Turki Akan Mulai Terima S-400 Pada Musim Gugur Tahun Ini

0
1303
Sistem rudal pertahanan udara S-400 buatan Rusia © Alexei Malgavko via Sputnik

JakartaGreater.com – Presiden Badan Kerjasama Militer Teknis (FSVTS) Rusia, Dmitriy Sugayev mengatakan, bahwa sesuai dengan kesepakatan dari sistem pertahanan rudal S-400 Triumf akan dikirimkan ke Turki di musim gugur 2019, seperti dilansir dari laman NTV Haber pada hari Rabu, 9 Februari.

Berbicara dengan The Kommersant, Sugayev menyebutkan “Pesanan portofolio Turki saat ini lebih dari $ 1 miliar atas S-400. Seperti yang Anda tahu, mereka menandatangani kesepakatan S-400 pada tahun 2017. Dan kami menekankan jangka waktu pengiriman dua kali, memenuhi kewajiban kami mengirimkan pada musim gugur 2019”, katanya.

Turki berkeinginan untuk mengembangkan industri pertahanan nasionalnya dan mencatat bahwa prestasi yang signifikan sudah berada di sejumlah area. “Oleh karena ini menarik perhatian pada pengembangan teknologi bersama mitra kami termasuk teknologi udara. Rusia dan Turki memiliki kepentingan dalam proyek dengan Ankara. Rusia dapat menawarkan solusi konkret, terutama pada bidang teknologi udara dan kerjasama mesin”, kata Sugayev.

Sebelumnya dikabarkan Turki siap mempertimbangkan proposal dari AS tentang pengiriman sistem rudal pertahanan udara Patriot, namun dengan tegas tetap menolak untuk membatalkan kesepakatan S-400 dengan Rusia sebagai syarat potensial akuisisi tersebut, tutur Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

“Turki mungkin membeli sistem Patriot dimasa depan. Tapi tidak mungkin jika meninggalkan S-400 sebagai salah satu syarat pembelian”, Kata Cavusoglu kepada penyiar NTV Haber.

Pernyataan itu menyusul laporan pekan lalu oleh kantor berita Anadolu, yang mengatakan bahwa delegasi AS di Ankara telah membuat tawaran resmi ke Turki untuk membeli sistem Patriot. Media itu belum mengungkapkan rincian tentang apakah tawaran Amerika Serikat itu mempertimbangkan prasyarat untuk membatalkan pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia.