Trump Setuju Tingkatkan Anggaran Pentagon Jadi 750 Miliar USD

Pentagon, gedung Departemen Pertahanan AS © USAF via Wikimedia Commons

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, setuju dengan proposal Menteri Pertahanan Jim Mattis untuk meningkatkan pendanaan Departemen Pertahanan hingga 750 miliar USD pada 2019, media setempat melaporkan, mengutip sumber di pemerintahan AS.

Menurut penyiar CNN, Trump meninggalkan gagasan mengurangi pendanaan Departemen Pertahanan dan memberi lampu hijau alokasi 750 miliar USD kepada agensi setelah pertemuan dengan Mattis dan sejumlah anggota kongres AS.

Pekan lalu, Trump mengatakan bahwa pembelanjaan pertahanan AS “gila” dan menyatakan harapan untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Cina Xi Jinping di masa depan untuk mengakhiri “perlombaan senjata tak terkendali.”

Dengan demikian, anggaran Departemen Pertahanan untuk tahun berikutnya akan melebihi pengeluaran saat ini sebesar 80 miliar USD.

Anggaran pertahanan AS untuk tahun fiskal 2019, yang dimulai pada 1 Oktober, termasuk pembentukan kembali Komando Luar Angkasa AS. Ini juga mengatur Badan Pertahanan Rudal AS untuk mulai bekerja pada penggelaran sistem untuk melacak dan mencegat rudal balistik di ruang angkasa. Menurut dokumen tersebut, pengembangan dan penyebaran Sustainable Space Sensor Architecture harus diselesaikan sebelum 2023, sementara sistem pencegat rudal dapat digunakan kemudian.

Pada bulan Oktober, Trump mengatakan Amerika Serikat menciptakan kekuatan luar angkasa untuk mengejar Cina dan Rusia.

Sumber: Sputnik News

Tinggalkan komentar