Trik Mengurangi Bias Komunikasi

171
71
Kapal Selam Amur 1650 Rusia
Kapal Selam Amur 1650 Rusia

Janganlah kita dibiasakan berdikusi atau menyajikan info yang kemudian ditambahkan dengan “KALAU PERCAYA SILAHKAN, KALAU GAK TIDAK MAKSA”, seakan apa yang diinformasikan tidak benar dan pembaca seakan disuruh untuk mngabaikan, sedangkan apa yang disajikan itu benar.

Marilah kita terbiasa dengan sesuatu yang serius, untuk apa yang kita lakukan. Entah itu dalam penyajian informasi maupun saat kita berdiskusi.

Walapun kata orang, ini dunia di mana kita tidak saling lihat, di mana pertanggungjawaban atas apa yang kita buat di sini bisa bias, karena forum ini DIANGGAP tanpa ikatan dan lain-lain.

Apa yang disajikan anggaplahlah benar bagi pembacanya dan penyaji juga hendaknya berusaha untuk menyajikan hal-hal yang benar.

Kurangilah hoax atau info bias. Info benar akan menjadi bias jika tidak didukung oleh fakta dan jika info itu benar tapi karena rahasia sehingga fakta di lapangan tidak ada/MENDUKUNG, mohon untuk tidak disajikan atau tidak didiskusikan.

HIDUP KITA HANYA SEKALI,
MARILAH KITA BIASAKAN UNTUK SERIUS UNTUK SETIAP APA YANG KITA LAKUKAN.

WAKTU DAN HIDUP INI AMAT SANGAT BERHARGA…
MARI KITA ISI DENGAN HAL HAL YANG BERMANFAAT, sehingga kita menjadi ROHMATAN LIL ALAMIN, bagi sesama kita.
Maju terus JKGR. (by sambelhohah441).

171 KOMENTAR

  1. Apapun yg namanya RAHASIA..sebenarnya tidak boleh dibuka/diumumkan,apalagi tidak disertai bukti yg kuat.. pasti akan menimbulkan kontroversi dan pro kontra bahkan bisa menjurus ke fitnah sebab fitnah itu timbul dikarenakan adanya berita tanpa adanya bukti…apalagi ini RAHASIA negara yg sebenarnya tidak boleh dibuka pada publik.

    Al Munaawi rahimahullah berkata:”Tidak setiap orang yg amanah menjaga harta,juga amanah menjaga rahasia,menjaga diri dari harta lebih mudah daripada MENYEBARKAN RAHASIA”(Faidhul qodir 1/493.syarh hadist no 985)

    “Menyebarkan RAHASIA muncul dari sedikitnya kesabaran dan sempitnya dada dan ini merupakan sifat para lelaki yg lemah para wanita dan anak2″(Qodir 1/493)..

    Mohon maaf kalau ada yg tidak berkenan tentang apa yg saya sampaikan…

  2. Indonesia merupakan negara yg diwaspadai dikawasan jika memiliki kekuatan besar karena memiliki riwayat negara tetangga (malaysia). senjata dirahasiakan bukan semata untuk menghindari perlombaan senjata dikawasan, tetapi untuk menghindari lawan membaca kekuatan kita. ahli strategi perang cina “sun zu’ intinya mengatakan pahami kekuatan lawan niscaya km menang.

  3. Rahasia itu adalah dua sisi mata uang, sama seperti pisau. Jika pisau di tangan chef akan hasilkan masakan yg enak, jika di tangan seorang prajurit akan bermanfaat byk. Sama kaya wartawan berita dg gosip. Butuh wawasan tinggi jg nalar yg sehat. Rahasia hnya lah idiom, bagi awam maknanya bersifat pribadi, bagi seorang Intel / analis pertahanan-keamanan akan bermakna ancaman/ potensi ancaman. Oleh sebab itu dlm kecabangan militer ada yg bernama satuan sandhi yudha/telik/cepu/james bond yg tugasnya memberikan “sarapan” utk operator lapangan agar tdk salah jalur/sasaran. Bahan bersifat rahasia blm tentu akan menjadi rahasia jk salah olah. Bagi yg membidangi “kerahasian” sgt mengasikkan,jika yg menyenangi logika agak menyesatkan. Biarlah A* tetap A* krn di atas itu msh ada A2-A4 yg tdk akan lepas dr lemari / kotak besi instintusi itu sendiri. ” apa yg anda lihat,dengar,baca” harus utk Anda sendiri.

    #padahal diri sendiri jg sering bolus.. hehehe

    • Hoax dan memberi clue atau perspektif adalah sesuatu yang berbeda. Hoax ditujukan untuk memalsukan informasi, sementara clue adalah informasi untuk membuka sesuatu kabar yang tersamar.

      Tulisan di atas, adalah sumbangan dari rekan warjager dan silakan dicerna atau didiskusikan

      Jangan mengundurkan diri Bung Ngurah Rai

      Santai saja. Forum ini hanya untuk tukar pikiran. Berbeda bukan berarti salah

      Salam

    • Terima kasih semua teman2.
      Alhamdulillah, setelah sekian tahun warjag semakin berkembang, dan hrs terus menatap ke depan.
      Dlm perkembangannya sy melihat teman2 sudah byk yg bersikap arif, dewasa dlm menyikapi setiap perbedaan.
      Di warjag, oleh bung diego diberikan ruang yg cukup untuk memberikan argumen baik dgn thesis maupun anti thesis.
      Kedepan jkgr kita harapkan akan berkembang, dari selama ini diskusi di dunia maya mk kedepan kita bisa ketemu secara riel face to face
      Jkgr mempunyai byk program ke depan, seperti
      1. Mengajak warjager berkunjung ke pindad dan pt. DI
      2. Jkgr ke depan diharapkan ke depannya mempunyai kantor sekretariat tetap dan biro biro wilayah, dmn bisa mengakomodir setiap perkembangan berita khususnya militer, alutsista, inhan dll dan bisa mjd tempat disekretariat daerah tempat bertemunya warjager daerah2 yg tersebar seluruh indonesia
      3. Byk lg yg lain lain

      Saya byk berterima kasih pada teman2 semua para warjager yg telah memberi warna yg berbeda dgn segala keahlian, kemampuan, dan byk lg yg bisa membuat diskusi mjd berbobot, enak dinikmati.

      Kt warjag dulu pertama diucapkan oleh bung melektech, trus kata pertamax dll dulu nggak salah diucapkan sm bung nowy.
      Blm lg byk kata2 keren yg mjd bahasa wpergaulah warjag yg dari bung satrio. Dll
      Dan byk sekali sumbangsih teman2 semua di warjag ini
      Sy ucapkan byk terima kasih kpd bung ngurah rai yg telah byk memberikan warna dan kontribusi byk di jkgr dan warjag.
      Kami
      Insyaallah silaturohmi kita tidak akan terputus.

      Di warjag, ada yg suka dgn berita “hoax” , ada juga yg suka yg setengah ” hoax” , dan ada yg suka publish resmi.

      Kami lihat semua fine fine saja, krn sy yakin kita akan semakin dewasa menyikapinya.

      Insyaallah jkgr ke depan akan lebih terbuka, jd teman2 insyaallah bisa lgsg ketemuan sm owner jkgr yaitu bung diego, bisa sharing dan diskusi byk hal. Kita bisa mengundang kontributor yg selama ini mengisi artikel jkgr atau bisa mengundang dari luar baik dari pihak tni/kemhan/inhan dll
      Dan kami harapkan semua kteman2 /warjaher termasuk kontributor yg selama jkgr berdiri yg byk memberikan sumbangan artijel, pemikiran, pengalan dll bisa turut bergabung dgn kami dlm perkembangan jkgr ke depan.

      Terima kasih

      Salam hangat

  4. Menurut pandangan saya: berita hoax2 Itu muncul karena kita termasuk saya ngeyel pengen tahu alutsista rahasia negara, kalau dibabar sedetil mungkin dengan fakta2 memang bagus untuk para pembaca tapi menjadi tidak bagus juga karena akan menjadi tidak rahasia lagi karena negara tetangga bakalan tahu..kan banyak intelijen negara tetangga mantengin ini JKGR.

    olehkarena itu bocoran2 berita alutsista yg dirahasiakan muncul kepermukaan bias/tak jelas. dan hal inilah yang bikin JKGR ini ng-top…hehe…bikin penasaran orang.

    Kalau saya, berita apa aja saya baca soalnya artikelnya bagus2…dan saya pilah2 dalam hati mana yg bisa dipercaya dan mana yg gak bisa dipercaya.

    mohon maaf kalo kurang berkenan.

  5. nek aku wes manut wae, karangyo wong deso, rangerti opo opo, sek penteng aman wes cukup, iso makani anak bojo ro nyekolahke duwur wae wes seneng, aku ora pengen aneh aneh, dinei kassarasan waras karo panjang umur wae wes luweh seko cukup, alhamdulillah….

    geneya yo meng duwe kapal selam meng loro yo rapopo, sek penting rega sembako murah, lenga traktor murah, karo wong tani nek ngedol beras iso do digatekke ora do didun dunke regane, mesakne yo, dinggo makani anak bojo, durung meneh nek anak arep njaluk opo neng wong tuwo durung duwe ragat, rak mah tambah mumet dewe, sugeng dalu, matur sembah nuwun wes oleh urun

  6. satu persatu sahabat pergi, dan takkan pernah kembali….

    bung Satrio,bung PS,bung Nara,bungNR, ini mau trans kemana to…
    dengan segla hormat trimakasih atas pencerahan nya selama ini,
    jujur saya sedih, mudah mudahan bisa berubah pikiran,
    #galauditinggal#

  7. itulah manusia pengen tahu dikasih tahu eh pengen liat entar dikasih lihat eh pengen megang dikasih megang eeeeh…malah pengen numpak ora eling barang itu yg berhak make siapa kowe sopo…? Kok pengen nggrayangi alutsista mikiiirr….! Ojo nglamak pengen tahu punya apa ga dikasih tahu punya yowis…! Narimo ojo neko neko tak kasih tahu para penyaji berita dan warga di jkgr itu banyak “anak anake” mbah MOEL…

  8. Hidup sekali kok semua harus dibuay serius. Gak salah neh??? Kata Bung Pujangga, “Dunia itu hanya panggung sandiwara, bung”!!! Ada bener, ada salah. Ada jujur ada tukang bohong. So, krn hidup sekali ntuh hrsnya dibikin S A N T A I…., kata Bung Rohma.
    Artinya, mau bener mau bohong informasi di sini, trgantung kita mengunyahnya!!! Mhn maaf, saya sendiri trmasuk yg paling ga prcaya dgn list2 yg “katanya” A1. Tp jujur saja meskipun saya ga percaya, tetap saja saya penasaran dgn yg “katanya” list2 A1, itu. Berfikir saya sederhana kok, “klopun info2 list yg “katanya” A1 itu bener, ya Alhamdulillah. Klopun itu memang bohong alias hoax, toh tdk merugikan saya juga kok. Lagian klopun itu hoax, ya kali aja bisa jd gambaran atau mimpi atau cita2 kita semua warjagers, syukur2 oleh para pengambil kebijakan yg baca JKGR. Toh seringkali yg aneh2, unik2, asik2, muncul justru di kolom2 koment. Seringkali artikel2 di JKGR, biasa2 aja. Tp di komentar, muncul yg luar biasa. Nah di sinilah uniknya, anehnya, asiknya nongkrongin JKGR.

    Pesan saya, hidup cuma sekali. So, bikin santai aja bung….
    “Gitu aja kok repot,” celetuk Gus Dur.

  9. Santai aja … Dalam menyikapi sebuah perbedaan. Kunyah dulu biar halus baru ditelan.
    Ojo grasa grusu …
    Mirip operasi intelijen, trus di dihadapi dengan operasi kontra intelijen …
    Rahasia bocor alus, dibanting lagi biar ragu, dikuatkan lagi bocorannya, dibanting lagi …
    Jadilah hoax-hoex semua …
    Intel dari luar aja pada bingung lapor ama komandannya …
    (Hanya pendapat pribadi)
    semua dikembalikan pada diri masing-masing …
    Kunyah terus sampai ga keselek …

  10. Peta Alusita negara = Artis

    Malon = D*pe (Pengen eksis terus dengan berbagai cara :p caplok sana sini )

    Upil = j*pe ( sering umbar sensasi namun kadang kala ada benernya 😀 walau di umbar tp akhirnya suka ngaku)

    Indonesia = agnes (cantik,memikat,mengoda namun msh misterius pacarnya 😀 )

    Yang lainnya tolong dilanjutkan…..

  11. sebenarnya kalau mau jujur dr dulu JKGR itu sudah sering meberikan clue” tentang alutsista kita tapi dengan menggunakan metode bung diego yg menurut sy cenderung halus dan tidak menimbulkan polemik sehingga para pembaca di JKGR yg kebanyakan dr kaskus ataupun dr topix bisa saling memahami dan mengerti satu sama lain. masalahnya sekarang adalah akhir” ini di JKGR pembabaran cluex terkesan lebih vulgar sehingga lebih menimbulkan polemik pro dan kontra, sebenarnya hal ini baik untuk pendewasaan dlm berdiskusi namun yg memperparah situasi adalah munculnya para pendukung fanatik A1 yg marah jika ada yg menolak clue yg diberikan oleh orng yg mereka anggap paling benar sehingga menimbulkan resistensi dari pihak teman” yg berpikiran no pict = hoax.

    di kesempatan ini saya juga ingin mengingatkan kepada semua teman” untuk menggunakan kembali kesepakatan kita dulu bahwa pemanggilan antar sesama pembaca JKGR adalah “”BUNG” BUKAN “NDAN”,”SEPUH” ataupun yg lainnya.

    biarkanlah topix dgn ciri khasnya, biarkanlah JKGR dgn ciri khasx dan biarkanlah formil kaskus dgn ciri khasnya bukan mencampur adukkan antara topix dgn JKGR ataupun formil kaskus dgn JKGR

    mari berdiskusi dengan sehat dengan kepala dingin

  12. jiakakak 😀

    mangkanya..jangan pada serius serius amiiir pret kampret..ngapain juga seh..

    ane ntu kagak ambil pusing..mo ada cap resmi dari pemerintah kek, mo kagak ada datanya kek, mo hoax kek mo kagak, mo kopas mo ngarang kagak ada ngaruhnya ma ane..ane ngenet cuman cari hiburan doang sehabis seharian ider keliling menjajakan kutang..

    pikir ndiri, seumpama pemerintah ngeluarin berita resmi jumlah lontong ato alutsista yg laen trus ngaruhnya ma kehidupan kalean apaaaa..kagak ada, nol besar..sama nol besarnya ma hoax..

    kagak nguli ya kagak nguntal..
    ntu yg suka hujat2 caci maki n nyudutin orang, gajinya nambah kagak oee..

    ilmu ane kagak nambah dgn makan inpoh berdata n fakta, tapi ilmu ane kagak luntur kalo pun dikasih hoax..yg kagak hoax n valid cuman kehidupan nyata depan idung ane bukan sebuah inpoh ato tulisan di inet pret kampret..

    komeng yg enak n lucu kan lebih enak n nyaman pret..ngobrol asik kagak dgn ngegurui pret..berbagi inpoh berbagi wawasan pret..terjalin pertemanan syukur2 ampe silahturami pret..

    mo dari tni ampe awam, mo dari tukang parkir ampe direktur, mo penghasilan 5 juta ato cuman gopek sebulan..di inet cuman atu tujuannya, hiburan..so, ngapain ambil pusing..

    kalo ente seorang intelek, mo maksa ane yg cuman juragan lendir buat sejalan ma pikiran ente ya susah pret..ilmunya beda, pergaulannya beda, prinsipnya beda, sumber inpohnya juga beda pret..sama2 tni ajah bisa beda pendapat soal alutsista..beda pendapat wajar, tapi jadi kagak wajar kalo dah nuntut enih ntu..bikin stroke ndiri doang..

    dah yg akur, ntar tak kasih tips tahan lama hahag 😀

    • :mrgreen: dalem bgt ndan kem..jgn dalem2..ntar ngluarinny payah..haghag.. :mrgreen:

      sy pribdi gk mslah dgn rkan2 yg prcya hoax..yg stgh hoax ato yg no picture= hoax..
      dsni sya hnya mncari ilmu..mnambah wawasan..mncari teman..& belaaajar.
      yg mmbuat spesial dwarung ini karena gurihnya racikan bumbu dari para koki ny..bung NARA,,PS,,NR,,SATRIO,,JALO,,DIEGO(si pemilik warung) dst..plus dekorasi warung sederhana ini,,yg alami & sring beriup angin sepoi2..yg bs mmbuat rileks,,ngantuk,,bahkan terlelap sangking nikmatny..ada jg yg jd msuk angin krna gtrbiasa kna angin..
      yg nongkrong dwarung inipun mulai yg punya jabatan,,punya shuriken,,pengusaha lendir..warga sipil…tukang sapu,,tukang pulsa,,penjaga warnet,,tukang cari kerang..& tukang2 lainny..bahkan org asing…smw makan dgn nikmatny,,ada yg ngopi dpojokan,,ada yg ngudut..ada yg hobi ngrumpi in haji syukri.
      ini yg mmbuat warjag brbeda dr kafe2 sebelah yg berisi org2 intelek .
      kalo koki ny pada pergi,,sdkit bnyk pcinta mkanan plus suasna warung ini akn brkurang..bs2 hrga mkanan dnaikkn sm bung diego,,(jgn smpe y bung Diego :D)

      kpda para koki dmohon jgn ngambek ataupun brhenti memasak yg lezat2..hnya krna pengunjung ada yg mmberi masukan serta kritik..bumbuny kurg mantp..kurg asin…ke asinan atau kurg pedes…krna dmeja mkan msg2 pengunjung sudh dsediakn kecap,,cabe & acar,,agar bs ditmbahkn ssuai slera masing2..jgn lp mkn ny pelan2,,dkunyah smpai halus.
      warung ini dcntai & laris manis krna ada anda2 semua yg sll mnyajikan mkanan lezat yg sll baru & inovatif.

      kpda bung Diego,,sy ucapkn trimksh yg sbsar2ny..krna warung ini lah sy bs mncicipi mkann yg murah meriah dgn cita rasa tinggi..mrasakan angin sepoi2.(trkdang smpai msuk angin)..mndpatkn knalan baru serta menambah wawasan lwt dskusi.

      smga warung ini smakin ramai,,smakin maju & bertambah besar,,lgkap dgn suasana hangat kkluargaanny.

      maaf..kalo bhsa sya trlalu panjang & njelimet sperti bulu ketiak.

  13. Numpang ijin berkomentar … Saya melihat jkgr sebagai tempat mencari dan menambah ilmu dan tentu ya diskusi.. Di sini banyak org2 yg kompeten yg selama ini mewarnai diskusi di sini.. Dan di jkgr pun memiliki ciri khas yg jauh berbeda di forum2 lain ya… Permasalahan hoax ato tidak kembali kpd masing-masing individu untuk menilai dan mencerna ya…indah ya diskusi itu ya Dr pro dan kontra…kita hidup di negara yg demokrasi walaupun sebagian orang hanya bilang kata ya..menyuarakan pendapat adalah hal lumrah dan wajar namun harus tetap beretika dan penuh kesopanan…marilah kita memulai sesuatu yg baru tanpa merubah jkgr yg selama ini sudah berkembang… Diskusi yg sehat tanpa ada saling caci maki dan tentu ya untuk kemajuan jkgr ke depan ya…saya berharap kepada para rekan2 yg selama ini sudah berkontribusi banyak di sini untuk mengurungkan niat ya pergi Dr jkgr dan mari kita bangun kembali kepingan2 puzzle jkgr yg berserakan untuk di rangkai kembali…saya pribadi masih butuh ilmu kewiraan dari Bung Satrio …ilmu bawah laut Dr Pak PS …Bung Ngurah Rai dengan sapu dermaga nya …Bung Pw dengan Priwitan ya lalu Bung nara yg setiap memberikan artikel dan komentar yg selalu bikin penasaran dan tentu ya bikin gak percaya… Dan rekan2 yg lain yg sudah berkontribusi dan membuat warna di jkgr ini… Jika ada salah2 kata saya minta maaf… Salam damai dan persatuan untuk semua rekan2 jkgr di mana pun berada

  14. Maaf sebelumnya. Bagi sya informasi disini memang membahas politik dan militer. Phm sya politik itu penuh intrik menarik dan bisa di buat clasik namun elegan. Utk militer y diskusi alutsista dan strateginya itupun melalui clue” yg hrs dikunyah dahulu. Contoh: mslh tanjung datu. Pernah dibabar TLDM lari tunggang langgang melihat KRI INDONESIA mendekat. Berita tersebut memang benar adanya ad berita resminya beberapa puluh jam yg lalu. Mslh list A1 sya berpatokan pda pidato presiden tk satu negarapun membuka kekuatan militernya. (Kaca mata pandang sya bila alutsista diumbar kepublik ular” akn gembira ria tk perlu mengeluarkn racun musuh mudah dimatikan tanpa mematuk) se x lagi maf blepotan.

  15. Sekarang sdh ketahuan mana spion.asing berbaju lokal,mana oportunis dan hulubalang. Saya minta dg Hormat kepada Seluruh Komandan.
    Jgn pernah mundur utk cerahkan wawasan kebangsaan,nasionalisme juga rasa memiliki negara ini dg segala macam dinamika yg terjadi. Kami Para Pemburu Rajawali bahkan mantan Pemburu merasa terwakili dg kawan2 Warjager’s & Sesepuh. Bagi mereka,kami bukan lah siapa2 tapi kami sdh memberikan apa yg kami bisa utk republik ini.. sekarang apa yg anda sdh berikan pada Republik ini. Bagi mereka yg spion.asing berbaju lokal,kami mohon hengkang & jgn kotori forum ini, forum ini sdh memberikan ilmu,wawasan jg “penglihatan” bagi mereka yg awam seperti apa para Ksatria. Tapi jika masih saja “Trolling” jgn salahkn kami,kami melakukan apa yg tlah kami pelajari sebagai “Pemburu”. Selamat mencerna info yg ada,jgn patah semangat Warjagers.. jgn biarkan Ular2 berkeliaran seenaknya.

  16. Ijin komen bung2 semua. Hampir setaun mantengin jkgr jadi SR gak tahan juga pengen koment liat perbedaan pendapat diatas. Saya rasa admin bung diego dkk mengangkat jadi artikel diatas punya maksud tersendiri. Bahwa warga warjag disini gak semuanya pengen baca resmyah, mungkin trmasuk saya sendiri.
    Tergantung kita aj menyikapinya. Tinggal maikan aj logika kita, pemikiran kita, akal kita.maaf bukan maksud meggurui, hanya pendapat pribadi.hanya mencoba mengisi TTS sesepuh warung aj
    Salam kenal semuanya

  17. Dewasa ajalah kalo menyikapi suatu artikel.. Jangan kita udah d Kasih A minta B… Apalagi di kasih A, mencak” itu hoax bilang ini palsu dll….

    Ada maksud saat pemberian info… Gak bakal jiga klopun d ksh hoax itu bener seutuhnya… Cerdas itu salah satu ciri orang yang mau berpikir.. Makanya d pikir dulu kalo ada artikel hoax

    • memang.. info yang berbentuk clue sepintas seperti info hoax tapi disinalah enaknya diskusi di JKGR.. clue atau hoax bagi kami tidak maslah karena dengan banyaknya informasi kita bisa memilahnya.. kalo infonya disini harus resmi yaa ngapain di sisni.. tunggu rilis resmi aja dari Puspen TNI.. inilah pentingnya DISKUSI biar bentuknya info berupa clue ataupun info hoax sekalian…

  18. Haha lucu kita ini, 1. Bahwa web ini bukan lah web berita resmi, kita semua sudah tau. Bahkan seringkali artikel atau komen disini berisi informasi yang justeru lebih dulu dari media resmi. Jadi kalo diharapkan validitas atas berita disini seperti yang ada di angkasa, komando, detik, whatever the name lah, jelas kredibilitasnya berbeda. Atau silahkan saja baca berita dari majalah/tabloid/web resmi pemerintah, dephan, etc jika memang keinginnanya adalah kualitas dan kredibilitas atas sebuah informasi. Toh isinya nggak akan ada yang beda jauh diantara semuanya klo memang membahas hal yang sama. Disini kontributor artikelnya, komentatornya, pembacanya, sepertinya tidak terikat dengan rule seperti yang ada di media diatas. Disini juga tidak ada kontributor resmi yang tersertifikasi (maksudnya terdaftar sebagai pers dari jakartagreater.com di PWI) sebagai wartawan, penulis, etc yang tentunya terikat ketentuan untuk dapat dimintai pertanggungjawabab atas validitas kebenaran berita yang disampaikan dan pastinya kredibilitasnya juga bisa jadi diragukan. kontributor media Klo media resmi, pastinya mereka terikat dengan UU mengenai media dan informasi yang mereka muat.
    2. Kalo ada yang bilang web ini diamati oleh banyak IP dari luar negeri atau IP fake, yes bisa jadi benar. Apa tujuan mereka? Bisa bermacam-macam. Semua informasi yang ada disini baik artikel maupun komennya juga memiliki tujuan masing-masing. Dari sekedar share informasi atau wawasan, disinformasi, propaganda, penggiringan opini, diskusi, penimbul situasi, atau sekedar komen expressi (pertamax, premium, bbm, briket) etc. So kalopun memang ada berita real yang bersumber dari media resmi yg jadi artikel, berita tersebut tentunya harus bisa dipertanggungjawabkan oleh media resmi tersebut karena mereka terdaftar sebagai media informasi/berita resmi. Untuk artikel yang bersumber bukan dari media resmi (kontribusi warjager), selama ini sudah seringkali terjadi diskusi dan perbedaan pandangan yang cukup hangat dan menambah wawasan (tesis dan antitesis). Sudah jelas rule nya selama ini, selama masih disampaikan dengan cara yang baik, penyampaian yang sopan/etis disertai dengan argumentasi baik didukung dengan data maupun tidak (data mempengaruhi kualitas diskusi dan informasi yang disampaikan), tidak mengkritisi seseorang dengan mencaci maki, atau berbau SARA dan penghinaan, go ahead. Itulah diskusi dan warna dinamika jakartagreater.com yang membedakan web forum ini berbeda dengan media resmi, dan forum-forum yang lain. Setiap forum punya karakter, kebiasaan, dan budaya masing-masing yang terbentuk melalui proses waktu.
    3. Ada nick name yang bertindak seperti penimbul situasi, pemburu informasi, penggiring opini, dll. Tentunya hal ini akan menambah warna. Hanya harapan saya kepada admin, no tolerance untuk mereka yang bergonta-ganti nick sementara tapi menggunakan IP yang sama. Jelas tujuannya bukanlah untuk hal yang baik. BANNED. Untuk yang kritis dan berkomen melanggar Rule tetapi tidak mengganti nick nya bermacam-macam silahkan diberikan peringatan berjenjang dan edit redaksinya. Banyak informasi maupun komentar yang ada di jakartagreater.com memuat hal-hal yang sensitif sehingga sangat memungkinkan 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda tp orang yang sama, atau 1 nick yang sama post dari IP yang berbeda dan oleh orang yang berbeda. Sebetulnya akan lebih baik jika memungkinkan dibuat registrasi module sehingga member yang registered saja yang bisa memposting komen untuk mengantisipasi fitnah, dan agar suasananya menjadi lebih kondusif.

    Hidup cuma sekali, kalo beberapa kali namanya reinkarnasi.
    Banyak artikel dan komen yang bermanfaat sehingga memunculkan semangat patriotisme yang sudah mulai luntur, artikel atau komen yang memberikan pencerahan informasi. Tinggal kitalah yang harus memfilter dan memilah-milah mana informasi yang bermanfaat dan mana yang tidak. Karena bermanfaat menurut saya, belum tentu bermanfaat menurut orang lain.

    Segala informasi yang ada disini mempunyai tujuan masing-masing seperti yang sudah saya sampaikan diatas. Klo memang ada artikel atau komen yang tujuannya memang untuk penggiringan opini, propaganda, disinformasi, menimbulkan situasi, etc. Kembali lagi kepada kebijakan owner dan tentunya merujuk kepada keinginan warjager pada umumnnya dan tentu saja ada konsekuensi atas setiap kebijakan.

    Salam
    Ikut jadi tukang obat keliling hehe.