Oct 042015
 
Kapal Selam Amur 1650 Rusia (photo:ckb-rubin.ru)

Kapal Selam Amur 1650 Rusia (photo:ckb-rubin.ru)

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia Ryamizard Ryacudu ingin lakukan kerjasama dengan Pemerintah Rusia secara langsung tanpa adanya pihak-pihak yang tidak berkepentingan, sehingga tidak terganggu dengan masalah-masalah lain. Menhan memberikan tanggapan yang positif kepada Pemerintah Rusia yang hingga kini tetap bersedia mengadakan kerjasama di bidang pertahanan secara langsung dengan Pemerintah Indonesia.

“Saya tidak mau hubungan kerjasama ini terganggu masalah-masalah lain oleh pihak-pihak yang sebenarnya tidak perlu, akan tetapi jika seperti begini bagus,” Ungkap Menhan.

Hal ini disampaikan Menhan RI Ryamizard Ryacudu kepada Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Y. Galuzin, Kamis (28/5) ketika bertemu di Kantor Kemhan, Jakarta.

Tanggapan positif dari Menhan Indonesia itu disampaikan setelah mendengarkan dari Dubes Rusia bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin, menanyakan langsung bagaimana perkembangan kerjasama persenjataan antara Rusia dengan Indonesia.

Menurut Dubes Rusia, Presiden Vladimir Putin juga memberikan instruksi kepada semua pihak di Rusia supaya lebih banyak memperhatikan masalah yang berkaitan kerjasama industri pertahanan dengan menggunakan Offset dan Transfer Of Technology (ToT).

Menurut Dubes Rusia dengan adanya instruksi dari Presiden Vladimir Putin tersebut, Rosoboronexport mendapat dukungan sepenuhnya dalam peningkatan kerjasama antara Rusia Indonesia.

ryamizard-dubes-rusia

Pada kesempatan pertemuannya dengan Menhan RI, Dubes Mikhail Y. Galuzin juga menyampaikan akhir-akhir ini Delegasi Rosoboronexport Rusia telah melakukan beberapa pertemuan dengan pihak Kementerian Pertahanan RI dan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) guna membicarakan perkembangan proyek-proyek kerjasama yang telah berjalan diantara kedua negara.

Pertemuan antara Rosoboronexport dengan Kemhan RI juga membahas secara detail mengenai peraturan yang berkaitan dengan Offset.

Dari pihak Industri Rusia sendiri juga sudah mendapat gambaran yang cukup jelas mengenai kebutuhan dan kemampuan industri Indonesia. Untuk itu pihak Rusia memiliki minat untuk melakukan penawaran yang kongkrit mengenai peningkatan tingkat kerjasama antara industri pertahanan Rusia dengan Indonesia.

“Selama ini pada tingkat ahli kedua pihak telah ada saling pengertian yang sangat baik dan dijadikan dasar yang kuat untuk kerjasama kedua negara, oleh karena itu pihak Rosoboronexport siap melakukan semua kesepakatan kerjasama dengan Kementerian Pertahanan Indonesia, “ Ungkap Dubes Rusia.

Kemhan.go.id

Bagikan :

  86 Responses to “Transfer Teknologi Militer Rusia ke Indonesia”

  1.  

    TOT rudal s400

    •  

      Buat om rusky ini mainan baru..china aja ngincer berat direspons jg nggak..gak usah TOT dulu..bsa dapet triumph 16 batere udah bisa mimpi indah TNI …xixixixi

    •  

      Trus kpn signing su35 8 skuadron nya??? Dari posisi duduk pihak rusia terlihat sangat menyimak paparan pihak Indonesia..mungkin beliau bertanya.. mistral bisa buat SAR???

    •  

      Mungkin ada yang bisa menerangkan ucapan menhan “Saya tidak mau hubungan kerjasama ini terganggu masalah-masalah lain oleh pihak-pihak yang sebenarnya tidak perlu, akan tetapi jika seperti begini bagus,” Ungkap Menhan. apa maksuudnya ucapan ini, siapa yang mengganggu? Apa yang bagus?

      •  

        mungkin mksdny khusus antara kedua negara yaitu indo rus tanpa anda negara atau perusahaan lain ikut campur seperti program kfx ifx yg di halang2 USAng.

      •  

        @bung dino

        Maunya pak menhan, kalo mau berlanjut kerjasamanya harus G2G tanpa melibatkan makelar dikedua belah pihak

        •  

          Saluran dr pemerintah russia sgt jelas anda ingin produk militer kami silahkan hub. Rosoboron , mengapa pada saat itu akuisisi sovremenny & steregushchy gagal? Mengapa pd saat itu kita hanya mampu beli 4 unit sukhoi tanpa senjata? Bukan dr pihak russia yg menhalang halangi, sy rasa juga bukan dr pihak barat, tp dr pihak indonesia sendiri, lalu ucapannya menham ditujukan kpd siapa?

        •  

          @bung dino

          Ditujukan kepada Triomacan Nusantara…cinta matinya Rasoboronorepot

        •  

          yg 4 tanpa senjata wktu itu DPR mencak mencak wktu pemerintah sepihak beli sukhoi tanpa melibatkan DPR, keyword “sukhoi gate” selamat mencari….

          DPR memang gampang di giring sama politikus mama rika, maka dilomatinlah mereka..

          pembelian pesawat tanpa senjata memang menurut saya pribadi supaya tidak terlalu mencolok dan memberikan sentimen tetangga persemakmuran dan mama rika….beli pesawatnya aja mama rika udah sensi apa lagi beli komplit…

        •  

          atau begini @ bung Sal jeplak pemerintah russia sempat dikabarkan mencak2 krn nilai mark up yang sangat tinggi yang dilakukan oleh oknum pemerintah indonesia sehingga dibatalkan oleh pemerintah russia? coba flash back tahun berapa atau dijamannya siapa kita akan membeli peralatan tempur tsb? hehehe silakan tanya rumput yang bergoyang

        •  

          @dino

          Huuuu…nanyanya ngga ikhlas, tyt udah nyiapin sendiri jawabane

        •  

          itu beli sukhoi tukeran sama minyak sawit…tp intinya muter muter…sawit itu milik swasta jd pemerintah yg banyarin tuh sawit pk apbn juga…

          klo mau lebih jelas tanya ama jangkrik yg bernyanyi……jangkrik bos..

    •  

      Tanpa mengurangi rasa empati… adakah senjata tersebut digunakan untuk menghalau kondisi sekarang…

    •  

      kira2, ada yg nyebu hoax ga yah…

  2.  

    Set……

  3.  

    Ngareo te o te SU35 kira2 d kasih gk ya

  4.  

    pertamini

  5.  

    Josssss

  6.  

    Mantap lanjutkan

  7.  

    ziipp..

  8.  

    Kt ada proyek apa aja dgn rusia ???kok menyinggung proyek2diatas

  9.  

    Te oo teee…

    •  

      Om bakul wajan saya nitip komen ya hihihi berhubung ane dilarang bapak buat babar semuanya jadi ini dikit list 2016 yg dipublis dan ini juga sudah saya katakan sama bapak cukup yg ini gak boleh yg lain tentunya bapak juga sudah setuju hihihi (biasa lagu dangdut dulu new pallapa-keloas) :mrgreen:
      Su-35SI 16-2016 (12 unpublished).
      Su-34 18-2016(unpublished)
      EF Typhoon 20-2016(unpublished) ToT PTDI
      F-16C/D Fighting Falcon Block 25 16-2016 (publised)
      C-295 AEW&C 6-2016(????)
      Saab Erieye 6-2016 (via third party publised)
      A330MRTT 8-2016(publised)
      Radar1-2016 Ex Rusia(publised).
      Satelit based optic(1-2016)(?????)
      Jas39 gripen 14-2016(unpublised via thirt party)
      Rafale (18-2016 unpublised)
      A-400M 16-(4-2016)(published)
      ****(????) Publised or unpublised
      Hehe ini baru sedikit yg saya keluarkan untuk 2016 saja karena begitu banyaknya jadi ini saja dulu karena udah diwanti wanti bapak pengennya full yg di listkan berhubung beberapa sudah datang tahun 2014 dan 2015(yg ini kebanyakan unpublished)namun ini saja dulu hihihi salam hora percoyo yen hora ono pothone salam buat anda bung

    •  

      Hehehhehehehe… Tee oooooTeeee.. penuh rudal AAM, sistem EW, radar AESA, IRST manntap..!!! Buat modal bikin mutan ifx…xixiixiixixi…mari menggoreng..!!! Mesin dari EF telpon..engine EJ200, HMS, dilengkapi misil Meteor, Brimstone II.dan Dari tomy rafael ToT Spectra, RBE-2, datalink dari Jasgepeng dpt stealth dan rancang bodi…xixiixixixixixixi…MUTAN KILLER FIGHTER IFX….NKRI JAYA…Gado2 rasa Strawberry…hehhehehehehhehe..

  10.  

    Masih ”berkeinginan”….bicara ingin, semua warga (terutama warjager) ingin NKRI mendapatkan teknologi dari RU (kalau bisa sih semuanya hihihi) untuk memperkuat pertahanan dan kedaulatan NKRI : 1) Kasel 2) Pespur 3) Kapper 4) Radar 5) Missile (SAM, AAM, dsb) dan kalau bisa ICBM/SLBM…udah itu ajah mimpi saya, kalau banyak-banyak entar mabuk…wkwkwk

  11.  

    Semoga cpt terlaksana

  12.  

    ” membicarakan perkembangan proyek-proyek kerjasama yang telah berjalan diantara kedua negara “…kira2 proyek apa yg udh berjalan yaa..apa ada yg kasih pencerahan dari sesepuh atw dari warjager

  13.  

    ” membicarakan perkembangan proyek-proyek kerjasama yang telah berjalan diantara kedua negara “…kira2 proyek apa ya yg sdh berjalan…apa ada yg kasih percerahan dari sesepuh atw dari warjager…

  14.  

    Amin….

    xixixixi Naomission detected 😀
    Jgn marah bung Donlego, ane cuma bercanda.

  15.  

    wah ToT dri Rusia apa nih ? Apa jgn” nanti Changbogo rasa nusantara dicampur bumbu Lontong Kilo sama semur… weleh” Scorpene tetangga udah ngeder duluan lihat kasel Changbogo rasa gado” Nusantara

  16.  

    Nah,Rusia sudah mulai membuka diri .giliran Kitanya untuk merubah gaya pembelian yang dulu nya suka ngeteng. Gak mungkinlah beli SU 35 sebanyak 16 unit tapi nuntut TOT nya 100%.langsung borong 5 skuadron dijamin dapat bonus TOT,tunguska,T-80,Bmp 2 dll.

  17.  

    gmn dgn SU 35??…..ampe skrg blom ada penandatanganan resminya….katany akhir bulan kemaren…

  18.  

    Memang benar harus butuh payung hukum. Tp apa nnt gk bocor klo ada pengadaan yg hrsny menjadi rahasia negara?

  19.  

    Si Roso…temene Triomacan Nusantara bukan?

  20.  

    ini khususon Banyuwerno bin hoax bin ngapusi bin mabok bin tidur mulu bin ngimpi bin goibiyah bin ora ono potone ora percoyo bon sableng bin gendeng huhihihi tidur lagi ahh hahahaha

  21.  

    bila para pejuang kita di era kemerdekaan berpikir sama dengan kita kemungkinan besar kita belum merdeka maka kemungkinan besar negara lain nya juga belum merdeka.coba kita kaji ulang pemahaman tentang nasionalisme,karna bukan hanya bicara tentang militer dan perang saja tapi di semua aspek kehidupan bangsa.ini menurut pemahaman saya, bagai mana dengan pandangan
    anda??

    •  

      Pejuang dulu..
      Berjuang untuk keluar dari penjajahan dan penindasan serta kedzoliman yaitu kemerdekaan dr keadaan setelah itu

      Nasionalisme..
      Sifat nasionalisme itu tumbuh setelah
      Ikrar sumpah pemuda KENAPA ..karena ikatan memiliki dan bertanggung jawab kepada ibu pertiwi, tanah kampung yg kita pijak ..langit yg kita liat..dari rasa memiliki ini timbul sifat bela negara rela berkorban ..jika kita tak mempunyai sifat memiliki timbul
      Sifat acuh tak peduli yg lebih parah lagi ikut serta menghancurkan ibu pertiwi dgn kebijakan tuk segelintir kelompok atau kepentingan negara lain yg penting uang tahta dan wanita dlm pelukan..

      Nasionalisme adalah rasa memiliki
      Klu rasa cinta bisa terkikis oleh kebutuhan atau sesuatu

  22.  

    bila para pejuang kita di era kemerdekaan berpikir sama dengan kita kemungkinan besar kita belum merdeka maka kemungkinan besar negara lain nya juga belum merdeka.coba kita kaji ulang pemahaman tentang nasionalisme,karna bukan hanya bicara tentang militer dan perang saja tapi di semua aspek kehidupan bangsa.ini menurut pemahaman saya, bagai mana dengan pandangan
    anda??

  23.  

    Kabeh kog njaluk tot..sing ditugasi opo gak bingung?

  24.  

    komen yang jempol, layak dijadikan artikel

  25.  

    Transfer OTE-OTE lagi topiknya hadeh ini yg bikin gak lancar kalo mo beli Alutsista dari Rusia saat kita beli F-16 sebanyak 24 unit saja gak ada pada komplain soal ote2, beli 2 Kapal Hidrosurvey dari perancis juga kita gak dapet Ote2 juga, Apalagi pesawat baling2 bambu Kayak EMB-SuperTucano apa kita juga dapet Ote2nya yg ada malah molor Jadwalnya
    Ya harusnya bisa Fleksibel lah peraturannya jangan kaku2 banget kalo ternyata negara produsennya gak mau kasih Ote2 ke Kita ya udah kita terima saja toh kita juga belinya gak seperti India ato Arab Saudi yg sekali beli ampe Ratusan Unit sebagai nilai tawar lh wong kita belinya ngeteng kok mo minta Ote2 macam2 bersyukur saja yg penting armada Alutsista kita Terpenuhi, udah terima saja kalo dikasih ya syukur kalo gak ya gak usah maksain keburu pada Tua semua umur alutsista kita gak terasa loh Sukhoi batch pertama saja sudah 10 tahun masih mo nunggu lagi nih

  26.  

    NGOMANG – NGOMONG TERUS BOSEN KONO NDANG TUKU TRUS TR-O-TE…
    JANGAN SAMPEK NGGAH ..NGGEH … TRUS MBOTEN KEPANGGE..
    YA..YO..YA..TO.. TAPI AKHIRE GAK SIDO

  27.  

    Semoga RI selalu mendapat kedudukan yg diperhatikan Rusia ..seperti Tiongkok.

  28.  

    Ingat baju putih bung Colibri, ingat!!! Jangan muntah-muntah lagi ya bung…salam siomay(si) hihihi

  29.  

    Ngarep bgt TOT bisa bikin rudal sendiri…,mass production.. Mau sekuat apapun iron dome kalo di salvo 1000 Roket dari kepulauan NKRI… Pasti gosong juga… Pasti mereka paham itu.. Alutsista singaporn hanya untuk nilai tawar agar tetangga2nya gak membuly dia. Kalo invasi kaya israel ke palestina.. I don’t think so dud.. They will be pay to much expensive..

  30.  

    Basa basi yang sangat lihai dari seorang Duta Besar berotak komunis…

  31.  

    @bung baracuda

    Jatahnya bakal dikasi ke Triomacan Nusantara, secara dia kan local patnernya Rasoboronorepot…

  32.  

    Strategi anggaran lah yg menyebabkan pembelian selalu ngeteng yg menyebabkan alotnya ToT sebetulnya kita bisa menerapkan strategi anggaran yg fokus untuk alusista tertentu untuk mengejar kemandirian.

  33.  

    indonesia memang beli senjata dr rusia ngeteng, tp kalo di jumlahin dr dulu sampai sekarang jumlahnya besar juga..itu sebabnya rusia mau membicaran masalah tot dengan indonesia…

  34.  

    coba baca komen bung asamata, tu16 , boyzgan ama bung kuli pasar diatas ente mgkin sdikit ada pencerahan bung,..salam

  35.  

    Itulah hebatnya Pemerintahan pak jokowi..ibarat mesin panasnya tetap
    Terjaga..

    Tapi klu offset jgn terlalu yakin di kasih ke pt di dan pindad..seperti kata menhan jgn ada lagi yg merrcokih / mengganggu kerjasama
    Ini
    Klu tot strategis para ahlinya akan di
    Rahasiakan bukan dr bumn dll ..tapi
    Jika produksi tetap stempel bumn sesuai kapaditasnya

  36.  

    apaan loe,, artikel nya apa malah bahas apa,, nyambungin ke agama,, sana ke forum agama saja,,, bicara teknologi malah kemana mana

    •  

      Suruh migrasi ke mesir aja bung, kalo mo bikin negara baru…

      Emang org2 HT bicaranya halus, ujung2nya mo bikin negara sendiri…

      Kenapa ga bikin partai aja????

  37.  

    jangan bahas agama,, ini ngomong teknologi

  38.  

    rusia di wakili robocop ri di wakili trio macan mimpi indah aja tot klo ada pihak ke tiga..

  39.  

    Hehehhehehhehehehehe…sabar bung@TM..salam semoga sehat selalu bung.. Sedikit menegobati kekesalan anda bung..ada pertanyaan..?knapa malon dan aushiet tdk lg menggangu kita dilaut..?jawabannya ada dikalender resmi AL thn ini..kapal selam kilo terpampang dgn gagahnya bung.. Tp beritanya selalu kasel kita hanya 2 buatan jerman dan sdh uzur..Jika ane tanya sama anda..jika anda jualan martil mungkin ga anda cantumkan gambar gergaji mesin di brosur resmi anda..? Jika ada yg bertanya pasti anda malu krn tdk punya barangnya dan anda tdk profesional..hehehhehehehehe… Jika disembunyikan saja sdh menggetarkan utk apa diumumkan…?yg penting amannya kan..? Dan yg pasti bung TM…tunggu saja berita resminya..dan yakini saja TNI kita sdh kuat lebih dan lebih besar dari sebelumnya..baca..cerna..dan telan pelan.pelan..jgn terlalu pesmis dgn negeri sendiri bung.. Apalagi blm apa2 dan blm dicerna sdh bicara Hoax..hoax..hoax..padahal dia sendiri ga tau apa2kan..?hehehhehehe.. Salam sehat bung..

  40.  

    bung BW mungkin banyak pemikiran kita sebab banyak nya masalah karna kekurang alutsista, memang benar tapi sesunguh nya bila dikaji lebih dalam lagi akan semakin jelas.kalau menurut saya ulah tetangga adalah kepanjangan tangan dari yang berkepentingan sesunguhnya.masalah disitu amat complek dari segi economi politik dan potensi kita,bila ada isu agama itu menurut saya hanya sekedar pengalihan saja,jadi sehebat apapun juga alutsista kita tanpa ada nya rakyat yang memiliki nasionalisme akan mustahil melewatinya,tapi kita patut bersukur walau terseok seok toh kita masih indonesia bukan seperti uni sovyet .bung bw kira kira kurang apa uni soviyet dari pada kita? bung waduh saya suka pendapat anda bila semua memiliki nasionalisme yang anda sebutkan,tidak ada lagi ketimpangan sosial dan tidak ada lagi orang yang merasa takut akan kehilangan baik harta maupun nyawa.karna semua melihat sesama anak bangsa bagai saudara.

  41.  

    Sory..newbie.sekedar info: kebetulan om aq krja d slah satu hotel d mkssar,katanya d hotel tmpatx krja msih ada crew & pilot pnguji dr sukhoi rusia yg msih merakit peswat tempur & melakukan serangkaian pngujian.stlah d tanya sm om “memangnya ada brpa sich pswat tempur sukhoi yg d rakit d mkssar…?? Jwaban tekhnisinya..”sdh lbih dr 30biji…????cm jnisnya dia gak mau ngasi tau.
    Nb : jgn d tnggapi srius.

 Leave a Reply