Mar 232019
 

Penduduk melambaikan tangan ke pasukan AS di Provinsi Amuda, Suriah Utara © Rodi Said via Reuters

JakartaGreater.com – Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS sejak Februari perlahan menembus posisi pertahanan Daesh di Baghuz, kota kecil di Sungai Eufrat dekat perbatasan Suriah dengan Irak, yang dianggap oleh Washington dan sekutunya sebagai benteng pertahanan terakhir dari para teroris di Suriah, seperti dilansir dari Sputnik.

Presiden AS Donald Trump, berbicara tentang keberhasilan operasi pasukan AS dan SDF untuk membersihkan benteng terakhir militan Daesh di Suriah, serta mengklaim bahwa tersisa satu “kantong kecil” militan terakhir, yang akan dihapus “malam ini”.

“Di Suriah kami meninggalkan 200 orang di sana dan 200 orang di tempat lain di Suriah yang lebih dekat ke wilayah Israel untuk jangka waktu tertentu”, kata Trump.

Untuk membuktikan pendapatnya, presiden Amerika itu telah menyajikan dua peta yang menunjukkan wilayah-wilayah di Timur Tengah tempat para teroris hadir: satu adalah peta tahun 2017 (atas) dan satu lagi peta saat ini (bawah).

“Ini adalah peta semuanya berwarna merah, ini pada malam pemilihan pada 2016. Semua merah adalah ISIS/Daesh. Ketika saya mengambil alih itu masih berantakan”, kata Trump menunjukkan peta wilayah yang dikuasai Negara Islam/NI. “Sekarang, di bagian bawah, itu yang persis sama, tidak ada merah. Faktanya sebenarnya adalah titik kecil, yang akan hilang malam ini”.

Sejak Februari, SDF Kurdi yang didukung AS telah menyerang para teroris di kota Suriah, Baghuz, setelah semua warga sipil telah meninggalkan daerah yang dikepung. Koalisi yang dipimpin AS telah melakukan dukungan udara untuk operasi serangan, yang dilaporkan telah mengakibatkan korban sipil.

Koalisi, pada gilirannya, membantah laporan-laporan ini, mengatakan bahwa mereka telah melihat “tidak ada bukti” untuk mereka telah melakukan tindakan yang menghilangkan nyawa warga sipil.

  One Response to “Trump: 400 Prajurit Akan Tinggal di Suriah, 200 Dekat Israel”

  1.  

    lambaian tangannya sesuatu yah.. bye bye…