Tokyo Klaim Nama “Laut Jepang” Didirikan Secara Internasional

46
8
Upacara komisioning JS Asahi DD-119, destroyer ASW kelas 25DD pertama Angkatan Laut Jepang © binmei via Youtube

JakartaGreater.com – Kementerian Luar Negeri Jepang pada hari Selasa menyerahkan kertas diplomatik tahunan kepada Kabinet Jepang yang berisi klaim kedaulatannya atas pulau Dokdo yang berada paling timur Korea Selatan di wilayah Laut Timur.

Seperti dilansir dari laman KBS World Radio, “2018 Diplomatic Bluebook” mengulangi kembali pernyataan bahwa Dokdo adalah “bagian tak terpisahkan dari wilayah Jepang” menurut fakta sejarah dan juga hukum internasional.

Untuk pertama kalinya, makalah tahun ini juga memasukkan klaim bahwa “Laut Jepang” adalah satu-satunya gelar internasional yang ditetapkan untuk wilayah perairan antara Korea Selatan dan Jepang. Sementara Korea Selatan menyebutnya sebagai “Laut Timur”.

Makalah Kementerian Luar Negeri Jepang itu juga menolak pernyataan bahwa “Korea Selatan adalah tetangga paling penting bagi Jepang” dalam hal berbagi kepentingan strategis.

Klaim teritorial dan provokasi diplomatik oleh Pemerintah Jepang ini cenderung memiliki efek negatif pada hubungan antara Korea Selatan dan Jepang.

46 COMMENTS

    • kebanyakan dendam yg biasanya koar2 jugun ianfu tersebut adalah intrik politik populis dlm negeri korsel sendiri lagipula siapa juga yg senang korsel dan jepang membentuk pakta militer di regional situ.
      banyak kaum terpelajar korsel yg mengakui banyak hal positif warisan periode japanisasi terutama dlm hal birokrasi kemasyarakatan seperti halnya Indonesia yg mewarisi sistem Rt/Rw yg di Jepang disebut Toonari Gumi.
      sya belum menyentuh generasi2 hasil didikan jepang yg kebanyakan jadi ultranasionalis.

      • mgak ada bung…yaa paling peta…itu ada manfaatnya…coba kalo dak perlu prajurit cadangan…mana mau jepang ngelatih pribumi…apa lagi jaman itu semangat fasisme jepang pada puncaknya…jadi meragukan bila ada positipnya…waktu era 70an juga jepang cari pasaran prodaknya…dan juga cari bahan dan sumber daya mentah…agar terpebuhi kebutuhan mereka….jujur kalou mau ngomong jepang baik pada RI…karna mereka memang perlu kita…dulu mana diterima produk jepang…seperti toyota contohnya…kita yang mempopulerkan merk dan lisensinya….sampai terkenal saat ini….coba liat apa yang kita dapat…???

          • xaxaxa…puluhan tahu kita tempat pemasaan dan juga membantu pemsaran prodak otomotif jepang…dan kita hanya bisa merakit…blue print…???
            kasih saja blue print engine mobil apa motor itu tidak keterlaluan dan wajar….!!!

          • xaxaxa…puluhan tahu kita tempat pemasaan dan juga membantu pemsaran prodak otomotif jepang…dan kita hanya bisa merakit…blue print…???
            kasih saja blue print engine mobil apa motor itu tidak keterlaluan dan wajar….!!!…bukan malah menghalang halangi orang untuk mandiri…seharusnya jepang membantu bukan hanya sekedar yen dan pinjaman bunga lunak semata…sekarang ada cina sebagai saingan utama yang menjadi ancaman…baru teriak kemandirian indonesia….itupun cuma omdo…tok….xaxaxaxa…

        • baca2 sejarah militer nasional pengetahuan didikan militer jepang utk rakyat yg situ katakan utk cadangan militer sangat berguna utk perang revolusi kemerdekaan
          ini kata2 perwira KNIL pribumi yg jadi perwira sebelum datang serangan jepang, sya lupa namanya, sya kutip dari buku literatur Pribumi jadi letnan knil karangan Petrik Matanasi

          “Dalm hitungan 18 bulan jepang berhasil mendidik petani2 desa yg tak tau apa2 ttg militer menjadi kekuatan milisi militer yg cukup diperhitungkan karena mereka dilatih oleh2 perwira2 jepang yg telah berpengalaman tempur di manchuria dan china,sementara kami didikan knil hanya di ajari Teori2 dan disiplin baris berbaris”.

          seperti kata bung karno
          perang dunia 2 bukanlah perang melawan ideologi fasis namun perang antar kekuatan2 imperialis.
          fasisme jepang juga ikut menyulut nasionalisme bangsa2 di asia

          “dulu mana diterima produk jepang”

          sebenarnya ngerti hukum prinsip ekonomi dasar gak sih.

          lalu kira2 berapa tenaga kerja asli yg diserap oleh perusahaan2 jepang dimari, darimana2 bengkel2 pinggir jalan dapet pengetahuan utk membuka usaha2 pribadi.

          kita jualan barang mentah ada permintaan pasar masuk prinsip ekonomi lagipula kita dulu tak punya kemampuan mengolah ke industri lebih lanjut metalurgi misalnya,

          sya bukan asal pro jepang karena kritikan harus tetap ada seperti mereka yg lebih memilih thailand sebagai tempat produksi autoplant2 industri mobil mereka.

          • xaxaxa….sudut pandang ala suharto…dan para kroninya…ia karna mereka menikmati bagian kue paling besar….!!!
            lalu salahnya lupa untuk mandiri dan selalu tergantung dengan buain negara satelit industri…tanpa repot mikir atau menanam modal usaha mandiri…!!!
            karna saya paham prinsif ekonomi makanya saya ngomong…emang terlalu naif yaa…???…xaxaxa…tapi tidak untuk kemandirian bangsa…bila kita masih berfikir mengharap negara lain suka rela membantu kita mandiri…itu namanya tidak paham prinsif seaunguhnya…karna itu tidak ada….kecuali turky dengan jermanya….!!!!

          • bos saya ngasih bukti dan fakta empiris berdasarkan sudut padat kontekstual politik,sosial dan ekonomi di kala itu, situ malah ngeluyur ke sudut pandang suharto dan kroninya, ini sebanya bung karno berkali2 bilang Jasmerah
            ambil semua sumber dan analisis.
            orang berkomentar adalah orang berpendapat dan kalo pendapat berseberangan jgn disamakan sama zebra cross jalan raya .

            Hitam
            Putih
            Hitam
            Putih

          • xaxaxa….saya tidak nulis anda…tapi pola pikir anda.hampir sama dengan beliauan dahulu kala…jadi jangan sensian,,,dibaca dengan tanpa praduga…baru ketemu makna sesunguhnya….
            apa anda pikir saya benci atau anti…tidak bung…saya hanya menjabarkan yang ada dengan bumbu sudut pandang nasionalis saya…mungkin orang menggap couvinisme atau apalah namanya…tapi itu adalah sudut oandang saya…!!!

          • anda bilang dibaca tanpa praduga namun kalimat tersebut kontradiktif dengan kalimat sebelumnya.
            gimana mau ketemu maknanya

          • mungkin maksud anda kalimat ini yaa…sudut pandang ala suharto dan para kroninyaterus dimana salahnya…apa karna menuduh anda punya sudut pandang dan pola fiqir sama dengan simbah dan kroconya yaa..???
            laa memang kebijakan orde baru kan berdasar pemikiran atau dalil tersebut…kok malah saya jadi terdakwanya…xaxaxaxa…benar anda adalah penerus dari mereka…karna pasang strateginya juga sama…suversif…maenanya kambing ireng….xaxaxaxa….jangan jangan situ cucu simbah lagi….jadi keingetan cucu cantik simbah saya…..xaxaxaxa….

  1. Korsel & Jepang Tdk Akan Terjadi Konflik Perang Krn Sama2 Sekutu, Sekarang China & US Fokus Laut Natuna Utara & Papua, Pasca Korut Menuju Perjanjian Damai, Indonesia Yg Akan Mengganti Peran Aksi Korut, Jd Sekarang Sdh Saatx Kemenhan & TNI Melakukan Aksi Nyata Pre-Emptive Strike terhadap US&FPDA & China

    • ini yang ngak paham tema dan bahasan diskusi kayak gini nih…..sulit dipahami comment saya yaa bung….?!?!?
      mau jepang korea cina…sama semua bung…meraka itu berjuang demi kepwntingan mereka bung….kalou pun menurut orang baik terhadap kita…itu karna strategi mereka….modusnya korea hampir sama dengan jepang….untuk go internasional…dan kita jadi perantaranya…begitu juga jwpang dulu…
      dan korea memanfaatkan kerengan hubungan indonesia jepang…dengan iming iming lebih bisa membantu kemandirian kita….sementara terbukti entah kedepanya….
      jadi kita harus pintar dan juga punya strategi agar jangan masuk lubang yang sama…dua kali….jadi semua berjuang demi kepwntingan nasional masing masing….!!!

      • kalo anda masih ragu pendapat saya….bisa dilonfirmasikan dengan para ahli….!!!
        caranya gampang copy paste comment saya…masukan ke acount atau media sosial milik orang yang anda angap kompeten….!!!

    • proton konsep hampir sama dengan mobnas kita timor….bedanya engine kita import dari korea…kalou proton dari mitsubisi….dan itu lebih baik sedikit dari merakit…karna selain engine bisa mereka usahakan prodak lokal atau tenpatan,,,yang lebih penting merk dagang atau merk prodak tersebut…punya lisensi mereka sendiri….!!!
      kalou masalah pemasaran sebenarnya memang malaysia masih kalah dari kita bila mobnas kita bertahan….tapi jepang tentu tidak suka… apa lagi salah urus dengan kolusi dan nepotisme pemilik mobnas tersebut….jadi bukan semata membangun kemandirian,,,tapi hanya ajang cari untung semata…
      begitu pandangan saya…!!!

      • timor malah kasusnya lebih buruk dari proton lebih sekadar stempel buatan tempatan malah juga merupakan hasil kenakalan para remaja berstatus pangeran2.
        dan pertarungan bisnis antara produsen otomotif korsel Kia(timor) dan Hyundai (bimantara cakra) belum lagi KKN level dewa.

        tidak cuma engine semua impor dari korsel tidak ada perjanjian perakitan autoplant di indo, slah satu pangeran menyatakn kita ngirim tenaga ahli ke pabrik di korsel dan hasil akhir produknya dikirim ke indo dan itu masih dlm ketentuan instruksi prabu nomor 2 tahun 1996 tentang pembangunan industri mobil nasional dan keputusan prabu nomor 42 tahun 1996 tentang pembebasan bea masuk komponen impor yg menghasilkan bebas pajak impor komponen dan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) terhadap mobnas tersebut sebaliknya produk2 mobil dari industri otomotif lain malah di kekang dengan kedua hal diatas

        slah satu kerajaan yg berbisnis otomotif di indo dan punya pabrik2 pembuatan komponen2 otomotif marah dan khawatir ttg kelangsungan bisnisnya dan melayangkan protes ke WTO tentang pelanggaran perjanjian perdagangan bebas oleh indo-korsel terutama General Agreements on Tariff and Trade (GATT),
        gugatan tersebut menghasilkan keputusan yg menyatakan indo melanggar asas perdagangan bebas sebulan sebelum sang prabu lengser.

          • Itu kan dulu disaat jepang sekutu kuat nazj, tapi setelah nazi menyerah ke uni sovyet kemudian sovyet merusak operasi jepang di negara2 boneka jepang kuril shakalin, manchuria, mongolia korea

            Hahhaahaaa

          • dulu itu mmng betul russia kalah ama jepang, kemudian russia menang lg di khalkhin gol 1939, kemudian stelh nazi menyerah ke sovyet? kemudian sovyet menyerang pasukan negara2 boneka jepang di kuril, sakhalin, korea, manchuria, mongolia, stlh itu jepang menyerah ke sovyet, krna sovyet lbh dulu merusak tahta jepang dinegara boneka jepang bukan ke amerika & sekutu jepang menyerah, tapi krna jepang butuh uang utk mmbangun negrinya kembali? maka jepang dipaksa menyerah ke amerika & sekutu, alasan nagasaki & hiroshima yg dibombardir, pdhl pasukan jepang sudah tdk ada di nagasaki & hiroshima tapi pasukan jepang banyak berada dinegara negara boneka jepang yg sudah di rusak uni sovyet trlebih dahulu

            hahhaahaaaa

            hahhaahaaaa

  2. Kepada seluruh Warjagers, selama Bulan Ramadhan, (dan selanjutnya) diminta untuk tidak menyampaikan komentar yang dapat memancing perselisihan, pertengkaran, HOAX, dan sebagainya agar JKGR selalu dalam keadaan kondusif.

    TTD.
    White House Office of The Press Secretary

  3. Sepertinya potensi perang berikutnya setelah jazirah arab bisa jadi asia, dimana korsel dan korut yg bisa saja pecah konflik lagi mengingat historisnya, jepang china klaim laut, dan pulau, jepang korsel klaim teritorial, jepabg rusia klaim teritorial dan konflik china dan negara asean tentang laur china selatan… Di tambah campur tangan usa,nato dan australia dlm konflik LCS dan konflik taiwan dan china… Wah kalau militer kita tdk memperkuat diri bisa di obok obok ama negara2 yg mempunyai kepentingan apalagi eropa,china dan usa yg tdk segan2 akan memakai nuklirnya untuk memenangkan pertarungan

LEAVE A REPLY