May 122017
 

Kapal selam Yunani S-120 Papanikolis (214 tipe) di HDW, Kiel. (Wikimedia Commons/GDK)

Perusahaan spesialis Kapal Angkatan Laut Turki dan Jerman, pada 10 Mei 2017, menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk bekerja sama dalam sebuah kontrak membangun varian kapal selam diesel tipe-214 bagi Angkatan Laut Indonesia.

Kesepakatan tersebut ditandatangani pada pameran pertahanan dan kedirgantaraan IDEF’17 di Istanbul antara STM, sebuah perusahaan rekayasa pertahanan yang dikendalikan oleh pemerintah Turki, dan ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) Jerman.

“Kami mengumpulkan sumber daya kami dengan tujuan merancang dan membangun kapal selam untuk Indonesia,” kata pejabat STM dan TKMS dalam sebuah upacara.

Melalui usaha patungan dengan STM, TKMS bermitra dengan galangan kapal Golcuk Turki, lokasi produksi untuk Piri Reis, kapal induk tipe-214 pertama yang dibangun untuk Angkatan Laut Turki.

Tipe 214 merupakan turunan dari SSK Tipe-209 yang dibangun oleh Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Jerman. Tipe-214 menampilkan inovasi desain dari HDW Type-212. Ini menggantikan 1.700 ton (permukaan) dan memiliki delapan tabung torpedo yang dapat menggunakan torpedo kelas berat – seperti rudal Atlas Elektronik SeaHake – dan anti-kapal, seperti Harpoon dan Exocet.

Berdasarkan kontrak senilai 2,5 miliar euro (2,7 triliun dolar AS), enam kapal selam tipe-214 sedang dibangun untuk Angkatan Laut Turki. Beberapa subsistem akan dibangun secara lokal.

Perusahaan spesialis elektronik militer Turki Aselsan, sebuah perusahaan yang dikendalikan pemerintah, akan memberikan langkah-langkah dukungan dan sensor elektronik untuk program kapal selam. Spesialis perangkat lunak militer Havelsan, perusahaan yang dikendalikan oleh pemerintah lainnya, akan membangun sebuah suite komando dan kontrol terpadu.

Menurut Letter of Intent Turki-Jerman, satu atau dua kapal selam pertama yang direncanakan bagi Angkatan Laut Indonesia akan dibangun di sebuah galangan kapal Turki. Platform lanjutan akan dibangun di Indonesia.

Sumber: Defensenews.com

  111 Responses to “Turki–Jerman Tandatangani LoI Pembangunan Kapal Selam Indonesia”

  1. Top dech program bayangan dari pt pal kah??

  2. Platform yg paling tepat

  3. Akhirnya beli U 214, bye scorpene bye kilo bye changbogo

    • Kemungkinan scorpene masih ada harapan, entah untuk kebutuhan ks mini (1000 ton) atau kelas medium (3000 ton), untuk ks kilo kemungkin kecil sekali untuk diakuisisi jika pihak rusia tidak jelas tot-nya…

      • gak bakal rusia mau ngsih TOT,..vietnam yg beli 6 biji ngga dpt,…india yg beli bnyak kilo jg gak dapet TOT…

        mnding ama negara2 eropa, mrk gak pelit, asal kita serius & sdh siap SDMnya…swedia, prancis dh nawarin…jerman jg,dulu waktu cbg blom dipilih, jerman nawarin TOT, pdhal kita cuma beli 2 biji…sayang disalip korea krn lbh murah

  4. yakin nih udh tanda tangan LoI? dan sistem kerja sama pembangunan yg sama dengan korsel CBG 2 di turki, 1 di indo??

    klo emang iya oe bahagia bgt niee…..

  5. sabar sabar sabar

  6. jiah buru2 amat nulis beritanya. kapal selam dibilang kapal induk xixixi

  7. ombak ada dimana mana, mudah2an kaselter/kapal selam tempur buatan turky & jerman tidak tenggelam di hantam palung ombaaaak

  8. mantap,buat lengkapi tot dari korsel nih.mungkin sistem AIP nya.joosss

  9. Pertamax

  10. Wow keren.bikin yang banyak Pak.20 unit.hehehe.

  11. Sukurlah yang di tanda tangani bukan Laugh Out Loud

  12. Kita kerjasama kapal selam dengan turki yang di anaksasi oleh jerman untuk mengetahui kelemahan Kapal selam singapura 218 sg, dan membeli scorpen 1000 untuk mengetahui kelemahan scorpen australia

  13. Jadi kangen bung pocong syerem yang suka babar masalah lontong beginian nih kemana ya bung pocong?

  14. Semoga aja semua sistem pendukung bs juga diproduksi dlm negri terutam sistem manajemen tempur dll.TKDN bs maksimal!

  15. Indonesia sekarang – sekarang semakin mesra. Mulai dengan Tank Medium dilanjutkan dengan kasel. Dengan diawali pembangunan kasel U209 dan dilanjutkan dengan U214. Sungguh strategi yang bagus dan berkelanjutan. Semoga saja bisa dilanjutkan denga kerjasama SAM.
    Kalau kapal selam TNI AL merujuk pada kasel Jerman. Maka harusnya pespur TNI AU khususnya heavy fighter mengacu pada Sukhoi semoga saja SU 35 segera terwujud termasuk alih teknologi dan komponen lokalnya.
    Dan semoga kemandirian alutsista bangsa ini segera terwujud walaupun secara pertahap.
    Dan jangan lupa beri kepercayaan dan kesempatan serta pendanaan pada anak bangsa tercinta ini.
    Dan sinergiskanlah universitas dan BUMNIS dan pihak pengguna. Sehingga alutsista yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan.
    Salam damai. NKRI HARGA MATI!!!!

    • Hakhakhak…bicara kapal selam kok ujung-ujunge sukhoi-35…udah kadaluwarsa itu bung, jimmy sullivan aja udah kirim lamaran kerja kesana-kemari…(son, son…gagal maning, gagal maning…;)

      • jimmy sullivan aja udah kirim lamaran kerja kesana-kemari…(son, son…gagal maning, gagal maning…)

        ——————————

        Hati2 Fitnah Lebih Kejam daripada Gk Fitnah…

        #My Life Only For Rosoboronexport&Indonesia…

    • Cms bikinan pt len udah bs bikin biar bs ngobrol sm yg lainnya..udara laut darat bs ngobrol lancar gak gagap lagi..ha-ha-ha.. rudal sudah bs bikin yg jauh… TOT gado gado.. Perancis,swedia dll.. pokoke Sing penting rakyat bs Bobo manis.. raja ratu pada dteng mo minta kerjaan dan duit sm NKRI tercinta..duite sopo.. hahahaha..duite si cantik yg jadi rebutan..NKRI tercinta

  16. Nahh Lhoo…tp dr pengalaman Pemerintahan saat ini,,hanya bisa peraya kalu sdh signed contract RI – Builder. ..jangan2 ntar abis berita diatas ada bantahan kl RI tdk ada pesan & kesepakatan apapun terkait Kasel Turki – Jerman

  17. Kasel dari Rusia katanya sdh siap kirim? Benarkah atau akankah bakal dighoibin lagi?

  18. Jadi udah fix beli lontong dari tukiman nih (turki jerman) ???
    Berapa bungkus ???
    Mohon di cerahkan xixixixxi

  19. List bung Narayana sedikit demi sedikit mulai keliatan.. menyusul typoon n ny british..NKRI kaulah sang perkasa dunia..

  20. berdasarkan kontrak 2,5 miliar euro
    atau 2,7 triliun dolar AS
    enam kapal selam tipe-214 sedang dibangun untuk Angkatan Laut Turki

    jelas saya sedang ngantuk jadi tidak begitu paham konversi mata uang

  21. efek MEF dipercepat…

    mungkin?

  22. mmg udh sign kontrak kok beritany udh rilis resmi

  23. 1 atau 2 di bangun di turki. Platform selanjut nya di bangun di indonesia. Jadi beli nya berapa ??

  24. Coba cek lagi di jkgr list bung Narayana..brp Armada lontong kita..smua yg dulu bilang duite sopo akan kaget bin mual..haaaa

  25. Kah kah kah kah ..
    sales rusia pun semakin termenung dan bertambah murung xixixi ..
    kemarin sukoi siap di tikung gripen,skarang kilo yg di tikung u214 ..
    bung jimmy siap” gagal dapet bonus buat mudik lebaran nih xixixixi ..

  26. Bung Tn Phd, jadi berapa nih lontong yang di beli Indonesia ke Jerman dan turki, trus ke swedia atau perancis gimana yah?? Juga kalo beli lontong gado-gado dari banyak negara, efektif kah sebagai alat detterent? Mohon di jawab yah Tn Phd

    • Detterent ? Nggak juga.

      RI fokusnya ingin mandiri dalam membuat alutsista. Itulah sebabnya RI ingin berguru pada berbagai pakar alutsista.

      Khusus kapal selam, baik Jerman, Perancis, Swedia punya keistimewaan tersendiri.

      Sama seperti kita sekolah dulu nggak langsung belajar ilmu kalkulus dan trigonometri, tetapi kita berlatih mengenal angka dan huruf lalu belajar untuk membaca dan merangkai huruf menjadi kata, dan kata menjadi kalimat, kalimat menjadi alinea, alinea menjadi bab, bab menjadi buku.

      Dengan angka, kita belajar mengerti perhitungan sederhana tambah, kali, kurang, bagi. Kita juga belajar mengerti bilangan pecahan, satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu dst. Sesudah itu baru kita belajar rumus.

      Nah sama seperti itulah RI berlatih belajar dengan Korsel sebenarnya hanya untuk pelatihan dasar saja.

      Guru kapal selam modern sebenarnya adalah Jerman, Perancis, Swedia dan Jepang.

      Namun jika mau belajar bagaimana bikin ratusan ribu lontong dan kapal selam, sebenarnya rakyat kecil di Indonesia sudah sangat jago.

      Xixixixi

    • Rencananya 3-4 kasel.. Utk penawaran jerman-turki 4kasel ( 2turki + 2 pt pal) bisa dikondisikan 3 kasel ( 2turki+ 1pt pal).. Pesaing turki ada scorpone + A26.. Kilo/lada class?? Masih nunggu jadwal bang sergey 1 lg dari bung@Jimmy..xixixixixi

      Kalo banyaknya varian, berpengaruh sama deterent? Ya berpengaruh, karena tiap kasel punya karakteristik & strategi tempur masing2.. Yg bisa jd masalah mengenai efektifitas dari segi perawatan, tp dgn adanya TOT bisa lebih meringankan kantong..

      • Nah benerkan Yg Saya Bilang Pak Chemezov Klau Datang Pasti Bawa Kejutan Dan Akhirnya kartu AS (Ayam Lunak) Pak Chemezov Keluar Juga. Tapi Pak Chemezov masih Lelah Gara2 Habis Nyales Tank Ke Arab..

  27. Heee…bagi yang masih inget sebenarnya sudah ada clue 2 tahun lalu… Ini hanya permulaan tujuan akhirnya bisa bikin kasel mandiri yg lebih senyap dan mematikan. Untuk itu tetangga selatan sampai kebelet order kasel tercanggih selain produk TKMS buat ngimbangin… Ketika semua fokus ke 209/ cbg shadow program 214 berjalan. Sukses buat PAL n TNI Jika berjalan lancar indonesia akan jadi servis center dan seles asia produk TKMS se asia pasifik jadi si singa kl mau servis or upgrade ke indonesia ya kan deket lebih murah lagi… satu anti dot negara utara kena untuk si maling kan sudah dibocorkan specnya wkwkwkwk…… IMHO….

  28. si malon sma para beruk makin bengong negri selatan makin bingung liat strategi RI wkwkwkw…. NKRI jaya

  29. Dari pd …sama tejas…kilo semakin tenggelam

  30. Berita baik klo itu betul adanya,???? Hm

  31. efek gagalnya kerja dg korea

  32. negara barat lebih menekankan keamanan dan kenyamanan awak kapal selam, dibandingkan dari blok timur (karena sebagian besar waktu mereka berada di dalam laut)

  33. …edyan…AL borong terus..atas bawah…dicukupi…yg sekelas chanbogo(kelas patroli) kayakna udah terpenuhi…naekan level yah…yg bisa bawa rudal xixixi…kasel kelas petarung ini…

  34. Kok nggak ada yang bilang : Jerman dan Turki kena PHP serta mabuk kecubung.

    Kok nggak ada yang bilang RI nggak ada duit.

    Kok nggak ada yang bilang RI banyak hutang dan nggak bisa bayar.

    Kok nggak ada yang bilang anggaran minim.

    Kok nggak ada yang bilang Pak Menhan cuma jalan-jalan dan tamasya saja serta nggak ada hasil.

    KE MANA ITU ALIRAN RESMIYAH PLUS PESIMISIYAH ?

    edisi ngebuli mereka.com

  35. 2,7 trilyun dollar as. Itu anggaran pertahanan sedunia dikumpulin jd satu cm buat 6 ks.
    As sendiri aja yg tertinggi gak nyampe 1 trilyun anggaran pertahananya

  36. menambal kekurangan tot dari korsel, butuh negara yg mempunyai lisensi untuk melengkapinya, sehingga dalam membangun kasel nantinya indonesia bisa membuat kasel yg gahar rasa nusantara. Semoga tercapai.

  37. Heee. Belajar buat pempek selem itu ga gampang.
    Kemaren baru di ajarin adonan sagu biar ga bantet.
    Nah ne baru mau belajar milet and ngaduk ikan nya. Biar enak. Betah lama lama di mulut.
    Xixixi.

  38. Yg dri Rusia sudah di titipin ke tetangga..viet n Sultan,biar gak rme dunia persilatan..tn phd pasti tau..haaaa…disini cuma fokus kemandirian Alutsista saja..smua udah di byr lunas sm bpak besar.. Sukhoi Gripen sm badai..da masuk kandang smua.. pokoke jos lah..yg terlihat blum tentu tersirat..NKRI i love you pull..haaaa

    • Kata siapa sudah di kandang semua ?

      Gripen sign contract aja belum, EF typhoon apalagi.

      Pak Ndut hanya buat planning saja tapi belum sepenuhnya dibeli.

      Prediksi saya :

      Gripen bakal sign contract 12 unit versi C/D Ms.20

      Tujuannya untuk memenuhi target 80 unit SETARA F16.

      F16 yang sudah ada (termasuk yg belum datang) 38 unit.

      80 – 38 = 42

      Dengan dibelinya 12 Gripen C/D maka :

      42 -12 = 30

      Tebakan saya bakal dibeli 30 unit F16V.

      Namun jika F16V yang dibeli sejumlah 28 unit, maka gripen C/D akan dibeli 14 unit.

      Pembelian Gripen C/D juga untuk memenuhi stop gap sementara IFX belum diproduksi sampai tahun 2028.

  39. Test…

  40. 2 + 3 + 6 + 2 + 6 + 3 + 6 + 3 + …. = buanyak
    Makin rame spesies kaselnya…wkwkwkwk

  41. Kilo semakin tenggelam, abis gelap terbitlah scorpen

  42. Testing di test melenting..haaaa

  43. Dulu banyak menyayangkan kenapa kasel U209 jatuh ke korsel bukannya turki atau jerman sendiri. ternyata memang turki dijatah U214, sedangkan midget akan diisi oleh scorpene 1000. Kedalaman laut Indonesia memang ga seragam, mulai dari yang cetek banget sampai yang dalam banget ada.

  44. Langkah cerdas dari kesatuan kita bung!, Setelah sadar kalo Rusia pelit banget bagi-bagi ilmu, kita nyasar ke kapal selam Roso Jerman-Turki, dengan teknologi AIP yang diboyongnya kita bisa belajar, mudah-mudahn ToT AIP masuk dalam modul yang dikerjasamakan dan dibuat sepenuhnya di galangan PT PAL. Dari sini kita bisa belajar banyak tentang AIP, baru kemudian Insinyur2 PT PAL yang seyogyanya ITS sentris, bisa memodifikasi untuk kapal selam rancangan sendiri. Lanjutkan PT PAL! estafet hanya masalah waktu digenggaman!

  45. nyam nyam mantap kasel nya nih

 Leave a Reply