Mar 222019
 

Tentara Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika Serikat di Raqqa, Suriah, Mei 2016. (Delil Souleiman – AFP via commons.wikimedia)

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengkonfirmasi bahwa 400 tentara AS akan tetap berada di Suriah, sementara sekali lagi menjanjikan kekalahan total ISIS di negara yang dilanda perang.

Trump tampaknya sudah menyiapkan jawaban saat ia menghadapi wartawan pada hari Rabu, dilengkapi dengan peta cetak kekalahan ISIS. Gambar sebelum / sesudahnya menunjukkan apa yang digunakan oleh kelompok ISIS untuk mengendalikan “pada hari pemilihan” pada tahun 2016 dan bagaimana mereka kehilangan wilayahnya sejak saat itu, World News melaporkan.

“Ketika saya mengambil alih, itu berantakan,” kata Trump, menunjuk peta, menambahkan, hari ini “tidak ada merah. Faktanya, sebenarnya ada tempat kecil yang akan lenyap malam ini.”

Presiden AS Donald Trump menunjukkan peta yang menggambarkan ukuran ‘kekuasaan fisik ISIS’ di Washington pada 20 Maret 2019. (© Reuters / Kevin Lamarque)


Presiden AS merujuk ke daerah Baghouz di Suriah Timur, di mana ratusan teroris ISIS bersembunyi di sebuah kamp kecil di bawah pengepungan yang dilakukan oleh militan yang dipimpin Kurdi yang didukung Washington. Khususnya, Trump tidak memberikan kredit apapun kepada Angkatan Darat Suriah, Rusia dan sekutu lainnya.

Presiden Amerika juga mengkonfirmasi keputusan untuk meninggalkan 400 tentara AS di Suriah – 200 di Utara dan 200 di wilayah Al-Tanf di perbatasan Yordania. Tentara AS telah menduduki bagian-bagian Suriah selama bertahun-tahun, dengan alasan perlunya memerangi ISIS.

Pada bulan Desember 2018, Trump menyatakan bahwa kelompok teroris ISIS dikalahkan di Suriah dan mengumumkan penarikan pasukan Amerika dari negara itu, tetapi tidak memberi batas waktu. Pengumuman mengejutkan mengakibatkan pengunduran diri Sekretaris Pertahanan James Mattis, utusan koalisi anti-IS AS Brett McGurk dan Kepala Staf Pentagon Laksamana Muda Kevin Sweeney yang tidak menyetujui keputusan presiden Amerika.

Sumber: Fars News

 Posted by on Maret 22, 2019