Tor M 1 Kloningan Tiongkok Diluncurkan

50
50
image
SAM HQ-17, kloningan Tor M1 Rusia

Menurut gambar yang beredar di internet, sistem rudal permukaan ke udara Tor M1 Tiongkok, telah diluncurkan dan bocor ke media.

Sistem rudal pertahanan udara yang dijuluki HQ-17 (Hongqi-17), merupakan edisi kloning dari Tor M1 SAM, buatan Rusia. Ketika seorang desainer dari pabrik Kupol Rusia melihat foto-foto HQ17, ia mengatakan kecurigaan Rusia yang sudah lama tentang pencurian teknologi oleh Tiongkokterkonfirmasi dengan munculnya kloningan Tor M1.

50 KOMENTAR

  1. mengkloning teknologi juga harus ada modalnya. Misalnya untuk mengklon board electronic, chip, dan microprocessor diperlukan pabrik silicon. Untuk mencetak logam militer juga harus punya dasar peleburan logam untuk hightensil steel. Juga adanya printer 3 dimensi juga diperlukan untuk membuat cetakan bentuk dan pola desain yang akan di klon. Kalau ga punya dasar teknologi yang diperlukan sulit untuk membuat klon. Waaupun bentuk sama, tapi material yang digunakan tidak akan sama persis karena teknologi setiap negara tidaklah sama. Misalnya kualitas baja yang digunakan rusia memiliki formula dan kekuatan yang tidak mungkin sama dengan logam produksi china. Bisa jadi lebih lemah.

  2. Saya kira RRT mampu membuat sendiri sama sekali, rupanya dengan mencuri blue print dll.

    Nah, apakah level RRT membangun ini dgn berbasis blue print yang dicuri, sama dengan level PTDI membangun NC-212 dari bkueprint yang diberikan oleh Airbus Casa secara legal?
    Kalau CN-235 kan PTDI ikut ambil bagian mendesin bagian ekor ya?
    Sedangkan N-250 itu 100% desain IPTN / PTDI, ya kan? Tanpa mencontek?

    Jadi bagaiamana perbandingan Indensia dan RRT?

  3. terlepas dari kemauan mereka untuk maju, sikap cina ini sangat tidak meghargai sahabat sekaligus gurunya sendiri… bagaimana mungkin kita mengharapkan cina akan menghargai kita, ketika rusia aja terang terangan dibokongi… IMHO, gak perlulah kita mengharapkan ToT dari negara yang satu ini…

  4. China bisa ,kenapa indo tidak tinggal kemauan niat dan nilai strategis kenapa tidak ,indo belum spt china mereka mmg lebih maju harus diakui ,china mampu utk membuat sendiri yg belum bisa pasti tetap diusahakan ini harusnya bisa ditiru juga boleh nilainya sangat strategis

  5. china bisa karena kegigihan mereka mencuri desain-desain melalui agen agen khusus CMI china military intelijen yang mereka sebar ke seluruh dunia melalui transmigran orang tiongkok ke seluruh dunia CMI tidak akan ketahuan, kalo indonesia mau seperti china harus seperti itu dengan belajar berubah mandiri, mendesain, mencuri sedikit informasi alutsista, meng otak atik alutsista di pelajari dengan mendirikan universitas teknologi masing masing di bidang aviasi,perkapalan,matra darat untuk mewujudkan nya. indonesia bisa seperti china bahkan tidak usah mencuri, kita memiliki SDM berkualitas yang kreatifitas nya tinggi, cuma sayang nya insinyur kita dan ilmuan kurang di hargai maka nya kembali kepada good will pemerintah untuk mewujudkan bersama-sama

  6. untuk mewujudkan itu semua china tidak bisa instan, china belajar dari hal kecil lalu di hargai oleh pemerintah di berikan sumber dana dan terus di pantau di bimbing hingga para ilmuan itu berhasil, kita bisa mencontoh china jika mau kuasai semua aspek maka ekonomi harus kita kuasai dahulu, mereka mencontoh dari filsafat IR.soekarno ekonomi BERDIKARI makanya mereka mampu menjadi negara dengan ekonomi nomor satu, jika ekonomi mereka baik, lepas dari IMF stabilitas terjaga dan rakyatnya bahagia aman dan sejahtera barulah mereka fokus pada bidang pertahanan dan majulah pertahanan mereka. belajar dari sejarah BPK.soeharto program repelita yang wajib di tiru yang baik nya untuk mewujudkan pembangunan berkualitas di bidang pertahanan.

  7. kalo menurut aku lebih baik ga usah mencuri atau kloning. tarik balik peneliti indonesia yang berada diluar negri tu. suruh mereka pulang dan tanyakan sama mereka apa yang mereka butuhkan untuk penelitian mereka dan terapkanhasil penelitian mereka.
    banyak peneliti indonesia yang lari keluar negri karena mereka tidak dihargai pemerintah kita. yang mereka minta bukan uang tapi penghargaan dari pemerintah. itu aja.

  8. china mmg jago menjiplak tp blm mampu menjiplak teknologinya…liat motor2 jepang yg mereka jiplak tdk satupun yg bs sukses dipasar,di china sendiri motor2 buatan jepang dan eropa paling laris drpd buatan dlm negrinya,bgtu jg mobil ferrari,landrover yg mereka jiplak habis2an tp ternyata mereka tetap saja blm mampu menjiplak teknologinya..lenovo br bs berbicara setelah motorolla bergabung dgn mensuplai teknologinya,bgtu jg teknologi layar televisi dan smartphone yg mereka msh blm mampu menjiplaknya dan msh mengandalkan buatan jepang,korea dan amerika