Jan 232016
 
Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida dan Duta Besar AS untuk Jepang, Caroline Kennedy menghadiri upacara penandatanganan Pakta Bilateral untuk Pangkalan Militer AS di Jepang/Asasi Shimbun

Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida dan Duta Besar AS untuk Jepang, Caroline Kennedy menghadiri upacara penandatanganan Pakta Bilateral untuk Pangkalan Militer AS di Jepang/Asasi Shimbun

Pemerintah Jepang akhirnya menyetujui untuk memberikan sekitar 8 miliar USD untuk menutupi biaya pemeliharaan pangkalan militer AS di Jepang selama lima tahun sejak tahun anggaran 2016.

Pengeluaran yang diberi nama “Yosan Omoiyari”, atau “Anggaran Simpati” ini merupakan dukungan antar dua bangsa. Pemerintah Jepang telah menambahkan sekitar 13 miliar yen dalam anggaran lima tahun yang dimulai sejak tahun anggaran 2015. Anggaran tersebut akan berakhir pada bulan Maret tahun ini.

Pakta tersebut ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida dan Duta Besar AS untuk Jepang, Caroline Kennedy, pada tanggal 22 Januari kemarin di Kementerian Luar Negeri Jepang di Tokyo.

Dalam upacara penandatanganan ini, Kennedy menyatakan telah adanya kepastian terkait anggaran tersebut. Pasukan Amerika Serikat di Jepang akan mempertahankan kesiapan operasional mereka dalam tingkat tertinggi. Ia juga menambahkan, dengan adanya perjanjian ini, maka aliansi antara Amerika Serikat dan Jepang akan lebih kuat dari sebelumnya.

Senada dengan Kennedy, Kishida menyatakan sepakat bahwa perjanjian lebih lanjut tersebut menunjukkan bahwa aliansi bilateral mereka lebih kuat dari hubungan yang sudah ada sebelumnya. Sesuai dengan undang-undang keamanan Jepang yang baru, pihaknya akan memudahkan pembatasan konstitusional pada kegiatan luar negeri dan Angkatan Bela Diri Jepang. Revisi konstitusi yang dilakukan Jepang pada tahun lalu tersebut juga menjadi pedoman untuk kerjasama pertahanan Jepang dan Amerika Serikat.

Pada awalnya, Jepang berniat untuk memotong pengeluaran tahunan dalam “Anggaran Simpati” mereka sebanyak beberapa puluh miliar yen. Rencana pemotongan tersebut terkait kendala keuangan dalam negeri serta penguatan Pasukan Bela Diri untuk lebih mendukung militer AS di bawah undang-undang keamanan nasional baru.

Setelah melakukan negosiasi dengan Washington, Tokyo akhirnya mengikuti tuntutan dari Amerika Serikat. Washington bersikeras bahwa peningkatan anggaran perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kecanggihan persenjataan Jepang.

Asasi Shimbun

Bagikan :

  21 Responses to “Tokyo Kucurkan Dana untuk Pangkalan Militer Amerika di Jepang”

  1.  

    Ojek pangkalan?

  2.  

    Wehehehe pantas saja jepang sewot sama kita ternyata gara2 ini, mereka terpaksa harus bayar uang keamanan karena RI tidak bantu bendung cina

  3.  

    wow gilak, mending kucurin kemarilah abe sama :1

  4.  

    Lah, memangnya F22 Raptor ada versi dieksport?

  5.  

    5 tahun setelah diembargo Amerika, Jepang punya industri F22 Raptor. Artinya diembargo itu menguntungkan.

  6.  

    Wah semakin panas ni kawasan,
    Ditimur ada as, jepang, korsel, taiwan lawan china dan korut dg dukungan beruang merah,
    Di lcs ada as, filiphina, dan malingsia, lawan china. Tinggal sikap Indonesia, vietnam dan brunei. Ada faktor sengketa lcs 3 negara bisa gabung AS, klo faktor sejarah bisa ke china.

  7.  

    jatah preman

  8.  

    Selamat ya bung.. Anda pertamax dalam mimpi 😀

  9.  

    wahh…palakin ya… setoran jatah preman. kasian jg nih jepang gak dapat diskon

  10.  

    Hmmm klo ini faktor sejarah akibat kekalahan jepang di PD II, diwajibkan mendukung militer amerika apapun kondisinya .sebagai imbalannya jepang akan dilindungi wilayahnya dari ancaman apapun dan sampai sekarang masih berlaku.
    dan masalah historical jepang menjajah china yg membuat jepang khawatir karena jepang tidak mau meminta maaf kepada korban perang saat menjajah china. Ini sebagai tindakan jika china berbuat arogan di LCS. Jd jgn heran jepang memperbolehkan amerika membangun pangkalan militer di wilayahnya.

  11.  

    Militer jepang setelah PD 2 seperti di kebiri sama amerika hingg saat ini, karna kasus LcS amerika baru mau bantu mengembangkan allutsista jepang tapi sayang masih kalah jauh sama china…makanya jepang mau kasi duit ke amerika spy keamanan mereka ternjamin ketika china mulai agresif..

  12.  

    Hebat strategi amrik..semua negara sekutu dan miskin di sedot devisanya utk bantu itu ini bahkan amrik sendiri mau berhutang pd negara lain , berkurangnya Devisa negara2 lain otomatis negara2 tsb akan menutupi kekurangannya dengan berbagai mcm jalan. dari sinilah amrik akan selalu bermain supaya ketergantungan akan terus berlanjut..dan dollarpun akan tetap terjaga seberapapun mrk produksi.. nilainya akan selalu bernilai tinggi bagi negara lain.ckckck..

  13.  

    Setelah Hiroshima & Nagasaki di bom atom oleh ASu, sampai sekarang jepang dijadikan budak pemuas napsu ASu, ……….. kesiaaan, kesiiiaaan. !!!

  14.  

    Lah kok malah suruh bayarin. Ya mau gimana lagi, gara2 jepang kalah perang, daripada mereka diserang china sama korea, terpaksa di bawah us.

  15.  

    Apalah arti nilai segitu buat mereka. Yg paling penting ya keamanan global biar smua bisa hidup dan the pursuit of the happinessnya masing2. Ancaman Planet9 dan NEO yg meningkat jauh lebih penting bagi kelangsungan umat manusia dan alam ciptaan ini.

 Leave a Reply