Oct 132018
 

Helikopter serang T129 ATAK buatan Turki © Daily Sabah

JakartaGreater.com – Kepala Industri Pertahanan Ismail Demir mengumumkan kemarin bahwa sebuah helikopter serang baru sedang dikembangkan, ia menekankan bahwa itu lebih baik daripada helikopter “domsetik” pertama Turki, T129 ATAK, seperti dilansir dari laman Daily Sabah.

“Anda semua akan segera mendengar. ATAK berada di lima besar di dunia. Ada banyak minat dalam hal ini”, kata Demir dalam siaran langsung di Kanal 7 kemarin.

Helikopter serang T129 ATAK adalah helikopter taktis generasi baru, berkursi tandem, bermesin ganda yang dirancang khusus untuk serangan dan pengintaian.

Dikembangkan berbasis AgustaWestland A129CBT yang telah terbukti di pertempuran, helikopter baru ini menggabungkan filosofi sistem baru dengan mesin baru (LHTEC CTS 800-4A), avionik baru, sistem penglihatan dan senjata, modifikasi airframe, drive train yang diperbarui serta rotor ekor baru.

Serangkaian pembicaraan telah diadakan dengan berbagai negara, termasuk Pakistan, untuk ekspor helikopter ATAK, yang telah membuktikan diri selama operasinya dengan kemampuan superior mereka. Dalam konteks tersebut, ATAK telah berpartisipasi dalam berbagai acara internasional untuk memamerkan kemampuannya.

Turki baru-baru ini menjual 30 helikopter ATAK ke Pakistan dan helikopter akan dikirim secara bertahap selama lima tahun. Kesepakatan dengan Pakistan adalah kesepakatan ekspor tunggal terbesar untuk industri pertahanan Turki.

 Leave a Reply