Nov 252014
 

image

image

Sebuah artikel yang inspiratif dan kritis yang menggedor hati dan menjadi renungan bagi kita semua. Terima Kasih Bung MYUN.

  38 Responses to “Tragedi Manusia Perahu”

  1.  

    pertamax

  2.  

    Artikelnya mana ya???

  3.  

    Artikelnya mantep. (Analoginya)

  4.  

    artikelnya ya itu tadi .. filosofi kebersamaan di dalam perahu …. hahahaha

  5.  

    Assalamualaikum wr.wb.
    coba imajinasikan kata-kata tersebut dalam bentuk sebuah bangsa
    ada orang yang berkedudukan tinggi dan ada juga orang yang berkedudukan rendah

    •  

      saya mau tanya mengenai filosofi tersebut,
      batasan antara kebenaran dan ketidakbenarannya dimana ya?
      agar terhindar dari keraguan, mengingat didalam perahu terdapat beberapa karakteristik yang berbeda, baik dari segi pengetahuan ataupun kemampuan :mrgreen:

      •  

        Barang kali itu bung WD@ terciptanya perkataan ” Clue”.

      •  

        Kamsudnya begini nih, karena malas tapi haus, yang di bawah bermaksud melubangi perahu dengan linggis. Bagi semua penumpang yang di bawah, hal itu sah-sah saja, toh lebih dekat, lebih mudah dan tidak perlu mengganggu atau merepotkan mereka yang diatas. Namun secara keseluruhan mereka tidak tau bahwa tindakannya itu membahayakan seisi perahu. Sedangkan yang diatas, karena merasa tidak diganggu lagi ya cuek bebek aja malah seneng karena orang bawah tidak lagi bolak-balik ke atas nginjek kaki, celana atau tas dan mengganggu tidur mereka.

        Dalam berita yang masih hangat contohnya berpindahnya kependudukan warga-warga perbatasan. Mereka berusaha cari hidup yang layak dengan membuat kewarganegaraan asing, bekerja di tempat asing dan itu sah-sah saja. Sebaliknya bagi pemda setempat yang berada jauh dari mereka merasa tidak perlu lagi mengurus karena toh mereka sudah bisa cari makan sendiri di negeri seberang dan lagi tidak ada ojex musim becex gini. Namun mereka semua tidak menyangka bahwa hal itu bisa saja dikondisikan sehingga 3 desa bisa beralih semua dari WNI, menjadi WNM, kemudian aparat juga karena tidak pernah direcoki lagi jadi malas melakukan kunjungan kerja ke 3 desa tersebut. Padahal disana sudah dibangun Rumah Sakit, Bendungan, Bandara, yang semuanya pake bendera Jalur Busway eh Jalur Gemilang maka…..(silahkeun dilanjut mang….bukan goyangannya tapi khayalannya loh) 😎

        •  

          Yoo..iiiii…,
          Perahu yang akan sampai ketujuan dgn selamat perlu nahkoda yg hebat, pemberani, pantang menyerah.,
          Dengan karakter nahkoda yg spt itu sdh mjd modal besar dalam perjalanan ditengah lautan yg penuh ombak besar..,badai..,cuaca ekstrim dsb.
          Nahkoda yg pusing malah minum sebotol anggur klo menghadapi badai. Tapi nhkoda yg ini akan berpikir tenang, tidak asal teriak suruh sana sini kpd anak buah. Dengan keberanian dilawannya semua rintangan,dan dengan pantang menyerah dilewati ombak badai. Dia jg Akan memberikan ketenangan kpd semua penumpang bahwa semua akan baik2 saja. Klo terpaksa masih ada jalur lain sbg alternatif.

          Tidak kalau penting, layar terkembang hrs sempurna dan tidak bolong2 Agar angin dpt mendorong dgn sempurna.

          Goyaang lagiii..ehh..ngayal lagiii..

        •  

          trims bung MJ dan bung Petruk Kantong Bolong 😉
          silakan di lanjut goyangannya eh maksud saya khayalannya :mrgreen:
          seorang nahkoda yang akan mengarahkan kapal ke air terjun atau ke laut lepas.
          jika air terjun maka hancurlah itu kapal jika laut lepas maka kapal itu menemukan jatidirinya sebagai kapal bukan perahu :mrgreen:
          maka di perlukan pemimpin yang bijaksana berwawasan luas selain itu seorang pemimpin juga harus bisa menjadi juru damai bagai awak kapalnya :mrgreen:

  6.  

    Mantap bung.. seandainya perahu itu di analogikan adalah negara indonesia maka orang2 yg sedang diatas perahu jg harus mendengar jeritan yg dibawah kan bung..? Biar yg dibawah tidak salah langkah menenggelamkan perahu karena ketidak perdulian orang atau kelompok yg sedang berdiri diatas.

  7.  

    Indonesiaku…..

  8.  

    Selamat pagi warjager.diatas adalah sebuah pencerahan yang sangat berguna untuk kita semua.bersatu padu itu sangat penting dalam sebuah komuniti seperti sebuah rumah tangga yang kokoh dan kuat.Hormatilah yang tua,sayangilah yang muda,bimbinglah yang kurang tahu,Tanyalah kepada yang berpengalaman dan berkomunikasilah dengan sopan santun.
    Semoga para warjager makin kompak dan mengutamakan persatuan demi negara kita tercinta ini.Diskusi yang cerdas dan membangun akan melahirkan sebuah pemikiran yang positif dan idea idea serta kreatifitas yang baru.

    IMHO

  9.  

    Renungan pagi yang menarik untuk disimak dan diresapi maknanya….

    Salam NKRI

  10.  

    terimakasih, atrikel yang Istimewa,

  11.  

    bung MJ saya snggt salut dngn jalan pikir anda(Hebat!.) bisa terjemahkan sedikit wawasan anda akan kebangsa’an suatu bangsa,salut saya. mungkin ini cocok( in arso sung tulodo ing madyo mangun karso tutwurihandayani) cocokan dah ama pendapat bung MJ. amin.

    •  

      he..he…terima kasih dan selamet mencocokkan bung KT, mari kita sama-sama belajar menyajikan hidangan nasionalisme yang 4 sehat plus TNI yang kuat….jadi 5 sila yang sempurna….

  12.  

    artikel yang mantab bagus buat renungan..terima kasih bung

  13.  

    manakah yang lebih baik menjadi seorang “WIBISONO” ataukah “KUMBOKARNO” seperti dalam cerita RAMAYANA ? jika dilihat dari sisi Republik Alengka Diraja ?

    •  

      kumbokarno ada di sini bung alugoro … 😀 😀

      memang seharusnya yang atas, yang mendapatkan kenikmatan dan kemudahan akses, sudah seharusnya berbagi dengan yang dibawah. untuk memudahkan hubungan atas bawah, sudah seharusnya dibuatkan jalur, untuk memudahkan “aliran air dari atas ke bawah” 🙂

    •  

      Bung Alugoro, klo saya cenderung ke kumbokarno, sebelum maju berperang melawan pasukan rama, kumbokarno mengkritik tindakan sang kakak yg menculik sinta, dan menyarankan untuk mengembalikan dewi sinta. Mengatakan yg salah adalah salah, yang benar adalah benar.
      Kumbokarno berperang demi negara, bukan pimpinan negara, baginya right or wrong this is my country.
      Imho pake cmiiw

      •  

        memang dengan melepas moralitas, etika dan agama sikap kumbokarno adalah yang terbaik.

        •  

          kalau kumbokarno melawan kakaknya(yg lebih tua) mgkn akan bertentangan dengan nilai menghormati yg lbh tua
          banyak sudut pandang yg bisa kita gali bung alugoro
          maaf klo ada kata yg tidak cocok
          maklum msh belajar
          😀

          •  

            melawan kakak kan dari segi moral. kecuali melawan pemimpin itu lain lagi. kumbokarno setelah memberi nasehat tetapi tidak digubris, ketika disuruh berangkat perang tanpa pikir panjang langsung berangkat.

  14.  

    Penumpang perahu yg nyebelin biasanya cari gratisan alias gk byr tiket.
    Udh gitu diatas perahu ribut sana sini.., protes sana sini..
    Sikapnya seakan lebih pinter dari kapten kapal..

    •  

      Bulan
      Sumber kesejukan dunia ini muncul di kala malam.
      Tiada keindahan melebihi malam dengan rembulan penuh memancarkan cahayanya yang lembut.
      Mengapa manusia tidak bisa selembut sinar rembulan?
      Padahal manusia memiliki pikiran, bulan tidak.
      Padahal manusia memiliki hati, rembulan tidak.
      Bukankah kelembutan sinar rembulan mencerminkan perasaan kasih?
      Kasih dari orang tua terhadap anaknya.
      Kasih seorang pemuda pada gadis curahan hatinya.
      Kasih sesama insan manusia.
      Bahkan binatang pun mempunyai rasa kasih.
      Lalu mengapa manusia terkadang melupakannya?
      Mengapa kasih dapat berubah menjadi kebencian yang mendatangkan azab dan sengsara?
      Ataukah kasih sudah hilang dari hati manusia?
      Mencaci sesama dengan merasa bangga.
      Menyalahkan lainnya yang belum tentu salah.
      Ataukah kita bukan lagi menjadi manusia?

      •  

        tiada yang namanya “KASIH” selama harus ada embel2 atas nama negara, agama dan tetek bengek yang lainnya. Contoh kasih adalah kasih Tuhan YME. tidak perduli menguntungkan atau tidak, beriman atau tidak dan segala pertentangan lainnya semua makhluk hidup merasakannya.

        •  

          ketika ada embel embel apakah itu masih berbentuk kasih?atau berubah bentuk menjadi ambisi atau ego diri?
          kasih memang bukan tentang untung rugi
          klo untung rugi bukan lagi disebut kasih

      •  

        Bulan, dari hari ke hari wajahmu selalu berubah..,
        Hari kemarin wajahmu bulat indah diliat biarpun terhalang mendung..
        Hari ini kulihat wajahmu tinggal sepotong..
        Semoga sinaran kasihmu tidak ikut berubah rubah tergantung tanggal.,
        Tanggal muda kasihmu besar.., tanggal tua kasihmupun ikut menyusut..

        Bulan., tolong kabarkan kpd dunia.,
        Hidup tak selalu indah..
        Hidup tak selalu nyaman..

        Bulan., andai cahayamu bukan cm pantulan mentari..
        Akankah lebih indah dirimu..atau cuma sama saja..
        Namun engkau tetap menjalani tanpa mengurangi sedikitpun cahaya pantulan..semua kau bagikan lagi tanpa minta bagian..

        Bulan, kabarkan kebenaran..

  15.  

    ya maneng taue napoji tuo massenang-senang denauru bui bali bolana.klo begini ancur dah negara…

  16.  

    jadikan WNI saja gimana?…
    ambil dan manfaatkan skill mereka sekaligus buat jaga perbatasan…

  17.  

    Untuk membela negara sudah dicontohkan dalam cerita pewayangan Kumbakarna, Karna, Patih Suwondo (Dandanggula, lagu Jawa). Jadi menurut saya untuk membela negara sudah mengesampingkan hub keluarga, teman dsb.
    Maaf bung cuma pendapat orang desa.

  18.  

    super sekali, biasanya yg apatis dah terlanjur kaya/dah kaya dari lahir sehingga rasanya terdegradasi sedikit demi sedikit sampai pada akhirnya hilang total, peduli syaithon dg orang2 susah.

    dengan demikian timbul kcemburuan sosial dari orang2 susah, yg pada akhirnya menghalalkan segala cara tuk mencapai posisi/suasana senang seperti orang2 dilantai atas kapal.

    dan korban pun berjatuhan, kapal karam kapten. untungnya sebagian besar rakyat negeri ini sumbunya panjang2, jd meledaknya lama, kaya boleh asal halal.

  19.  

    Saya ambil dari web sebelah tulisan Pak Satrio

    ———-
    Doa Sang Ibu dan doa Sang Ikan

    Sengaja saya buat menjadi Artikel agar menjadikan Pencerahan bagi yang Lain dan berguna untuk PENINGKATAN DIRI
    Pertanyaan saya kepada calon Patriot yaitu:
    KITA mulai soal RINGAN dari Saya untuk mengenal Pribadi para calon patriot Pertanyaannya
    1.Mulai didalam kandungan kita sudah didoakan ibu kita tuk jadi anak yang pintar,,sukses..kaya..beriman..sholeh,cepat dapat jodoh,,dan mendapatkan keturunan,,
    Bila sampai sekarang ADA yang belum terwujud doa ibu itu pada dirimu..
    Apa yang SALAH dengan doa ibumu
    2.Ikan dilautan begitu banyak Jumlahnya
    Tetapi makanannya begitu melimpah hingga mereka tetap hidup tanpa kekurangan makanan
    Kira kira DOA para ikan kepada Tuhan itu apa ya ? Hingga mereka selalu dapat makanan dan hidupnya gak kekurangan

    Ini contoh Jawaban dari Para Patriot
    Patriot A
    1.Tidak ada yg salah dalam setiap doa Ibu kepada anaknya. Justru pribadi saya (sang anak) yg kadang2 tidak mengikuti saran, nasehat seorang ibu. Kita yg sering kali melanggar nasehat ibu, Jadi bila ada doa seorang Ibu yg tidak terkabul maka itu adalah kesalahan saya. Allah SWT selalu melihat, dan pasti memberikan yg terbaik buat kita semua. Doa ibu adalah yg terbaik, Kita yg kadang salah langkah dan menyesal kemudian bahwa Ibu sudah tahu kemana kita akan melangkah. Ketika kita menyesal, ibu sdh tidak ada dan tidak ada yg mendoakan kita lagi, kecuali kita mendoakan beliau (ibu) di akhirat.
    2. Doa ikan? Yg mereka doakan hanya untuk bertahan hidup di kerasnya alam mereka tinggal. Ikhlas menjalani hidup apa adanya, bersyukur atas segala kebutuhan yg terpenuhi sampai akhirnya mereka menjadi makanan buat makhluk lainnya.
    Patriot B
    1.Menurut saya tidak ada yang salah, semua ibu selalu memberikan doa yang terbaik bagi anaknya kalaupun ada dari salah satu doa ibu yang belum terwujud mungkin memang belum saatnya terjadi dan Allah mungkin akan muwujudkan doa” ibu pada saat kita sudah siap untuk menerimanya.
    2.Doa para ikan : ya Tuhan jagalah seluruh biota laut agar kami selalu mendapat makanan setiap hari tanpa kekurangan sedikitpun. Amin
    Maaf patku satrio kalo jawaban saya singkat.

    BAIK mari Kita ulas Jawabannya disini, para rekan bung Semua SIAP SIAP menangis dan bersimpuh kepada ibumu bila ada doa ibumu kepada kalian yang belum dikabulkan oleh Tuhan
    Pertanyaan pertama .Mulai didalam kandungan kita sudah didoakan ibu kita tuk jadi anak yang pintar,,sukses..kaya..beriman..sholeh,cepat dapat jodoh,,dan mendapatkan keturunan,,
    Bila sampai sekarang ADA yang belum terwujud doa ibu itu pada dirimu..
    Apa yang SALAH dengan doa ibumu ?

    Jawabannya :
    Doa para Ibu kita tidak ada yang salah terhadap para Anaknya yang BERBAKTI, mari kita renungi,
    Mulai dari Kandungan kalian semua sudah didoakan oleh ibumu,, sampai melahirkan ibumu sudah mendoakan agar menjadi anak yang Sholeh, sampai menuju usia sekolah ibumu mendoakan menjadi anak yang PINTAR, Saat lulus sekolah Ibumu mendoakan Sukses dan Kaya, setelah usia dewasa ibumu mendoakan cepat dapat jodoh dan saat kau menikahpun ibumu masih mendoakan agar kamu cepat mendapatkan seorang anak,,

    DOA IBUMU tak akan luruh kepada mu BILA kamu tetap berbakti dan menghormatinya,, dan doa ibumu akan RONTOK bila kau menjadi anak yang durhaka dan melawannya,,

    TETAPI kenapa tidak semua doa ibumu itu terkabul bila kita sudah menjadi anak yang berbakti dan tdaik melawannya,, ?
    TERNYATA Tuhan mempunyai rahasia “SEGITIGA DOA” sehingga tidak semua doa ibu terkabul untuk anaknya.

    Penasaran denganRahasia segitiga doa ?

    Coba Pahami dulu Gambar dibawah ini dulu

    RAHASIA Segitiga DOA Ternyata Tidak semua doa para ibumu untuk kalian dikabulkan oleh Tuhan dikarenakan Tuhan memberlakukan rumus Segitiga doa,,
    Bila sampai sekarang ada yang belum terwujud doa ibu itu pada dirimu entah itu jodoh,sukses ataupun kaya dll
    Itu KARENA kita KURANG mendoakan ibu dan orangtua kita
    Tuhan hanya MENGABULKAN doa Seorang ibu yang sering didoakan oleh anaknya..
    Tuhan Akan Menahan Doa doa ibu kepada anaknya di “AWAN DOA ” dan akan menurunkan kepada anaknya sesuai DOA (bakti ) Sang anak kepada orang tuanya.

    Awan doa Tuhan untuk MENJAMIN para Ibu agar selalu didoakan oleh anak anaknya bila sudah meninggal nanti, Dan bila ibumu sudah Meninggal dan kau LUPA akan Tugasmu Mendoakan kedua orang tuamu maka Tuhan juga LUPA akan Doa doa yang pernah diajukan kedua orangtuamu untuk dirimu

    Di ALAM SANA Ibumu hanya bisa melihat dirimu yang sekarang… seperti melihat layar televisi,, hanya bisa melihat lakonmu tetapi tidak bisa memperingatkan dirimu,,
    Dan Bila kamu ingat dan mendoakan ibumu Sebagian doa doa yang tertahan di Awan doa akan meluncur deras ke dirimu,,,
    Dan itu Sebagian dari aplikasi MEMANTASKAN diri untuk menerima DOA dirimu dan DOA Orang tuamu,, yaitu selalu menjadi Anak yang BERBAKTI dan Selalu INGAT akan senantiasa BERBAKTI ..

    Suatu saat AJAL mu mendekat Dirimu ,,disaat engkau sekarat menunggu malaikat pencabut nyawa,,
    Yang akan mendampingimu adalah Arwah kedua orangtuamu, ..disaat itu semua amalanmu sudah terputus,, dan kamu akan melihat penampakan arwah kedua orang tuamu.. dan secara tidak sadar kamu akan menyebut mereka dengan tersenyum dan berkata Bu,,, ibu datang,, tolong ibu dan lain sebagainya

    LANJUT ke pertanyaan kedua .Ikan dilautan begitu banyak Jumlahnya
    Tetapi makanannya begitu melimpah hingga mereka tetap hidup tanpa kekurangan makanan
    Kira kira DOA para ikan kepada Tuhan itu apa ya ? Hingga mereka selalu dapat makanan dan hidupnya gak kekurangan?

    Jawabannya kita renungi dulu yaa..bila kita mengenal doa Ikan pasti didunia juga ada doa seekor Srigala,doa musang .doa Buaya dll kan ? Tentunya DOA mereka berlainan dikarenakan tabiat sebagai sekor hewan yang berbeda jenis,, dan Qadar dari kedua jenis binatang itu berbeda,,

    DAN INGAT Prinsip sang Ikan dia mau menjadi sumber Kehidupan sesamanya dan mahkluk yang lain.
    Ikan SADAR rejeki yang dia dapat dari Tuhan adalah sebagian rejeki untuk sesama dan untuk mahkluk yang lain,.dalam bentuk Mata rantai Makanan ,,sehingga Tuhan selalu memberikan rejeki yang berlimpah bagi sang Ikan ,,

    Bagaimana dengan sang Srigala yang tidak suka berbagi ? Tebak saja bagaimana doa sang Srigala

    Pengorbanan itu Meninggalkan kebaikan..tuk mendapatkan kebaikan yang LEBIH BESAR ..
    Ikan dilautan begitu banyak
    Tetapi makanannya begitu melimpah hingga mereka tetap hidup tanpa kekurangan makanan
    Kira kira doa para ikan kepada Tuhan itu apa ya ? Hingga mereka selalu dapat makanan dan hidupnya tidak kekurangan..?

    TERNYATA doa para ikan itu: SEDERHANA
    Yaa Tuhan berikan AKU KEHIDUPAN agar aku dapat MENGHIDUPI mahkluk yang lain
    Siap berdoa seperti itu ? Atau mau berdoa seperti Srigala dan Musang ?

    TIDAK ADA mahkluk didunia yang tidak disiapkan rejekinya oleh Tuhan.
    Cicak yang jalannya merayap tak pernah putus asa tuk mendapatkan rejekinya (makanannya) berupa nyamuk mahkluk yang bersayap dan dapat terbang kemana mana
    kita harus bersyukur dan SEMANGAT dan MENGENALI KEKUATAN DOA

    By: Satrio

 Leave a Reply