Apr 192017
 

SSV-2 BRP Davao Del Sur 602 (Foto : Gombaljaya)

Kapal strategic sealift vessel (SSV) kedua – BRP Davao Del Sur (LD-602) – pesanan Angkatan Laut Filipina kini dinyatakan sudah rampung pembuatannya.

Kapal SSV tinggal menunggu tim Pre-Delivery Inspection (PDI) dari Angkatan Laut Filipina yang akan memeriksa kualitas dan kelayakan kapal SSV, dan apabila dinyatakan tidak ada masalah, kapal SSV bisa langsung dikirimkan ke Filipina.

SSV kedua BRP Davao Del Sur dijadwalkan sudah dapat berlayar ke Filipina pada minggu pertama bulan Mei dan diharapkan sudah tiba pada minggu kedua bulan Mei.

BRP Davao Del Sur sudah diluncurkan pada 29 September lalu, dan bagi Filipina kedua kapal SSV merupakan kapal perang terbesar dan terbaru yang dimilikinya.

Sama seperti kembarannya BRP Tarlac, SSV terbaru ini akan difungsikan sebagai kapal komando dan kontrol terapung, kapal anngkut dan transport pasukan dan peralatan militernya, selain itu SSV juga dapat difungsikan sebagai kapal logistik dan bantuan kemanusiaan untuk penanggulangan bencana alam yang kerap melanda Fipina.

Kapal SSV memiliki panjang keseluruhan 120 meter, lebar 21 meter dan ketinggian lima meter, selain itu SSV dapat membawa muatan hingga 2.800 ton, memiliki kecepatan jelajah 13 knot dan kecepatan maksimum 16 knot dengan jangkauan operasi hingga 7.500 mil laut.

PNA

Bagikan
 Posted by on April 19, 2017