Jul 162016
 

Pemerintah Turki sangat yakin Fethullah Gulen yang kini tinggal di Amerika Serikat (AS) adalah dalang dibalik upaya kudeta yang dilakukan militer Turki.

Turki bersikap tegas dengan mengancam akan berperang dengan AS jika tidak mengekstradisi Gulen.

Dikutip dari Daily Express Sabtu (16/07/2016), Perdana Menteri  Binali Yildirim, telah menegaskan bahwa Turki menganggap negaranya berperang dengan negara yang melindungi ulama Fethullah Gulen.

“Setiap negara yang melindungi Fethullah Gulen akan menjadi musuh bagi Turki,” kata Yildirin

Pernyataan Yildirim sekaligus sebagai ancaman terselubung bagi AS untuk menyerahkan Gulen.

Sementara mendapat ancaman dari Turki, AS mengundang Turki untuk berbagi bukti-bukti yang dimiliki terkait tudingan terhadap Gulen.

Seperti dilaporkan Agence France-Presse (AFP), Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Sabtu (16/7/2016), mengatakan, AS akan membantu Turki menyelidiki upaya kudeta yang akhirnya gagal tersebut.

Gulen adalah seorang ulama pendiri gerakan Islam moderat yang selalu kritis terhadap pemerintah Turki yang dinilainya cenderung memerintah dengan tangan besi.

Gulen kini mengasingkan diri ke AS sebelum dijatuhi hukuman karena dituduh mengkhianati Turki. Dahulu Gulen  adalah sekutu dekat Erdogan, tetapi keduanya berseberangan pandangan dalam beberapa tahun terakhir dengan Erdogan.

Sumber tribunnews.com

Bagikan:

  37 Responses to “Turki Ancam AS Serahkan “Dalang” Kudeta”

  1.  

    As itu teman makan teman.

  2.  

    Standar Ganda

  3.  

    ahhh itu pm lg emosi…..?? sama juga si rusu yg melindungi edward snowden…
    ha ha ha

    •  

      PM Binali …itu ceritanya seperti eyang harto
      erdogan …itu ceritanya seperti eyang karno
      angkatan udara turki..
      nanti keluar deh surat superman. ke PM binali……..hampir sama kan..??
      pinter dikit napa..
      ha ha ha

  4.  

    Ngalamat condong ke Rusia Krn merasa di khianati AS..

  5.  

    Temperament nya tinggi ni Negara ya hehe… ga boleh di colek dikit bacok…

  6.  

    tambah satu lagi yang terakhir. ASU

  7.  

    sekalian neng carin dipaketin aja ke turky, biar digangbang esdogan, xixixixi… kira” dibelain sama majikannya ASU ga y?

  8.  

    Berani bener ancam perang…..

    Ancaman yg meragukan…kurang yakin kl berani duel turki vs amerika…

    #paling jg lg main sinetron

  9.  

    Indo kapan yo

  10.  

    Betul sekali bung senopati pamungkas,
    saia mencermati turki dari kebangkitannya, dan sekarang mengalami kemunduran dimulai 2013.

    masa keemasan yang sudah didepan mata hancur karena keserakahan.
    jatuhnya nilai mata uang dan keamanan yang memburuk terlihat jelas, keputusan untuk menyerang ke timur menjadi beban berat, ditambah perseteruan dengan moskow.

    lihatlah antalya, kota pariwisata yg begitu ternama,,, sekarang kosong, gak ada turis, hotel2 yang bertebaran menunggak pinjaman bank, gak mampu bayar.
    sayuran dan produk buah2an yg biasanya dikonsumsi dalam jumlah besar skrg gak ada yg beli, buah2 an busuk di lahan pertanian gak ada yg mau beli.
    ini memaksa erdogan meminta maaf ke rusia, supaya turis rusia balik lagi ke antalya

    ditambah skrg turis dari asia dan negara2 islam lain akan menghentikan trip kesana.

    turki tidak akan sama lagi….

  11.  

    neng carin baik y di rumble aja..

  12.  

    Etnis Kurdi Setahu Saya Bukan Muslim mereka punya agama sendiri dan mereka sejak dulu memang gak mau jadi bagian turki selalu melawan…Wallahualam

    •  

      Pot cepot… makanya banyak baca berita, sejarah, Politik pot.. cepot.. salah satu tokoh Islam paling terkenal adalah dari Kurdi… Mereka sekarang bernasib malang karena penindasan dan tercerai berai padahal mereka keturunan tokoh Islam sunni yang terkenal… Shalahudin Al—Ayubi

  13.  

    Allohuakbar semoga pertolongan Alloh menyertaimu wahai turki

  14.  

    Kude yang ingin melanggengkan erdogan

  15.  

    Hahahay…
    Carin…..carin……kmrn ktnya ini kerjaan rusu…..eh ternyata asu yg main petakngumpetin..dalangnya. kayak wayang golek aja pake dalang.

  16.  

    Alhamdulillah Turki bisa mengebiri pengkudeta dg sukses…sebaiknya ditumpas habis…
    Ada yg bilang Turki mundur sejak 2013…gagal faham…lha turki ekonominya saja melesat ..nggak punya hutang luar negri..mnjadi salah satu donatur bank dunia..penghasilan perkapita penduduk melesat jauh diatas sbelum erdogan berkuasa…
    Hadeeeuuuh…kehidupan sosial keagamaan membaik…masjid2 jga senantiasa dipenuhi jamaah dan yg jelas dan nyata rakyat mendukung Erdogan..bukti dg perintah beliau u/melawan pengkudeta..rakyat pada nangkepin tentara..
    Kalau yg komen2 miring mah…sdh dpt di duga..drmana dan kelompok apa mereka…tp yg jelas lagi…nggak ngaruh apa2 dg jayanya Turki.saat ini Islam akan bangkit dg motornya Turki melalui kepemimpinan Erdogan…

    •  

      Yg komen miring terhadap Erdogan adalah kaum sekuler dan simpatisannya ya bung. Bisa juga liberalis atau semacamny yg selalu merasa gerah bila hukum dan panji2 Islam ditegakkan. Berkat erdogan yg religius dan konservatif, hukum dan panji2 Islam sedikit demi sedikit ditegakkan. Setelah Erdogan berkuasa, paham sekularisme dan penganutnya sedikit demi sedikit dikikis habis. Kini kaum yg mulai tidak populer di negara tsb ini melakukan kudeta yg alhamdulillah gagal. Gembong sekulernya, Fethullah gulen dan ASU, si negara pemberi suaka, tentu berada di balik kudeta ini.

      •  

        Korelasi itu harus sda bukti bung. Bukan hanya asumsi untuk jadi konsumsi. Apa ada keterkaitannya antara Turkinya Erdogan, HTI dan PKS. Atau antara HTI dan PKS. Tolong dijabarkan biar jelas.

 Leave a Reply