Nov 122014
 
IFV Marder

IFV Marder

Salah satu syarat untuk pemenuhan kebutuhan ALUTSISTA dari Produsen Asing adalah adanya keharusan Transfer of Tecnology (TOT), hal ini dimaksudkan agar tercapai kemandirian pembuatan ALUTSISTA pada produsen khususnya BUMN Strategis milik Bangsa Indonesia seperti PT. PAL dan PT. PINDAD. TOT seringkali sulit didapatkan dikarenakan jumlah pembelian yang sedikit, Kerahasiaan/Kualitas Tinggi Teknologi yang terkandung pada alutsista dimaksud (HiTech).

Namun sesungguhnya terdapat salah satu cara untuk dapat membuat Alutsista yang mematikan (Lethal), multi fungsi, ringan dan berbiaya murah serta mudah mendapatkan sumber komponennya. Saat ini PINDAD sudah mengembangkan prototype tank/panser ringan dan saat pameran INDO DEFENCE 2014 panser dimaksud telah dipamerkan dan dilengkapi dengan peluncur Rudal.

Rheinmetall selaku salah satu penyedia/pemasok Alutsista telah memasok Tank LEOPARD 2, MARDER dan saat pameran INDO DEFENCE 2014 menampilkan kendaraan pengangkut lapis baja ringan WIESEL 2. Wiesel 2 yang dioperasionalkan oleh 2 s/d 3 personil ini lebih murah dan lebih ringan dari MARDER dan dengan anggaran pengadaan Alustsita yang tidak terlalu besar sebaiknya di MEF 2 mulai dibeli dalam jumlah yang banyak dan bisa alokasikan ke Pos Militer terdepan.

Kendaraan ringan WIESEL 2 ini sangat cocok untuk Pasukan LINUD (AIRBORNE INFANTRY), PASKHAS dan KOPASSUS karena bentuknya yang mungil dan ringan maka dapat dimasukkan ke dalam Hercules ataupun Heli angkut seperti Chinook yang kabarnya akan dibeli. Adapun sekilas perbedaan spesifikasi produk Rheinmetall tersebut sebagai berikut :

Spesifikasi Tank Leopard 2 Marder 2 Wiesel 2 SBS Pindad
Berat (ton) 62,3 37,4 4,78 13,0
Panjang (m) 9,97 6,79 4,78 5,68
Lebar (m) 3,75 3,24 1,87 2,77
Tinggi (m) 3,00 2,98 2,17 1,97
Maks. Jumlah Crew 3 7 3 10
Wiesel 2 Lightweight Armoured Mortar

Wiesel 2 Lightweight Armoured Mortar (photo: Ayoeng).

Prototype Tank SBS PINDAD dengan Peluncur Rudal

Prototype Tank SBS PINDAD dengan Peluncur Rudal (photo: Ayoeng).

Berikut Varian WIESEL 2 :

Wiesel 2 Lightweight Armoured Mortar

Wiesel 2 Lightweight Armoured Mortar

WIESEL 2 Versi Pos Komando

WIESEL 2 Versi Pos Komando

WIESEL 2 Versi Otomatic Canon dengan Rheinmetall Canon Rh202 20 mm

WIESEL 2 Versi Otomatic Canon dengan Rheinmetall Canon Rh202 20 mm

WIESEL 2 Versi Radar

WIESEL 2 Versi Radar

image013

image015

Penulis : Ayoeng – JKGR Biro Jambi


Sumber :

– Wikipedia
– Pameran INDO DEFENCE 2014 stan Rheinmetall

 

  39 Responses to “ToT Rheinmetall: Leopard 2, Marder hingga Wiesel 2”

  1.  

    kecil-kecil cabe rawit

  2.  

    sbs wajib dikembangkan.

  3.  

    Kecil tapi mematikan, btw tank sbs pindad udah di produksi massal belom… Keren tuh

  4.  

    apa bedanya dengan tank scorpion yang kita miliki..mohon pencerahannya

  5.  

    Test

  6.  

    Ajib

  7.  

    siapa tuh bayi yg ada difoto?

  8.  

    Alhamdulillah..ujan2 bisa 10 besar

  9.  

    Pindad dan RheinMetaL EXTRAORDINARY COMPANY 😉

    •  

      Hmmmm ArtikeL di atas juduLnya membuat saya bertanya – tanya “MASAK IYA SIH KITA DIKASIH TOT LEOPARD2” yang setau saya hanya perawatan dan sedikit iLmu untuk pengecekan pendingin atau AC daLam Tank LEOPARD2, kaLau AMUNISI LEOPARD2 memang iya , Oh iya biLa betuL kabar Anginnya kita dapat BLueprint MARDER yang diceritakan sy berharap Untuk medium TANK merujuk ke marder saja , Naaaah kaLau untuk LiGHT TANK atau TANK RINGAN usahakan RheimetaL mau mengembangkan wieseL 3 yang merujuk ke TANK AMX 13 yang sudah DIRETROFIT atau merujuk ke TANK SCORPION Kita itu kan Lebih keren !!!

  10.  

    cantik,.. kecil2.. mengigit…

  11.  

    mantab

  12.  

    Definisi TOT tidak jelas?!! Sepertinya perawatan dan penggantian spare part saja sudah dianggap TOT… ??

  13.  

    mau tanya wiesel ini ikutnya apc apa ifv bung? trus perlindungannya gmana kok enteng bgt cuma 4 ton
    salam

  14.  

    Assalamuaaikum wr.wb.
    anaknya bung ayoeng ya 😀
    semoga menjadi anak yang soleh 😉
    serta kelak menjadi orang yang di sayang oleh allah SWT, orang tua, bangsa dan negara, serta masyarakat sekitar 😉

    kalau salah ya maaf 😀
    maaf kalau oot 😀

  15.  

    sepertinya terlalu ringkih…apa kah bisa menahan serangan RPG???yg jauh lebih murah,lebih efektif,dan lebih banyak produksinya????

  16.  

    Wiesel ini “tank” nanggung, itu sudah.

  17.  

    Betul.
    TNI sudah banyak tank ringan.
    Mending mengembangkan SBS daripada import tank ringan terus.
    Lebih bangga rasanya pake buatan sendiri.

  18.  

    Itu tank buat ngebajak sawah aja.. kasi ke petani.. model curut gitu..:v

  19.  

    klo untuk airborne mending bmd 4 aja…

  20.  

    Wiesel beratnya ‘cuma’ 4 Ton..?? Ringan banget..masuk katagori apa y Light Tank atau IFV..kalau buat patroli jaga perbatasan mending Panser Anoa 2 di dampingi Tank AMX hasil Retrofit aja..buatan lokal dan ga kalah gahar..

  21.  

    Untuk urusan per-tankan jerman emang jagonya lobi terus….

  22.  

    Nanggung untuk perusahaan sekelas PT Pindad. IMHO

  23.  

    mantaaaaaaaap

  24.  

    Kalo cuma wiesel, mendingan ga usah deh. Lebih baik konsentrasi mengembangkan Anoa dan Badak. Kalau memang mau ambil paket ToT dari Rheinmetall, lebih baik ambil system autokanon. Ada 2 yg bisa kita ambil:
    1.) Rheinmetall RMK30 yang nantinya bisa dipasang di Anoa, Badak, atau Tank SBS.
    2.) GDM-008 Millenium: Ini bisa dipasang di kapal2 TNI

    Saya rasa itu lebih bermanfaat

  25.  

    Kalo q mending milih sbs pindad dari pada wiesel , selain bentuk nya lebih bagus yk di angkut juga lebih banyak

  26.  

    Anak kecil yg digendong itu betul anak saya.
    Wiesel 2 ini memang ringan dan cocok buat pasukan serbu gerak cepat “Assault Airborne” karena disamping kemampuan offroad juga mampu menenteng senjata mematikan dan beda kelas dengan Tank AMX 13 yang lebih berat dan susah dibawa untuk dropping dari udara. Spesifikasi AMX 13 bobot tempur rata2 14,5 ton Panjang 4,88 m, Lebar 2,53m, tinggi 2,35m dengan crew maksimal 3 personil.
    Wiesel 2 oleh oleh infanteri Bundeswehr sudah sering teruji di medan tempur di UNOSOM II, IFOR, SFOR, KFOR, TFH, ISAF.
    Untuk alutsista ringan angkut pasukan TNI pernah juga mengoperasikan Steyr Puch Haflinger karena kemampuan offroadnya untuk mendukung operasi TRIKORA dan DWIKORA dan saat itu tahun 1960-1970 indonesia mengimpor 1.500 unit Haflinger utuh dan 500 unit dalam bentuk suku cadang.
    Manager Program Rheinmetall Jerman, Michael Kerwin pernah mengatakan bahwa Indonesia dan Jerman (Rheinmetall) sempat sepakat untuk memproduksi kendaraan lapis baja Wiesel 2 di Indonesia. Namun upaya itu terganjal lisensi ekspor yang keluar terlambat, berikut petikannya : “The company plans to bring the Wiesel 2 armored vehicle to the Indodefense trade show in Jakarta this November after a deal to produce it in Indonesia fell through because the export license arrived late”, ujar Michael Kerwin.” Nah di pameran INDO DEFENCE 2014 ini pihak Rheinmetall memenuhi janjinya menampilkan salah satu sosok varian Wiesel 2 ini. Sementara untuk TOT atau Produksi Marder di Indonesia sebenarnya pihak Jerman (Rheinmetall) sudah bersedia karena memang di Jerman IFV Marder akan dipensiunkan dan diganti dengan IFV Puma.Untuk TOT MBT Leopard memang Indonesia dapat sedikit namun pihak Rheinmetall bersedia membagi TOT produksi peluru buat MBT dimaksud. Kelanjutan TOT ataupun Produksi IFV Marder, Wiesel 2, bahkan MBT Leopard 2 pastinya akan bergantung kepada Pemerintah dan Komisi I yang baru.

  27.  

    Mungil, mantep, body sexy, senjata lumayan,bisa dibawa kemana. Kayanya kita perlu neh apalagi kalau dpt tot. Beliiiiiiii i jerman strooong

  28.  

    kasihan indonesia, di kasih tot begini pada ga nyadar, itu barang dah di pensiunkan jerman awal 2000an, marder di scrap disana. marder punya kita itu di kumpulin dari junkyard. mau di tot apanya?

  29.  

    knp gk peNGEN TOT ma Rusia aja cantik2 alatnya sprti Tunguska itu mntap…

    •  

      barang rusia rongsokan bung, buatan jerman top, tapi masih kalah hebat dari buatan amerika, wuih bisa dipakai ngelawan alien tuh, liat aja di film independet day. pokoke amerika strong pembela bumi dari hari kiamat.

      •  

        kbanyakan ngayal sih..secanggih2 alat amerika itu gak mnkin bsa mnghindari kiamat bro…org2 sono itu hanya di buat seolah2 pinter teknologi., tp gak knal Allah…percumaa…

  30.  

    Hrusnya di END TOT aja itu brang jlek gak menggairahkan udah tuir …klo peNGEN TOT itu skalian Tunguska Rusia Body Mulus,pnampilan cantik,msih muda dgn pluru kndali di jamin puas krna udh di lngkapi radar mandiri

    •  

      kurang promosi bung, masukin hollywud dulu biar jaguh, hari gini promosi itu number one, jadi saat dibeli dibenak rakyat indonesia sudah terbayang top.markotop wkwkwkwk..

  31.  

    cocok mmg buat menemani airborne infantry, sambil nunggu yon mekanis dtg.

    kalau mmg bisa diproduksi sini bagus itu, dikembangin jd basic UGV lebih joss lagi

  32.  

    bang ayoeng, biro jambi ya? mau ikut bang gabung d biro jambi, saya asliny orang sumsel, tapi lagi kuliah di univ jambi fakultas hukum. boleh minta contact person ny bang? salam

 Leave a Reply