Mar 072019
 

Pasukan AS berkumpul dalam latihan patroli bersama di Manbij, Suriah, pada bulan November. (Spc. Zoe Garbarino / U.S. Army via AP)

Media Amerika Serikat (AS) melaporkan pada hari Selasa bahwa Presiden Donald Trump menanggapi anggota parlemen bahwa ia sepenuhnya setuju untuk menjaga pasukan AS di Suriah.

Sekelompok Senator dan Perwakilan bipartisan menulis surat kepada Trump pada 22 Februari, memuji keputusannya untuk mempertahankan sekelompok kecil pasukan di Suriah sebagai kekuatan penstabil.

Salinan surat yang diperoleh NBC News menunjukkan bahwa Trump menyoroti sebuah paragraf tentang tujuan keberlangsungan AS di Suriah.

“Saya setuju 100%. SEMUA sedang dilakukan,” tulis Trump pada surat itu dengan tanda tangannya.

Gedung Putih pada 21 Februari mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan meninggalkan sekitar 200 tentara di Suriah setelah penarikan yang direncanakan. Trump mengkonfirmasi keesokan harinya bahwa sebagian kecil pasukan AS akan tetap di Suriah dengan pasukan dari negara lain.

Mengutip seorang pejabat senior administrasi, media kemudian melaporkan bahwa militer AS akan meninggalkan sekitar 400 tentara di dua wilayah berbeda di Suriah.

Menurut pejabat itu, setengah dari mereka akan bergabung dengan pasukan multinasional dari sekitar 800 hingga 1.500 tentara yang dikerahkan di Suriah timur laut untuk mempertahankan penyangga antara Turki dan pasukan Kurdi yang didukung AS. Sisanya 200 tentara akan tinggal di pangkalannya di al-Tanf, dekat perbatasan Suriah dengan Irak dan Yordania.

Komandan Komando Pusat AS, Jenderal Joseph Votel, mengatakan kepada media bulan lalu bahwa Amerika Serikat kemungkinan akan mulai menarik pasukannya dari Suriah dalam beberapa minggu mendatang. Saat ini, ada sekitar 2.000 tentara AS yang dikerahkan di Suriah.

Mendeklarasikan kemenangan atas ISIS, Trump pada Desember lalu mengumumkan penarikan pasukan AS dari Suriah.

Sumber: en.people.cn

 Posted by on Maret 7, 2019

  One Response to “Trump Setujui Rencana Pasukan Penjaga AS di Suriah”

  1.  

    yg jelas si amer ga mau kehilangan cengkeramannya.
    terutama bandara buat nimbun pswt tempurnya.