Mar 212019
 

Sepasang jet tempur F-35A Australia mendarat di Pangkalan Udara Williamtown © Kemhan Australia via Twitter

JakartaGreater.com – Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan dua unit jet tempur F-35 tambahan kepada Turki pada bulan Maret 2019, kata kepala militer program F-35 pada hari Senin, seperti dilansir dari Anadolu Agency (AA).

Berbicara kepada wartawan di Arlington, Virginia, Laksamana Madya Mat Winter, pejabat eksekutif program F-35, berkata pesawat-pesawat itu rencananya akan dikirim pada bulan Maret.

Ankara berencana mendapatkan 100 pesawat tempur F-35 pada beberapa tahun ke depan. Winter berkata dia tidak “melihat indikasi perubahan” dalam rencana pengiriman 100 jet tempur pesanan  Turki.

“Pentagon harus memberikan laporan kepada Kongres dalam 90 hari setelah Pakta Otorisasi Pertahanan 2019 disahkan”, dia menambahkan, merujuk pada amandemen Pakta Otorisasi Pertahanan yang melarang penjualan jet tempur F-35 kepada Turki sampai Pentagon mengeluarkan laporan soal hubungan Turki-Amerika.

F-35 adalah jet tempur siluman yang dirakit oleh Lockheed Martin, yang diklaim sebagai salah satu pesawat termahal dalam jajaran perlengkapan militer AS dengan harga per unit diatas US $ 100 juta, saat ini telah mulai beranjak turun.

AS-Turki Cekcok Seputar Pengiriman S-400 Rusia

Pengiriman F-35 ke Turki telah terancam sejak negara itu menandatangani kontrak dengan Rusia pada Desember 2017 untuk pembelian sistem pertahanan udara S-400. Washington percaya bahwa S-400 dapat mengungkap kelemahan F-35 dan bahwa data tersebut dapat disampaikan ke Moskow, membuat AS memperingatkan Turki akan blokir pengiriman jet ke Ankara.

“AS akan segera mentransfer 2 jet generasi F-35 kelima tambahan ke Luke AFB, di mana mereka akan diserahkan pada pilot dan teknisi Turki yang akan belajar menerbangkan dan merawat pesawat”, kata juru bicara Program F-35 Joe Della Vedova kepada Anadolu Agency. Menurutnya, partisipasi Turki dalam program F-35 berlanjut seperti yang direncanakan “sampai diarahkan”.

Turki telah berada di dalam program F-35 sejak 1999. Industri pertahanan Turki telah mengambil peran aktif dalam produksi ini, termasuk Alp Aviation, AYESAS, Kale Aviation, Kale Pratt & Whitney dan Industri Penerbangan Turki untuk membuat bagian-bagian jet tempur F-35 pertamanya.

  2 Responses to “Turki Akan Terima 2 Jet Tempur F-35 Lagi, Maret 2019”

  1.  

    berarti sebelumnya sdh pernah di kirimin nih.