Jul 042014
 

Angkatan Laut Soviet memiliki torpedo yang dapat meluncur di bawah air pada kecepatan 200 knot atau 370 kilometer per jam, pada 1977. Meski masih dirahasiakan, Shkval atau Squall menarik perhatian masyarakat luas dalam skandal mata-mata pada tahun 2000.


shkval torpedo

shkval torpedo

Meski telah ada terobosan teknologi dalam persenjataan konvensional, serangan torpedo oleh kapal selam masih menjadi ancaman nyata bagi kapal dan awak kapal, bahkan di paruh kedua abad ke-20.

Kapal selam yang dipersenjatai torpedo harus mendekat hingga jangkauan serang yang tak terdeteksi. Namun fitur anti-kapal selam dan antitorpoedo memungkinkan kapal permukaan dan kapal selam musuh dapat mengatasi ancaman dari bawah secara lebih efektif.

Kapal selam Soviet periode 1960-an dan 1970-an lebih inferior dibanding model AS dalam hal level deraunya, sehingga para ahli mesin Moskow berupaya untuk membuat desain senjata baru yang revolulsioner. Shkval akhirnya mulai digunakan pada 1977 setelah dikembangkan selama sepuluh tahun.

Shkval mulai digunakan pada 1977 setelah dikembangkan selama sepuluh tahun. Foto: Press Photo

Shkval mulai digunakan pada 1977 setelah dikembangkan selama sepuluh tahun. Foto: Press Photo

Dengan kecepatan 200 knot yang belum tertandingi, Shkval dua kali lebih cepat daripada torpedo screw-driven tradisional, yang masih menjadi senjata kapal selam utama di armada-armada dunia.

Keunggulan kecepatan ini dicapai dengan mesin roket dan menggunakan superkavitasi, moncong depan torpedo menciptakan gelembung gas di sekeliling seluruh permukaannya pada kecepatan tinggi untuk mengurangi gesekan di dalam air.

shkvalrear

Setelah torpedo diluncurkan dari tabung, autopilot yang telah diprogram sebelumnya akan meluncurkan roket berbahan bakar padat sesuai jalur dan kedalaman yang diperlukan ketika berakselerasi untuk membentuk gelembung gas. Ketika bahan bakar motor awal habis, bagian belakang torpedo dibuang dan mesin utama yang didorong dengan bahan bakar berbasis lithium hidroreaktif akan melaju ke depan.

Air laut kemudian masuk melalui lubang di moncong kapal selam, sehingga memungkinkan torpedo ini melaju pada kecepatan penuh sampai 15 kilometer dan hanya ujungnya yang bersentungan dengan air.

Meski superkavitasi menghalangi efektivitas penggunaan sistem homing pada senjata ini, kekuatan eksplosifnya yang besar sungguh luar biasa, yakni setara dengan sebuah ledakan nuklir 150 kiloton TNT, sehingga kapal selam musuh atau kapal permukaan yang berada di radius satu kilometer jelas akan hancur.

Shkval 533 mm dimiliki oleh sebagian kapal selam nuklir Soviet dan dianggap sama efektifnya baik sebagai senjata penyerang maupun pertahanan ketika kapal selam musuh menyerang.

Operasi shkval torpedo

Operasi shkval torpedo

Shkval mampu menjangkau enam kilometer dalam satu menit dan dapat melakukan serangan balik dengan cepat. Kapal selam AS memiliki keunggulan dalam kemampuan siluman ketika mendekati dan melancarkan serangan pertama, sementara torpedo berkecepatan tinggi ini dapat ditembakkan sebelum melakukan tindakan mengelak. Jadi meski kapal selam yang mengelak itu mungkin tidak dapat memperbaiki data kendali torpedo yang sudah di dalam air, daya ledak Shkval dijamin memberi serangan balik yang dahsyat.

Senjata unik ini memungkinkan Angkatan Laut Soviet untuk menambal kelemahan kemampuan siluman kapal selamnya, sebelum hal itu berhasil diatasi pada awal 1980-an.

shkval torpedo-4

Shkval populer karena sebuah kasus spionase pada tahun 2000, ketika mantan perwira angkatan laut AS Edmond Pope diadili dan dihukum di Rusia karena mengambil informasi rahasia tentang senjata tersebut.

Saat ini Shkval masih merupakan senjata Rusia yang bersifat rahasia dan belum ada desain yang lebih unggul torpedo ini. (indonesia.rbth.com).

Bagikan :

  108 Responses to “Torpedo Maut Shkval Rusia”

  1.  

    Pertamax

  2.  

    kedua

  3.  

    UNO dulu !

    •  

      Walah lewat. tobat-tobat….ra po po….masih lima besar. Itu torpedo ukurannya berapa ya..? Kira-kira kalopun bisa, CBG Class muat atau ndak…? Kalau cepat biasanya manuver jadi berkurang. Bung PS masih prodiksikah torpedo ini di rusia..? Ada kemungkinan di akuisis sama korp hiu kencana…?

  4.  

    Ketiga…

  5.  

    Coba kita punya yang beginian…..

  6.  

    Pertamax!

  7.  

    maenan kesukaan ….
    ikut nongkrong juga dipojokan….

  8.  

    sepuluh besar

  9.  

    Jangan-jangan seperti biasa tiongkok sdh punya replika atau duplikat senjata sejenis…

  10.  

    Dengan kecepatan 200 knot mnjadikan torpedo ini sangat mematikan bagi kapal lawan. Tapi minus nya, dengan kecepatan itu juga mnjadikan torpedo ini manuvernya berkurang. Apabila target sudah dekat, torpedo justru bakal meleset jika tiba2 target juga manuver menghindar….

  11.  

    sangar abis

  12.  

    Wew..ndan klo naga geni bisa nggotong ini juga gak :mrgreen:

  13.  

    Asalam
    kira 2 TNI beli gak ya ? Diameternya berapa ya ? kalau Ø533mm bisa di muat kapal selam U209 atau
    cangbogo para kumandan tolong di babar di mari
    Salam & trim

  14.  

    Nah,kalo ini mudah mudahan udah punya sekaligus ToT nya…….Lanjutkan……!!!!

  15.  

    SEMOGA INDONESIA BISA MEMBUATNYA

  16.  

    kita harus punya TOTnya ini

  17.  

    Bisa kebeli sama kita gak ya…?

  18.  

    wah beneran to bung nara@ kita uda punya barang ini????wah wah mantap lo gitu bung….thanks infonya bung…

  19.  

    Bung ps nanya dong, ane pernah mbaca angkasa edisi kapal selam: the silent warrior… Disitu disebutkan kalo tujuan skhval dibuat untuk “penjagal kapal induk”… Beneran tuh? Ks apa aja yang bisa nembakin?

    •  

      ya benar Bung, skhval 2 yang dahsyat sebenarnya hehehe…. SSN dan konvensional tapi sistem penembakannya di modif juga bisa, ini torpedo ngeri Bung, punya ciri khas sendiri noisenya dalam air dan yang pasti dalam jarak point black range torpedo rata-rata alamat bakalan enggak bisa ngehindar KS atau kapal lawan :mrgreen:

  20.  

    sip

  21.  

    wuissss keren sangat nih torpedonya ya ndan…untuk penangkal dari torpedo ini sdh ada belom ya ndan nara????…

  22.  

    ini yg manufacture-nya di Kyrgyzstan ya?
    pantes 2012 pemerintah rusia ngotot beli 75% sahamnya..
    wakakakaaa…

  23.  

    maenan ane ada yang beginian ga ya??? lirik comrade Nara & comrade PS :mrgreen: hehehheheeh 😀

  24.  

    ada tuh hehehe… :mrgreen:

  25.  

    yaaah….25 deh….
    absen….

  26.  

    manyoss..
    terus nusantara punya apa doong buat bentengnya..

  27.  

    Bener2 serem nih torpedo.. Moga2 aja Indonesia benar2 sudah memilikinya..”Amin”

    Macan yang tertidur selama bertahun – tahun akhirnya bangun juga..

  28.  

    Jos gandos torpedonya….kalau benar TNI sudah punya luar biasa…Jayalah NKRI….

  29.  

    Wah hasil bubernya di cilangkap,bocoran alusnya tmbah banyak ya ndan Nara hehehe
    Dijamin kerja aparat Insya Allah lebih ringan deh klo dah psywar dgn cunguk2 yg mau bikin gaduh hbs tgl 9 bsk 🙂

    Buat para warjager,ini para sesepuh lg lapar. Di tanyain trs aja,ntar klo dah buka puasa,para sesepuh ini gk mau buka bocorannya lg hehehe 😀

  30.  

    teman teman di jakarta Greater pasti setuju semua neh kalau TNI harus untuk memilikinya.Gunakan hubungan baik dengan rusia sebaik baiknya.

  31.  

    Test..

  32.  

    apakah si berat sudah mulai usil kok psywar nya keluar @bung nara

  33.  

    Totnya kasihin pindad biar ntar ane yg bikin..:-D

    •  

      The most important things itu bung,apalagi senjata strategis gini kan bung.
      Bertahap,klo blm bisa menguasai semuanya,paling gk setengahnya dulu 🙂

  34.  

    Ndan Nara! Berarti benar bahwa Indonesia dimata Rusia dianggap sebagai saudara melebihi sekutunya. Karena pentungan Rusia yg sangat goib saja kita di bolehkan memiliki. Indonesia Strooonng Tenan!

  35.  

    makin keren aje neh tni.. btw bung nara atawa om ps, apa tni punya lumba2 militer tuh ?

  36.  

    saya muntah2 nih bung Nara… jarang-jarang beritanya terang kayak begini… 😀

  37.  

    lalu..kemudian dimunculkan prototipe pengusung midget sub di paralel alki kita …commandante nara?…hemm..??

  38.  

    Shkval + hulu ledak nuklir = luar biasa
    Shkval + hulu ledak biasa = kurang, karena ngga bisa belak belok

  39.  

    BUJUG BUNENG…..ITU MAH BUKAN BOCOR LAGI……EMBERRR………….WKWKWKWK……………MUANTABB………

  40.  

    ks dan kapurnya sdh bgs tuh mixed nato rusia, cuma radarnya kok dari usa semua y, coba kalo dari rusia juga, kan aman tuh, yah g ada h2c sadap2 lgi kayk kmrn,,

  41.  

    Seram sangat ini torpedo :mrgreen: tpi apa yg membuat rusia mau kasih maenan sangar bigini?

  42.  

    Senjata pamungkas yg mematikan.Oot bagaimana sih baca ejaan nama torpedo itu kalau dlm EYD bhs Indonesia?

  43.  

    mohon pencerahan Ndan Nara soal parchim upgrade
    koq sonora jd terkencing2 ma si parchim yg uda bahuela ini 😉

  44.  

    Kirov yg ganti ktp apakah yg nolam 099 kah di kesatuan asalnya ? Mohon koreksinya ndan nara n ndan PS..maaf kalo salah
    .

  45.  

    ini pake teknologi superkavitasi kan ya? kalo diaplikasikan ke KS bisa gak ya kira2?
    kayak di komik arpeggio ada KS yang bisa make superkavitasi jadinya bisa ngacir kayak mobil F1 😀

  46.  

    Technology Submission – Novel Rotary-Turbo-InFlow Tech – Featured Development

    GEARTURBINE PROJECT
    Atypical InFlow Thermodynamic
    Technology Proposal Submission
    Novel Fueled Motor Engine Type

    *State of the art Innovative concept Top system Higher efficient percent.
    Have similar system of the Aeolipile Heron Steam device from Alexandria 10-70 AD. -New Form-Function Motor-Engine Device. Next Step, Epic Design Change, Broken-Seal Revelation. -Desirable Power-Plant Innovation.

    http://www.youtube.com/watch?v=0cPo9Lf44TE

    YouTube; * Atypical New • GEARTURBINE / Retrodynamic = DextroRPM VS LevoInFlow + Ying Yang Thrust Way Type – Non Waste Looses

    -This innovative concept consists of hull and core where are held all 8 bteps of the work-flow which make the concept functional. The core has several gears and turbines which are responsible for these 8 steps (5 of them are dedicated to the turbo stages). The first step is fuel compression, followed by 2 cold turbo levels. The fourth step is where the fuel starts burning – combustion stage, which creates thrust for the next, 5th step – thrust step, which provides power to the planetary gears and turbines and moves the system. This step is followed by two hot turbo steps and the circle is enclosed by the final 8th step – bigger turbine. All this motion in a retrodynamic circumstance effect, wich is plus higher RPM speed by self motion. The Reaction at front of the action.

    *8-X/Y Thermodynamic CYCLE – Way Steps:
    1)1-Compression / bigger
    2)2-Turbo 1 cold
    3)2-Turbo 2 cold
    4)2-Combustion – circular motion flames / opposites
    5)2-Thrust – single turbo & planetary gears / ying yang
    6)2-Turbo 2 hot
    7)2-Turbo 1 hot
    8)1-Turbine / bigger

    -With Retrodynamic Dextrogiro vs Levogiro Phenomenon Effect. / Rotor-RPM VS InFlow / front to front; “Collision-Interaction Type” – inflow vs blades-gear-move. Technical unique dynamic innovative motion mode. [Retrodynamic Reaction = When the inflow have more velocity the rotor have more RPM Acceleration, with high (XY Position) Momentum] Which the internal flow (and rotor) duplicate its speed, when activated being in a rotor (and inflow) with [inverse] opposite Turns. A very strong Novel torque power concept.

    -Non waste parasitic looses for; friction, cooling, lubrication & combustion. -Shape-Mass + Rotary-Motion = Inertia-Dynamic / Form-Function Wide [Flat] Cylindrical shape + positive dynamic rotary mass = continue Inertia kinetic positive tendency motion..

    -Combustion 2Two continue circular [Rockets] flames. [ying yang] opposite one to the other. – With 2TWO very long distance INFLOW [inside propulsion] CONDUITS. -4 TURBOS Rotary Total Thrust-Power Regeneration Power System. -Mechanical direct 2two [Small] Planetary Gears at polar position. -Like the Ying Yang Symbol/Concept. -Wide out the Rotor circumference were have much more lever [HIGH Torque] POWER THRUST. -No blade erosion by sand & very low heat target signature profile. -3 points of power thrust; 1-flow way, 2-gear, 3-turbine. *Patent; Dic. 1991 IMPI Mexico #197187 All Rights Reserved. Carlos Barrera.

 Leave a Reply