jawara silat … ane jamin dah … si Jacky & Ti badan nya gosong jd abu ….

  9.  

    china hanya ingin melihat reaksi calon2 RI 1 saja…

    saran saya kalau terpilih nanti segeralah agendakan pertemuan asean secara tertutup minus china dan amerika,, (hanya anggota asean)

    gwa jamin tuh china bakal puyeng dan ajkhirnya merangkul indonesia kembali..
    ajaklah asean bef aliansi,, bkin latihan bareng antara asean lawan nato untuk mempelajari strategi berperng bersama..

    gwa jamin tuh si pres nya tiuongkok datang langsung ke indonesia dengan tawaran2 yang menarik dan bersedia merangkul kembali indonesia…

  10.  

    moso indonesia di gertak pke kertas aja langsung kalang kabut,, kalo kata budi anduk SANTAY AJA COOY..

    china bisa aja gertak pke kertas sm org2 yang mentalnya ga sabaran smpe mw msuk perangkab batgirls
    tapi saya yakin warjag ini bukan org2 yang bermental kerupuk ya ng di sodorkan kertas saja sudah kalang kabut,,,, kalo indonesia gila bisa sja tuh indonesia bikin ribut ndengan peta gabungan kerajaan mjaphit sriwijaya de el el.. hahahaha bakalan rae tu dunia persilatan..

    tapi respon plg cuco menuurut saya ya kalau sudah ada RI 1 segeralah rapt tertutup dengan asean mnus china usa,, coba ajak asean membentuk aliansi perang,, psti mereka mw..tertama philipine sm vietnam

    trus ajak nato latihan bareng untuk menguji doktrin perang bersam antara as,,

    gwa jamin besok psti china protes dann datang ke jakarta nyium kaki RI 1… hahaha ga becanda psti datang merayu bkn buat poros tandingan jakarta peaking 😛

    •  

      Asik gw ikut ya

    •  

      whahaha … magrib msh lama bung … batal loeh

    •  

      hahaha saya di gorontalo bung jam saya lebih cpt 1 jam dr jakarta.. hehehehe asik cooy 😛 ga lah becandaa

      bung black hawk nanti kalo selirnya 10 saya kasih 1 ya buat nt 😛 😛 santay aja coy

    •  

      kalau yang mengeluarkan peta semacam situs Jakarta Greater mungkin tidak akan ada efek apa-apa. tetapi jika itu dikeluarkan oleh suatu negara maka negara tersebut secara yuridis formal menganggap daerah-daerah di dalam petanya sebagai wilayahnya. dan itulah yang dilakukan oleh RRC dengan memasukkan LCS ke dalam peta mereka yang berada di dalam buku Paspor RRC.

      saya memiliki peta RRC (Maps of the People’s Republic of China, ISBN: 7-80544-828-0) pemberian dari teman di Wuxi, RRC yang diterbitkan oleh Chengdu Cartographic Publishing House di mana mereka secara konsisten memasukkan wilayah LCS ke dalam peta mereka. bahkan di bagian sampul yang memuat siluet peta RRC, wilayah LCD juga diikut sertakan.

      makanya dalam setiap sengketa wilayah pasti akan ada adu peta. yang paling duluan memasukkan ke dalam wilayahnya biasanya lebih diuntungkan. akan tetapi juga banyak faktor lain seperti kehadiran nyata secara fisik, effective occupation. plus dilihat juga apakah daerah yang diklaim secara geografis merupakan kepanjangan dari landasan kontinen dari negara pengklaim, dlsb

      konsistensi semacam inilah yang harus ditiru oleh Indonesia dalam menjaga kedaulatannya. karena itu penerbitan peta itu harus hati2. tidak boleh serampangan seperti peta-peta yang banyak beredar untuk anak-anak sekolah. tidak boleh ada sejengkal pun wilayah yang terlewat.

      jika anda punya peta di rumah yang dibeli dari toko-toko buku, coba dicari apakah peta Sulawesi Utara mencantumkan pulau Miangas?

      ironisnya, sebuah maskapai penerbangan nasional Sriwijaya Air membuat kesalahan besar dalam peta rute penerbangannya dengan menggambarkan Natuna berwarna abu-abu yang artinya bukan wilayah Indonesia karena wilayah Indonesia digambarkan berwarna biru.

      https://irawanah.files.wordpress.com/2014/06/peta-indonesia_sriwijaya-air.jpg

  11.  

    Itu Pulau natuna harus di buat pangkalan udara. Taro 1 skuardon pespur F-16 atau Hawk. taroi ebebrapa kapur dan leopard mbt. Baru Sonora sama panda ragu ragu

  12.  

    Makanya…beli itu kilo, amur, su-34, su-35, sam-300,sam-400, pantsyr..barang2 itu murah tak sebanding dengan kekayaan SDA indonesia yg harus kita jaga.

    Jagalah SDA kita…jaga…

  13.  

    Tos ayeuna mah ngadoa we heula ka gusti allah…

  14.  

    Tenang aje bro sblm si encek mcaplok natuna udah ngos ngosan dhajar ama vietnam dan filipina dbantu ama asu.indonesia cman dpt sisa itu pun klo ada yg pnting siapkan kkuatan dnatuna antisipasi kmungkinan yg terburuk dpt terjadi

  15.  

    jgn lp tgl 9 pilih nmer 3 aing ma ow nomer tilu wae

  16.  

    Selamat berbuka puasa bagi warjager yg berdomisili dipekanbaru

  17.  

    wehrmacht@klo ditanya saya berani atau tidak,mungkin saya lbh memilih jd penakut,..krn pemberani yg anda maksudkan disini jg saya blm jelas apakah cm berani berbicara?
    Atau berani cm utk setor nyawa(klo perang dgn china)?
    Soal sipadan ligitan,apapun alasannya itu sdh menunjukkan kelemahan indonesia..tdk perlu berdebat dgn teori yg aneh2.
    sipadan ligitan mungkin tdk mengandung gas atau sejenisnya,tp malaysia dgn cerdas mengelolanya dan akan menjadikannya sbg salah satu tujuan wisata bawah air terbaik dan bergengsi di dunia..peace,selamat berbuka puasa!

  18.  

    pulau sipada & ligitan masa lalu yg tdk usah kt bicarakan lagi sdh jadi milik sonora, kadang rasa sakit rakyat negeri ini masih terasa yg tdk mungkin bisa di lupakan.ke depanya hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi,s’moga pemimpin yg akan datang lebih tegas dalam masalah perbatasan.kita sbg warga negara wajib memberikan kontribusi yg yata bagi kemajuan negeri ini & jaga persatuan kesatuan

    •  

      kalo bisa.. bagaimanapun harus dikembalikan… sonora telah melakukan dosa besar thdp kita, sonora harus membayarnya. smoga para pemimpin baru kita, benar2 berjiwa gajahmada

  19.  

    setuju kawan achmad arifin

  20.  

    sipadan ligitan jilid 2 pasti terjadi klau pemerintah smpai skrg tidak secara tegas dalam mempertahankannya………… nasib…..nasib

  21.  

    japohe molohuluwa wolo cina

  22.  

    Wolo uwito…..Diamoali odito uti

  23.  

    jawaban dari tindakan tiongkok secara militer adalah pembelian satu skadron SU-35 BM lengkap dengan senjatanya, pendirian satuan radar baru di wilayah seputaran Natuna dan penempatan permanen KRI sekelas fregat

  24.  

    jawaban dari tindakan tiongkok secara militer adalah pembelian satu skadron SU-35 BM lengkap dengan senjatanya, pendirian satuan radar baru di wilayah seputaran Natuna dan penempatan permanen KRI sekelas fregat l

  25.  

    Pemerintah harus segera bangun pangkalan-pangkalan TNI AL dan AD di pulau-pulau terluar untuk antisipasi penguasaan oleh negara lain. Untuk Natuna segera bangun pangkalan TNI AU dan TNI AL tapi jangan hanya untuk merespon kasus LCS dan yang terpenting untuk melindungi pulau-pulau RI dan SDA kelautan dari Malingsia, China dan Thailand.

 Leave a Reply