Jul 122014
 

image

Jakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan menggelar rapat pada akhir pekan (weekend) di Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan. Rapat yang dimulai pukul 07.00 WIB membahas tentang perkembangan proyek Tol Trans Sumatera.

Dahlan mendengarkan penjelasan dari Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Tri Widjajanto. PT Hutama Karya sendiri diberi tugas untuk membangun Tol Trans Sumatera.

“Saya juga juga mengundang Dirut Waskita Karya dan Dirut Jasa Marga. Mereka saya undang untuk didengarkan pendapatnya,” kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014)

Dahlan beralasan digelarnya rapat yang bertepatan dengan akhir pekan karena Presiden Susilo bambang Yudhoyono meminta jajaran menteri bekerja keras menyelesaikan tugas-tugas yang bisa dilakukan.

“Jadi presiden kemarin bilang semua menteri harus kerja keras untuk 100 hari terakhir sehingga pagi ini biarpun libur karena ini awal dari 100 hari terakhir maka saya periksa yang bisa dikebut tentu jalan Tol Sumatera,” jelasnya.

image

Harapan Masyarakat Sumatera
Pembangunan ruas tol Trans Sumatera sepanjang 2.700 kilo meter sudah sangat dinanti-nanti masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Pembangunan infrastruktur jalan tol dinilai mampu mendorong pertumbuhan dan menggerakkan ekonomi di seluruh wilayah Sumatera.

Konsep pembangunan tol tersebut terbukti mampu mengerek perekonomian di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

“Pengembangan ekonomi wilayah cepat. Teori secara negara terjadi, Amerika menjadi booming setelah jaringan jalan tol jadi. Itu ditiru oleh Tiongkok. Sekarang seluruh jalan tol di Tiongkok sudah menghubungkan kabupaten,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta.

Dahlan menjelaskan tujuan utama pengembangan Tol Trans Sumatera adalah untuk pengembangan kawasan dan infrastruktur di Pulau Sumatera. Tujuan untuk memecah laju kemacetan bukan menjadi pertimbangan utama.

“Trans Sumatra tidak untuk efisiensi tapi mengembangkan ekonomi dan infrastruktur. Tentu kalau mau sebut efisiensi ya mengurangi kemacetan setempat tapi itu bukan tujuan utama lah, tujuan utamanya pengembangan daerah,” sebutnya.

Seperti diketahui PT Hutama Karya (Persero) sebagai BUMN akan membangun Tol Trans Sumatera. Rencananya pembangunan atau ground breaking dimulai pada 9 Oktober 2014.

Untuk tahap awal, Hutama Karya akan membangun 4 ruas yakni: ruas Medan-Binjai sepanjang 16,8 km, ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 km, ruas Palembang-Inderalaya sepanjang 22 km dan Bakauheni Lampung-Terbanggi Besar sepanjang 150 km. Investasi yang diperlukan untuk membangun 4 ruas tersebut sekitar Rp 330 triliun.

Toll Atas Laut Kalimantan
PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yang ikut dalam rapat dengan Menteri BUMN itu, menyinggung soal pembangunan tol laut Kalimantan senilai Rp 6 triliun. Tol ini akan menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara yang terisolasi dengan Kota Balikpapan di Kaltim yang lebih maju.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebut target pembangunan tol atas laut Kalimantan tertunda. Tol atas laut rencananya bisa mulai ground breaking pada Oktober tahun 2014 namun terkendala oleh rencana pembangunan fasilitas militer di area tol.

“Ternyata masih ada hambatan bahwa angkatan laut akan membangun proyek di lokasi itu sehingga kita harus revisi lagi,” kata Dahlan usai rapat akhir pekan tentang Tol Trans Sumatera di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu (12/7/2014).

image

Dahlan menyebut dirinya akan melakukan negosiasi dengan pihak TNI AL. Namun jika pembangunan fasilitas militer tidak bisa digeser lokasinya maka Waskita akan mengalah dan merevisi desain pengembangan tol.

“Jika sulit mungkin BUMN saja yang harus mengubah rutenya dan ini harus dibicarakan ulang,” ujarnya.

Meskipun proyek tertunda, Dahlan menilai Waskita secara kemampuan untuk permodalan dan pengalaman telah siap menggarap tol atas laut.

“Yang Waskita, yang sebetulnya sudah sangat siap, tapi di lapangan masih ada dengan proyeknya angkatan laut tadi bagaimana menyelesaikannya,” jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, untuk membangun tol yang membentang sepanjang 5,6 km di atas laut dan 6,4 km di darat ini, Waskita akan menggandeng pemerintah daerah di Kaltim.

Pasalnya untuk membangun proyek 100% jalan tol tersebut, memerlukan investasi sekitar Rp 5,6 triliun sampai Rp 6 triliun. Selain itu, Waskita membutuhkan restu dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Perhubungan selaku regulator jalan tol. (Finance.detik.com).

  84 Responses to “Tol Trans Sumatera dan Kalimantan”

  1. NUMBER ONE

    • @Para sesepuh JKGR, kira2 yg disebut Pak Dahlan Iskan “adanya pembangunan fasilitas militer di area tol” itu apa yaaaa…???

      Saya kira ini clue pertahanan/Alutsista yg menarik dibabar dimari. Suwun….

    • SUDAH SAATNYA KALIMANTAN MENDAPATKAN PERHATIAN DRI PEMERINTAH PUSAT, KALIMNTAN TIMUR MISALNYA SANGAT TERTINGGAL PEMBANGUNANNYA APALGI MW MEMBANDINGKAN DGN MALAYSIA SEBERANG SANGAT JAUH. SERING MATI LAMPU PADAHAL SETIAP HARI PONTON-PONTON PENUH BATUBARA KELUAR DRI KALIMANTAN JDI ADA YG SALAH. PEMIMPIN BARU HARAPAN BARU.

    • menurut saya kalimantan timur cocok dijadikan basis militer karena dinilai strategis kita ambil saat perang dunia ke 2, kaltim menjadi salah satu serangan pertama jepang karena mengandung minyak, kaltim juga memiliki sejarah tersendiri dlm sejarah jepang maupun sekutu diindonesia itu sering saya dapatkan di perpustakaan disamarinda.hanya saja tdk masuk dlm dibuku sejarah indonesia kebanyakan diceritakan jawa dan sumatra saja.

    • Mungkin bung borneo lupa yang jadi Gubernur,DPRD kan orang kalimantan juga.Yang milih bung Borneo juga, hidupnya kaya2 bung…dari partai apa bung borneo juga tau.Mereka yang anda pilih silahkan tuntut bung,jangan nyalah2in suku lain.Kita satu bung..INDONESIA

      • Setuju bung ian santang, ibarat gajah dipelupuk mata tak tampak, kuman diseberang lautan nampak..kalo berani yuk kita bersihkan halaman dulu..jangan pekarangan orang laen disalahkan…Biasane orang yang teriak2 gto gak punya nyali. Kalo pnya nyali dah bersih raja2 kecil didaerah2

    • ‘Indonesia bukan apa2 tanpa Kalimantan”. Wah nggak setuju 100% nih dengan premis ini. Saya adu head to head sama Sumatera saja sudah ketahuan unggul Sumatera bung. Hanya emas yang Sumatera tidak punya bung. Gas, minyak, timah, bauksit, batubara, perkebunan apa yang Kalimantan punya Sumatera pasti punya bung. Tapi saya mau mengatakan bahwa Indonesia bukan apa2 tanpa Sumatera!!!. Makanya belajar sejarah bung!

    • cek dulu bung borneo11, pemikiran jangan se sederhana itu, identifikasi dulu, validitasnya gimmana, konsep perbaikannya gmn, jangan tunjuk2 pulau bung sekaligus jgn subjektif

    • Saya pikir, kita tidak perlu lagi mengutak atik bentuk negara kita, yaitu NKRI. Kalau masih ada masalah pemerataan pembangunan, mari kita pikirkan sama2.
      Kita bersatu utk sama2 memajukan semua daerah di Indonesia. Misalnya, pembangunan jalan tol ini sebenarnya ide yg sangat bagus untuk percepatan pembangunan. namun sayang, dana yg dibutuhkan pasti sangat besar. Daripada kita ribut, mari kita sama2 pikirkan cara supaya proyek ini bisa berlangsung. Kalau mengandalkan APBN, mungkin sangat berat dan pasti akan selesai lama. Bisa nggak, misalnya kita2 ini ikut menyumbang dana utk pembangunan jalan tol ini, ya semampu kita. kalau yg menyumbang 20 juta orang, kan lumayan bisa utk membuat 1 paket jalan tol atau ratusan km jalan perbatasan. Dibandingkan kita harus berperang mengorbankan jiwa,raga,harta benda, pengorbanan ini saya pikir masih lebih ringan. Bagaimana kawan2 ..

  2. Test

  3. nomer siji

  4. Setelah lama jadi Sr. Langsung dapat uno

  5. Wow, ternyata ikut konsep tol US dan China? Kalau mau ikut mereka, ikuti seluruhnya, biar rakyat turut merasakan manfaatnya. Insya Allah ke depannya gak akan ada lagi penolakan penggusuran lahan untuk tol, karena masyarakat sudah tahu apa manfaat yang akan bisa mereka petik. Salam..!

    • salam hangat bwat bung yayan
      apa kbar bung?smg shat slalu..kpan nh artikelnya.bnyak yg nunggu lo.
      utk mslah gaza yg sedang perang,bagaiman pandangan menurut bung yayan.maaf yh oot,habisny ktemu bung yayan dsni.

    • Permasalahan terbesar yg terjadi untuk pembangunan jln tol yg lalu,saat ini dan esok adalah di pembebasan lahan bung. Klo hal ini bisa diatasi segera,tdk mustahil project itu dpt dikerjakan dgn cepat bahkan sblum slesai tengat waktu.

      • Setuju bung waljinah… Pembebasan lahan itu yang tersulit… Ada warga yang ingin tanahnya dilepas dengan harga yang sangat tinggi… Masalah percepatab proyek saya rasa ada pada manajemen proyek sendiri.. Mampu bekerja efisien ato tidak?.. Belum lagi permasalahan dilapangan seperti pekerja yang agak (maaf) mokong

      • untuk jalan tol yang berada di daratan memang itu salah satu kendalanya bung, untuk jalan tol atas laut yang akan menghubungkan kab Penajam Paser Utara dan Balikpapan saya pribadi sangat setuju, karena memang antara dua daerah tersebut sangat berbeda kemajuan perekonomiannya..tetapi ada satu hal yang perlu mendapatkan perhatian, adalah mengenai kelangsungan para pemilik usaha speedboat atau kapal “klotok” penyebrangan bahkan kapal ferry yang pasti nantinya akan mendapatkan dampak secara langsung dengan pembangunan jalantol atas laut ini, sehingga harus ada win2 solution untuk kebaikan semua..

        • wah bung dewa kembar tau daerah PPU ya??
          maket jembatannya udah nangkring kok di Bappeda sana sampe sekarang belum dibangun”. klo naek klotok //speedboat hati”lah banyak calonya

        • Menurut saya para pengusaha speedboat dan perahu klotok bisa dialihkan menjadi pengusaha angkutan barang yang memanfaatkan jalan tol tersebut, untuk membantu pendistribusian hasil-hasil Alam, sembako dll. maaf hanya pemikiran tukang Batik.. salam budaya.. salam persatuan dan kesatuan.. NKRI HARGA MATI.

    • ada proyek tni AL di tengah laut proyek apa itu ya,minta pencerahan dari para sespuh,…

  6. Mengapa tidak mendahulukan transportasi darat dengan membangun jaringan jalan rel kereta.
    Saya pernah dengar sewaktu Presiden ke 3 (B.J. Habibie) memerintah, katanya “AKAN” merestorasi jaringan jalan rel KA dari Banda Aceh ke Medan dan benar hanya “AKAN”. wkwkwkwk….
    Di negara maju, seperti AS dari pantai Barat ke hinggga pantai Timur dulunya jalan rel kereta yang pertama kali di bangun bukan jalan tol, katanya,…….
    Namun ya terserah kebijakan yg punya rencana saja asal jangan “AKAN” saja.
    .

    • maaf bung Boleroes11… masa jabatan bapak bj habibie tidak cukup panjang untuk bisa merealisasikan ‘akan’ nya beliau itu… bukan salah beliau… beliau orang baik kok… kitanya saja yang belum beruntung bisa berada cukup lama dalam pimpinan beliau

    • Wahhh ada om bolerose kaskus….

    • amerika duluan bikin jalan tol karena jaman itu belom banyak orang pake kendaraan bermotor, kalo sekarang mungkin lebih mendesak prasarana jalan, apalagi nanti ditambal jalur rel untuk muatan barang.CMIIW

  7. Sebagi orang awam saya merasakan efek pembangunan jalan didaerah saya, walaupun cuma pengaspalan dan pelebaran jalan desa yang sudah lama rusak. Semua menjadi terasa berpacu dalam membangun. Perekonomian bergerak. Gimana efeknya yaaa kalo pembangunan sekelas jalan tol lintas pulau??? Semoga dah lancar, Semoga bukan cuma di sumatra dan kalimantan, tapi juga dipulau lain diseluruh negeri. Selamat datang kejayaan negeriku….

  8. Wah ada proyek angkatan laut dikalimantan sehingga jalan tolnya dirubah. Strategis nih. Ada yg tahu…

    • rencana ini sudah lama didengungkan bung..tetapi memang menjadi dilema seandainya terealisasi, akan bagaimana nasib para pemilik usaha kapal/speedboat penyebrangan…anda tau sendiri bagaimana ketika urusan rejeki seseorang akan berpotensi “mati” dengan adanya pembangunan ini, meskipun itu sangat berguna untuk kemajuan perekonomian..

  9. Bagus nih untuk pemerataan pembangunan. Kami rakyat sumatera jg butuh perhatian, jgn jawa saja yg di prioritaskan.

    • Bung ingat jawa maju ya, coba jalan” aja ke jawa pastinya kecewa juga liat jalan yg pada lobang ngaa di urusin

      • Apalagi jawa yg di daerah2, bergelombang dan berlubang

      • Lah jakarta aja masih pada berlubang bung, dah banyak makan korban jiwa. Terakhir underpass uki seorang pengendara motor ibu dan anak meninggal dunia ditempat karena lubang sedalam krg lebih 5cm sehingga terjatuh dan terlindas kendaraan berat. Apalagi daerah jakarta Utara

  10. proyek ambisius..cm 10% kemungkinan terwujud,90% omong kosong

    • Hehehehe…..jangan pesimis gitu donk bung frans…., adanya tol itu sangat di nanti oleh masyarakat sesumatera, karena mempercepat waktu tempuh dari aceh hingga lampung. Saya yang suka pulang pergi dari jakarta ke jambi suka pegal2 ini badan sekali jalan bisa makan waktu 24 jam, karena muter2 yang bikin lama. Jika ada jalan tol kan bisa lebih cepat sampai. Dulu jakarta bandung sebelum ada tol itu makan waktu 4 jam tapi sekarang cukup 2 jam sampai bandung. Semoga secepatnya terealisasi…

      • pesimis bs jd..proyek jss adalah contoh sederhana,ini proyek prestisius yg menelan dana cm 200 trilyun saja jd perdebatan..sampe skrg tdk jelas realisasinya

        • Coba bung jalan-jalan ke Kualanamu medan, saat ini sedang dibangun untuk ruas Medan – Tebing.
          Harapan saya sih Presiden yang baru dapat melanjutkan rencana besar MP3I ini. Kalau ganti pemerintahan ganti program ya maaf kalau balik mudur maning.
          kami yg di Sumatera sudah merasakan perluasan bandara di Aceh, Palembang, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi. dan masih menunggu Bandar Lampung dan Bengkulu.

        • maklum bung kaloo masih banyak perdebatan, sebab pemerintah masih mengkaji desain yang terpendek, termurah dan teraman dari bencana. CMIIW

    • Diam lah pakcik..cakap tak guna

  11. Birokrasi di negara kita masih mbulet let, perbaiki sistim tender biar dananya ngaa slalu di korupsi, kalo ada proyek jgn kebanyakan lewat tangan biar infrastrukturnya kalo dah finish ada kualitasnya

    • Bung sekar melati, sistim tender sudah bagus dengan E-PROC. semuanya terbuka Dan diawasi oleh LKPP Dan KPK secara on line. Untuk sekarang saya kira sistem tender sudah bagus. Hanya pada tataran pelaksanaan, masih banyak tikus yang coba menggerogotinya.

  12. Ide yg smart untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan didukung dengan infrastruktur yang bagus, lanjutkan

  13. Mantaaap … Semoga cepat terealisasinya … Buat mobilitas MBT diperbatasan juga dan untuk club k …

  14. Proyek kalimantan dah lama mangkrak, dan sekedar info saja kalimantan 63 % jalan antar kabupaaten kota belum ber aspal alias tanah dan itu dari jaman mbah harto, mbah cuman bangun jawa saja, walaupun uangnya dari wilayah lain, makanya kami sebagai orang kalimantan yang kaya energy dan hasil hutan kecewa dengan pemerintah pusat, bahkan pal beye yang 10 tahun menjabat tidak berbuat apa untuk kami, semoga pemerintah yang akan datang peduli dengan kami,, dan daerah lain yang masih tertinggal pembangunannya

    • Setuju bung salas@ setiap bulan kita bayar pajak yg besar..untuk menikmati jalan toll saja harus ke jawa dulu…emang indonesia ini hanya jawa..saja. Padahal hasil bumi kalimantan yg melimpah tetapi tidak merasakan…hasilnya, tolong siapapun presiden mendatang agar kami yg diluar jawa dan sumatra diperhatikan pembangunan infrastrukturnya

    • Update MP3EI sampai dengan 2014 untuk sektor riil sudah terealisasi Rp 441 trilyun untuk 174 proyek; kalimantan Rp 120,1 trilyun utk 47 proyek, jawa Rp 78,6 trilyun utk 36 proyek, sumatra Rp 77,56 trilyun untuk 40 proyek, maluku dan papuaRp 81,2 trilyun, sulawesi Rp 47,3 trilyun, bali dan nusa tenggara Rp 36,3 trilyun.

      Infrastruktur yg terealisai Rp 397,3 trilyun untuk 204 proyek; kalimantan Rp 57 trilyun untuk 47 proyek, sumatra Rp 55,6 trilyun, Sulawesi Rp 22,4 trilyun untuk 24 proyek, bali dan nusa tenggara Rp 17,5 untuk 28 proyek, maluku dan papua Rp 27,15 trilyun untuk 28 proyek.

      Jadi pendapat anda tentang pak SBY tdk berbuat apa2 untuk diluar pulau jawa terpatahkan…. kita doakan pemerinrah selanjutnya meneruskannya.

      • Sedikit tambahan MP3EI dimulai baru dari tahun 2011 kurang lebih baru 3 tahun berjalan….. untuk infrastruktur anggarannya berasal dari APBN Rp 131,6 trilyun, BUMN 153,2 trilyun, swasta Rp 53,8 trilyun, campuran Rp 89,1 trilyun.

    • Ini sebetulnya mewakili juga wilayah lain di Indonesia. Memang pemerataan pembangunan itu harus segera dipercepat. Jangan sampai daerah merasa dianaktirikan pemerintah pusat. Tapi daerah juga harus punya terobosan jangan tergantung sepenuhnya dengan pemerintah pusat.

  15. Itulah kehebatan dan kelebihan bapa SBY selalu memikirkan kemajuan indonesia dari segala sisi,, ekonomi mantap, militer sudah di akui oleh dunia dan mulai memperhitungkan kekuatan militer kita,, semoga jasa2 bapa Sby selalu di kenang oleh rakyat dan bapa Sby panjang umur dan sehat selalu,amin.

  16. Hehehe… tol dibangun tapi jika untuk membeli solar aja tetep harus ngantri dulu selama sehari apa gak nambah i masalah??

    Pembangunan jalan tol ini pada intinya memang bagus untuk pemerataan akses pembangunan dan kelancaran distribusi. Tapi pembangunan ini tidak bisa serta merta berjalan sendiri. Ada banyak hal yang harus ikut serta dalam pembangunan tersebut. Seperti,

    1. Pengentasan Permasalahan untuk perkembangan industri diluar jawa adalah ketersediaan energi listrik.
    2. Infrastruktur dan distribusi bbm yang harus terus tersedia.
    3. Infrastruktur pendidikan dan pengembangan kualitasnya
    4. Pembangunan pelabuhan bongkar muat dan bandara

    Tanpa integrasi pembangunan tersebut, wilayah luar jawa akan tetap menjadi ladang pengerukan SDA dan dampaknya tidak bisa dirasakan penduduknya secara bersinambungan. Sehingga diperlukan grand strategi pembangunan yang komprehensif, agar pembangunan tersebut benar2 dirasakan masyarakat.

    Kalo membicarakan waktu memang tidak bisa instan. Tapi paling tidak grand strategi yang komprehensif tersebut telah dibuat dan diestafetkan ke pemerintahan selanjutnya. Sebesar apapun biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan itu tersebut asal untuk kemajuan dan pemerataan kesejahteraan yaa pantas dan memang harus untuk dikerjakan. Dan dibutuhkan konsistensi untuk mewujudkannya meski roda pemerintah harus berganti.

    • Saya cuma bsa sedikit njawab poin nmr satu bung.. Masalah energi listrik sedang dalam proses.. Bisa dilihat indonesia sedang giat membangun PLTU (walaupun jarang d ekspose sih)… Tujuanny salah satuny jaringan kabel bawah laut kalo gak salah… Saya lupa namanya intinya sedang di usahakan.. Memang sih bung saya paham kekecewaan anda

      • Intinya ‘sabar’ lg ya bung AFN….sabar sabar sabar

      • Setuju bung, memang untuk PLTU di Sumatera banyak yg sudah dalam proses bung. di Sumsel ada beberapa yg sudah comissioning
        Saat ini yg sedang naik daun Pembangkit Geothermal di Sumut, Sumsel, Lampung. Kami termasuk yg kecipratan proyeknya. Thanks pemerintah pak Beye. Memang banyak nggak tahu apa yg sedang dikerjakan. lebih enak presiden setelahnya. asal melanjutkan apa yg sudah baik.

      • bung AFN sepertinya alumni dr beberapa proyek PLTU ya bung…..hehehehe. sepertinya faham sekali sdh brp banyak proyek PLTU yg sdh jadi, sedang dan baru mau…..
        salam kenal bung AFN….

        • Wkwkwkw bung mronggosss.. ente gak bakal percaya kalo ane sebenernya hanyalah “tukang buka buku” :mrgreen:

          Ane tau semua seluk beluk proyek PLTU itu dari keluarga ane hehehe, istilahnya kalo orang deket2 sama orang yang lagi nggarap sesuatu, otomatis yang deket2 pasti juga tau sebagian apa yang digarap hehehe….

          Kemaren ane ngobrol sama keluarga ane, Kalo proyek PLTU yang lagi dibangun itu di pontianak … sekarang ini salah satu perusahaan BUMN lagi ngehandle 4 proyek PLTU d luar jawa salah satunya di pontianak..

          Hehehee salam kenal juga bung mronggosss :mrgreen:

          • hehehe bung AFN merendah, apalg sy bung….sy ini hanya tukang kikir untu sj bung. memang yg sy denger jg prioritas PLTU thn ini dan tahun depan adalah wilayah kalimantan, ntt / indonesia bagian timur. Sayang y kebnyakan media informasi skr, sangat jarang sekali memberitakan apa sj kemajuan pembangunan yg dicanangkan&sedang dibangun oleh pemerintah saat ini.

            salam kawan bung AFN…..

          • Wah gak percaya sama ane nih bung mronggosss :mrgreen:

            Yup , bener bung.. Untuk listrik jawa-bali sebenernya sudah tercover oleh PLTU Paiton.. (Menuru keluarga ane sih malah lebih drpd sekedar mengcover, anehnya ya masih saja ada pemadaman lampu menurut ane).. memang, saat ini salah satu keluarga ane juga bilang prioritas di luar pulau jawa trutama kalimantan.. karena berdasarkan study, kalimantan “mulai” mengalami pertumbuhan maka harus d cover masalah tenaga listrik..

            Kalo untuk sumatera, paling eksis ya geothermal hehehe rencananya sih mau d tambal dengan bbrp PLTU lagi..

            Ya kita tunggu saja hasilnya.. mbangun pembangkit listrik itu juga gak sebentar.. skitar 2-3 tahun … toh mbangunnya juga gak kayak red alert, general, dan game strategi lainnya wkwkwkwkwk :mrgreen: Peace! hehehe

          • Oh ketinggalan untuk soal media: Memang minim sekali yah pemberitaan tentang kemajuan infrastruktur, padahal ini dapat menumbuhkan rasa PD plus mengurangi paradigma negatif ttg Indonesia.. saya amat menyayangkan media dimana” berbau politik saja … hadeeeeeh

    • Yang terpenting tujuan utama pemerintah semoga berjalan sesuai rencana

      Sumatra dan Kalimantan ideal untuk menjepit ekonomi si Upil

    • Ijin ikut nambahin dikit ya Bung.. 🙂

      Beresin juga Birokrasi yg berbelit2, karena saya melihat system Birokrasi spt ini spt sengaja diciptakan utk menciptakan peluang “Bagi2 kue”.

      Hal ini yg kdg bikin Investor ogah/mundur. Keseriusan Pemerintah dlm menciptakan Good Goverment sbnrnya sdh ditunggu2 oleh Investor.

  17. Baguslah, setuju jg dgn komen2 dan kritik positip di atas, rakyat khususnya di luar pulau jawa dan perbatasan sdh bertahun2 teriak2 pd pemerintah minta di bangunkan infrastruktur yg layak, moga bisa cepat terealisasi, terus berlanjut menjalar ke daerah dan pulau2 lain, dan manajemen pengawasan dr perencanaan hingga pelaksanaan hrs ketat…bikin undang2 tentang mobil murah aja cepat….

    • makanya bermimpi pusat pemerintahan pindah kalimantan, pusat bisnis jakarta, industri kreatif bali yogya bandung. lumbung pangan sumatra n sulawesi. kaya amrik sekarang pusat2 pertumbuhan di washington, newyork, los angeles

  18. smoga lancar dan bisa meningkatkan ekonomi didaerah daerah yg slama ini belum terjangkau. dengan adanya tol trans sumatra dan kalimantan otomatis perekonomian di indonesia akan semakin tumbuh & merata pula, dan 1 lg dngan adanya tol terbesut alias tersebut bisa mempermudah penenpatan2 alutsista starategis TNI dimana saja.

  19. Hati2 mangkrak! Bnyk pembangkit listrik pln yg rencana dibangun besar2an mangkrak jaman di menjabat dirut pln!!!!!,!!!

  20. TNI AL lagi bangun apa tuh?ada yang tau gak?mohon pencerahannya

  21. kira” proyek apakah yg akan di bangun tni al? mungkinkah pangkalan rahasia untuk menyambut alutsista pada MEF 2?

  22. Miris rasanya melihat rakyat Indonesia yg kekurangan namun mereka yg memiliki jabatan lupa asal kota asal dan hanya memikirkan kemewahan terlebih yg korupsi.tanggung jawab kita smua menghidupi dn membahagiakan mereka yg hidupnya lebih sulit,karna 1 Indonesia= 1 keluarga.smoga pembangunan ini menjadi salah satu wujud utk mewujudkan kemakmuran rakyat Indonesia scr merata..Amin ya Alloh..

  23. sennopati@saya bbrp hr yg lalu br plg dr pontianak,sambutan pertama ya listrik padam slma krg lbh 6 jam,3 hr di ptk dpt jatah 2 x pemadaman..dr dulu pln janji2 ga akan ada pemadaman lg,ternyata sampe skrg malah tmbh jd hehe

    • pontianak? listrik di pontianak mana ada bagusnya, tahun 2006 kira2, listrik padam sehari bisa 6 jam kali…..dua hari sekali..itu kalao pln nya lagi bener ….kalau kagak bisa2 tiap hari padam 5 atau 6 jam…. kadang2 kami berpikir apa indonesia ini hanya jawa saja ya ….
      apa harus kalimantan berontak dulu baru diperhatikan bener kali ya…

    • Bung frans, ane baru dapet info dr keluarga ane yg kerja d bumn… Di pontianak sedang dibangun PLTU hehehe

  24. Bikin tol/trans raya/kereta api untuk mobilisasi TNI (sekalian untuk bawa ICBM) dan rakyat, pakai insinyur Australia atau Switzerland biar ngga kayak Pantura kwalitasnya!

  25. dinegara kita Sampai saat ini masalah peraturan, pembebasan lahan, serta investasi yang menjadi penghambat pembangunan jalan tol.
    Bahkan untuk sebuah pembangunan jalan tol justru pembebasan tanah yang membutuhkan waktu jauh lebih lama daripada pembangunan jalan tolnya sendiri. maka dari itu perlu dibentuk konsorsium yg melibatkan stakeholder plus masyarakat.
    trus dalam perencanaan jalan tol gak bisa dlm pembiayaannya hanya ditentukan nilai rupiah perkilometer ruas jalan, maka dari itu terlebih dahulu perlu adanya kajian baik dari segi kerentanan sosial maupun adaptasi.
    pelaksanaannya jg hrs diawasi bener-bener, soalnya bila terjadi penyimpangan konstanta perhitungan 0,001 aja dah melenceng tuh tingkat kekuatan jalan. makanya bila perlu undang konsultan luar negeri yg profesional dlm hal pengawasannya…

    ilmu sy agak dangkal jd maaf klo salahnya banyak

  26. @Kaum Hoaxer..
    Jadi dengan ini sudah jelas APBN negara kita lbh dri yg kita bayangkan gan..330triliun hnya untuk Infrastruktur jalan,dll..
    saya yakin List A1 itu benar adanya…ga mgkin kita bangun ini itu kalau ga punya sumber dana yg besar,apalagi pertahanan..itu sangatlah penting bagi suatu negara yg kaya akan SDA seperti Indonesia..

    Salam NKRI

  27. waskita dan HK keuangan perusahaannya brp ya
    triliunan tanpa minjam

    salut dngan mentri BUMN skrng
    smoga presiden nanti mentrinya tetep pak dahlan

  28. dermaga buat kri di balikpapan bung wedus

  29. Alhamdulilah, walau tidak banyak di expose media, sebenar nya banyak jg pembangunan infrastructur di daerah luar jawa, belum lagi pembangunan PLTU2 di sumatra n kalimantan dll, semoga aja bisa di lanjutkan ke pemerintah selanjutnya, siapapun yang terpilih

  30. Trimakasih Pemerintah… Sy bersukur meski ini baru rencana.. Meski bgtu,, setidaknya pemerintah berpikir tentang pemerataan pembangunan..
    Sy tdk berkhayal pemerintah punya lampu ajaib yg tinggal ucap maka jadi.. Sehingga sy hrs menghina niat baik pemerintah (meski hanya wacana sekalipun)

    Sy hanya berharap,, pemerintah yg akn datang tdk alergi terhadap karya2 pemerintah sebelumnya yg berpotensi memeratakan pembangunan..

  31. Indonesia mmg luas. Yg hrs dibangun byk. Pemerataan pembangunan bukan hany slogan tp sdh dan sdg diupayakan. Jd jgn ada sentimen kedaerahan, kt ttp satu Indonesia. Sabar dan ttp jaga persatuan.
    Rencana ada, anggaran ada. Yg prlu diawasi adl pelaksanaanny agar riil, tepat dan maximal.
    Satu kata, Indonesia trgerogoti korupsi. Sdh mnjd rahasia umum ttg kongkalikong proyek. Persenan utk DPR, persenan utk Departmen/Dinas, pemda, persenan utk calo, aparat, dll. Bisa jd dana riil yg digunakan tdk smpe setengahny. Kontraktor pun mikir spy ttp bs untung minimal 100%. Akibatny kontruksi jln2 di Indonesia abal2. Blm smpe setahun jebol, bolong2, krn yg seharusny 3 lapis cuma selapis, dll. Perbaikan lg, anggaran lg, proyek lg, untung lg.
    UUD anggaran Desa minimal 1 M/ thn. Tebak brp yg bs nyampe bener ke masyarKat. Perhatikn aliranny mulai dari kementrian, provinsi, smpe desa.
    Jgn kira korupsi itu utk proyek2 besar sj. Korupsi mnjangkiti disemua aspek, disemua lini, smpe lini bawahpun; bhkn RT, RW.
    Bukan jaminan bangsa ini bs maju dg org2 Intelek, cerdas, kritis. Tp dg mrntal yg jujur, patriot, pengorbanan yg dibutuhkn bngsa ini.
    Sy kira ini yg dimaksud Jokowi dg ‘Revolusi Mental’. Dan yg dimaksud Prabowo dg ‘Kebocoran-Kebocoran’.
    Salam Persatuan.

 Leave a Reply