Feb 142019
 

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyerukan Korea Selatan untuk meningkatkan bagiannya dari biaya penempatan pasukan Amerika di Semenanjung Korea. Pernyataan Trump ini datang dua hari setelah sekutu menandatangani perjanjian yang akan meningkatkan kontribusi Korea Selatan pada tahun ini untuk mempertahankan sekitar 28.000 pasukan AS dengan anggaran sekitar 1,4 triliun won.

“Korea Selatan, kami membela mereka, dan kehilangan sejumlah besar uang. Miliaran dolar setahun membela mereka, mereka menyetujui permintaan saya dan bekerja dengan Sekretaris Pompeo dan John Bolton …”, kata Trump.

Presiden Trump kembali menekan Korea Selatan untuk meningkatkan bagiannya dari biaya untuk menjaga pasukan Amerika di semenanjung. “… dengan beberapa panggilan telepon, aku bilang kenapa kamu tidak melakukan ini sebelumnya, mereka berkata tidak ada yang bertanya, jadi itu harus naik. Itu harus naik,” katanya.

Selama pertemuan Kabinet pada hari Selasa, Trump merujuk pada kesepakatan pertahanan baru yang meningkatkan bagian Seoul dari beban keuangan sebesar delapan koma dua persen.

“Saat ini kami harus membayar lima miliar dolar setahun untuk bertahan. Sebagai contoh, Korea Selatan, kami memiliki hubungan yang hebat dan dengan Presiden Moon, kami melakukan hal-hal besar dan Korea Utara akan datang, Korea Selatan hanyalah sebuah contoh, tetapi Korea Selatan hanyalah sebuah contoh, tetapi Korea Selatan menghabiskan biaya lima miliar dolar per tahun dan mereka membayar dan mereka membayar sekitar 500 juta dolar untuk perlindungan senilai lima miliar dolar. Dan kita harus melakukan lebih baik dari itu, sehingga mereka sepakat untuk membayar 500 juta dolar lebih dan lebih tahun-tahun itu akan mulai naik,” kata Presiden AS.

Mengutip Trump, kenaikan 500 juta dolar tidak cocok dengan ketentuan kesepakatan yang sebenarnya, di mana Seoul setuju untuk membayar sekitar 71 juta dolar lebih dari tahun lalu.

Kenaikan terbaru jauh dari permintaan Trump. Laporan-laporan media mengatakan presiden Amerika awalnya ingin Seoul menggandakan pembayarannya.

Trump mengindikasikan kesepakatan dengan Korea Selatan adalah preseden yang akan diterapkan ke negara lain.

“Kesepakatan perdagangan baru dengan Korea Selatan dan hal yang sama akan berlaku dengan Jepang dan Arab Saudi serta banyak lainnya. Kami melindungi Arab Saudi, mereka tidak punya apa-apa selain uang tunai dan kami melindungi mereka dengan subsidi besar. Kami memberikan Subsidi Arab Saudi. Seharusnya, sebaliknya sejauh yang saya khawatirkan? Jadi, banyak hal yang terjadi. Semua ini bergantung pada kekuatan negara kita dan ekonomi kita,” kata Trump.

Pernyataan Trump ini terjadi hanya beberapa hari setelah Seoul dan Washington menandatangani satu tahun kesepakatan, sebuah penyimpangan dari kontrak multi-tahun yang biasa ditandatangani oleh kedua belah pihak. Negosiator mereka harus bertemu lagi akhir tahun ini untuk membahas masalah pelik.

Sumber: KBS World Radio News

 Posted by on Februari 14, 2019