Turki Lakukan Negosiasi Untuk Aster-30 SAMP/T

Turki sedang melakukan negosiasi dengan Eurosam untuk pengadaan SAMP/T Aster-30 sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak jauh.

Eurosam adalah konsorsium yang dimiliki bersama oleh MBDA Perancis, MBDA Italia, dan Thales Group. Pada prinsipnya menawarkan sistem berbasis Aster-30 SAMP/T (singkatan dari Surface-to-Air Missile Platform/Terrain), yang merupakan versi darat dari seri MBDA Aster-30 untuk sistem SAM Angkatan Laut.

Dibawah Sekretariat Industri Pertahanan (SSM) dan Kementerian Pertahanan Nasional telah melakukan pembicaraan dengan Eurosam pada prospek program yang berpotensi dua arah.

Pertama, sebagai “jembatan solusi jangka pendek” yang melibatkan impor langsung dan integrasi SAMP/T ke jaringan pertahanan udara Turki.

Kedua, sebagai program jangka panjang yang melibatkan transfer teknologi (ToT) dan produksi bersama oleh industri pertahanan Turki.

Menyusul keputusan untuk meninggalkan tawaran HQ-9 China (yang awalnya telah mengamankan persyaratan SAM jarak jauh Turki), Turki telah menetapkan industri dalam negeri – khususnya Aselsan dan Roketsan – untuk mengembangkan sistem SAM jarak jauh.

Namun, akan membutuhkan 10 tahun bagi industri pertahanan Turki untuk dapat mengembangkan solusi tersebut. Meskipun begitu, rencana akuisisi SAMP/T bukan berarti mengakhiri inisiatif industri pertahanan lokal.

Selain itu, seorang pejabat Eurosam telah mengatakan bahwa perusahaan itu mendukung dengan menawarkan Turki sebuah konsesi dalam teknologi transfer dan produksi bersama.

Sharing

Tinggalkan Balasan