Agu 112018
 

Sistem rudal anti pesawat Tor buatan Rusia © Anton Novoderezhkin via TASS

JakartaGreater.com – Kemarin, eksportir alutsista Rusia, RosOboronExport telah merilis versi sisttem pertahanan udara Tor-E2 dan mengatakan bahwa itu akan diekspor dalam waktu dekat, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Tor-E2 disebutkan mampu diintegrasikan ke semua sistem pertahanan udara di dunia, termasuk sistem pertahanan udara standar NATO. Sistem ini diharapkan membawa potensi pendapatan dari ekspor alutsista Rusia.

Tor-E2 adalah produk dari Almaz-Antey Aerospace Group yang tidak hanya mempertahankan fitur terbaik dari sistem rudal berbasis Tor sebelumnya, tetapi juga menjadi senjata yang lebih tangguh melindungi dalam peperangan paling modern.

CEO Almaz-Antey Group, Alexander Mikheyev, mengatakan bahwa banyak negara di seluruh dunia tertarik pada kombinasi Tor-E2.

Karena senjata buatan Rusia yang baru dikembangkan ini memiliki kemampuan tempur serta spesifikasi teknis yang unggul daripada kebanyakan sistem rudal serupa di pasar senjata global. Bahkan dalam hal mobilitas dan daya tahan, Tor-E2 tidak memiliki saingan.

Tor-E2 dapat menghancurkan berbagai objek mulai dari pesawat, helikopter, rudal jelajah, dan rudal anti-radar. Selain itu, mereka sangat efektif dalam mengurangi kemampuan tempur senjata pintar, seperti kendaraan udara tanpa awak.

Setiap kendaraan tempur Tor-E2 dilengkapi dengan 16 rudal, berlipat ganda daripada seri Tor sebelumnya. RosOboronExport berencana memperkenalkan sistem pertahanan udara Tor-E2 pada pertunjukan Army-2018 mendatang di Patriot Center.

Peluncuran resmi Rusia untuk versi ekspor Tor-M2 memberikan kemudahan bagi negara-negara yang ingin membeli senjata anti-pesawat, termasuk Vietnam. Pada tahun 2017 silam, Sputnik melaporkan bahwa Vietnam telah menandatangani kontrak untuk membeli sistem pertahanan udara Buk-M2 dan Tor-M2 buatan Rusia.

Menurut daftar pengadaan produk pertahanan Vietnam untuk beberapa tahun terakhir, Sputnik mencatat termasuk keberadaan kapal selam Kilo, jet tempur Su-30MK2, sistem rudal pertahanan udara S-300PMU1, juga Tor-M2 dan Buk-M2.

Dan jika Tor-E2 masuk dalam pengadaan Vietnam, maka itu akan menjadi kejutan yang sangat menyenangkan karena memiliki banyak keunggulan luar biasa.

Bagikan:

  13 Responses to “Tor-E2 dan Pertahanan Udara Modern Vietnam”

  1.  

    Mimpi RI bisa punya sistem rudal pertahanan udara modern…

  2.  

    Hiks sedih aku….. 🙁

  3.  

    Lebih greget daripada NASAMS… mana rudalnya mesti beli dari USA, padahal peluncurnya beli dari Swedia…

 Leave a Reply