Oct 102018
 

Helikopter kelas medium, AS565 © PTDI

JakartaGreater.com – TNI Angkatan Laut sedang mempersiapkan untuk mengirim satu batch awal yang terdiri dari tiga penerbang angkatan laut (penerbal) ke Kochi, India di mana mereka akan menjalani training (pelatihan) di Sekolah Anti-Kapal Selam Angkatan Laut India.

Dilansir dari laman IHS Jane, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya TNI AL untuk membangun kembali formasi sayap putar Anti-Kapal Selam (ASW) yang dikenal sebagai Skuadron Udara 100, kata seorang pejabat TNI-AL kepada IHS Jane pada 5 Oktober. Dan menambahkan bahwa pelatihan akan berlangsung selama tiga bulan.

“Kami biasanya mengirim personel kapal permukaan untuk kursus seperti itu. Tapi ini adalah pertama kalinya kami mengirimkan penerbang angkatan laut, karena kami mencoba mengembangkan keahlian didomain ini dengan segera”, kata pejabat itu.

Menambahkan bahwa selain menerima instruksi dalam teori dan operasi ASW, para penerbal juga ditugaskan untuk mengembangkan kurikulum yang akan diajarkan di pangkalan penerbangan angkatan laut Juanda.

Setelah kembali ke Indonesia para penerbal nantinya akan mengambil tugas bersama dengan helikopter AS565 MBe Panther yang baru diperoleh TNI-AL.

TNI AL telah memesan 11 helikopter Panther baru untuk meningkatkan kemampuan penerbal dan kemampuan ASW. Dua unit saat ini telah ditugaskan. Sisa 9 unit lainnya berada dalam berbagai tahap penyelesaian, beberapa di antaranya dirakit di Bandung oleh produsen pesawat milik negara PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

 Leave a Reply