Mar 012019
 

Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump. © Michael Vadon via Wikimedia Commons

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyatakan tidak perlu terburu-buru terhadap Korea Utara, menanggapi kritik harus ditekan untuk memenuhi janjinya melaksanakan denuklirisasi lebih cepat.

Trump menyatakan rasa terima kasihnya pada awal pembicaraan satu lawan satu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hanoi karena tidak melakukan uji coba nuklir dan rudal lebih lanjut ketika mereka membuka hari kedua KTT mereka.

Ketika merujuk pada pembicaraan informal dan makan malam yang dilakukan kedua pemimpin sehari sebelumnya, Trump mengatakan mereka berbagi banyak ide bagus. Presiden AS mengatakan dia berpikir mereka pasti akan mencapai kesuksesan tidak hanya pada KTT kedua, tetapi juga dalam jangka panjang, mengulangi bahwa dia tidak terburu-buru.

Kim mengatakan dia dan Trump melakukan pembicaraan yang baik untuk hari kedua berturut-turut, menambahkan mereka telah melakukan banyak upaya.

Mengatakan seluruh dunia akan menyaksikan keduanya duduk untuk pembicaraan, Kim bersumpah untuk melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang baik dari pertemuan puncak.

Kim mengatakan bahkan mereka yang skeptis tentang pertemuan itu akan melihat kedua pemimpin duduk bersama, bersenang-senang seperti klip dari film fantasi.

Sesi hari Kamis dimulai dengan pertemuan satu lawan satu pada pukul 9 pagi waktu setempat dan akan diikuti oleh pembicaraan puncak lanjutan sebelum jamuan makan siang.

Para pembantu utama kedua pemimpin itu diperkirakan akan bergabung dalam perundingan KTT yang diperpanjang, termasuk Sekretaris Negara AS Mike Pompeo dan penjabat Kepala Staf Gedung Putih Mick Mulvaney. Kim kemungkinan akan ditemani oleh Kim Yong-chol, wakil ketua Komite Sentral Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara, dan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho.

Kedua belah pihak dijadwalkan untuk menandatangani deklarasi Hanoi pada sore hari yang akan mencakup hasil pertemuan puncak dua hari mereka. Rincian perundingan mereka tentang denuklirisasi, hubungan Pyongyang-Washington yang baru dan sistem perdamaian di Semenanjung Korea diharapkan akan dimuat dalam deklarasi bersama.

Setelah upacara penandatanganan, Trump berencana untuk mengadakan konferensi pers sekitar pukul 4 malam di hotel JW Marriott.

Sumber: KBS

 Posted by on Maret 1, 2019