Mar 212019
 

Sepasang jet tempur F-35A Australia mendarat di Pangkalan Udara Williamtown © Kemhan Australia via Twitter

JakartaGreater.com – Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan dua unit jet tempur F-35 tambahan kepada Turki pada bulan Maret 2019, kata kepala militer program F-35 pada hari Senin, seperti dilansir dari Anadolu Agency (AA).

Berbicara kepada wartawan di Arlington, Virginia, Laksamana Madya Mat Winter, pejabat eksekutif program F-35, berkata pesawat-pesawat itu rencananya akan dikirim pada bulan Maret.

Ankara berencana mendapatkan 100 pesawat tempur F-35 pada beberapa tahun ke depan. Winter berkata dia tidak “melihat indikasi perubahan” dalam rencana pengiriman 100 jet tempur pesanan¬† Turki.

“Pentagon harus memberikan laporan kepada Kongres dalam 90 hari setelah Pakta Otorisasi Pertahanan 2019 disahkan”, dia menambahkan, merujuk pada amandemen Pakta Otorisasi Pertahanan yang melarang penjualan jet tempur F-35 kepada Turki sampai Pentagon mengeluarkan laporan soal hubungan Turki-Amerika.

F-35 adalah jet tempur siluman yang dirakit oleh Lockheed Martin, yang diklaim sebagai salah satu pesawat termahal dalam jajaran perlengkapan militer AS dengan harga per unit diatas US $ 100 juta, saat ini telah mulai beranjak turun.

AS-Turki Cekcok Seputar Pengiriman S-400 Rusia

Pengiriman F-35 ke Turki telah terancam sejak negara itu menandatangani kontrak dengan Rusia pada Desember 2017 untuk pembelian sistem pertahanan udara S-400. Washington percaya bahwa S-400 dapat mengungkap kelemahan F-35 dan bahwa data tersebut dapat disampaikan ke Moskow, membuat AS memperingatkan Turki akan blokir pengiriman jet ke Ankara.

“AS akan segera mentransfer 2 jet generasi F-35 kelima tambahan ke Luke AFB, di mana mereka akan diserahkan pada pilot dan teknisi Turki yang akan belajar menerbangkan dan merawat pesawat”, kata juru bicara Program F-35 Joe Della Vedova kepada Anadolu Agency. Menurutnya, partisipasi Turki dalam program F-35 berlanjut seperti yang direncanakan “sampai diarahkan”.

Turki telah berada di dalam program F-35 sejak 1999. Industri pertahanan Turki telah mengambil peran aktif dalam produksi ini, termasuk Alp Aviation, AYESAS, Kale Aviation, Kale Pratt & Whitney dan Industri Penerbangan Turki untuk membuat bagian-bagian jet tempur F-35 pertamanya.

Bagikan: