Sep 142015
 

ss2pindad-25Bandung – PT Pindad menjalin kerja sama industri pertahanan dengan Uni Emirat Arab (UAE) serta penjajakan pengembangan sejumlah alat utama sistem persenjataan.

“Kami apresiasi dukungan Kepala Negara, para menteri dan seluruh instansi terkait yang mendorong terbentuknya kerja sama industri pertahanan Pindad dengan mitra strategis dari UAE,” kata Direktur Utama Pindad, Silmy Karim dalam siaran pers yang diterima Antara, di Bandung, Senin (14/9).

Kerja sama yang ditandatangani di sela-sela kunjungan Presiden RI, Joko Widodo, Minggu 13 September 2015 di Abu Dhabi merupakan terobosan bagi produk alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan Pindad ke pasar Timur Tengah.

Kerja sama yang berhasil dijalin oleh Pindad mencakup rencana Transfer of Technology dan lisensi dari senapan serbu SS2 dan distribusi serta pemasaran aneka produk amunisi ke negara-negara Timur Tengah melalui mitra strategisnya, Continental Aviation Services (CAS).

Sebaliknya dari UAE, pihak CAS yang bekerja sama dengan Rheinmetall Defense (RhD) Canada, akan melakukan alih teknologi dan investasi untuk penjajakan pembuatan remote weapon system (RWS) dengan merk Pindad yang bisa dipasarkan untuk kebutuhan domestik TNI dan Polri atau pasar di Asia Tenggara.

RWS Rheinmetall

RWS Rheinmetall

“Kami sepakat untuk bekerja sama dengan Pindad sebagai ‘special hub’ bagi produk RWS kami untuk pasar di Indonesia dan Asia Tenggara,” kata Juergen Fiebig CEO dari CAS.

Selain dua nota kesepahaman tersebut kini Pindad tengah menjajaki rencana pembuatan tank boat dengan kanon 105mm.

Produk terbaru ini merupakan inovasi hasil kerja sama Pindad dengan produsen kapal PT Lundin dari Banyuwangi dan produsen kanon 105mm Cockerill, Belgia.

Canon Tank Boat Lundin

Canon Tank Boat Lundin

Pihak berwenang UAE telah mengadakan pembicaraan dan perumusan kerja sama untuk pemesanan sejumlah tank boat buatan Indonesia tersebut.

“Kami dengan mitra dari UAE membahas potensi pengadaan sekitar 100 unit tank boat ini akan menjadi ekspor besar bagi industri pertahanan Indonesia ke UAE,” kata Direktur PT Lundin, Liza Lundin.

Suara Pembaruan

  55 Responses to “ToT dan Lisensi Senjata SS Pindad untuk Uni Emirat Arab”

  1.  

    1?

  2.  

    kampreett …!!!!!hebat negara ku….

  3.  

    Mudah2 an pertamax…

  4.  

    Makin mantap kerjasamanya pindad….

    •  

      Sama bung. Kayaknya untuk pertempuran di sungai2 atau pesisir pantai. Tp kok gk ada anti rudal pespur jarak pendek ya..buat hadapin heli tempur atau pespur..radarnya jg bagaimana ini tank. Mungkin ini bisa di kembangkan dlm beberapa varian..misal spesial anti udara yg di lengkapi rudal jarak pendek/menengah…spesial anti kapal yg di lengkapi rudal jarak pendek/menengah..spesial radar gerak dan spesial jammer….spesial serang darat di lengkapi mortar….selain itu bisa di pakai ini buat lapis ke tiga pertahanan pantai dan perang gerilya di sungai…apalagi kalau design nya bisa siluman…ini TNI kita apa sdh akuisis ya ??? Jd ingat boat2 iran ukuran kecil yg bawa rudal anti kapal yg bikin takut kapal2 perang US…biar kecil tp kalo banyak yg nyerangnya…keder jg nyali musuh …hehehehe.

  5.  

    Good job RI-1. Semoga membawa hasil yang menguntungkan buat Indonesia.

  6.  

    Mantap

  7.  

    Maju trus ..

  8.  

    Sip

  9.  

    saatnya kita semua berkata THIS IS INDONESIA BUNG!!! kepada yang merendahkan kita selama ini… hahahaha…

  10.  

    Kabarnya si abot sudah lengser ya

  11.  

    @bung Kenjirou on, salam……..!!!

  12.  

    kata kuncinya adalah…inovasi atau mati..!!! pabrik senjata, industri dan teknologi intinya kudu iso inovasi,kalo gak… akan digilas jaman..tentu dengan dukungan dari pemerintah dan dana….

  13.  

    Mantaaaaaap

  14.  

    ini baru bung jokowi

  15.  

    Katanya pak JK IFX batal. lah ni berita dari kemhan dilanjutin

    http://www.kemhan.go.id/kemhan/?pg=31&id=1870

  16.  

    Terus lah buat Terobosan terobosan, jangan bosan bosan ………… !!!

  17.  

    kupingnya si MALON pasti makin panas aja….wkwk wkwk..malon..malon..majulah indonesiaku

  18.  

    wah senjata banyuwangi mau di ekspor ya…smoga smakin banyak inovasi dan senjata lebih canggih lagi. Smakin maju bangsa indonesia smakin jaya terus

  19.  

    Tank boat 100 unit???!!!! Mantaappppp…
    gantiin jerman yang export leopard ….. kita mulai export Tank juga (walaupun beda Alam nya)

    Bonefish nggak di lirik sama UEA kah?

  20.  

    Ente keliru, ada satu kelebihan malon dibanding Indonesia bahkan mungkin ini satu-satunya kepakaran di dunia, yakni pakar dalam urusan mengutak-atik nama barang produk. Panzer ANOA buatan PINDAD di tangan malon bisa diubah menjadi RIMAU. Tank PT91 Twardy buatan Polandia, ternyata di tangan malon bisa juga direkayasa namanya menjadi tank PT91M Pendekar, sementara Mobil mitsubishi asal jepang juga bisa disulap menjadi proton….

  21.  

    Tank boatnya mantap. Terlihat lincah gesit di atas air..

  22.  

    makin bangga ja ni ma tanah kelahiran banyuwangi kalo misal tu UEA jadi order tank boat 100 biji…makin bangga juga nih ma NKRI…harga mati

  23.  

    saya masih bingung apa fungsi dan keunggulan tank boat nih.. :/

    •  

      Untuk negara-negara kepulauan seperti Indonesia, Filipina, Palau, PNG selain untuk patroli garis pantai, juga penyerbuan pulau tersembunyi lokasi pemberontak/perompak lumayan atuh…kan gak bisa pake tank, mau heli atau kapal cepat mungkin kemahalan…

  24.  

    ini baru ikan kakap, kalau berurusan dengan Timur Tengah, biasanya, partai besar … bukan beli ketengan … xixixi …

  25.  

    Tankboat produk asli Indonesia hasil inovasi Lundin ini kyknya akan menjadi produk andalan eksport, wlu amat disayangkn mesinnya masih produk luar. Pdhl klu kita sdh bs bikin mesin, mk akan lbh banyak lg pekerja kita yg bs menikmati kueh manis ini.
    Pesanan pertama langsung 100 tankboat, sggh membanggakan. Mudah2an diminati oleh negara2 lainnya.
    Kawan-kawan! Tolong dibabarkan apa keunggulan dr tankboat ini?
    Sbb tdk mungkin sebuah produk diminati jika tanpa adanya kelebihan dibanding produk lain.

  26.  

    Canon Tank Boat …………………itu baru kreatif

  27.  

    Di dalam kesempitan dan keterbatasan kadang2 bisa memunculkan pemikiran2 yang inovatif bung. Baru saja saya nonton film judulnya “Spare Parts” yang diangkat dari kisah nyata anak2 SMA dari keluarga imigran gelap asal Mexico di Amerika. Mereka ini mau ikut lomba bikin robot bawah laut, tapi sekolahnya ngga punya duit. Akhirnya mereka terpaksa patungan dengan dana seadanya dan justru malah bis akreatif. Sebagai contoh, untuk mencegah kebocoran air ke dalam circuit, maka di sekelilingnya dipasangi… pembalut wanita hahaha. Lalu untuk mengukur jarak, kalo team2 lain sudah pakai laser, mereka pakai meteran tanah yang ditarik pake mesin hehehe… Kocak dan jenaka, tapi kasian juga.

    Tapi ya intinya begitu bung, dengan segala keterbatasan kita ga boleh menyerah 🙂

  28.  

    Utamakan absen

  29.  

    UEA pesen banyak nih.. dri pt pal ada dari pindad ada pt lundin ada mantap deh… kalo UEA aneh aneh tinggal embargo
    JAYALAH NKRI

  30.  

    kata mbah gugel: Dorang pon tergugu kat bilik merenung, dok pikir nasib kerajaan yang semakin teruk…he..he…..

  31.  

    sebenernya menguntungkan gk? kita kasi licensi dan tot SS2, bukannya lebih menguntungkan jual senjata siap pakai. ya walaupun kita dapat tekno logi remote yg bisa di jual di lokal dan hanya sebatas asia…hmmm gk bisa global nih, bisa sikutan ama pedagang lapak senjata lainnya…

  32.  

    gimana kelanjutan kapal trimaran yg terbakar dri produksi pt .lundin

  33.  

    sip..

  34.  

    Tank boat canon 105…
    Tank boat Gatling gun 30mm…(ditunggu..pengembangannya)
    Tank boat C 705…(ditunggu …pengembangannya)…lumayan untuk formasinya…

  35.  

    Tank boat canon 105….
    Tank boat gatlinggun 30mm…( ditunggu …pengembangannya)
    Tank boat with C705 ….(ditunggu…pengembangannya)
    Bakalan Laris untuk formasi ini…

  36.  

    Tank boat canon 105…
    Tank boat with Gatling gun 30mm…ditunggu pengembangannya
    Tank boat with C705 …ditunggu..pengembangannya
    Bakalan Laris untuk formasi ini…

  37.  

    sesuai dengan filosofi negara maritim.
    tank boat digunakan untuk minim dukungan udara. membuka jalan untuk btr dan membantu pengeboman garis pantai oleh kaprang. kelas mistral diisi 30 TB. kelas banjarmasin 15 TB. jadi kita bayangkan garis pantai musuh dihajar 45 meriam kl 1 menitnya 3 peluru maka sudah dimuntahkan dlm 1 menit 135 peluru meriam dengan daya ledak high explosive